Kecocokan Persahabatan Antar Golongan Darah

by: Nabila Rhapsodios





Sudah lazim diketahui bahwa di negara Asia Timur khususnya, Jepang, golongan darah seseorang menjadi bahan pertimbangan untuk memprediksi karakter yang dimiliki dalam keseharian. Hal tersebut di sebut sebagai Karakteristik ABO atau ketsueki-gata (Yep, mirip dengan judul anime / komik yang dibintangi oleh Golongan Darah Berkepala Biru seperti gambar di atas). Kecocokan interpersonal dan temperamen juga dijadikan komponen pengukur dalam Karakteristik ABO.

"Pengkotak-kotakan" jenis karakteristik berdasarkan golongan darah sering diabaikan karena takhayul dan pseudoscience. Di sisi lain, ada anggapan bahwa menilai seseorang dari golongan darah merupakan ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya karena seseorang menciptakan karakter seperti itu secara otomatis dan kelihatan di mata orang-orang.

Apakah keakuratan menilai seseorang dari golongan darah adalah fakta? Ataukah fiktif dan bohong? Well, di luar sana banyak perdebatan atas dua hal ini. Apa yang penulis lakukan selama ini yaitu menyajikan informasi tiap karakteristik golongan darah untuk kalian supaya bisa menentukan keputusan atas Karakteristik ABO berupa fakta atau semata takhayul. Atau mungkin berdiri di wilayah abu-abu.

Sekali lagi, penulis akan menguji pendirian kalian terhadap Karakteristik ABO. Pembahasan sekarang mengambil setting cocok atau tidak cocok dalam ranah pertemanan atau persahabatan dengan orang lain yang memiliki golongan darah sama atau berbeda dengan diri kalian. Selamat Menikmati!


GOLONGAN DARAH: A




"Keteraturan, ketertiban, dan keselarasan adalah tiga hal paling utama di dalam hidup."
-Moto Utama-

Sudah lihat moto utama golongan darah ini, kan...? Moto utama itu di ambil berdasarkan kesimpulan ketika menonton anime yang juga sekaligus komik yaitu Ketsuekigata-kun. Kalau mau menambahkan moto untuk golongan darah ini, boleh. Kemukakan di kolom komentar ya :p.

Golongan darah A merupakan teman atau sahabat yang paling baik dan paling memiliki kasih sayang tinggi. Mereka cenderung menghubungkan dirinya dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya. Mereka cenderung mengawasi tingkah yang mereka perlihatkan kepada orang lain karena mereka menyadari bisa memengaruhi masyarakat luas. Mereka sering menempatkan kepentingan milik teman atau sahabatnya di atas kepentingan sendiri. Tetapi, semua itu membuat golongan darah A terserang kepanikan, ketakutan, dan kecemasan luar biasa apabila mereka tidak mampu membantu teman dan sahabatnya secara konsisten. Jangan lupa juga, golongan darah A sangat menghargai keselarasan.

Hal enak lain ketika menjalin pertemanan atau persahabatan dengan golongan darah ini adalah mereka memiliki keterampilan mendengar yang sangat baik. Mereka merupakan active listeners, bukan passive listeners. Keterampilan istimewanya ini akan membutuhkan mereka untuk "masuk ke dalam" kepala pembicara supaya mereka paham komunikasi dari sudut pandang lawan bicaranya. Sebagai active listeners, mereka mencoba paham apa yang ingin dikomunikasikan oleh pembicara dibandingkan apa yang ingin golongan darah ini pahami. Mereka juga menunjukkan penerimaan atas apa yang sedang disampaikan oleh lawan bicaranya. Mereka mendengarkan secara objektif tanpa menghakimi isi pembicaraan. Pada akhirnya sebagai active listeners, mereka menanggung seluruh tanggung jawab untuk keutuhan informasi. Mereka akan melakukan apapun yang dirasa penting untuk mendapatkan makna utuh dari komunikasi lawan bicara. Keterampilan active listeners dimiliki oleh mereka itu ternyata sanggup membuat orang lain terpikat untuk mendekat supaya menjadi teman atau sahabat. 

Kepribadiannya suka mengatur teman atau sahabat serta hal-hal apapun supaya sempurna. Kesempurnaan yang diinginkannya bahkan terlalu sempurna. Mereka juga suka menjaga hal-hal apapun tetap rapi (tak ternoda) dan bisa menjadi teman atau sahabat yang sangat keras kepala. Oleh karena itu, berteman dan bersahabat dengan pemilik golongan darah ini sering timbul elus-elus dada dan hela nafas panjang atas kepribadiannya yang satu itu (...walaupun diam-diam ada yang bersyukur karena ada mereka di dalam satu kelompok pertemanan, keteraturan dan ketertiban tercipta. Ironisnya dari perfeksionis dan keras kepala mereka dan yang bersyukur itu mengakui dua hal itu efektif).

