Review: One-Winged Angel & Caius's Theme Part II

by: Nabila Rhapsodios



Kembali lagi dalam artikel Review: One-Winged Angel & Caius's Theme kali ini adalah Part II. Sudah siap dengan pembahasan lagu selanjutnya? Mari, kita mulai!!!



IN-GAME ~Review~ Part II

Countdown


3

2
1

Estuans interius ira vehementi
Estuans interius ira vehementi

Okay, ada yang kenal lirik itu? :D

Tidak?


Tapi kalau ditambahkan dengan kalimat ini?



Se-phi-ro-th!
Sephiroth!


"One-Winged Angel" merupakan lagu paling populer dari seluruh lagu yang pernah ada di Final Fantasy. "One-Winged Angel" diciptakan oleh sang Maestro Nobuo Uematsu. "One-Winged Angel" merupakan musik pertama kali dalam sejarah musik Final Fantasy yang diciptakan dengan digitized voice dan memiliki lirik. "One-Winged Angel" dimainkan saat pertarungan terakhir melawan Safer-Sephiroth; musuh terakhir FF VII. "One-Winged Angel" menggeser leitmotif Sephiroth yang asli di FF VII yaitu "Those Chosen by the Planet" dikarenakan "One-Winged Angel" lebih terkenal dan memberi kesan mendalam dibandingkan "Those Chosen by the Planet" plus Sephiroth selalu muncul dimana-mana dengan diiringi "One-Winged Angel" sehingga banyak orang menyangka lagu itu adalah leitmotif asli milik Sephiroth. Semenjak kemuculannya sebagai Safer-Sephiroth, Sephiroth sekarang mempunyai satu sayap hitam yang muncul di punggung sebelah kanan. Beruhubung "One-Winged Angel" memiliki banyak arrangement, jadi penulis hanya akan membahas versi original orkestranya saja (terdapat di album Distant Worlds Music From Final Fantasy dan Reunion Tracks Final Fantasy VII). Lagu ini adalah tipe lagu fanfare tapi tentunya bukan pawai merayakan kemenangan dan ikut dalam euforia sebuah ajang tertentu melainkan pawai untuk menyambut kematian. Karena, lagu ini merupakan tipe pawai, maka brass dan perkusi mendominasi keseluruhan komposisi lagu ini.


Sephiroth, The One-Winged Angel
Lagu ini memiliki intro yang lumayan panjang sampai semua jumlah ketukannya 8 ketukan (silakan hitung sendiri jika tidak percaya) sebelum masuk ke bagian dimana choir menyanyikan lirik lagu ini. Intro dari lagu ini (00:00-01:15) bisa dibilang penyambutan megah sang fallen hero Sephiroth untuk mengahancurkan dunia. Diilustrasikan jika Intro dimainkan maka tidak ada jalan lain bagi siapa pun untuk lari dan bersiaplah terima amukan amarah dari dirinya... (apa sih penulis kok lebay banget... Eiittss tapi memang kenyataannya demikian). Ketika akan memutar lagu ini bunyi dentuman timpani dan brass langsung membahana di telinga (hati-hati, karena bisa membuat jantung ingin loncat). 

Lagu ini sulit untuk dijabarkan bagian per bagian jadi saya menjabarkannya secara keseluruhan tidak seperti pembahasan "Caius's Theme" yang sangat mudah diinterpretasikan per bagian. Tema untuk lagu ini adalah amarah, kebencian, pengkhianatan, dan niat jahat di balik penampilan sang malaikat yang begitu memikat hati. Bagi para pembaca yang tidak mengenal sosok Sephiroth bisa langsung membayangkan bahwa dia merupakan seorang yang kejam dan licik (lihat saja matanya jika tidak percaya pada gambar di atas...).

Lagu ini pas sekali mendeskripsikan sosok Sephiroth. Sepanjang lagu ini, kita tidak henti-hentinya mendengar hentakan di sana-sini. Sephiroth adalah seorang yang tergabung dalam organisasi militer yang bernama SOLDIER. Dia adalah sosok ambisius dan mempunyai kemauan yang tinggi, oleh sebab itu dia tidak main-main untuk mencapai ambisinya atau bisa juga hentakan yang terdapat dalam lagu ini melukiskan amarah. Mengapa amarah? Siapa sih yang tidak marah jika kamu dikhianati oleh sesuatu? Misal dikhianati sahabat, orangtua, orang-orang yang dipedulikan olehmu, dan instansi yang kamu percaya dimana kalian bekerja di dalamnya? Itulah situasi yang dialami oleh Sephiroth. 

