Review: Prelude from Final Fantasy Part II

by: Nabila Rhapsodios

Artikel ini masih melanjutkan bahasan "Prelude" tetapi, penulis kali ini akan membahas "Prelude" non-seri dari game Final Fantasy. Ok, tanpa membuang waktu mari kita sama-sama lihat dan dengarkan!

Final Fantasy Tactics





Hitoshi Sakimoto berperan sebagai komposer dari FF Tactis, Sakimoto memasukkan motif "Prelude" ke dalam track "P.R. Movie" dan "Battle's End".


Final Fantasy Unlimited




Intro "Prelude" terdapat di dalam track "Title Song"/"Top Title". Track  ini bisa ditemukan di dalam album Final Fantasy Unlimited -Music Adventure Verse 1. Komposer utama dari FFU adalah Shiro Hamaguchi yang sering menjadi orchestrator/arranger lagu-lagu Final Fantasy milik Nobuo Uematsu



Final Fantasy Type-0




"Divine Protection of the Crystal"/"Crystal Guide Us" adalah aransemen "Prelude" FF I. Kedua lagu tersebut dapat ditemukan di album Final Fantasy Type-0 Original Soundtrack (Disc 1 nomor 14) dan Final Fantasy Type-0 HD Original Soundtrack (nomor 13)Track FF Type-0 lainnya "Time of Tranquility"/"Peaceful Times" juga memasukkan motif "Prelude" ke dalamnya. Komposer FF Type-0 adalah Takeharu Ishimoto.


Dissidia Final Fantasy





"Prelude" karangan Takeharu Ishimoto dalam Dissidia mengalun saat Title Screen dan setelah Opening FMV berakhir. "Prelude" dalam Dissidia: Duodecim tidak memiliki perbedaan atau aransemen tambahan dengan "Prelude" yang ada di Dissidia. 

Album Dissidia Final Fantasy -Arcade- Original Soundtrack yang memuat trek-trek lagu dari game Dissidia Final Fantasy -Arcade-, memiliki "Prelude" di dalamnya. Judulnya merupakan "Prelude -Arrange- from Dissidia Final Fantasy-" dan menjadi urutan trek nomor dua di albumnya. Dengarkan di bawah ini:


 

Tidak berhenti disana saja, album OST Dissidia FF Arcade yang kedua pun memiliki "Prelude" yaitu berjudul "Title -Struggle of the Gods" / "Title -Clash of the Gods" yang muncul di dalam DLC Struggle of the Gods / Clash of the Gods. Silakan dengar lagunya di bawah ini:
 



Theatrhythm Final Fantasy: Curtain Call





"Prelude" dimainkan saat Title Screen dalam game ini.


Final Fantasy Brave Exvius




Singkat untuk memanggil game ini adalah FF BE. Sebuah game RPG gratis untuk dimainkan yang dikembangkan oleh A-Lim, pencipta Brave Frontier dan dipublikasikan oleh Square-Enix untuk iOS serta Android. Lagu di atas akan mengalun saat Title Screen

"Prelude" terdapat di Disc 1 nomor 21 dari album Final Fantasy Brave Evius Original Soundtrack. Motif "Prelude" diintegrasikan ke dalam trek "Moment of Recall". Ketika mendengarnya pasti mengira salah satu komposer langganan FF, nyatanya bukan. Namanya adalah Noriyasu Agematsu yang menangani musik FF BE dan dia tidak bekerja untuk SE.  


Mobius Final Fantasy 




Mobius FF juga memakai "Prelude" saat memilih bab dan seleksi karakter. Judul lagu lengkapnya adalah "Prelude -MOBIUS FINAL FANTASY-". Terdapat di Disc 1 nomor 1 dari album Mobius Final Fantasy Original Soundtrack. Mitsuto Suzuki mengaransemen "Prelude" karangan Nobuo Uematsu tetapi yang menciptakan seluruh musik game ini adalah dia.  



Vocal Versions


I. Final Fantasy: Pray




Risa Ohki
"Prelude" versi vokal ini terdiri dari beberapa multilayered melody utama "Prelude". Sekedar info, album Final Fantasy: Pray merupakan album kompilasi track yang terseleksi dari FF I-FF VI yang divokalisasi serta ditambahkan lirik. Track yang terpilih dari FF I-FF VI, dinyanyikan ke bahasa asing seperti Inggris, Prancis, Jepang, dan Portugis oleh Risa Ohki.



II. Final Fantasy: Love Will Grow



"Prelude" dari album ini lebih goofy dan light serta diberikan sedikit nuansa musik country bila dibandingkan dengan Vokal dari album sebelumnya. Kedua versi vokal tersebut dinyanyikan oleh Risa Ohki dan Nobuo Uematsu sebagai komposer. Album Final Fantasy: Love Will Grow merupakan saudari dari album Final Fantasy: Pray yang sama-sama mengambil track dari FF I-FF VI serta dinyanyikan ke bahasa asing yang sama dengan saudarinya. Berikut lirik dari lagu "Prelude" dari album FF: Love Will Grow:


English Lyrics:

Dreams in your heart
I feel in asleep night
But there is only stars 
Like tears of the moon
Like silent moon

And on and on
So the sad will fall and fall
But I think all the dream
Is true any day, for anyone

Love in your eyes
I feel in clear sky
But there is only winds
Like sighs of the earth
Like weeping earth

