BONUS: Main Theme from Final Fantasy (Prequel, Sequel, & Spin-off) Part II

by: Nabila Rhapsodios

Ok, inilah Part II pembahasan Main Theme dari dunia FF. Saya berani berkata inilah artikel terakhir saya yang membahas Main Theme FF. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, saya akan menyajikannya di tulisan-tulisan di bawah ini! Selamat membaca!



Final Fantasy Tactics Advance

Judulnya sederhana hanya "Main Theme", "Main Theme" dari FFTA ini diciptakan oleh Nobuo Uematsu. "Main Theme" mengalun sesaat kalian memulai akan berkelana di dalam cerita FFTA dan menyaksikan Opening Movie dari game ini. Di dalam album Final Fantasy Tactics Advance Original Soundtrack (FFTA OST), "Main Theme" mempunyai dua versi, pertama adalah versi yang digunakan untuk konsol Gameboy Advance (GBA) dan kedua adalah versi penuh yang diransemen ke dalam orkestra. Beginilah alunan kedua versi "Main Theme" FFTA:





Musik yang terdapat di video di atas diekstrak dari album FFTA OST Disc 1 nomor 1. Sedangkan versi orkestranya terdapat di album FFTA OST Disc 2 nomor 1. Dengarkanlah video di bawah ini:




Motif "Main Theme" dipakai di dalam trek lagu berjudul "Vanishing World" dan "A Place We Should Return To". Masing-masing memiliki versi yang dipakai di GBA dan versi orkestra. Simak video-video di bawah ini:

  • Vanishing World

* GBA Version



Motif bisa terdengar di bagian awal lagu tepatnya di menit 0:00-0:34 dan "Vanishing World" merupakan bagian dari FFTA OST (Disc 1 nomor 40). 

* Versi Orkestra 





Motif "Main Theme" versi orkestra dapat di awal lagu yaitu pada menit 0:00-0:53. "Vanishing World" versi orkestra terdapat di Disc 2 dengan nomor trek lagunya adalah 30 dari album FFTA OST.

  • A Place We Should Return To

* GBA Version






Motif "Main Theme" terdapat di menit 0:00-0:48. "A Place We Should Return To" bisa ditemukan di dalam album FFTA OST yaitu di Disc 1 nomor 41.

* Versi Orkestra 




Motif "Main Theme" bisa terdengar di menit ke 0:00-0:48. "A Place We Should Return To" versi orekstra ini ada di Disc 2 nomor 31 dari album FFTA OST.

"Main Theme" terdapat di FFT A2: Grimoire of the Rift yang mengalun di Title Screen. Masih tetap dibuat oleh Nobuo Uematsu, berikut di bawah ini alunannya:








Final Fantasy Tactics A2: Grimoire of the Rift

"Summer Vacation" adalah judul yang ditasbihkan untuk Main Theme di FFT A2 (untuk penyingkatan sebutan). "Summer Vacation" diciptakan oleh Hitoshi Sakimoto. "Summer Vacation" merujuk kepada setting cerita FFT A2, alat musik yang menghiasi musik ini xylophone, strings, dan pizzicato sehingga membuat lagu ini cerah dan enerjik. Dengarkanlah lagunya di bawah ini:





Motif lagu "Summer Vacation" atau "Summer Holidays" ini dimasukkin ke dalam lagu "Putting Words Together", "Unfold the Map", "Premonition of Origin", "The End of the Tale", dan "Words Put Together"


Final Fantasy Dissidia



Your Favorite Enemies
"The Messenger" dari grup band rock asal Kanada yaitu Your Favorite Enemies dan lagu ini sebagai trek bonus di dalam album Dissidia Final Fantasy Original Soundtrack (DFF OST) lebih tepatnya terdapat di Disc 2 nomor 25, merupakan Theme Song FFD sekaligus Main Theme FFD. "The Messenger" diciptakan oleh Takeharu Ishimoto. "The Messenger" sudah pernah di bahas lebih banyak dalam artikel berjudul BONUS: Theme Songs In the World of Final Fantasy. Aransemen "The Messenger" adalah "Chaos" dan "Cosmos" dan keduanya terdapat di DFF OST masing-masing bernomor 22 (Disc 2) dan 5 (Disc 1). Disini penulis akan menampilkan kembali video "The Messenger", lihatlah di bawah ini:



English Lyrics:

The Messenger is standing at-
Standing at the gate
Ready to let go
Ready for the crush
The Messenger

Too late for whispers
Too late for the blush
The past is mercy 
When the future's glow
(Won't you let it go?)