Setelah mengetahui bahwa dirinya merasa "dipermainkan dan dibohongi" oleh orang-orang disekitarnya, terkuak bahwa dirinya adalah hasil eksperimen yang diciptakan untuk membangkitkan kembali ras yang dulu dikira sudah punah ribuan tahun lalu yaitu Cetra/Ancient dengan menginjeksikan sel Jenova ke dalam tubuh dirinya (awalnya, dikira Cetra tapi ternyata bukan...) saat masih dalam kandungan, hal ini membuatnya kalut dan membakar seluruh desa Nibelheim (pada saat itu Nibelheim sedang dikunjunginya dalam sebuah misi). Rahasia ini terkuak kira-kira 27 tahun setelah kelahirannya. Kenyataan pahit yang harus diterima bahwa dirinya bukanlah manusia "normal" melainkan hasil percobaan ilmiah yang diciptakan oleh Shinra Electric Power Company (sedari kecil dia telah menyadari bahwa dirinya berbeda dari anak-anak lain seusianya walaupun tidak tahu alasan tepatnya mengapa dia berbeda sampai beberapa tahun kemudian). Dia melampiaskan kemarahannya kepada umat manusia, menurutnya umat manusia mengkhianati ras Cetra dan Sephiroth berniat untuk membalaskan dendam para Cetra gara-gara umat manusia membiarkan Cetra untuk mati sewaktu Cetra sedang bertarung melawan Calamity from the Skies (ironisnya Jenova sendirilah yang merupakan Calamity from the Skies dan dialah yang memusnahkan ras Cetra). Sang hero pun fell from the grace dan menjadi insane. Tidak peduli Sephiroth bukan termasuk golongan ras Cetra dan juga bukan termasuk ras manusia seutuhnya, Sephiroth tetap menjalankan aksi kejahatannya yang mengancam seluruh dunia hanya untuk satu tujuan: to carry out his "mother's" will (destruction), Jenova.

Kemarahan yang tidak terkontrol akhirnya berubah menjadi kebencian yang sangat mengerikan. Itulah sosok Sephiroth saat ini. Kembali lagi pada lagu "One-Winged Angel". Pada menit ke 3:15-3:36 suasana lagu agak sedikit berubah menjadi pelan dan sedikit memasukkan tango ke dalamnya sebelum irama musik kembali meninggi. Mungkin hal ini merefleksikan bahwa dibalik kekejaman yang telah dia lakukan tersembunyi kesedihan dan penderitaan. Entahlah kesedihan dan penderitaan apa yang dirasakan tapi yang jelas, Sephiroth mengesampingkan perasaan itu dan lebih memilih kebencian dan kemarahan yang mengusai dirinya. Setelah menit ke 3:36 yang telah memasuki finale irama musik kembali pelan dan perlahan-lahan kembali meninggi dan menjadi sangat tinggi sehingga menjadi tidak beraturan disebabkan alat musik saling berpacu dan ingin mengalahkan satu sama lain sebelum lagu ini berkahir. Benar-benar luar biasa untuk menutup sebuah lagu (dan tentunya memberhentikan detak jantung yang anxious and being haunted by his overbearing presence while listening to this song :D).


Lirik lagu "One-Winged Angel" tidak ditulis dari sudut pandang orang pertama, melainkan sudut pandang orang ketiga. Tidak seperti lirik "Caius's Theme" yang seakan-akan Caiuslah yang sedang berbicara perihal niat dan tujuan yang ingin dicapai kepada seseorang. Lirik "One-Winged Angel" (plus aransemen lain dari lagu ini) seakan-akan melukiskan sebuah permohonan, perintah, dan chanting sorak-sorai peringatan yang mengharuskan hati-hati terhadap kehadirannya dari seseorang yang mengenal sosok Sephiroth. Lagu ini adalah lagu jahat FF tetapi tidak dinyanyikan oleh Sephiroth sendiri, "One-Winged Angel" menyanyikan keagungan dan kecakapan hebat di seni medan pertempuran dan teror, kegelapan, serta kehancuran di belakang keagungannya dan kecakapan seni medan pertempuran yang Sephiroth kuasai. 