Still on and on
So the pain will blow and blow
But I wish all the love
Is free any day, for anyone



III. A New Story



English Lyrics:

Come take my hand
Let me hold you now
Take my hand
There will be no more sadness or sorrow
So come with me now
Open the gate

Repeat *

Take me to the promised land
Where there will be no more darkness
Take me to the promised land
I will love you more than ever

Come take my hand
Let me hold you now
Take my hand
There will be no more sadness or sorrow
So come with me now
Open the gate

Kanon
Album ini merupakan bentuk kolaborasi Kanon dengan Nobuo Uematsu. Tanggal rilis albumnya adalah 27 April 2011. Terdapat beberapa lagu dari FF di dalamnya, salah satunya adalah "Prelude". "Prelude" nyanyian Kanon adalah lagu pembuka dari album A New Story.


Guitar Versions from Guitar Solo Final Fantasy Official Best Collection



"Prelude" versi gitar ini dimainkan oleh Yuji Sekiguchi dan seperti yang bisa kalian dengar, permainan gitar disini sangat teknikal dan rumit dalam hal fingering apalagi lagu ini dimainkan dalam tempo sedang cepat, membuat permainan menjadi semakin susah. "Prelude" gitar dapat didengarkan dari 2:06-3:14.


Orchestra Versions

I.  Distant Worlds II: More Music from Final Fantasy 



"Prelude" ini adalah versi full dari serangkaian "Prelude" yang muncul di serial Final Fantasy dan dinyanyikan ke dalam bahasa Latin. Album Distant Worlds II: More music from Final Fantasy dibawakan oleh Royal Stockholm Orchestra dan dikonduktori oleh Arnie Roth. Arti dari liriknya merujuk kepada elemen-elemen utama di utama di Bumi seperti angin, air, api, dan tanah. Kesemua elemen-elemen tersebut menjadi plot cerita FF awal-awal yang harus menyelematkan kristal berelemen angin, air, api, dan tanah sekaligus cahaya dan gelap. Berikut liriknya:

Latin Lyrics:

Aura
Aqua
Ignis
Terra


English Transaltions:

Wind
Water
Fire
  Earth


II. Distant Worlds: Music from Final Fantasy



"Prelude" mengalun sebagai pembuka track "Medley 2002 (Final Fantasy I, II, and III)" dimulai saat 0:00-0:43. Album Distant Worlds: Music from Final Fantasy dimainkan oleh Royal Stockholm Orchestra dan dikonduktori oleh Arnie Roth. 

III. Final Fantasy Orchestral Album



"Prelude" mengalun sebagai pembuka track "Medley 2004 (Final Fantasy I, II, and III)" dimulai saat 0:00-0:45. Apa yang membedakan antara "Medley 2002 (Final Fantasy I, II, and III)" dengan "Medley 2004 (Final Fantasy I, II, and III)"? Jawabannya adalah 2002 dan 2004 berperan sebagai pengacu bahwa "Medley 2002" dibuat saat tahun 2002 dan dimainkan untuk konser orkestra FF live pertama kali di Jepang dan nama konser ini adalah 20020220 music from Final Fantasy sedangkan "Medley 2004" dibuat saat tahun 2004 dan dimainkan untuk konser orkestra FF live dan touring ke beberapa perfektur di Jepang dan nama konser ini adalah Tour de Japon: Music from Final Fantasy. Perbedaan kedua adalah track yang terseleksi dari FFI-FF III dan dimainkan di dalam "Medley 2002" serta "Medley 2004", berbeda satu sama lain. 

Final Fantasy Orchestral Album dimainkan oleh FILMharmonic Orchestra Prague dan dikonduktori oleh Arnie Roth (untuk beberapa trek lagu, sisa trek lagunya diambil dari album FF terdahulu). Album ini dibuat untuk meramaikan perayaan ke-25 Final Fantasy tahun 2012 lalu.



"Prelude" mengalun saat menit 0:00-0:27 dan menit-menit terakhir yaitu pada 12:51-14:57. Singkatnya, "Prelude" di dalam track "Battle Medley 2012 (Final Fantasy I~XIV)" dijadikan pembuka dan penutup serangkaian battle theme.


Piano Version


I. Piano Opera Final Fantasy I/II/III



"Prelude ~Opening" dalam piano ini diambil dari track FF I yang menampilkan narasi cerita seputar FF I. Lagu-lagu yang terdapat di dalam album ini dimainkan oleh pianis bernama Hiroyuki Nakayama dan proses pemilihan lagu dan pengawasan proses perampungan album ini dilakukan oleh Nobuo Uematsu. 



Final Note from Writer:

Sampai juga di bagian penghujung artikel pembahasan "Prelude" dari FF series. Tahukah kamu bahwa motif "Prelude" diintegrasikan ke dalam lagu tema karakter Kingdom Hearts yaitu Naminé yang berjudul "Missing You" karya Yoko Shimomura? :D. Cobalah dengarkan baik-baik dentingan piano di dalam lagu ini karena, dimainkan dengan tempo cepat dan penulis yakin kalian akan mengenalinya langsung! Adakah "Prelude" yang menjadi favorit kalian? Favorit penulis sih "Prelude" yang dimainkan di FF VIII. Tunggu artikel selanjutnya dari penulis! Sekian dan terimakasih :).


-The End- 


Comments