Masalah lain yang dihadapi golongan darah A adalah banyaknya jalinan pertemanan dan persahabatan yang tercipta, kebanyakan sering kehilangan keseimbangan. Alasannya, sebelum mereka bisa menjaga dan memupuk dirinya sendiri dengan baik, mereka malah lebih memprioritaskan untuk melakukan upaya menyenangkan teman atau sahabat, bahkan ke semua orang! Terakhir, golongan darah ini sering mengunci rapat semua perasaan dan emosi yang sebenarnya demi tidak menimbulkan konflik dengan teman atau sahabat dimana semua perasaan dan emosi tersebut akan semakin lama menggunung di hati dan pada akhirnya, meledak tanpa ada tanda peringatan ketika ada sesuatu yang sanggup mencetusnya (ngomong-ngoomong, golongan darah ini terhitung kalem). Ledakan tanpa peringatan tersebut bisa melahirkan pertikaian antar teman atau sahabat yang menilai golongan darah A seperti perumpamaan, "Kenapa selama ini kamu diam saja?!" atau "Coba sebelumnya kamu jujur ah" begitu.

Ah... Saran yang butuh di beri kepada golongan darah A supaya pertemanan dan persahabatan langgeng adalah meningkatkan keterampilan pengatasian / penanggulangan (coping skill). Karena golongan darah A penuh dengan banyak emosi dan pikiran negatif. Cobalah menumpahkan semua emosi yang sulit diungkapkan dan sedikit menghalau pikiran negatif ke dalam bentuk tulisan atau gambar. Penulis bisa melihat ke dalam mata batin kalian bahwa senang mengejar karir di dalam bidang kreatif soalnya... Heh heh heh. 

Oh ya, pemilik golongan darah A sangat lamban untuk mempercayai orang. Mereka sulit mengekspresikan perasaan yang dimiliki dan juga sangat jarang menjalin pertemanan (apalagi persahabatan) di saat pertemuan awal / masih dalam beberapa tahap permulaan untuk berkenalan. Akan tetapi, ketika mereka mulai percaya pada satu atau kumpulan orang, mereka akan penuh komitmen untuk menjaga pertemanan dan persahabatan yang terbentuk itu.

Apa saja yang dilihat dari golongan darah lain di dalam diri golongan darah A sebagai teman dan sahabat? Coba lihat ini dengan seksama:

Yang Disukai:

-Perfeksionis-nya
-Orangnya sangat teratur (Kadang banyak aturan, tapi nggak apa-apalah)
-Tanggung jawab-nya oke
-Mampu menempatkan prioritas dalam susunan yang SUPER RAPI (..butuh kapital dan penekanan karena memang tidak diragukan lagi A unggul)
- Mampu menguasai diri
- Orangnya formal dan stabil
- Baik
Active listeners
-Tekun
-Bertekad kuat
-Rajin
-Teliti
-Sopan dan santun
-Peka / sensitif terhadap perasaan dan lingkungan di sekitar
-Penuh kasih sayang dan perhatian
-Bisa bijak juga

Yang Tidak Disukai: 

-Perfeksionis-nya! (Oh tolong kami!)
-Banyak aturan ini-itu (Ugh)
-Uh-oh dia tidak bisa dikelabui karena mata dan telinga A tajam (Tuh tuh lihat. Dia orangnya sangat teliti, rapi, dan menangkap makna tersembunyi dalam perkataan dan penulisan dengan perfecto!)
-Suka mengisolasi diri sehingga membuat tanda tanya (Er... Kamu baik-baik saja sendirian...? Mau bergabung mungkin..? *awkward pause* Uh, nggak ya? Oke...)
-Tertutup dan sulit diidentifikasi emosi sekaligus alur berpikirnya (Halo, ada yang berhasil menciptakan mesin pembaca pikiran dan hati? Pesan satu ya!)
-Hah... A pemalu dan sering cemas nih padahal belum juga di coba
-Keras kepala
-Ya ampun, diam-diam super duper cerewet dan kritis. Ku kira A kalem setenang ombak!
-Baik sih... Tapi kadang, terlalu baik sehingga membuat kami khawatir   
-Tenang A, tenang. Semua akan baik-baik saja. Jangan cepat tegang gitu dong. Tarik nafas... 
-Sering diliputi emosi dan pikiran negatif, entah sengaja atau tidak sengaja
-Uh... Agak susah untuk di ajak keluar dari lingkungan lama karena terbentur dengan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari...

Di atas adalah daftar umum tentang A di sukai dan tidak di sukai karena apa. Sementara di bawah adalah daftar spesifiknya yang dilihat dari kacamata masing-masing golongan darah. Lihat baik-baik:

A menyukai teman dan sahabat sesama A karena sama-sama memiliki karakter yang mengeluarkan aura empati dan cinta antar sesama. Selain itu, mereka memiliki banyak persamaan sehingga mudah akur. Tapi, mereka bisa sama-sama terganggu dan tidak suka satu sama lain karena mereka berdua sama-sama orang yang sensitif (apalagi sensitif terhadap perubahan lingkungan yang ditempati) dan keras. Karena itu, muncullah konflik yang sulit dipadamkan. 

B menyukai teman dan sahabat A karena A adalah orang yang teratur, rapi, dan dapat dipercaya. Sayangnya, B sangat terganggu oleh sifat A yang kekanak-kanakan dan suka memanjakannya. B merasa kebaikan yang berasal dari kekanak-kanakan dan kemanjaan A merupakan satu hal yang cukup membosankan.