Secara overall, komposisi lagu ini bisa dibilang luar biasa dan sangat megah tapi, tempo lagu ini naik-turun dan irama lagunya tidak konsisten cenderung berubah-ubah (dari suara yang pelan menjadi tinggi kemudian beberapa detik kemudian pelan dan ada juga bagian yang telah tinggi, kemudian ditinggikan lagi). Hal ini membuat lagu ini sangat kompleks bila ingin di review karena, pusing mau dibawa kemana pendengar selama mendengarkan lagu ini. Bisa saja hal ini adalah gambaran emosi Sephiroth yang tertutup dan sulit untuk diprediksi (soalnya, dia merupakan tipe orang yang calculating yaitu someone who'll attack without warning well, sometimes...). Namun, hal ini tidak menjadi permasalahan toh buktinya "One-Winged Angel" mampu masih menjadi lingering fan favorite until now since 1997.


(Pssstt... sebenarnya melodi "One-Winged Angel" cuma begitu-begitu saja kok cuma divariasikan secara kreatif maka terkadang tidak banyak orang yang tahu. Mau bukti? Silakan coba dengarkan berulang-ulang sampai menyadarinya!)



Profil Pengisi Suara: Sephiroth 



Toshiyuki Morikawa
Toshiyuki Morikawa bertindak sebagai pengisi suara Sephiroth di dunia cerita FF VII versi bahasa Jepang plus kemunculan Sephiroth di game non-FF VII versi bahasa Jepang. Morikawa terkenal memerankan tokoh karakter Griffith (Berserk Chronicles), Naraku (Inyusha), Takumi (Nana), Minato (Seri Naruto) dan menjadi pengalih suara dari bahasa Inggris ke bahasa Jepang untuk karakter Obi-Wan Kenobi (Star Wars I-III), Neo (MATRIX), dan langganan menjadi pengalih suara dari bahasa Inggris menjadi bahasa Jepang untuk aktor seperti Tom Cruise, Ewan McGregor, Adam Sandler, Keanu Reeves, dan Brad Pitt apabila film-film yang diperankan oleh mereka ditayangkan di bioskop Jepang.


George Newbern
Lance Bass mantan anggota boy band NSYNC, pernah mengisi suara untuk Sephiroth tapi hanya berlaku untuk Kingdom Hearts I versi bahasa Inggris, karena Bass digantikan oleh George Newbern sebagai pengisi suara Sephiroth di Kingdom Hearts II versi bahasa Inggris. Newbern mendapatkan peran sebagai Sephiroth di KH II karena peran Newbern sewaktu memainkan karakter bernama Meyvn Nooj (Final Fantasy X-2), mengesankan para Produser sehingga tiket ekspres didapatnya untuk berperan menjadi Sephiroth di KH II. Semenjak KH II, Newbern ditetapkan sebagai pengisi suara Sephiroth di dunia cerita FF VII dan di game non-FF VII versi bahasa Inggris. 

Newbern adalah seorang aktor Amerika dimana dia dikenal sebagai aktor pemeran karakter Bryan McKenzie (Father of the Bride I -1991- & Father of the Bride II -1995-), Danny (The Yeti) di serial TV sitkom Friends, dan juga Charlie di serial TV Scandal. Sedangkan sebagai pengisi suara, Newbern juga terkenal sebagai pengisi suara karakter Superman di Justice League, The Batman, Static Shock, Superman/Shazam!, The Return of Black Adam, Superman vs The Elite, Injustice: Gods Among Us, & Justice League Unlimited.




A Note from Writer:


Sephiroth FF VII: AC -Sketch Art-
Penulis yakin walaupun banyak orang tidak terlalu tahu lirik utuhnya dari lagu ini, satu hal yang paling diingat hanya satu kata yaitu: Sephiroth!. Tidak heran dengan hal ini, karena, lagu ini merupakan tentang Sephiroth dan namanya pun disebut berulang-ulang di dalam liriknya (ini fakta loh...). "One-Winged Angel" adalah track nomor satu di track list favorit penulis. Saking nge-fansnya dengan Sephiroth dan imbasnya ke leitmotif dirinya yaitu "One-Winged Angel", lagu ini terus-terusan diputar bahkan mungkin penulis telah mendengarkan lagu ini ratusan kali bahkan lebih...! 

