Review: Characters & Theme from Anastasia (1997) ~Journey #3: Finale~

by: Nabila Rhapsodios



Prologue

Kalian tidak salah baca, ini adalah perjalanan terakhir Anastasia di blog saya yang tercinta... Tinggal satu karakter yang akan dibahas bersama sebuah lagu yang dinyanyikannya. Terus sisanya adalah lagu-lagu yang muncul di bagian ending credits filmnya. Coba kita melihat dan mendengarkan bersama-sama yuk! 



  • Paris Holds the Key (To Your Heart)

Sophie
Tinggal satu karakter yang belum kebagian masuk ke ulasan Anastasia di blog ini. Melihat judul lagu di atas, ada yang masih bisa mengingat dengan baik nama tokoh karakter yang menjadi front vocalist saat adegan lagu itu diputar? Meski karakter minor, kita tidak mudah dibuat lupa dengan lagunya dan personalitasnya yang energetik. Karakter ini bernama Sophie Slovslaveyna Smovorkof Smirnov atau nama panggilannya adalah Sophie. Dia adalah sepupu, asisten pribadi, dan wanita kepercayaan dari Dowager Empress Marie Feodorovna

"Paris Holds the Key (To Your Heart)" merupakan sebuah lagu yang menggabungkan jazz, ragtime, dan pop. Barisan kabaret tradisional can can ala Prancis juga diintegrasikan ke dalam struktur komposisi lagu ini.

Tidak perlu menunggu waktu lama lagi untuk mengenal Sophie lebih jauh lewat lagu yang dia nyanyikan di filmnya. Di bawah ini adalah adegan "Paris Holds the Key (To Your Heart)" yang diputar sebagaimana di filmnya:



Selanjutnya dilampirkan video "Paris Holds the Key to Your Heart" yang terdapat di dalam album musik Anastasia: Music from the Motion Picture dengan nomor trek lagu ke-7:



Di bawah ini merupakan lirik dari "Paris Holds the Key (To Your Heart)":

English Lyrics:

 Accordian Player: Lovers!

Lady Flower Merchant: Ooh La La!
Ha ha ha!

Sophie: Welcome, my friends, to Paris
Here, have a flower on me
Forget where you're from
You're in France!
Children, come!
I'll show you that French joie de vivre!

Paris holds the key to your heart
And all of Paris plays a part

Accordian Player: Just stroll two by two

Lady Flower Merchant: Down what we call "la rue"

Sophie & Chorus: And soon all Paris
Will be singing to you!
Ooh La La
Ooh La La
Ooh La La!

Maurice Chevalier: Paris holds the key to l'amour!

Freud: And not even Freud knows the cure

Aviator: There's love in the air!

Josephine Baker: At the Follies Begere!

Artiste: The French have it down to an art!

Sophie & Chorus: Paris holds the key to your heart!
Ooh La La!

Sophie: When you're feeling blue
Come to Le Moulin
When your heart says don't
The French say do!

Can Can Girls: When you think you can't
You'll find you can can!

Sophie: Everyone can can can!

Sophie & Can Can Girls: You can can can too!
Whee!
Whee!
Whee!

Dimitri: Paris holds the key to her past
Yes, Princess, I've found you at last
No more pretend
You'll be gone
That's the end...

Sophie & Chorus: Paris holds the key
To your heart!

 Couturier: You'll be "très jolie" and so smart!

Isadora Duncan: Come dance through the night

Rodin: And forget all your woes

Sophie & Chorus: The city of light

Gertrude Stein: Where a rose is a rose!

Sophie & Chorus: And one never knows what will start!
Paris...
Holds the key...

Dimitri: To.. Her...

Sophie & Chorus: Heart!
Ooh La La!
Ooh La La!