Kneeling journey dressed in a cloak of shadows
The hunting's grim for the innocent eyes
Communion's pray is a cup of sorrows
(But faith is colors)
But faith is colors for the humbling cries

* The spirit is over town, waiting for me to hit the floor
Blooming white sky for the voice of one calling tonight
Tonight fate is the red crown
The red crown around your door
Time's scattering the seeds of the morning daylight

The Avenger is roaming through-
Roaming through the land
Ready for the clash
For the lasting gash
The Avenger

Mothers kissing sons
With a staff in hands
The bride is shining
When the groom is gold
(Won't you let it go?)

Shining worship choked in  a wave of silver
The offering's grief for Deceiver's pride
Salvation man is a cup of fire
(But hope is the star)
But hope is the star on a morning tide

Back to * 
Then continue to **

 ** The pilgrims are gathering and the marching band-
The marching band's howling
Compassion is the flag of righteous man
Righteous man will hold (2x)

Back to *




Final Fantasy Type-0 & Final Fantasy Agito 

Sedikit info, dulu FF Type-0 diberi nama Final Fantasy Agito XIII. Komposer utama FF Type-0 adalah Takeharu Ishimoto. FF Type-0 dirilis pertama kali di Jepang pada tahun 2011 dan tahun ini akan dirilis ke dalam bentuk High Definition (HD) untuk konsol Playstation 4 (PS 4) dan versi HD ini adalah versi bahasa Inggris FF Type-0. Tema lagu dari FF Type-0 adalah "We Have Come". "We Have Come" merupakan trek nomor 2 dari Disc 1 di dalam album Final Fantasy Type-0 Original Soundtrack (FF Type-0 OST). Mau tahu bagaimana musiknya? Simak video satu ini:



Latin Lyrics:

Principium finis venit
Expergiscimini!

Progredimini, Bellatores Albi!
Delete legatum Deorum Veterum
Ut progrediamini ad mundum novum!

Delete fatum creatum Dis Veteribus
Ut faciatis omnes caelum et terram nostras!

Nonne auditis clamores vitarum evanescentium?
Eorum Phoenix numquam resurget rursum

Fine fortasse nihil est
Fine fortasse nihil est vobis lucrari

Currite, Bellatores Rubri!
Donec animi dati Matre exstinguant

Pugnate, Bellatores Rubri!
Donec mundus fictus Matre finiatur rursum

Currite per hunc mundum sine
Memoria ulla mortuorum
Usque ad diem Mors vobis basium de 
Quod fato vestro liberet vos


English Translations:

The beginning of the end has come
Awaken!

March forth, White Warriors!
End the legacy of the Old Gods
So that you might usher in a new world!

Fulfill the destinies given to you by the Old Gods
So that you might fashion the earth and the heavens as your own!

Did you not listen the cries of the evanescent lives?
Their Phoenix will never rise again

In the end perhaps there's nothing
In the end perhaps there's nothing to prevail you

Run, Warriors of Rubrum!
Until the soul given to you by Mother start to extinguish

Fight, Warriors of Rubrum!
Until the fictitious world created by Mother comes to an end once again

Run through this world
With no memory of the death
Until the day Death's kiss liberates you 
From your destiny


Note: Lirik "The Beginning of the End" di atas menjadi lirik acuan untuk semua gubahan aransemen/motif dari lagu ini.