O menyukai teman dan sahabat A karena perbedaan yang ada di dalam diri mereka masing-masing. Perbedannya terletak pada karakter, pandangan dunia, perspektif, atau hobi. Perbedaan pada diri mereka adalah hal yang menantang dan menarik di dalam pikiran O. Menurut O sih alasannya itu saja. Tidak ada alasan spesifik menjadikan A sebagai teman dan sahabatnya. 

AB menyukai teman dan sahabat A karena berhasil menemukan belahan jiwa yang hilang bertahun-tahun lamanya (Ingat, AB adalah gabungan dari golongan darah A dan B :)). Mereka cepat akur walaupun dipertemukan baru sedetik, semenit, seminggu atau setahun lalu. AB dan A akan bersama membangun pertemanan atau persahabatan yang stabil.


GOLONGAN DARAH: B



"I did it myyyyy waaaaaaayyyy~~~ ðŸŽ¤ðŸŽµ"
-Moto Utama-

Mungkin sepenggal lirik lagu "My Way" yang populer dibawakan oleh Frank Sinatra, sangat cocok mendeskripsikan golongan darah B. Agak susah menentukan moto yang tepat untuk golongan darah ini sebenarnya... Kalian mungkin bisa menambahkan satu atau dua moto lagi yang tepat untuk B? 

Oke, mengapa "I did it my way" (Terjemahan: "Aku melakukannya dengan caraku sendiri") yang terpilih bukan yang lain? Alasannya cukup sederhana karena B merupakan seseorang yang paling santai, paling berjiwa bebas, dan paling praktis di antara teman atau sahabatnya. Yep, mereka menerapkan "I did it my way" hampir ke dalam seluruh aspek hidupnya.

Keenakan berteman atau bersahabat dengan B adalah karakternya yang terbuka, sangat ramah, sangat seru, dan sangat memikat hati sehingga cenderung mudah mengundang siapa saja untuk bisa masuk ke dalam lingkaran pertemanan dan persahabatannya. B memang sangat suka dikelilingi oleh orang banyak (Oh, sebagai info: Dia benci di tinggal sendiri) dan hal ini akan membuatnya cocok menjalankan peran kepemimpinan dimana saja dengan sangat alami. 

Rata-rata B disukai oleh teman dan sahabatnya karena terlihat sangat kreatif dan penuh dengan rasa ingin tahu. Jadi, dia adalah aset berharga untuk diikutsertakan ke dalam sebuah proyek atau penelitian di sekolah atau kantor. Tapi, di waktu yang terjadi secara bersamaan, B bisa kehilangan dua hal itu dengan mudahnya. Disinilah tugas teman atau sahabat dari B diperlukan yaitu membangunkan dia dari "tidur kucing" malasnya dan mengilhami dia dengan apapun yang bisa mengembalikan ide kreatif di dalam dirinya (Heh, traktir dia dengan satu es krim favorit membantu loh *wink*). 

Tidak ada salahnya B sangat memegang lekat "I did it my way" sebagai moto hidup. Tapi, tahukah kalian makna lain yang bisa di tarik dari kalimat itu? "I did it my way" dalam konteks mendeskripsikan golongan darah ini sama dengan E-G-O-I-S. Egois. B merupakan kumpulan orang individualis yang tidak bekerja sama dengan baik karena lebih memilih untuk mengikuti aturan, ide, dan intuisi yang dimiliki sendiri (Dia kurang / tidak percaya dengan ide, aturan, dan intuisi yang dikemukakan bukan berasal darinya, ngomong-ngomong). Semua fokus utama diletakkan pada apa yang mereka sedang lakukan, bukan apa yang teman atau sahabat sedang lakukan. Keegoisan B menjadikannya sebagai orang yang dingin dan serius karena lebih fokus kepada akalnya dibandingkan perasaannya. Dengan B yang seperti itu, dia bisa tidak peduli pada perasaan milik teman atau sahabatnya sendiri. Merekalah kumpulan orang yang berpotensi menghancurkan harmonisasi dan sinkronisasi ketika kalian sekolah / kuliah / kerja dan di dalam kelompok pertemanan / persahabatan milik kalian. Merekalah kumpulan orang yang berpotensi mengukir drama ketika kalian sekolah / kuliah / kerja dan di dalam kelompok pertemanan / persahabatan milik kalian.

Di atas segala-galanya, mempunyai teman dan sahabat golongan darah ini akan terucap kata syukur dan terimakasih. B sangat fleksibel dengan teman dan lingkungan baru sehingga tidak repot untuk mengurusnya. B bisa merasakan kebutuhan teman atau sahabat dan segera melakukan penyesuaian sebagai kompensasi. Karakternya yang sangat santai dan sungguh tidak biasa masih bisa dimaklumi karena tidak sampai ke poin-poin menjengkelkan. Hobinya yang suka berpetualang kuliner atau tempat baru, membangkitkan sikap petualang yang tertidur di diri teman atau sahabatnya. B memang seru untuk di ajak main atau bepergian karena tingkat energi yang ditunjukkan olehnya sangat tinggi (Kadang menular...), sayangnya, hal ini menimbulkan kerugian juga yaitu mengusir orang untuk dekat dengannya. Oh terakhir, bentuk syukur memiliki B sebagai teman dan sahabat kalian yaitu mampu memecahkan beragam masalah karena masalah dinilai sebagai kepingan puzzle yang mudah disusun di mata B.