Sophie disuarakan oleh aktris dan penyanyi bernama Bernadette Peters. Tidak hanya Peters yang meminjamkan suaranya untuk sesi lagu ini. Ada Jonathan Dokuchitz yang menyanyikan lirik lagu untuk bagian Dimitri. Sama seperti lagu "Journey to the Past", "Once Upon a December", "A Rumor in St. Petersburg", "Learn to Do It", "Learn to Do It (Waltz Reprise)", dan "In the Dark of the Night", "Paris Holds the Key (To Your Heart)" dikomposeri oleh Stephen Flaherty serta lirik lagunya ditulis oleh Lynn Ahrens.


Bernadette Peters
Di dalam lagu ini, Sophie mengajak tamu-tamunya yang sudah datang jauh-jauh dari Rusia untuk menikmati shopping dan jalan-jalan ke beberapa tempat-tempat terkenal di Kota Cahaya Paris. Shopping mereka maksudkan ialah untuk mencari gaun dan tuksedo yang bagus untuk menghadiri balet Rusia yang menyuguhkan pertunjukan Cinderella kemudian setelah acara ini berakhir, mereka semua akan menghadap Marie. 

Mudah menilik karakter Sophie dari lagu yang dinyanyikannya. Sophie selain energik, dia juga memiliki kepribadian ramah, bersinar, ceria, lucu, dan penggoda. Untuk sifatnya yang terakhir itu, memikat hati Vladimir dan tersirat di dalam film, mereka memulai hubungan spesial jauh sebelum Anya bertemu Sophie.  

Sophie menunjukkan kepada para tamunya kegembiraan dan kemeriahan Paris yang tidak ada duanya dan mengungkap mengapa kota ini begitu dicintai oleh banyak orang. Siapa yang tidak jatuh cinta kepada Paris? Paris itu adalah surga mode untuk pecinta mode di seluruh dunia. Kuliner disana klasik, simpel, berkelas, dan sanggup membuat air liur menetes dari mulut. Kota ini terkenal karena suka sekali cahaya lampu menyala terang benderang saat malam hari. Semua orang hanyut ke dalam pesona milik Paris. Penulis merasakannya saat menonton adegan "Paris Holds the Key (To Your Heart)" seolah-olah jiwa penulis terbang ke kota nun jauh disana. Paris masuk ke dalam daftar kota yang ingin dikunjungi oleh penulis :p. 

Bukan, penulis tidak akan membicarakan Kota Paris panjang lebar. Penulis akan menjelaskan arti judul lagunya sekarang. Paris untuk Anya menjadi sebuah kunci untuk menemukan keluarga sekaligus jati dirinya. Dia bahagia karena tinggal selangkah lagi mimpi dan tujuan utamanya terpenuhi makanya selama lagu ini Anya juga senang sekali menikmati shopping di Paris. Kata 'Paris' begitu melekat di hati Anya. Ya, wajarlah kata yang terukir di balik liontin yang sering dipakainya menampakkan kalimat, 'Together in Paris'. Paris has always been major hint for her all along... Paris holds the key to Anya's heart.

Lantas mengapa kata To Your Heart menggunakan tanda baca tutup dua kurung? Itu diperuntukkan untuk karakter Dimitri. Akan tetapi, porsi Dimitri ditundukkan untuk lagu ini. Dimitri bukan fokus utama. Lagu ini memberikan gambaran sekilas dari puncak kebingungan konflik antara akal dan hati milik Dimitri. Vokal Dimtiri menjadi lebih tersamar dan sungguh bermakna. Dimitri menyadari jika Marie menegaskan Anya adalah Putri Anastasia yang notabene sebagai cucu perempuan favoritnya, Dimitri tidak akan mendapat kesempatan lagi untuk menemui Anya karena bisnis diantara mereka berdua sudah selesai. Di titik ini pula, Dimitri mulai paham bahwa hilangnya Anya dari sisinya, Dimitri sungguh mendambakan kehadirannya terus untuk beberapa waktu ke depannya. 

