Review: Tangled (Disney) -Part I: Introduction & Rapunzel's Session-

by: Nabila Rhapsodios


INTRODUCTION


Film yang menceritakan kisah karakter Rapunzel dari Rapunzel karya duo leksikograf, pengajar, ahli bahasa, budayawan, dan penulis asal Jerman yakni Jacob Grimm dan Wilhelm Grimm, mereka dikenal luas sebagai Brothers Grimm, kini telah diangkat ke layar lebar sebagai film animasi ke-50 oleh Walt Disney Animation Studios pada tahun 2010. Film Rapunzel versi Disney dibuat berdasarkan ciptaan Brothers Grimm tetapi, ada elemen cerita asli yang harus mengalami perbedaan karena dirasa terlalu dewasa sehingga tidak nyaman dikategorikan sebagai film keluarga. Alasan perbedaan lainnya adalah supaya karakter utama wanitanya lebih bersifat penjelajah, lebih ramah kepada orang lain, dan terakhir untuk lebih jauh merumitkan kisah asmara diantara dia dengan karakter utama pria. Oleh Disney, film yang dibintangi oleh Rapunzel ini ditetapkan berjudul Tangled

Brothers Grimm
Tangled adalah film animasi yang dibuat menggunakan CGI (computer-generated imagery) seperti film Frozen keluaran tahun 2013. Tangled disebut-sebut film kedua yang masuk dalam kategori Disney Revival Era setelah film The Princess and the Frog (2009). Tangled pernah berjaya di ranah film animasi bahkan dianggap film animasi terbaik setelah The Lion King, Frozen yang lahir sesudahnya mematahkan rekor milik Tangled tersebut yang dimana membuahkan fenomena bernama 'Demam Frozen' di hampir seluruh dunia. Film Tangled pernah menyabet trofi meski tidak sebanyak Frozen untuk kategori Animation di ajang National Movie Awards 2011 selanjutnya kategori Best Song di ajang Las Vegas Film Critics Society beserta Best Song Written For Visual Media di ajang 54th Grammy Awards dimana lagu "I See the Light" sebagai nominasi di kedua kategori tersebut.

Tangled dan "I See the Light" pernah masuk nominasi di ajang penghargaan beberapa diantaranya bergengsi, seperti 83rd Academy Awards (The Oscars), 38th Annie Awards, Broadcast Film Critics Association Awards 2010, 68th Golden Globe Awards, Phoenix Film Critics Society Awards, 37th Saturn Awards, 2011 Teen Choice Awards, dan terakhir British Academy Children's Awards (BAFTA), sayangnya kru film yang menghadiri ajang-ajang tersebut, harus pulang dengan tangan kosong.

Tangled menceritakan kisah seorang putri bernama Rapunzel yang terlahir memiliki rambut berkilau emas disebabkan ibu Rapunzel, Ratu Arianna, meminum air yang dicampur bunga emas penyembuh ajaib yang tumbuh dari tetes sinar mentari untuk sembuh dari sakit parah. Tidak diketahui oleh pihak istana, bunga emas penyembuh ajaib telah diklaim milik seorang wanita renta. Tidak sudi bunga miliknya diambil, dia menculik bayi Rapunzel yang telah menjadi penjelmaan bunga emas penyembuh ajaib setelah mendapati tidak bisa menggunting sehelai rambut bayi Rapunzel untuk disimpan bagi dirinya sendiri. Rapunzel dibesarkan dan dirawat oleh wanita renta itu di menara tersembunyi, oleh orang yang sama diberitahu untuk tetap di dalam menara supaya aman dari dunia luar yang menyeramkan karena banyak gangguan dari orang jahat. Rapunzel kecil memanggil wanita renta itu "Ibu". Hidup terkucil berlanjut sampai Rapunzel beranjak remaja. 

Ketika hari ulang tahun ke-18 tiba, Rapunzel kedatangan tamu tak diundang, seorang pencuri gagah yang diketahui bernama Flynn Rider. Melihat kesempatan untuk memandang langsung ribuan cahaya di langit malam yang kerap kali datang ketika ulang tahun, Rapunzel menerima bantuan Flynn untuk mengantar dirinya sampai dipulangkan ke menara, hal ini melawan permintaan ibunya yang ingin Rapunzel tidak menginjak kaki keluar menara. Dari pertemuan tidak disengaja itu, Rapunzel dan Flynn memulai petualangan mendebarkan yang akan menuntun pada kebenaran yang selama ini disembunyikan.  