Walaupun begitu dalam lubuk hati penulis, penulis ingin sekali lagu ini dihentikan untuk di remix/dibuatkan another variation ke berapa variasi gitu. Lebih baik setiap kemunculan Sephiroth dibuatkan new song karena, akan membuat orang lain menjadi bosan untuk mendengarkan "One-Winged Angel" dengan berbagai macam variasi. Tidak hanya berbicara 'akan' saja, 'saat ini' sudah ada orang yang mengeluh bosan dengar melodi ini di tiap-tiap konser. 

Ini hanya sebatas pendapat penulis saja, lebih baik Sephiroth dibuatkan lagu baru yang equal dengan "One-Winged Angel" supaya lebih fresh. Barangkali langkah ini dapat juga membantu komposer-komposer di SE tidak pusing untuk mengutak-atik nada-nada/melodi dari "One-Winged Angel" karena mengingat variasi "One-Winged Angel" sudah lumayan lengkap. Sebut, versi orkestra? Ada dua dimana pertama ialah orkestra yang memainkan alunan dari FF VII original dan yang kedua merupakan modifikasi-tidak terlampau mirip alunan dari alunan FF VII original, kalian bisa dengar "One-Winged Angel" untuk Crisis Core -FF VII-. Permainan piano? Ada, tinggal klik serta cari album Piano Collections: FF VII. Gabungan orkestra dengan musik rock? Ada, dua malah, tinggal telusuri album Advent Children -FF VII- & Advent Children Complete -FF VII-. Permainan orkestra yang tidak terlalu menjelimet untuk kuping alias bentuk short-cut; to-the-point tapi masih mirip dengan karangan asli Nobuo Uematsu? Aransemen Yoko Shimomura jawabannya, temukan di album-album Kingdom Hearts. "One-Winged Angel" dimainkan penuh dengan musik rock? Album Octave Theory dari grup band besutan Nobuo Uematsu jawabannya! 

Sungguh, penulis tidak sanggup membayangkan Sephiroth muncul dengan diiringi "One-Winged Angel" selain permainan orkestra/musik rock karena kedua jenis musik tersebut cocok dengan penggambaran sosok dirinya. Orkestra melambangkan statusnya sebagai veteran pahlawan perang terkemuka ketika berubah menjadi tokoh jahat, status itu tetap melekat pada dirinya meskipun banyak pihak menyayangkan perubahan yang terjadi pada dirinya. Lanjut, orkestra mendefinisikan dengan lugas bahwa Sephiroth bukan ras manusia utuh melainkan sudah memasuki kategori makhluk transedental sangat kuat setelah dia merangkul sifat pembawa dari Jenova sebagai legasi miliknya yang harus dijaga. Tidak lupa juga, penggambaran rasa hormat, rasa benci, dan rasa takut dari orang-orang di dunia FF VII yang mengenal sosok bernama Sephiroth. Musik rock menyuguhkan gambaran bahwa tersirat tiap muncul dimanapun itu, dia suka medan pertempuran. Medan pertempuran membuat semangatnya bergelora dan terhibur oleh lawan-lawannya. 

Untuk mencegah was-was "One-Winged Angel" ada variasi kedengaran aneh, baiknya lagu baru untuk Sephiroth sebagai jalan baik. Keuntungannya juga imbas pada imej Sephiroth menjadi lebih fresh, seperti yang telah penulis katakan di atas. Semoga komposer-komposer SE nun jauh disana, belum kehabisan akal untuk menangani lagu ini karena lihatlah, sudah banyak sekali album yang memuat variasi "One-Winged Angel".