Menarik... Pada awal film yang menceritakan bagaimana petualangan mereka menuju Paris, Dimitri masih memperagakan rasa semangat tinggi dan gembira dengan quest miliknya. Anya saat menjalani petualangan untuk sampai ke Paris dilanda rasa khawatir dan keraguan. Di sesi "Paris Holds the Key (To Your Heart)" (meski penonton sudah sadar sejak "You Can Learn to Do It (Waltz Reprise)") perasaan hati mereka menjadi terbalik...! Giliran Dimitri yang dilanda perasaan keraguan dan penuh kegelisahan sedangkan Anya merasakan semangat tinggi serta gembira. Dimitri sekuat tenaga menutupi kegelisahannya sepanjang durasi adegan film ini bahkan sampai Sophie, Vladimir, dan Anya; tidak memperhatikannya. Menapaki kaki berhasil di Paris mempengaruhi hubungan mereka berdua ke depannya, takdir mereka untuk bersatu ada di tangan Kota Cahaya.   


  • Journey to the Past (Pop-R&B Version)

Aaliyah
Liz Callaway menyanyikan "Journey to the Past" untuk adegan Anya menuju kota St. Petersburg di dalam filmnya. "Journey to the Past (Pop-R&B Version)" dinyanyikan oleh almarhumah ratu R&B bernama Aaliyah. Versi milik Aaliyah mengalun ketika film memasuki ending credits

"Journey to the Past (Pop-R&B Version)" dijadikan single ke-13 milik Aaliyah. Sewaktu perilisannya, lagu ini mendapat respon beragam. Beberapa kritikus berpendapat versi Liz Callaway lebih menakjubakan dibandingkan versi Aaliyah yang bernuansa Pop-R&B. 

"Journey to the Past" milik Liz Callaway pernah dinobatkan menjadi salah satu nominasi Best Original Song ketika penghargaan Academy Awards (The Oscar) ke-70 tahun 1998 tetapi kalah bersaing karena kompetitor kuat saat itu adalah "My Heart Will Go On" dari film Titanic. Lagu tersebut keluar sebagai pemenang dalam kategori Best Original Song. Meskipun demikian, kedua versi "Journey to the Past" terhitung sudah dinyanyikan ke 28 bahasa berbeda.

Luckily, Aaliyah membuat PV single lagu ini. Tinggal klik video di bawah ini:



Video yang disajikan di bawah ini diekstrak langsung dari album musik Anastasia (nomor lagunya yaitu 9) beserta lirik:


English Lyrics:

Heart don't fail me now
Courage don't desert me
Don't turn back now that we're here...
People always say, "Life is full of choices"
No one ever mentions fear
Or how a world can seem so long
  How the world can seem so vast...

Courage, see me through
Heart, I'm trusting you
On this journey to the past

Somewhere down this road
I know someone's waiting
Years of dreams just can't be wrong
Arms will open wide
I'll be safe and wanted
Finally home where I belong
Well, starting here, my life begins...
Starting now, I'm learning fast

Courage, see me through
Heart, I'm trusting you
On this journey to the past

Heart, don't fail me now!
Courage, don't desert me...

Home, love, family
There was once a time
I must have had them too
Home, love, family
I will never be complete until I find you

One step at a time
One hope, then another
Who knows where this road may go?
Back to who I was 
On to find my future
Things my heart still needs to know!

Yes, let this be a sign!
Let this road be mine
Let it lead me to my past!

Courage, see me through
Heart, I'm trusting you
To bring me home... at last!

At last!


  • Once Upon a December (Pop Version)

Deana Carter
"Once Upon a December" mendapat kehormatan dua kali muncul di dalam filmnya sama seperti "Journey to the Past". "Once Upon a December" mempunyai versi pop (menurut penulis pop-country hybrid lebih tepatnya) yang dinyanyikan oleh penyanyi musik country yaitu Deana Carter. Seperti "Journey to the Past (Pop-R&B Version)", lagu ini adalah lagu yang mengalun saat ending credits. Film Anastasia mencapai titik benar-benar dinyatakan selesai setelah lagu ini berhenti bersenandung di layar. "Once Upon a December (Pop Version)" menempati urutan ke-10 dalam album musik Anastasia. Sekadar info tambahan, "Once Upon a December" yang dinyayikan oleh Liz Callaway masuk nominasi Best Original Song ketika malam penganugrahan Golden Globe tahun 1998 lampau. 