Proses produksi film ini bisa dilacak ketika film Shrek sedang digandrungi. Pada tahun 2002, Disney ingin membuat kelanjutan film Shrek dalam bentuk animasi CGI supaya menampilkan tampilan animasi yang fresh, tetapi hasilnya tidak memuaskan dari segi cerita dihidupkan menggunakan teknologi yang menunjang CGI saat itu dan walhasil projek gagal, mereka hanya berhasil mengubah cerita tersebut menjadi drama dunia dongeng. Projek Shrek dengan CGI dibatalkan dan kelanjutan Shrek tetap menggunakan gaya animasi di film pertama keluaran 2001, cerita drama dunia dongeng yang menjadi tidak ada hubungan dengan Shrek mengalami penundaan untuk dapat lampu hijau. Ketika Disney restrukturisasi besar-besaran, John Lasseter berinisasi menghidupkan lagi projek animasi CGI sampai tiga kali mencoba. Sekarang drama dunia dongeng itu dicampur dengan humor, berhasil digabungkan dengan teknologi CGI menghasilkan film bernama Tangled pada tahun 2010. Total waktu produksi film Tangled nyaris sembilan tahun. 

Sukses dengan film Tangled, Disney meluncurkan film animasi sekuel pendeknya berjudul Tangled Ever After yang dimana latar waktunya adalah pernikahan Rapunzel dan Flynn. Tangled Ever After tayang perdana di bioskop sebelum Beauty and the Beast 3D pada 13 Januari 2012. Masuk ke Dinsey Channel pada 23 Maret 2012 akhrinya menjadi bonus Featurette Blu-ray dan DVD Cinderella Diamond Edition pada 2 Oktober 2012.  

Kisah Rapunzel dan Flynn akan kembali dalam bentuk serial TV berjudul Tangled Before After[1] di Disney Channel pada tahun 2017. Jalan ceritanya akan mengambil setting di rentang waktu antara event Tangled dan Tangled Ever After. Serial TV akan menampilkan karakter baru bernama Cassandra yang berkepribadian keras layaknya batu dimana bermain peran sebagai asisten pribadi dan wanita kepercayaan Rapunzel. Pengisi suara Rapunzel dan Flynn, begitu juga komposer dan penulis lirik lagu di Tangled, kembali untuk memberi kontribusi serial TV[2]

Update (5 Januari 2017): Disney mengumumkan serial TV Tangled yang lain berjudul Tangled: The Series yang dijadwalkan mengudara Juni 2017 di Disney Channel di seluruh dunia. Tangled Before After (tayang Februari 2017) merupakan episode pilot untuk Tangled: The Series. Kedua serial TV membeberkan ketika Rapunzel mengakrabkan diri dengan orangtua kandungnya, kerajaannya, dan rakyat Corona[3][4]. 

Latar tempat dari film Tangled masuk sebagai daftar dunia baru untuk game Kingdom Hearts III, sebuah game campuran karakter-karakter milik Square-Enix dan karakter-karakter milik Disney[5][6].


Rapunzel's Session

Rapunzel, The Lost Princess
Lahir untuk penguasa kerajaan Corona yakni Raja Frederic dan Ratu Arianna 18 tahun sebelum cerita Tangled dimulai. Sebelum Rapunzel lahir, Ratu Arianna sakit parah ketika hamil besar, sakit yang diderita mengancam keselamatan ibu dan bayi yang dikandungnya. Harapan terakhir supaya mereka selamat adalah menemukan keberadaan bunga emas yang dipercaya mujarab. Raja mengadakan pencarian besar-besaran ke seantero negeri meski tahu keberadaan bunga emas ini semata sebuah mitos. Berhasil menemukan bunga emas maka selanjutnya Ratu diminta meminum sampai habis air putih yang dicampur air ekstrak bunga emas beserta kelopak bunganya. Tidak hanya menyembuhkan sakit, bunga emas melancarkan persalinan Ratu, dan juga menyebabkan putri Rapunzel lahir dengan rambut emas. 

