Review: Dearly Beloved

by: Nabila Rhapsodios




INTRODUCTION


Artikel ini masih membahas KH. Kali ini penulis akan membahas Opening Title sekaligus Main Theme dari Kingdom Hearts. Apa kalian bisa menebak Main Theme dari Kingdom Hearts? Tidak? Oke, biar penulis yang memberitahu kalian... Main Theme dari KH adalah "Dearly Beloved". "Dearly Beloved" merupakan lagu ciptaan dari Yoko Shimomura (terkenal menciptakan soundtrack game Legend of Mana, Live a Live, Front Mission, Parasite Eve 2, dan The 3rd Birthday).

"Dearly Beloved" akan segera melantun bila player segera loncat ke Title Screen. Itu loh layar yang biasa di game-game ada 2 tulisan yaitu New Game dan Continue. However, bila kalian membiarkan Title Screen selama 10 atau 15 detik, Title Screen akan berubah menampilkan Opening Menu Cinematic. "Dearly Beloved" juga tidak hanya dimainkan saat Title Screen, dimainkan pula sesaat setelah menamatkan game-game KH  yaitu di bagian Battle Report. Tanpa membuang waktu, mari dengarkan dan lihat satu-satu versi variasi dari "Dearly Beloved"!


Dearly Beloved Appearances


1. Kingdom Hearts (KH)


* Title Screen


Inilah "Dearly Beloved" yang pertama kali diciptakan. "Dearly Beloved" ini hanya dimainkan menggunakan piano semata, ditambahkan pula suara sintesis yang mengilustrasikan desir ombak dan angin pantai. Suara sintesis ini mengambil salah satu latar tempat di KH yaitu Destiny Islands, tempat asal Sora, Riku, dan Kairi


* Battle Report



"Dearly Beloved" yang satu ini melantunkan melodinya bila player selesai menamatkan KH. Player harus bersabar bila ingin melihat Battle Report dan mendegar "Dearly Beloved" di sesi Battle Report karena, harus melihat jajaran staff yang bekerja di projek KH (Staff Credits). "Dearly Beloved" yang satu ini dinamai "Dearly Beloved -Reprise-". "Dearly Beloved -Reprise-" ini masih menggunakan melodi yang sama seperti di Title Screen tapi ditambahkan sedikit petikan alat musik gesek dan dentingan xylophone. 





2. Kingdom Hearts II (KH II)

* Title Screen



"Dearly Beloved" KH II ini berubah menjadi gubahan orkestra secara keseluruhan dengan adanya strings, woodwind, harpa, dan instrumen brass walaupun piano masih mendominasi lagu ini dan inilah pertama kalinya "Dearly Beloved" mempunyai alunan melodi kedua/pengiring. Alunan "Dearly Beloved" KH II terkesan agak sedikit sendu dan seperti merindukan seseorang tidak seperti "Dearly Beloved" KH sebelumnya mamiliki alunan yang lincah dan ceria.




Update (9 Juni 2017): Dari sekian banyak "Dearly Beloved" yang muncul di KH Universe, versi KH II yang beruntung untuk muncul di Kingdom Hearts Orchestra -World Tour-! Whew, padahal penulis berharap yang dimainkan berasal dari KH: BBS :(. Aha, tidak apa-apa yang penting lagu ikonik ini bisa ditampilkan ke hadapan publik lebih luas lagi, tidak terbatas pendengar dari kalangan penggemar KH. Durasi untuk konser lebih panjang dibandingkan durasi dari KH II OST. Cobalah dengarkan untuk kalian yang tidak sabar hehe:






* Battle Report



Versi disini masih sama dengan yang dimainkan saat Title Screen hanya saja disini hanyalah permainan piano yang memainkan melodi kedua/pengiring yang terdengar di "Dearly Beloved" Title Screen KH II. Melodi disini sama-sama bernada sendu dengan versi Title Screen. Nama judul lagu ini adalah "Dearly Beloved -Reprise-".



3. KH: Chain of Memories/KH re: Chain of Memories (KH: CoM/KH re: CoM)

* Title Screen


Hampir sama dengan "Dearly Beloved" KH hanya saja ada tambahan melodi pengiring dan alat musik sintesis yang mengiringi permainan piano solo. 




4. KH: Coded/KH re: Coded

* Title Screen



"Dearly Beloved" untuk game ini bertempo agak cepat. Dengan iringan gesekan dan petikan alat musik strings, piano yang berirama sedang dapat mengimbangi petikan harpa yang bertempo agak cepat, dan disini terdengar tiupan alat musik oboe.



5. KH: 358/2 Days

* Title Screen



"Dearly Beloved" di KH ini hampir menyerupai "Dearly Beloved" reprise KH II karena, sama-sama mengalun sendu. "Dearly Beloved" versi ini dimainkan dengan harpa, strings, dan flute yang lumayan bernada tinggi seperti dipakai untuk leitmotif  Roxas protagonis KH: 358/2 Days.



6. KH: Birth by Sleep (KH: BBS)

* Title Screen



"Dearly Beloved" di KH ini adalah pertama kalinya menampilkan aransemen orkestra yang serba baru dan utuh. Strings lebih dominan dibandingkan "Dearly Beloved" sebelum-sebelumnya. Tidak hanya strings tapi ada juga piano, harpa, woodwinds, instrumen brass, dan sayup-sayup dentingan xylophone. Oh iya, spoiler nih lagu ini juga mengalun saat Secret Ending.