Deana juga mengeluarkan PV untuk "Once Upon a December (Pop Version)". Coba klik video satu ini:




Sebuah lampiran lagu ini seperti yang terdapat di dalam album musik Anastasia, tersedia tepat di bawah:



Berikut dilampirkan lirik lagu dari "Once Upon a December (Pop Version)":

English Lyrics:

Dancing bears painted wings...
Things I almost remember...
And a song someone sings
Once upon a December

Someone holds me safe and warm
Horses prance through a silver storm
Figures dancing gracefully
Across my memory...

Far away, long ago
Glowing dim as an ember
Things my heart used to know
Once upon a December...

-Instrumental-

Someone holds me safe and warm
Horses prance through a silver storm
Figures dancing gracefully
Across my memory...!

Far away, long ago
Glowing dim as an ember
Things my heart used to know
Things it yearns to remember

And a song someone sings...
Once upon a December...

  • At the Beginning

Perfect Beginning
Sehabis pertempuran terakhir melawan Rasputin, Anya dan Dimitri memutuskan untuk hidup bersama dan kembali ke St. Petersburg. Persis seperti yang dikatakan oleh Marie, hal ini merupakan awal yang sempurna memulai hidup baru untuk mereka. Lagu ini merupakan penegasan bahwa mereka telah berjodoh sedari masa kecil. Tidak hanya itu saja, mereka memulai perjalanan panjang menuju Paris sebagai orang asing dan bagaimana sampai pada akhirnya benih-benih cinta yang tidak disangka-sangka tumbuh sampai mekar di dalam hati mereka setelah melalui beragam rintangan. Mereka mendeklarasikan diri di adegan epilog film sebagai pasangan resmi kepada penonton.  

Richard Marx
"At the Beginning" adalah single pertama yang dikeluarkan dari film Anastasia. Lagu ini dinyanyikan secara duet oleh penyanyi Richard Marx dan Donna Lewis. Tipe lagu ini masuk kategori pop ballad berlevel sedang dengan sedikit sentuhan rock. "At the Beginning" sempat menjadi hits di dalam bagan Billbord tapi hanya bertahan seminggu saja sebelum ditaklukkan oleh "My Heart Will Go On". Masih sama seperti lagu-lagu vokal lainnya, kendali lagu "At the Beginning" masih dipegang oleh Flaherty untuk komposer dan Ahrens untuk lirik. "At the Beginning" menjadi trek lagu nomor 8 dalam album musik film Anastasia.


Donna Lewis
Berikut di bawah ini PV dari "At the Beginning":



Apabila lebih nyaman mendengar ekstrak albumnya, tidak masalah. Tinggal klik video di bawah ini. Jangan khawatir disertakan juga lirik "At the Beginning" dalam sesi ini. Silakan, klik video ini:


English Lyrics:

Donna Lewis (DL): We were strangers starting out on a journey
Never dreaming, what we'd have to go through
Now here we are, and I'm suddenly standing...
At the beginning with you

Richard Marx (RM): No one told me I was going to find you
Unexpected, what you did to my heart?
When I lost hope- (DL: ...I lost hope...)

Duet: You were there to remind me
This is the start!

And life is a road, and I wanna keep going
Love is a river, I wanna keep flowing
Life is a road, now and forever
Wonderful journey

I'll be there when the world stops turning
I'll be there when the storm is through
In the end, I wanna be standing
At the beginning with you...

DL: We were strangers on a crazy adventure (Crazy adventure...)