Walaupun judul resminya adalah "We Have Come" (seperti yang tercantum di iTunes Jepang), banyak nama untuk memanggil lagu ini. Sebut saja judul yang paling banyak dikenali seperti "What Becomes of Us" dan "We Have Arrived". "We Have Come" menjadi bagian dari Disc 1 trek lagu nomor 2 dari album musik Final Fantasy Type-0 Original Soundtrack (FF Type-0). "We Have Come" dan seluruh aransemen "We Have Come" yang ada paduan suara, bernyanyi dengan menggunakan lirik bahasa Latin. Versi pendek "We Have Come" mengalun saat adegan pembuka FF Type-0, tidak percaya? Lihatlah video bahasa Jepang di bawah ini dan bersiaplah merinding melihat keadaan perang:







Update: Judul resmi lain untuk lagu ini adalah "The Beginning of the End" seperti yang tercantum dalam booklet lirik lagu di album musik format Blu-ray: Final Fantasy Type-0 HD Original Soundtrack (FF Type-0 HD OST). Dan "The Beginning of the End"/"We Have Come" dipindah menjadi BGM saat Opening Cinematic pertama di FF Type-0 HD; bukan Opening langsung fokus ke Class Zero (Video Opening di atas); melainkan fokus saat Militesi Empire di bawah pimpinan Cid Aulstyne menyerang Akedemeia, Dominion of Rubrum dan Crystal Jammer milik L'cie Qun'mi mematikan kekuatan Vermilion Bird Crystal milik Rubrum. "The Beginning of The End" dengan megahnya mengalun seperti genderang mau perang. Simak video di bawah ini:





Aransemen lain dari "We Have Come" akan dijabarkan di bawah ini, ayo lihat satu-satu bersama-sama! 

Note: Nama-nama judul lagu akan mengacu pada judul resmi yang terdapat di iTunes Jepang.



  • Guided Conclusion




Latin Lyrics:

Expergiscimini!
Bellatores Rubri
Expergiscimini!
Principium finis venit, venit! 

English Translations:

Awake!
Warriors of Rubrum
Awake!
The beginning of the end has come, come!


Final Fantasy Type-0 HD -Title Screen-

"Guided Conclusion" adalah lagu latar Title Screen FF Type-0 dan lembar halaman yang menampilkan hasil laporan penyelesaian sebuah Misi di dalam game ini. Nama terkenal lain untuk menyebut lagu di atas adalah "Conclusions are Derived" dan lagu ini menjadi trek nomor 3 di Disc 1 dari FF Type-0 /Type-0 HD OST. Lagu ini diaransemen ke dalam bentuk orkestra dengan nyanyian paduan suara yang menggunakan lirik berbeda dari "We Have Come".


  • Three Hours That Changed the World



Nama terkenal lain untuk menyebut lagu di atas adalah "Three Hours of Fate". "Three Hours That Changed the World" adalah salah satu aransemen orkestra dari Main Theme FF Type-0. "Three Hours That Changed the World" bisa disebut sebagai versi instrumental dari "We Have Come". Orkestra yang terpilih untuk mengisi musik FF Type-0 adalah Sydney Symphony Orchestra. "Three Hours That Changed the World" akan mengalun apabila pemain memilih untuk menyelesaikan Misi 1-1 dan sebelum petarungan terakhir. Terdapat di trek nomor 4 di FF Type-0/Type-0 HD OST.

  • Horror of the Abyss


Melodi "Horror of the Abyss" diambil dari trek lagu "Three Hours That Changed the World" yang diubah ke dalam bentuk musik horor. Lagu ini menjadi lagu latar untuk Worldmap wilayah Genbu. "Horror of the Abyss" dapat ditemukan di trek nomor 6 Disc 1 dalam album FF Type-0 OST. "Horror of the Abyss" memiliki nama lain yaitu "Fear of the Abyss".


  • Divine Fire



Latin Lyrics:

Pugnate, Bellatores Rubri!
Pugnate, Bellatores Rubri!

Pugnate, Pugnate!