Sang Maestro Uematsu benar-benar membuat lagu ini sambil memikirkan Sephiroth dan hasilnya pas sekali, hanya sekali mendengarkan dan melihat liriknya walaupun tidak memainkan game FF VII atau bukan penggemar Final Fantasy, langsung tahu bahwa Sephiroth adalah antagonis. Antagonis yang memiliki masa lalu kelam dan bisa membuat semua orang yang mengetahuinya berbisik: kejamnya... Hubungan dia dengan sang "Ibu" Jenova yang rumit bisa diketahui di dalam lagu ini. Sephiroth is fiercely devoted ke sang "Ibu" Jenova dan juga apa yang telah dilakukan oleh Jenova, "putranya" Sephiroth akan melanjutkan niat jahat Jenova untuk menguasai dan menghancurkan dunia terlukis dengan sempurna di dalam lagu ini.

Terakhir tapi bukan terakhir, penulis belum memberitahukan menit ke berapa yang menjadi bagian favorit dari lagu ini ya? Maaf, lupa. Ok, favorit penulis adalah bagian instrumental di menit ke 2:51-3:15 :D. Mengapa? Hehehe, sebab bisa membuat tangan dan kaki menghentak bumi walau tidak terlalu keras tetapi sewaktu di menit bagian finale barulah bisa menghentak 2 kali lipat dari biasanya!




Bonus


Time to listen  "One-Winged Angel"! 

Enjoy listening.


One-Winged Angel 



    
Latin Lyrics:

Estuans interius ira vehementi
Estuans interius ira vehementi
Sephiroth!
Sephiroth!

Estuans interius ira vehementi
Estuans interius ira vehementi
Sephiroth!
Sephiroth!

Sors immanis et inanis
Sors immanis et inanis

Estuans interius ira vehementi
Estuans interius ira vehementi
Sephiroth!
Sephiroth!

-Long Instrumental-

Veni, veni, venias
Ne me mori facias
Veni, veni, venias
Ne me mori facias

Veni, veni, venias
Ne me mori facias
Veni, veni, venias
Ne me mori facias

Veni, veni, venias
(Gloriosa)
Ne me mori facias
(Generosa)
Veni, veni, venias
(Gloriosa)
Ne me mori facias
(Generosa)

Veni, veni, venias
(Gloriosa)
Ne me mori facias
(Generosa)
Veni, veni, venias
(Gloriosa)
Ne me mori facias
(Generosa)

Sephiroth!
Sephiroth!

Sephiroth!


Official English Translations:

Burning inside with violent anger
Burning inside with violent anger
Sephiroth!
Sephiroth!

Burning inside with violent anger
Burning inside with violent anger
Sephiroth!
Sephiroth!

Fate monstrous and empty
Fate monstrous and empty

Burning inside with violent anger
Burning inside with violent anger
Sephiroth!
Sephiroth!

-Long Instrumental-

Come, come, O come
Do not let me die
Come, come, O come
Do not let me die

Come, come, O come
Do not let me die
Come, come, O come
Do not let me die

Come, come, O come
(Glorious)
Do not let me die
(Noble)
Come, come, O come
(Glorious)
Do not let me die
(Noble)

Come, come, O come
(Glorious)
Do not let me die
(Noble)
Come, come, O come
(Glorious)
Do not let me die
(Noble)

Sephiroth!
Sephiroth!

Sephiroth!



Final Note from Writer:

Jadi, lagu manakah yang kalian suka? "One-Winged Angel" atau "Caius's Theme"? "One-Winged Angel" yang merepresentasikan nuansa bahwa kematian berada di depan mata dan menggambarkan betapa kuat serta berbahayanya Sephiroth atau "Caius's Theme" yang merepresentasikan nuansa ratapan kesedihan Caius atas hidup dirinya dan hidup seseorang yang dipedulikannya serta melukiskan kekuatan dirinya yang sangat luar biasa? Penulis serahkan pada kalian yang menentukan :). Terimakasih.