RM: Never dreaming, how our dreams would come true

Duet: Now here we stand, unafraid of the future
At the beginning with you

And life is a road, and I wanna keep going
Love is a river, I wanna keep flowing
Life is a road, now and forever 
Wonderful journey

I'll be there when the world stops turning
I'll be there when the storm is through
In the end, I wanna be standing
At the beginning with you...

I knew there was somebody somewhere
Like me alone in the dark 
Now I know my dream will live on
I've been waiting so long
Nothing's gonna tear us apart

RM: And life is a road and I wanna keep going (DL: And life!)
Love is a river, I wanna keep flowing (DL: Love... Love...)

Duet: Life is a road, now and forever
Wonderful journey

I'll be there when the world stops turning
I'll be there when the storm is through
In the end, I wanna be standing
At the beginning with you

RM: Yay yay hey...

Duet: Life is a road and I wanna keep going
Love is a river, I wanna keep going on...

DL: Starting out on a journey

Duet: Life is a road and I wanna keep going
Love is a river, I wanna keep flowing
In the end, I wanna be standing
At the beginning... (DL: ...beginning...)
With you... 

DL: Hm...


A Note:

Satu hal yang saya mau dari film ini adalah dibuat versi komplitnya atau ada spin off satu lagi selain kisah Bartok. Kisah versi komplit atau spin off ini berfokus pada gap cerita dari paska Revolusi Rusia sampai kisah sesaat masuk ke 10 tahun kemudian, tepat sebelum masuk ke inti cerita. Gap cerita ini menceritakan seperti apa dan bagaimana Anastasia bisa terdampar di panti asuhan, sisa kehidupan masa kecilnya bagaimana, dan terakhir tentu saja ditutup dengan adegan Anastasia keluar dari panti asuhan yang diseret oleh nenek tua di filmnya. Terus, gap cerita ini juga mengisahkan sisa masa kecil Dimitri sampai dia beranjak dewasa dan akhirnya bertemu dengan Vladimir. Saya pikir hal sekecil ini dapat membantu mencerahkan plot holes di benak penonton dan film ini akan lebih enjoyable. Tapi, pertanyaannya adalah apa ada rumah produksi film animasi disana yang mau mengangkat ide saya ini? Untuk saat ini enjoy fan fiction dulu... Hehehe.

Saya dengar tahun ini akan ada pertunjukan perdana Broadway Anastasia? Wah, sebagai orang yang sudah menonton film ini sampai habis, pastinya pertunjukan tersebut sangat ditunggu-tunggu dan bertanya-tanya apakah lagu-lagunya akan sama seperti di filmnya, lagu-lagu vokal di film Anastasia akan mengalami perubahan signifikan atau semakin bagus untuk Broadway, dan pertanyaan terakhir akankah ada lagu baru khusus untuk pertunjukan Broadway? Terakhir, akankah penyanyi-penyanyi lagu-lagu vokal di filmnya akan kembali menyanyikannya saat Broadway perdana nanti? Well, saya berharap Liz Callaway, Jontahan Dokuchitz, dan Kelsey Grammer menjadi pemeran Anya, Dimitri, serta Vladimir saat adegan mereka bernyanyi di Broadway nanti. Dikarenakan imej mereka terhadap lagu-lagu yang mereka nyanyikan di dalam film sudah begitu lekat oleh vokal mereka plus tambahan pastinya antusiasme dari penonton terutama yang sudah pernah lihat film animasinya ingin melihat pertunjukan Broadway Anastasia berharap sekali lagi menampilkan nyanyian-nyanyiannya secara langsung dengan iringan musik live lengkap seperti di filmnya.