Pugnate, Bellatores Rubri!
Pugnate, Bellatores Rubri!

Bellatores Rubri!
Bellatores Rubri!

Pugnate, Bellatores Rubri!
Donec animi dati Matre exstinguant
Pugnate, Bellatores Rubri!
Donec mundus fictus Matre finiatur rursum

Pugnate, Bellatores Rubri!
Donec animi dati Matre exstinguant
Usque ad diem quo Mors vobis basium de
Quod fato vestro liberet vos


English Translations:

Fight, Warriors of Rubrum!
Fight, Warriors of Rubrum!

Fight, Fight!

Fight, Warriors of Rubrum!
Fight, Warriors of Rubrum!

Fight, Warriors of Rubrum!
Until the soul given to you by Mother start to extinguish
Fight, Warriors of Rubrum!
Until the fictitious world created by Mother comes to an end once again

Fight, Warriors of Rubrum!
Until the soul given to you by Mother start to extinguish
Until the day Death's kiss liberates you
From your destiny

Aransemen bentuk orkestra lain. Di menit 0:00-0:55 menggunakan lirik khusus untuk lagu ini yang berbeda dengan lirik yang dipakai di dalam trek lagu "We Have Come" walaupun begitu alunan melodi pada menit ini mengikuti alunan dari lagu "We Have Come". Menit setelah 0:55 sampai akhir lagu barulah menggunakan lirik lagu "We Have Come". "Divine Fire" atau di kalangan fans dikenal dengan sebutan "Pure Fire" dijadikan lagu latar saat menyelesaikan Misi 5-2. "Divine Fire" menjadi bagian Disc 1 dengan nomor lagunya adalah 7 di dalam FF Type-0/ Type-0 HD OST.


  • The Heart Boils




"The Heart Boils" menjadi lagu latar di Magic Academy saat di tempat itu mengadakan Mission Time. Permainan gesekan alat musik dawai menjadi dominan dalam lagu ini. "The Heart Boils" menjadi trek lagu nomor 7 di Disc 2 yang dapat ditemukan di dalam album FF Type-0 OST dan nomor 26 di FF Type-0 HD OST.


  • The Vanishing Soul



"The Vanishing Soul" adalah bentuk aransemen akustik yang diisi oleh gitar dan permainan biola solo dan dengan diiringi musik sintesizer. Nama lain lagu ini adalah "Fading Heart". "The Vanishing Soul" menjadi trek lagu penutup Disc 2 lebih tepatnya trek nomor 19 untuk album musik FF Type-0 OST dan nomor 38 untuk FF Type-0 HD OST.


  • Vermilion Fire


Latin Lyrics:

Currite, Bellatores Rubri!
Pugnate, Bellatores Rubri!
Finis, Finis Ages
Nonne auditis clamores vitarum evanescentium?
Resurget

Finis Ages, Finis Ages
Currite, Bellatores Rubri!
Pugnate, Bellatores Rubri!
Finis Ages

Expergiscimini!
Bellatores Rubri
Expergiscimini!
Finis Ages
Bellatores Rubri

Currite, Bellatores Rubri!
Donec animi dati Matre exstinguant
Currite, Bellatores Rubri!
Donec animi dati Matre exstinguant
Pugnate!

English Translations:

Run, Warriors of Rubrum!
Fight, Warriors of Rubrum!
The End, Time of The End
Did you not listen the cries of the evanescent lives?
Arise!

Time of The End, Time of The End
Run, Warriors of Rubrum!

Fight, Warriors of Rubrum!
Time of The End

Awake!
Warriors of Rubrum
Awake!
Time of The End
Warriors of Rubrum

Run, Warriors of Rubrum!
Until the soul given to you by Mother start to extinguish
Run, Warriors of Rubrum!
Until the soul given to you by Mother start to extinguish
Fight!