Trivia:
  • Inspirasi Nobuo Uematsu untuk membuat lagu "One-Winged Angel" adalah lagu-lagu berjudul: 
1. "Purple Haze" milik Jimi Hendrix
Intro "One-Winged Angel" mengambil ide dari intro "Purple Haze".
Link: https://www.youtube.com/watch?v=fjwWjx7Cw8I

2. "Psycho Theme" dari film Psycho (1960) besutan Alfred Hitchcock
Link: https://www.youtube.com/watch?v=DDtJUSYoLDE

3. "The Rite of Spring" ciptaan Igor Stravinsky
Dalam istilah susunan orkestrasi, terutama "augur chord" yang menjadi khas Stravinsky; menjadi ide susunan orkestrasi "One-Winged Angel".
Link:  https://www.youtube.com/watch?v=DDtJUSYoLDE
  • Di dalam sebuah video, Nobuo Uematsu berkata bahwa dia menginginkan kombinasi gaya musik Stravinsky dan Jimi Hendrix untuk lagu "One-Winged Angel". Link: https://www.youtube.com/watch?v=_vy4eNxTlGg & feature=youtu.be & https://www.youtube.com/watch?v=9BzkrgVivk4
  • Lirik "One-Winged Angel" yang dilampirkan di atas dan digunakan untuk game FF VII: Crisis Core, Kingdom Hearts I & II, serta Dissidia FF / Dissidia Duodecim FF; menggunakan kutipan puisi/karya lagu Carmina Burana khususnya "O Fortuna", "Veni Veni Venias", dan "Ave Formosissima" milik Carl Orff. 
  • Melodi leitmotif asli Sephiroth untuk FF VII tahun 1997 (sekarang mantan leitmotif) yaitu "Those Chosen by the Planet", dimasukkan ke dalam lagu "One-Winged Angel". Tepatnya dalam menit 1:45-2:02 dimana saat paduan suara menyanyikan lirik 'Sors immanis et inanis'. Tapi jika kalian penasaran bagaimana alunan musik dari "Those Chosen by the Planet", dengarkanlah video di bawah ini:



  • Sephiroth resmi dinobatkan menjadi karakter terkuat dalam dunia FF VII itu sendiri atau perpanjangannya yakni Compilation of Final Fantasy VII. Tidak ada satupun karakter CoFF VII lagi yang mampu melampaui kekuatan yang dimiliki oleh Sephiroth baik sewaktu masih di SOLDIER atau ketika dia sudah menjadi gila. Diperkuat oleh pernyataan resmi oleh Yoshinori Kitase (Sutradara FF VII & Produser Compilation of FF VII) dan Tetsuya Nomura (Karakter Desainer dan Sutradara FF VII: Advent Children & FF VII Remake).


Catatan: Bukti klaim pernyataan kalimat di atas terletak pada jabaran seluk-beluk Sephiroth:
1. Buku Reunion Files (2006) --> "Sephiroth has ascended to a new level of existence and is much stronger than before" (terjemahan Indonesia: "Sephiroth telah naik ke level keberadaan baru dan jauh lebih kuat dibanding sebelumnya."). 
2. Profil dirinya di FF VII Ultimania Omega (2005), FF VII 10th Anniversary (2007) / FF VII 10th Anniversary Revised Edition (2009).
3. Majalah Dengeki PS3 -Sesi Spesial FF VII: Advent Children Complete- (2009)
4. DVD 'Final Fantasy VII: Advent Children Distance: The Making of Advent Children (2005) --> Tetsuya Nomura: "[Sephiroth] the ultimate antagonist in the FF VII saga. There can't be anyone else." (terjemahan Indonesia: "[Sephiroth] antagonis pamungkas di hikayat FF VII. Tidak ada yang lain."). 
5. Dan terakhir dua pernyataan yang dilontarkan oleh Tetsuya Nomura yang berkata, "Zack was chosen as the main character as a representative of a BC era SOLDIER. Sephiroth is already the strongest in the world so there's no room for growth, and we couldn't possibly see ourselves making a game over type situation where he loses" (terjemahan Indonesia: "Zack terpilih menjadi karakter utama untuk representatif SOLDIER era BC (Before Crisis). Sephiroth telah menjadi yang terkuat di dunia maka tidak ada ruang untuk perkembangannya, dan kami barangkali tidak dapat melihat diri kami membuat sebuah game dimana mensituasikan dia kalah.") & "Kitase said that Sephiroth's existence and will is extremely powerful. There is nothing stronger, nothing above him." (terjemahan Indonesia: "Kitase berkata bahwa kehadiran dan kehendak milik Sephiroth sangat dahsyat. Tidak ada lebih kuat, tidak ada di atas dirinya."). 





-TO BE CONTINIUED-





Comin' up -> Part III. Stay tuned!



Comments