Saya pikir lagu-lagu vokal Anastasia yang paling ditunggu kemunculannya untuk saya sendiri adalah "Once Upon a December" dan "Paris Holds the Key (To Your Heart)". "Once Upon a December" merupakan lagu yang paling bagus menjelaskan elemen keseluruhan cerita film animasi ini. Memberi tahu kepada penonton koneksi hilang pada diri Anya atas Neneknya yang menanamkan lagu ini di hati dan pikirannya dimana Anya sempat tidak bisa ingat secara gamblang. Penampilan "Paris Holds the Key (To Your Heart)"  di panggung Broadway dapat memeriahkan suasana serta mendorong suasana hati para penonton serta ini pilihan tepat apabila merasa bosan sudah diperdengarkan susunan orkestra penuh. Lagu ini butuh sedikit peningkatan untuk beberapa segi meskipun lagu ini memiliki potensi bagus untuk diadaptasi ke dalam Broadway supaya tidak kalah dengan lagu-lagu lainnya dimana menurut saya jauh lebih kuat hampir di semua bidang. 

Saya terkejut banyak sekali nyanyian lagu yang dimasukkan sebagai pengiring ending credits. Saya kira lagu-lagunya akan berakhir di "Journey to the Past" milik Aaliyah kemudian dilanjutkan dengan musik skor tanpa nyanyian, tanpa terduga ada penyanyi perempuan masuk untuk bernyanyi "Once Upon a December" berbeda dari yang dinyanyikan oleh Callaway. Bicara jujur, untuk leitmotif Anya saya lebih prefer versi Liz Callaway. "Journey to the Past" milik Aaliyah bagi saya lebih enak diputar untuk radio bukan untuk dimasukkan ke dalam film. Sementara itu, "Once Upon a December" milik Carter, instrumental lagu ini enak didengar walau suara vokal milik Crater membuat saya mengantuk karena kurang menuangkan emosi yang tepat saat menyanyi lagu ini dan juga karena vokal miliknya itu seperti seseorang yang tidak mau nyanyi lagu ini kemudian dipaksa bernyanyi sehingga hasil akhirnya (sudah telat diubah) kurang energi. Butuh bertahun-tahun untuk saya menuangkan rasa sayang kepada lagu ini dan masuk daftar playlist musik kesukaan. 

Lagu terakhir yang mengalun saat ending credits terakhir adalah "At the Beginning". Saya memberi apresiasi pada lagu ini karena pop original untuk film ini, senang rasanya bertemu lagu kejutan original yang tidak diberi kesempatan perkenalan di dalam semua musik skor filmnya. Tidak ada motif lagu ini disematkan di dalam tiap musik skor Anastasia. Mendengar lagu ini untuk pertama kalinya, saya 'terganggu' dengan suara penyanyi perempuannya. Mengingatkan saya pada suara hidung tetapi memaksakan diri untuk tetap mempertahankan keimutan (umum ditemukan dalam OST anime) dimana bukan tipe vokal pribadi. Tetapi, sekarang saya berpikir suara perempuannya merupakan penyeimbang tepat untuk suara laki-lakinya yang terdengar mirip penyanyi rock pada umumnya. Dan kejutan! Mereka terdengar terhubung bersama-sama menyanyikan "At the Beginning" jikalau tanpa melihat PV-nya. Yang amat disayangkan, "At the Beginning" menjadi anak yang terabaikan oleh pendengar dikarenakan kepopuleran "Journey to the Past", "Once Upon a December", "In the Dark of the Night", "Learn to Do It", "Learn to Do It (Waltz Reprise)", & "Paris Holds the Key (To Your Heart)" melampaui kepopuleran "At the Beginning". 

Saya yakin film dan musik Anastasia bagus untuk diperkenalkan oleh khalyak ramai sebagai lagkah pemberitahuan bahwa ada lagu-lagu keren dari film animasi besutan non-Disney dimana pernah melejit di akhir tahun 1990-an. Okay folks, sesi ulasan film Anastasia saya akhir di Journey #3. Terimakasih sudah bersabar membaca tulisan-tulisan panjang saya yang ini dan juga tulisan-tulisan saya yang lain. Good Day all!



~THE END~




Referensi:


Wikipedia.Courtesy of YouTube and Google Images.





Comments