"Vermilion Fire" adalah lagu latar pertarungan terakhir melawan tokoh antagonis utama ini yaitu Cid Aulstyne yang bertransformasi menjadi Arbitor of Lulusath (versi Inggris: Rursan Arbiter). Banyak trek musik yang dijadikan satu di dalam lagu ini sebut saja "Tempus Finis" (0:00), "Rem Tokimiya" (0:30), "Wings of Fire" (0:54), "Machina Kunagiri" (1:19), dan tentu saja Main Theme "We Have Come" (1:42). Lagu ini merupakan gubahan orkestra dan menggunakan lirik bahasa Latin semakin mengkomplitkan dan membuat ingin menyelesaikan cepat-cepat petarungan terakhir untuk melihat Ending FF Type-0 ini. "Vermilion Fire" terdapat di Disc 2 bernomor 15 di dalam album FF Type-0 OST dan terdapat di nomor trek ke-52 di FF Type-0 HD OST. 

Motif "We Have Come" dimasukkan ke dalam beberapa lagu-lagu FF Type-0 seperti "Arms of Steel", "A Day Like Any Other", "War: Life of Darkness", dan "Human Strengths and Weaknesses". "Arms of Steel" terdapat di Disc 1 nomor 8, "A Day Like Any Other" terdapat di Disc 1 nomor 17, "War: Life of Darkness" terdapat di Disc 2 nomor 15, dan "Human Strengths and Weaknesses" di Disc 3 nomor 4. Terakhir di Ending Theme FF Type-0 yaitu "Type Zero" (Disc 4 nomor 16).


* Final Fantasy Agito : The Beginning of the End





Kalau video yang satu itu, merupakan "The Beginning of the End" milik FF Agito. "The Beginning of the End" Agito ini merupakan aransemen perpanjangan dari "The Beginning of the End" FF Type-0 karena ada penambahan lirik di bagian awal-awal lagu, sisanya menyanyikan lirik "The Beginning of the End" FF Type-0. Judul lagu lengkapnya adalah "Final Fantasy Agito: The Beginning of the End" dan menempati urutan ke-59 dari FF Type-0 HD OST. 

FYI, aransemen "The Beginning of the End" terbaru, dapat ditemukan di album Dissidia Final Fantasy -Arcade- OST Vol. 2 yang dimainkan secara akustik dan vokal solo lalu ada juga dimainkan dengan kombinasi paduan suara, orkestra, dan vokal solo. 


Lightning Returns: Final Fantasy XIII




"Blinded By Light" dari Final Fantasy XIII Original Soundtrack (FF XIII OST) dijadikan Main Theme untuk sekuelnya yaitu LR: Final Fantasy XIII. Alasan "Blinded By Light" dijadikan Main Theme di LR: FF XIII adalah karena para staf dan komposer ingin menguatkan kesan bahwa LR: FF XIII adalah game yang benar-benar fokus terhadap aspek cerita dan pengembangan kisah karakter utamanya yaitu Lightning. Penasaran bagaimana suara dari "Blinded By Light"? Dengarkan video di bawah ini:




"Blinded By Light" yang terdapat di FF XIII OST (Disc 2 nomor 1), seperti yang telah kalian dengar di video di atas, diciptakan oleh Masashi Hamauzu. "Blinded By Light" di atas dijadikan Battle Theme untuk pertempuran random FF XIII. "Blinded By Light" merupakan lagu yang paling terkenal dari FF XIII dan akibatnya menjadi leitmotif untuk Lightning (walaupun Lightning mempunyai leitmotif berjudul "Lightning's Theme", "Blinded By Light" mengambil alih untuk dijadikan leitmotif Lightning karena "Blinded By Light" paling populer dibandingkan "Lightning's Theme"). 