Daftar umum B disukai oleh teman dan sahabatnya:

-Asyik (Di ajak, "Ayo ke x! Ayo coba x! Di ayo-ayoin sama dia secepat kilat"!)
-Kreatif (Asal ada sesuatu yang bisa mempertahankan B terus begini)
-Santai
-Praktis
-Berjiwa bebas (B... Hidupmu... Seperti tidak punya beban... Andai aku demikian juga)
-Ramah
-Suka berpetualang (Minta sama B-lah untuk urusan update kuliner dan tempat liburan...)
-Pragmatis
-Kebanyakan golongan darah B ini.... Ceria? Murah senyum dan energinya menyilaukan soalnya
-Kuat 
-Fleksibel ditempatkan dimana saja dan bermain dengan siapa saja serta kapan saja
-Problem solver

Daftar umum B tidak disukai oleh teman dan sahabatnya:

-E-G-O-I-S. Full stop!
-Ada serpihan salju yang mengitarinya tapi, tidak sedingin salju di Gunung Everest sih
-Tidak bertanggung jawab
-Individualis karenanya tidak taat pada aturan, ide, dan intuisi dalam hidup berkelompok
-Mungkinkah kehidupannya jadi kacau / tidak teratur karena kalimat tepat di atas kalimat ini, eh?
-Terlalu santai! (Oi B! Serius sedikit, bisa tidak? Ini penting)
-Terlalu kreatif! (Aduh B... Dibilangin berkali-kali itu tidak bisa diwujudkan... Imposibbru! =_=")
-Sesudah membaca artikel ini, tolong jangan menyerukan kalimat "I did it myyyyy waaaaayyy" sebagai alasan apapun. Kecuali ketika sedang menyanyikan lagu "My Way" karena itu memang liriknya
- Alert: Level Energy, very high
Proposal: Unit B should perform proper repair and replenish energy efficiency
-Sulit diprediksi karena orangnya bebas
-Mudah PDKT ke gebetan yang ditaksir karenanya mendapatkan banyak kecaman dan kemarahan dari banyak rival si B ini :D. Teman dan sahabatnya saja sampai terheran-heran... 

Daftar spesifik B disukai dan tidak disukai berdasarkan masing-masing golongan darah:

Seberapapun A mencoba, A tidak bisa emulate secara sempurna karakter mudah mengobrol dengan orang baru, mudah terbuka dengan siapapun dan apapun, kebebasan, bisa menikmati banyak hal dengan kecepatan sendiri (terlebih tanpa aturan) yang tersimpan dalam diri B. So, A often envies those particular abilities. Walaupun mereka berkebalikan secara karakter (dan diwarnai unsur cemburu), A cukup menyukai (diam-diam menikmati) daftar trait B yang seperti itu di dalam lingkaran pertemanan / persahabatan. Lalu, A bisa menjadi pelindung dan pemupuk ampuh untuk B. Satu hal yang disayangkan untuk pertemanan dan persahabatan A & B adalah mereka mudah lelah satu sama lain karena dasar karakter mereka sangat kontras sehingga mengancam hubungan keduanya. 

B menyukai pemilik golongan darah B untuk dijadikan teman dan sahabat karena kesukaan dan laju kecepatan sangat cocok satu sama lain. Jadi, B & B adalah kombinasi bagus. Tetapi, apabila kesukaan dan laju kecepatan milik keduanya ternyata saling tidak menemui titik kecocokan, B & B bisa berubah menjadi kombinasi pertemanan atau persahabatan terburuk bahkan keduanya sering "menjadi di luar jalur" sehingga masing-masing tidak dapat memahami arti pertemanan dan persahabatan di antara mereka lagi. 

O menyukai B sebagai teman dan sahabat karena B sangat mudah dipahami olehnya.  O & B akan menjadi teman atau sahabat akrab dengan sangat mudah dan cepat. Terlebih, O sangat tidak keberatan dengan karakter B yang sangat menghargai kebebasan dan kemerdekaan secara individu. 

AB menyukai B untuk dijadikan teman dan sahabat karena sama-sama cocok sehingga mudah memulai pertemanan atau persahabatan di antara keduanya. Secara alami, B menghormati segala keinginan dan permintaan AB, seperti contoh, B tidak boleh mengusik privasi AB dan B sangat pengeritan atas hal ini maka dia tidak akan berani mencoba kepo sehingga AB berterima kasih kepada B karenanya. Hal seperti itu terjadi karena masih ada hubungannya dengan karakter B yang individualis dan bebas. 


GOLONGAN DARAH: O


"Aku bisa mengatasi ini semua! Semangat! Jangan lupa senyum juga :)"
-Moto Utama-

"Aku bisa mengatasi ini semua! Semangat! Jangan lupa senyum juga :)" karena O merupakan Raja Pede dan Optimisme! Di mata teman dan sahabat, O dikenal baik sebagai orang yang penuh dedikasi, memiliki banyak purpose and goal yang harus teraih, dan tidak mempermasalahkan diraih dalam jangka panjang asal selesai serta hasilnya sukses. Ya nggak, O? O ini memiliki mental yang super kuat untuk tetap mempertahankan purpose and goal itu dan karenanya, percaya diri dan optimis ke dirinya sendiri. Tenang, O tidak pelit, Ferguso. Dia suka rela membagikan pede dan optimismenya itu ke teman dan sahabat. Begitu, Ferguso...