7. KH 3D: Dream Drop Distance (KH: 3D)

* Title Screen

"Dearly Beloved" yang satu ini sungguh unik. Bagaimana tidak awal mula lagu ini dimainkan tempo masih lembut dan lambat dengan diiringi oleh piano, biola, harpa, woodwinds, brass, dan xylophone tapi, saat tamborin mengalun; tempo lagu berubah menjadi agak cepat kemudian kembali lagi ke tempo semula.






SEVERAL ARRANGEMENTS of DEARLY BELOVED

1. "Friends in My Heart"

* KH Version




* KH II Version




2. "Always on My Mind"


* KH Version




3. "Dearly Beloved" from Piano Collections Kingdom Hearts



4. "Concert Paraphrase on Dearly Beloved" from Piano Collections Kingdom Hearts




5. "Dearly Beloved" from memória -The Very Best of Yoko Shimomura

6. "Dearly Beloved" from Kingdom Hearts Concert -First Breath-




Motif "Dearly Beloved" juga ada di beberapa lagu OST KH Universe seperti "March Caprice for Piano and Orchestra" dari OST KH I, "Fantasia alla Marcia for Piano, Chorus, and Orchestra" dari OST KH II, "Musique Pour la Tristesse de Xion" dari Piano Collections Kingdom Hearts Field and Battle, "Dearly Dreams" dari OST KH: BBS, dan "The Key" dari OST KH: BBS. Jika, kalian, para embaca punya waktu lebih bisa mencoba mendengarkan lagu-lagu semua itu.


Update: Dalam menyemarakkan 10 tahun berdirinya Kingdom Hearts, semua game Kingdom Hearts mulai dari Kingdom Hearts: Birth by Sleep (BBS), Kingdom Hearts (KH), Kingdom Hearts II (KH II), Kingdom Hearts: (Re) Chain of Memories, Kingdom Hearts 358/2 Days, Kingdom Hearts: (Re) Coded, dan Kingdom Hearts: Dream Drop Distance (DDD) ; dirilis ulang ke dalam bentuk High Definition (HD) untuk Playstation 3. Bentuk HD ini terdiri dari 2 bundel. Bundel pertama adalah Kingdom Hearts HD 1.5 ReMix yang di dalamnya berupa Kingdom Hearts (Final Mix Version), Kingdom Hearts: (Re) Chain of Memories, dan Kingdom Hearts: 358/2 Days. Bundel kedua adalah Kingdom Hearts HD 2.5 ReMix yang di dalamnya berupa Kingdom Hearts II (Final Mix+ Version), Kingdom Hearts: Birth by Sleep (Final Mix Version), dan Kingdom Hearts: (Re) Coded. 

Pada tanggal 26 November 2014, dirilislah album Kingdom Hearts -HD 1.5 ReMix- & Kingdom Hearts -HD 2.5 ReMix- Original Soundtrack BOX. Album ini memuat seluruh track dari judul KH, KH II, dan sebagian dari KH: BBS serta KH: 358/2 Days yang re-recorded dalam bentuk remastered dan re-orchestrated. "Dearly Beloved" dalam album ini menjadi lebih bagus dan indah. Silakan dicek bila mempunyai kesempatan!



A Note from Writer:


Judul lagu ini bila diterjemahkan ke dalam bahas Indonesia adalah "Yang Terkasih" cocok untuk menjabarkan perasaan sayang kepada pasangan ataupun sahabat. Pesan inilah yang diinginkan dari KH. Tanpa adanya kasih dan sayang dari orang-orang terdekat kita, kita tidak akan pernah bisa mencapai hal yang diimpikan walaupun terkadang berpisah sementara dari orang-orang yang disayangi. Kondisi seperti itu kadang yang terbaik sembari mendo'akan yang terbaik agar bisa pulang dan kembali berkumpul bersama. Makanya, melodi "Dearly Beloved" agak mengalun sedih dicampur rindu. Bila, melodi "Dearly Beloved" menjadi riang gembira itu pertanda berhasil menggapai mimpi dan kembali berkumpul bersama mereka yang ditinggalkan.


Favorit penulis adalah "Dearly Beloved" dari KH: BBS. Bagaimana dengan kalian? Bagi kalian yang penasaran dengan game-game KH apapun judulnya itu, penulis rekomendasikan karena, karakter Disney akan beraksi ikut menyelamatkan Dunia dari kegelapan bersama karakter orisinil KH plus FF dan baru-baru ini The World Ends with You. Bagi kalian penggemar berat karakter Disney Classic dan Princessess of Disney, kalian patut mencoba memainkan game-game ini dan bagaimana mereka diintegrasikan ke dalam cerita KH. Kalian akan mengetahui lebih luas kepribadian mereka di luar dunia mereka sendiri tetapi masih mempertahankan elemen ciri khas dari film-film mereka. Kalian, tidak akan kecewa, mereka tidak jauh berbeda dari filmnya malah kalian akan mengetahui dimensi yang berbeda dari kepribadian mereka. Oke deh, sekian dan Terimakasih!



-THE END-





Comments