Di sesi LR: FF XIII ini saya membahas aransemen "Blinded By Light" yang ada di Lightning Returns: Final Fantasy XIII OST (LR: FF XIII OST). Nah, cobalah dengarkan satu-satu lagu ikonik dari seri FF XIII di bawah ini:


  • Lightning Returns






Lightning Returns: Final Fantasy XIII -Title Screen-
"Lightning Returns" yang ada di Disc 1 nomor 1 di dalam album LR: FF XIII OST ini dijadikan lagu latar saat Title Screen LR: FF XIII. Tetapi, kemunculan yang paling terkenal dan sering berulang-ulang dimainkan menjadi Battle Theme saat melakukan misi perkenalan untuk tahu wilayah Yusnaan dan apabila waktu menunjukkan pukul 6 PM-6 AM (6 sore-6 pagi) dimana selama rentang waktu tersebut, Battle Theme untuk setiap daerah Nova Chrysalia digantikan oleh "Lightning Returns". "Lightning Returns" diciptakan oleh Mitsuto Suzuki.


  • Crimson Blitz




"Crimson Blitz" merupakan perpaduan antara lagu "Blinded By Light" dan "Will To Fight" dari FF XIII OST. Diantara semua aransemen "Blinded By Light" di LR: FF XIII, "Crimson Blitz" merupakan aransemen nyaris identik dengan "Blinded By Light" orisinil. "Crimson Blitz" dijadikan Battle Theme untuk wilayah Luxerion pada pukul 6 AM-6 PM (6 pagi-6 sore). "Crimson Blitz" diciptakan oleh Hamauzu-san. 


  • Savior of Souls




"Savior of Souls" atau nama lain yang terkenal adalah "The Savior"; mengikuti susunan "Blinded By Light" tapi tidak seidentik "Crimson Blitz" yang benar-benar mendekati "Blinded By Light". "Savior of Souls" dijadikan lagu latar pertempuran wilayah Wildlands pada pukul 6 AM-6 PM. Lagu ini diciptakan oleh Naoshi Mizuta.


  • Prismelody: Blinded By Light



Mengapa ada "Blinded By Light" di game World of Final Fantasy? Karena, Lightning merupakan salah satu Champion yang membantu Si Kembar Reynn dan Lann dalam misi mereka untuk menyelamatkan Grymoire. Lightning dapat dipanggil oleh kakak-adik kembar ini ke dalam tiap pertarungan (kecuali, pertempuran terakhir  karena kekuatan hebat menyegel para Champion untuk dipanggil oleh Si Kembar). "Prismelody: Blinded By Light" tampil perdana ketika Lightning menolong Si Kembar dari monster ulat gurun pasir di lokasi Phantom Sands. Menjadi lagu latar sebentar; saat dan setelah; Lightning di panggil ke arena pertempuran kemudian, dapat menjadi pilihan acak random battle theme penuh dengan syarat, sudah bertemu dengan Lightning. 

Ini, sekarang lihatlah aksi Lightning melakukan Gestalt Drive, semoga kalian mau mencoba World of Final Fantasy:





Motif "Blinded By Light" terdapat di leitmotif karakter bernama Lumina di LR: FF XIII. Judul lagunya sederhana hanya dinamai "Lumina's Theme". Berikut di bawah ini alunan nada dari "Lumina's Theme":



"Lumina's Theme" diciptakan oleh Mizuta dan Hamauzu serta terdapat di Disc 3 nomor 8. Kepribadian Lumina digambarkan jelas ke dalam lagu tema miliknya, Lumina adalah karakter misterius dan sangat menjengkelkan; cukup membuat dia di dunia Nova Chrysalia dilabeli "pembuat onar"/"penipu ulung" oleh mayoritas penduduk dunia tersebut. Namun, Lumina juga bisa menjadi gadis yang akan mengulurkan bantuan secara sukarela. Di menit ke 1:25-1:56, motif "Blinded By Light" terdengar. Hal tersebut memberikan satu petunjuk bahwa Lumina memiliki ikatan koneksi cukup kuat terhadap Lightning. Mengapa bisa begitu? Temukan jawabannya di LR: FF XIII.