Teman dan sahabat dari O suka dengannya karena kelincahannya, keceriaannya, dan penghargaan terhadap hubungan pertemanan / persahabatan. Teman dan sahabat dari O menyukai kejujuran yang dikemukakannya karenanya, tidak heran O memiliki keluasan kelompok pertemanan dimana saja. Orang lebih muda, sebaya, dan orang lebih tua dari O, dijadikan teman dan sahabat. Suka bersosialisasi yang disertai senyum manis adalah salah satu daya tarik O.

O terlahir alami sebagai seorang pemimpin. Dia biasanya dipilih otomatis oleh teman atau sahabatnya untuk memimpin kelompok. Karena di mata teman dan sahabatnya, O itu memiliki wawasan mendalam dan memaklumi ada sedikit kekeliruan di dalam tim (catat, bila itu bisa membuat semua orang senang). O tidak keberatan menjalin kerja sama di luar kelompok yang sudah terlebih dahulu mengikatnya jadi akan banyak teman yang jatuh cinta dan menyerbu mereka. 

O sangat baik kepada teman dan sahabatnya. Kebaikan miliknya tidak hanya diperuntukkan ke mereka saja tapi juga, ke binatang dan tumbuhan. Jangan kaget bila main ke kediamannya akan ditemukan binatang atau tumbuhan! O menikmati hidup dengan memelihara binatang dan tanaman sebagai hobi soalnya. 

O memiliki karakteristik penuh gairah pada rasa keberagaman dan beragam rintangan. Jadi, keterkaitan hal itu dalam cinta dan kasih sayang antar teman / sahabat, O cenderung pemberi / pemanja daripada penerima (Kalau dalam urusan cinta dan kasih sayang antar pasangan, berbeda lagi. O cenderung pemburu daripada dikejar-kejar hehehe). Nah, kalau ada yang mau menarik perhatian O untuk dijadikan teman / sahabat, kalian jangat selalu agresif dan menggebu-gebu ketika menerima ajakan untuk menjadi teman / sahabatnya, tunjukkanlah keraguan supaya kelihatan keseriusan / ketulusan ajakannya. Anaknya juga ekspresif banget dan mudah berubah-ubah (fickle...), tolong ini diingat juga... Dia akan merasa tertantang untuk membuktikan praduga yang di ajak berteman itu, salah banget dengan tekad baja.

O memang cenderung lincah dan ceria, ekspresif dan penuh gairah, tapi, bisa juga membuat teman atau sahabatnya jemu sampai ke akar-akar / ubun-ubun dengan obsesi setinggi langitnya untuk sukses ditambahkan dengan keyakinan mutlak bahwa mereka merupakan para pemenang! "Yeah! Hahahahaha!" untuk O. "Ngghh..." untuk teman / sahabatnya. Hal ini dapat dinilai sebagai sebuah kesombongan di mata sebagian teman / sahabatnya. 

Walaupun teman / sahabatnya jemu dengan kelakuannya yang satu itu, mereka akan selalu menang ketika diminta untuk menjelaskan alasan untuk tidak boleh takut sama sekali dengan risiko dan pertaruhan di dalam kelompok pertemanan / persahabatan, bahkan juga di urusan sekolah / kampus / kantor. Mereka memiliki keberadaan fisik yang sangat kuat maka sangat tidak mungkin O akan diabaikan oleh teman / sahabatnya.

Karakter lain dari O (yang bisa menjitak kepalanya karena membuat sebal) adalah mereka sering datang terlambat untuk menghadiri pesta, perkumpulan, acara, kelas, seminar, janji, et cetera. Satu lagi adalah mereka cukup meremehkan hal-hal kecil nan sepele yang padahal hal-hal kecil nan sepele itu bisa saja penting dan inti sebenarnya dari krisis. Semua hal yang dipaparkan di paragraf ini, bisa dinilai sebagai sebuah arogansi dan tidak sopan di mata sebagian teman / sahabatnya. 

Umumnya O disukai oleh teman dan sahabatnya karena...

-Jarang sekali ada orang O yang tidak pede. Kami salut sama kepedeannya, Ferguso! (Asalkan dia tidak berbuat sesuatu yang konyol...)
-Memiliki semangat ambisius yang (sangat 2x) kuat 
-O akan melakukan apapun sebisa mungkin untuk teman, sahabat, bahkan keluarganya dengan tulus
-Memimpin kelompoknya mantap jiwa! O itu kompromian, baik, dan penyayang sebagai pemimpin dan sebagai satu anggota keluarga / pertemanan juga!
-Hidup O penuh dengan rasa optimis yang sulit diruntuhkan (Asyik, ada getset cadangan untuk menyalurkan energi atau aura positif untuk kita-kita ini yang sering diitari awan gelap) 
-Idealis
-Memiliki kekuatan super untuk menikmati apapun di hidupnya (Kata O, "Di bawa enjoy saja~~~")
-Sepertinya O ini merupakan golongan darah yang sangat menikmati keberagaman?
-Terkadang memegang lekat gaya hidupnya yang penuh dedikasi, hemat, ramah, dan hati-hati dengan kesungguhan
-Lincah, ceria, jujur, dan murah senyum
-Cinta kepada tumbuhan dan binatang
-Ekspresif

Umumnya O tidak disukai oleh teman dan sahabatnya karena...

-Suka membuat panik karena sering datang terlambat (Aw, golongan darah A akan sangat murka dengan hal ini loh O...)
-Terkadang kalau dikonfrontasi atau dinasehatin baik-baik karena keterlambatannya yang sering banget, dia malah jadi kasar. Heran sama O deh yang tidak mengakui keterlambatannya *sigh* (Ayo O, tingkatkan kesadaran bahwa waktu juga salah satu cara menghormati orang :))
-Suka berubah-ubah. Begini, contoh ya: Satu hari yang lalu, dia berbicara X. Satu hari kemudian, dia berbicara Y yang sangat berbeda dari X. Nanti hari-hari berikutnya bisa Z dan balik lagi ke X / Y. Weleh-weleh...
-O adalah orang yang tidak boleh kamu jadikan musuh atau di buat marah. Tahu kenapa? Dia merupakan orang yang sangat dingin. Dinginnya melampaui salju di Gn. Everest. Dia akan berubah menjadi sosok yang sangat mengintimidasi. Hiiiyy takut (Bagi yang bukan penyebab O marah, bisa merasa terintimidasi juga. Suasana jadi tidak nyaman lagi)
-Arogan sekaligus sombong
-Tidak apa-apa keranjingan kerja. Bagus kok untuk masa depan. Tapi, cobalah mencuri waktu sebanyak dan secerdas mungkin untuk kumpul bersama teman / sahabat dan keluarga. Mereka sudah lama tidak berjumpa denganmu O (Kalau sudah bertemu, nikmati pertemuan itu. Jangan sambil kerja lagi... =_=")
-B mungkin menganggap O adalah rival terkuatnya karena karakter mereka, hampir mirip
-Kata AB, "Terlalu ekspresif" (Dua kata yang cukup keras 0_0)
-Kata AB, "Terlalu pede dan optimis jadi bisa sedikit menginjak garis 'tidur terus di alam mimpi sehingga menolak realita'" (Dua kata yang sangat keras sehingga O K.O.)
-O ini ambisius dan goal-oriented tapi, kalau kehilangan motivasi ketika sedang mencoba meraihnya, wah dia cepat menyerah dan menjadi pemalas
-Kemungkinan cemburuan kepada teman dan sahabat karena berhubungan dengan karakter alaminya yang memang Pemenang / Pejuang  
-Sebagian O ada yang penakut dengan hantu atau horor sehingga dianggap bukan pasangan uji nyali yang enak hehehe
-Alert: Extremely high energy
Proposal: Unit O should rest and take a breather

Bila dilihat dari kacamata golongan darah maka...

A menyukai jalinan pertemanan atau persahabatan dengan O karena kompak untuk saling menutupi kelemahan pada diri masing-masing. Akan tetapi, dihadapkan pada perbedaan di beberapa hal (seperti contoh, A adalah golongan darah yang sangat sensitif sementara O bukan), mungkin bisa membuat mereka sama-sama dihinggapi stres berkepanjangan.

B menyukai jalinan pertemanan atau persahabatan dengan O karena tingkat kesabaran O cukup tinggi untuk terus memaklumi karakter B yang sangat berjiwa bebas dan susah tunduk pada aturan, ide, dan intuisi yang disepakati bersama dalam sebuah kelompok. 

O menyukai jalinan pertemanan atau persahabatan dengan sesama O karena kejujuran milik mereka merupakan fondasi yang sangat kuat untuk bersama-sama membangun pertemanan atau persahabatan yang transparan, terus terang, dan terbuka; tidak boleh ada yang disembunyikan kecuali ada beragam hal yang memang pada dasarnya adalah hal yang harus tetap terkunci, bahkan dari teman / sahabat sendiri. Saling paham dengan sempurna dan bisa menjadi teman atau sahabat yang menggemaskan di mata orang. Lalu, O & O cenderung saling bertengkar bila mereka sedang bertanding dalam menggapai satu tujuan atau dalam perlombaan.

AB menyukai jalinan pertemanan atau persahabatan dengan O karena O adalah sasaran paling empuk untuk dikritisi (B adalah sasaran kedua AB untuk dikritik olehnya). Kritik yang diberikan AB merupakan cambukan utama untuk membuat O sadar dari apapun (bisa kekeliruannya, bisa mimpinya yang ketinggian banget untuk diwujudkan, bisa alur pikirnya) dan O mungkin merasa beruntung karena memiliki AB dengan segala macam "cambukannya". Lalu, AB menyukai O karena karakternya tahan banting dan tabah. Kedua karakter tersebut sangat membantu, terutama ketika AB sedang dihadapi kesulitan. 


GOLONGAN DARAH: AB


  


"Golongan Darah Lain: Kamu siapa? AB, kan?
AB: Aku siapa menurutmu? Masa' sih AB?
Golongan Darah Lain: ...kok malah balik bertanya =__=."
-"Moto Utama"-


Susah banget menentukan moto yang tepat untuk AB karena karakternya membingungkan. Dia sendiri juga bingung sama dirinya sendiri... Jadi ya... Seperti itu saja. Tidak masalah, kan AB? Atau kalau masalah, tambahkan sendiri di kolom komentar ya, AB.