Aransemen orkestra "Blinded By Light" di LR: FF XIII terdapat di trek lagu berjudul "Humanity's Tale" (Disc 4 nomor 12), "Credits ~Light Eternal~" (Disc 4 nomor 13), dan terakhir trek lagu berjudul "Lost Souls -Caius and Yeul-" (Lightning Returns OST Plus, nomor 8) kesemua ini menyematkan motif "Blinded By Light" di dalam lagu-lagunya. Untuk menutup sesi "Blinded By Light" di LR: FF XIII, penulis menyuguhkan video bonus satu lagi yaitu pertarungan Lightning vs Caius Ballad di Temple of the Goddess, Wildlands dengan diiringi trek lagu "Chaotic Guardian" (saat petarungan) dan "Lost Souls -Caius and Yeul" (saat cuplikan adegan setelah pertempuran), selamat menikmati:



* "Blinded By Light" at 12:57-14:15



Final Note:

Penggemar FF Type-0 yang diluar Jepang kini berbahagia karena tanggal 20 Maret 2015 adalah tanggal perilisan FF Type-0 berbahasa Inggris atau bisa memilih sulih suara bahas Jepang dengan sub-title Inggris; di bawah judul: FF Type-0 HD. Namun, kalian harus punya konsol PS4 atau XBOX One untuk bisa memainkannya :). Kemudian, FF Type-0 akan mempunyai OST baru dengan judul Final Fantasy Type-0 HD Original Soundtrack dengan tambahan beberapa lagu baru di dalamnya. Menurut daftar lagu yang telah tersebar ada dua lagu yang di hapus dari FF Type-0 OST untuk FF Type-0 HD OST, lagu-lagunya adalah "War: The Quiet Bloodbath (Long)" dan "Silence (Empty Track)". Jika, saya punya waktu lebih video-video Main Theme FF Type-0 di artikel ini akan diganti dengan versi HD yang lebih bagus! Hehehe.

Nah, ngomong-ngomong "Blinded By Light"... Banyak aransemen untuk satu ini, jadi saya untuk saat ini membahas untuk yang ada di LR: FF XIII; maklum banyak aransemen soalnya Lightning karakter utama Lightning Saga (FF XIII, FF XIII-2, LR: FF XIII, dan novel-novel atau audio drama berkaitan dengan dunia Lightning dkk). "Blinded By Light" di FF XIII dan FF XIII-2, penulis simpan dulu ya untuk tulisan berikutnya pada "waktu yang belum bisa ditentukan" untuk postingan di blog ini fufufu. 

Lirik lagu untuk "We Have Come" tidak bisa ditunjukkan di artikel ini dikarenakan masih belum ada lirik resmi. Sejauh ini hanya ada lirik yang dibuat oleh penggemar dan masih inkonsisten dengan lirik resmi meskipun lirik buatan penggemar ini berbahasa Latin. Patut dipuji karena penggemar yang bersedia mengutak-atik kamus ataupun tanya sama seseorang yang ahli bahasa Latin benar-benar berusaha menyajikan lirik "We Have Come" kepada publik. 

Update: Sekarang, lirik resmi "We Have Come"/"The Beginning of the End" yang terdapat di booklet FF Type-0 HD OST sudah tersaji di artikel ini. Jangan lupa mengecek satu ini ya!

Terus, terakhir, jika ada yang pernah baca artikel saya yang mengulas "Caius's Theme", disini saya beritahu bagaimana alunan nada dari trek "Lost Souls -Caius & Yeul-", asal tahu saja lagu ini terdiri dari tiga trek lagu yang dijadikan satu, ada "Yeul's Theme", "Caius's Theme", dan "Blinded By Light". Main Theme favorit penulis secara keseluruan adalah "Liberi Fatali", "Answers", dan tentu saja "Blinded By Light". Penulis resmikan artikel pembahasan Main Theme FF telah selesai. Oke deh, akhir kata sekian dan terimakasih. Selamat Malam.


-THE END-













Dan........... Ini patut kalian lihat jika penasaran :). "Humanity's Tale", adegan FMV dan musiknya. "Credits ~Light Eternal~" dimainkan setelah sesi ini (trek lagu ini ada di artikel saya di Review: Prelude from Final Fantasy Part I) :


Comments