Pada umumnya, pasukan AB adalah kumpulan individu yang rasional dan sedikit suka mengendalikan teman atau sahabatnya (bahkan keluarganya turut dikendalikan juga sama AB). Oh, sifat suka mengendalikannya itu bukan berarti AB akan meraung-raung banyak perintah kepada teman / sahabat tentang satu atau dua hal, mereka hanyalah kumpulan individu yang sangat tidak suka berdependensi kepada teman atau sahabatnya. AB adalah pencipta tiap keputusan yang akan di ambil olehnya dan hal satu itu terbantu dengan karakternya yang sangat berkemauan kuat. AB sangat mudah beradaptasi dan karenanya, dia akan tahu sendiri cara terbaik untuk menyukseskan keadaptasiannya di situasi apapun. 

Tapi... Tetap saja... AB itu terkadang pelupa bahkan tidak bertanggung jawab. Bahkan, AB bisa di bilang golongan darah yang berkarakter "dingin". "Dingin" yang sering dikatakan oleh teman dan sahabat maksudnya adalah AB menghembuskan angin penyendiri, peragu, dan tajam ketika memberi kritik. Lalu, mirip dengan golongan darah B, AB lebih suka memakai logis daripada hati untuk menilai seseorang atau sesuatu. Gara-gara karakternya yang begitu, mereka mungkin penghakim dan susah untuk diprediksi. 

Berteman dan bersahabat dengan AB mungkin membingungkan siapa saja. Alasannya, AB merupakan percampuran golongan darah A dan golongan darah B sehingga AB sering dilihat oleh teman dan sahabatnya memiliki karakter (sifat) ganda dan rumit untuk dipahami. Sebagai contoh, AB itu terhitung pemalu yang mirip dengan golongan darah A tetapi, di lain sisi AB juga terhitung ramah / ceria yang persis dengan golongan darah B. Ini memperkuat stereotip bahwa golongan darah AB adalah teman atau sahabat yang eksentrik dan sedikit misterius.

AB ketika diingatkan hal yang tertuang di dua paragraf sebelumnya, mungkin akan bermuka datar sambil berkata, "Hei, kita semua memiliki sisi gelap, kan? Hehehe." Oke, dalam kasus apapun, golongan darah lain kuat percaya bisa melihat sisi cahaya ketika berteman atau bersahabat dengan AB. 

Berikut daftar sisi cahaya AB yang dipercaya kuat oleh golongan darah lain:

-Ramah (Bawaan dari sisi B)
-Ceria (Bawaan dari sisi B)
-Rasional
-Pengendali
-Pengambil / Pembuat keputusan / kesepakatan yang kuat, tanpa harus ada campur tangan orang (Dipercaya dan keputusan / kesepakatannya itu bijak loh)
-Wah, ini golongan darah yang sangat jarang terbawa suasana. Selalu kalem dan sabar ketika menghadapi berbagai karakter orang dan situasi
-Sangat mudah beradaptasi
-Independen (Kan dia sangat tidak suka berdependensi ke orang)
-Wuih, kemauannya kuat!
-Eksentrik seperti benang kusut jadi, seru untuk di coba urai kekusutan benangnya :p
-Ah, sepertinya "dingin" (plus misterius) yang dikatakan oleh teman atau sahabat justru tanpa sengaja membuat AB populer dan digandrungi lawan jenis (Kira-kira AB menyukai kepopuleranya atau tidak ya?) 
-Bisa dipercaya dan diandalkan
-Diam-diam memiliki kreativitas yang mencengangkan (Siapa sangka?)
-Artistik
-Memiliki keterampilan diplomatik yang sangat bagus
-Spiritual
-Membuat orang jatuh hati kepadanya karena AB memang menawan dan membanggakan (Sering loh) 

Berikut daftar sisi gelap AB:

-Keksentriannya
-Kerasionalisnya karena AB lebih suka memakai akal, terkadang lupa pakai hati :(
-Kekritisannya atas sesuatu atau seseorang diungkapkan setajam silet :( (..yah, kritik membangun juga disampaikan dengan cara yang sama jadi tabah saja dalam menyikapinya...)
-Ada kemungkinan bisa menjadi seorang teman atau sahabat yang suka menghakimi (gara-gara karakter kritisnya)
-Peragu
-Penyendiri (Di ajak nimbrung atau mau di rangkul, yang ada kita lari duluan karena eksteriornya yang dingin)
-Susah untuk diprediksi (Ini bawaan dari sisi B-nya)
-Pelupa
-Suka mengendalikan teman atau sahabat (...dirinya malah tidak suka dikendalikan. Itu merupakan paradoks =_=)
-Tanggung jawabnya kurang (Ini bawaan dari sisi B-nya)
-Orangnya rentan, apapun selalu jadi bahan pikiran sampai ke akar otak
-Pemalu (Sisi A membawa pengaruh)
-Punya dua "wajah" / "kepribadian"
-Sensitif (Ini bawaan dari sisi A-nya)
-Kedatarannya (Ha?)
-Kekusutan atau kerumitannya (Ha-ha?)
-Ketidakpahaman atas dirinya sendiri (Lah... Bagaimana kita mau memahaminya? Dia bingung ke dirinya sendiri.... *muka datar*)

Bila dilihat dari kacamata golongan darah maka...

A senang memiliki teman dan sahabat AB karena bisa menjalin pertemanan yang sehat dan tenang. Akan tetapi, pertemanan atau persahabatan dua golongan darah ini tergantung pada karakter masing-masing berdasarkan golongan darahnya. AB akan sedikit susah akur dan akrab dengan A apabila AB lebih dominan menampakkan karakter B yang ada pada dirinya (artinya, AB yang B-an = egosentris di mata A).  Di lain sisi, AB yang lebih dominan ke A akan mudah akrab dan akur dengan A sehingga pertemanan atau persahabatan akan selalu stabil.

B senang memiliki teman dan sahabat AB karena mereka saling menghormati keinginan masing-masing. Mereka akan membangun jalinan pertemanan atau persahabatan yang baik selama mereka tidak pernah mencoba menghalangi jalan atau cara masing-masing atas sebuah hal / kepentingan.

O senang memiliki teman dan sahabat AB karena terhubung dan tercapai kata sepakat dengan baik (akhirnya!) setelah melalui waktu pendekatan yang sangat panjang. Alasan terjalinnya pertemanan atau persahabatan dua golongan darah ini memakan proses lama karena karakter AB yang rumit dan kusut, bertabrakan dengan karakter O yang jujur dan terus terang.

AB senang memiliki teman dan sahabat AB karena... karena... karena... Mereka bicara bahasa alien yang hanya dipahami oleh mereka sendiri. Golongan darah lain lebih baik menjauh karena menyaksikan mereka seperti itu merupakan situasi ganjil. Er... Ya, ya, ahem. Mereka bisa saling memahami kerumitan, kekusutan, keeksentrian, dan keunikan pada diri masing-masing, lebih dari siapapun sehingga pertemanan atau persahabatan bisa cukup intens. Yang jelas, AB dan AB akan menemukan koneksi kuat dan curahan kasih sayang yang melimpah di antara mereka.   

Apakah kalian percaya kepada teori golongan darah sekarang? Atau apakah penulis percaya kepada teori golongan darah sekarang? Hm, bagi penulis sendiri, penulis tidak terlalu yakin karena masih tidak ada bukti sains yang pasti yang benar-benar mampu mendukung korelasi golongan darah terhadap karakter / sifat / personalitas suatu individu walaupun ide tersebut jelas-jelas menarik untuk diteliti lebih jauh sampai benar-benar dapat hasil meyakinkan. 

Apabila golongan darah memprediksi tepat karakter seseorang maka dunia ini hanya terbagi ke dalam empat perbedaan karakter jadi sudah jelas, golongan darah ini hanya untuk hiburan. Walaupun terkadang hasil prediksi menunjukkan hasil yang akurat, ini tidak dimaksudkan untuk di anggap terlalu serius apalagi sampai menjurus prejudis dan pengucilan ke suatu individu hanya karena golongan darahnya tidak sama / cocok dengan milik kita. 

Akan tetapi, bagi kalian yang percaya menggebu-gebu atas anggapan bahwa golongan darah memainkan peran signifikan dalam penentuan karakter dari satu individu, kalian bisa memanfaatkan golongan darah untuk memahami lebih jauh keunikan milik kalian serta milik individu tersebut. Dengan cara seperti itu, diharapkan bisa memunculkan sikap saling menghormati, saling toleransi, dan kerja sama yang efektif yang tidak ada membedakan satu dengan satu lainnya. 

Penulis mengetahui isi pikiran di pihak yang percaya ini yaitu golongan darah bisa dijadikan alat berguna untuk perekrut kerja dalam menilai calon karyawan yang sesuai dan potensial. Dan penulis rasa, selesai membaca artikel ini, pihak yang percaya akan membuat hipotesis bahwa semua isi artikelnya bisa dikembangkan sebagai panduan mencari jodoh (Cinta bisa dimulai dari pertemanan atau persahabatan, ingat?).  

Artikel ini di tutup dengan satu pertanyaan: Apakah satu dari semua karakter yang disebutkan disini berlaku untuk kalian dan teman / sahabat kalian?





-End-

















P.S. Bisakah identifikasi kira-kira "suara" atau "gaya bicara" yang terdapat di bagian daftar umum / yang disukai dan tidak disukai / sisi cahaya dan gelap dari tiap golongan darah itu siapa? Dari empat cowok Berkepala Biru di bawah:



Tidak ada yang istimewa dari pengidentifikasian ini. Hanya mau bilang, kalau ada yang bisa identifikasi berarti pengikut kisah Berkepala Biru, baik komik dan nonton anime-nya fufufu. 
















* Disclaimer: Courtesy of  Google Images.  Source: YouTube, josephchris.com, tofugu.com, whatsmybloodtype.org, betterhelp.com, & Simple Thinking About Blood Type / Ketsuekigata-kun by Park Dong Sun.  The material published on this website is intended solely for general information and reference purposes and is not legal advice or other professional advice. 












    
























  


















Comments