Rapunzel tidak lama bersama orang tuanya, dia diculik oleh wanita renta yang kesal karena istana telah mengambil bunga emas miliknya. Rapunzel dari bayi sampai remaja tinggal di menara jauh sekali dari kerumunan orang-orang. Tidak diketahui oleh Rapunzel bahwa dia kini disebut "The Lost Princess" (Indonesia: "Putri yang Hilang") oleh seantero negeri karena tidak kunjung ditemukan selama 18 tahun. 

Walau menghabiskan hampir hidupnya di dalam menara dan hanya mempunyai seorang peliharaan yang menjadi sahabatnya yakni kadal bernama Pascal juga satu orang manusia yang tidak lain adalah wanita renta atau "Ibu", Rapunzel menunjukkan kepribadian yang penuh semangat, pemberani, penuh tekad, dan memiliki gaya persuasi yang licik. Setelah dia keluar dari menara, Rapunzel tidak segan melempar diri ke dalam marabahaya dan mengarungi kemisteriusan disekelilingnya demi mengejar mimpi untuk melihat langsung ribuan cahaya yang sering datang saat ulang tahun. Rapunzel berhasil membuktikan diri selama petualangan untuk sampai ke lokasi mimpinya berada sebagai wanita muda yang supel, ramah, mempositifkan suasana hati orang disekitarnya, dan meski kadang dilanda rasa takut, dia tetap terus maju. Kekurangan dari diri Rapunzel yang terlahir dari hidup terkucil beserta aturan ketat dari "Ibu"-nya adalah tingkat percaya diri yang rendah, cemas berlebih, dan rasa bersalah yang berlebihan. 

Sekarang jika kalian bertanya pada penulis, siapa wanita beruntung yang menjadi pengisi suara karakter putri cantik berambut emas yang "lezat" dipandang di Tangled? Jawabannya adalah aktris, penyanyi, penulis lirik lagu, model, dan desainer Amanda Leigh Moore atau biasa dipanggil Mandy Moore. Di tahun 2001, Moore menjadi antagonis bernama Lana Thomas yang sering mengganggu Mia Thermopolis (diperankan oleh Anne Hathawaydi sekolah dalam film komedi-dunia dongeng Disney, The Princess Diaries. Peran prominen Moore ketika menjadi Jamie Elizabeth Sullivan dalam film drama romantis berjudul A Walk to Remember di tahun 2002. 

Mandy Moore
Moore mendapat peran Rapunzel melalui proses audisi. Mendapatkan peran seorang Putri Disney adalah mimpinya ketika masih kecil makanya ketika dapat peran memainkan Rapunzel, mimpi menjadi kenyataan dan dia sempat heboh sewaktu hari pengumuman kelolosan. Moore dianggap oleh banyak penonton sebagai inspirasi struktur wajah, tidak suka memakai alas kaki, dan rambut pirang ke cokelat untuk Rapunzel karena dikenal sebagai penyanyi yang tidak nyaman pakai alas kaki saat tampil kemudian suka gonta-ganti warna rambut dari pirang ke cokelat atau cokelat ke pirang. Sedangkan Rapunzel kecil diisi suara oleh Delaney Rose Stein

Di dalam film Tangled, Moore menyumbangkan suaranya untuk bernyanyi. Banyak lagu yang berputar di film, tetapi lagu seperti "When Will My Life Begin?", "When Will My Life Begin? (Reprise 2)", "Healing Incantation", dan "I See the Light" merupakan lagu yang menyoroti Rapunzel sebagai fokus karakter. Satu-satu akan dibahas di bawah ini.


  • When Will My Life Begin?

"When Will My Life Begin?" merupakan lagu pertama yang mengalun di film. Lagu ini ditulis oleh Glenn Slater dan musik ditangani oleh komposer veteran Disney yakni Alan Menken. Mereka berdua bertanggung jawab juga atas lagu-lagu vokal di Tangled selain ini. "When Will My Life Begin?" dapat ditemukan dalam album musik Tangled: Original Soundtrack nomor 1. 

Sebelum membahas lebih jauh, lihat dan dengarkan dulu "When Will My Life Begin?" di bawah ini:



Ekstrak dari album musik:




Lirik utuh "When Will My Life Begin?" dilampirkan di bawah ini:

English Lyrics:

7 A.M., the usual morning line up
Start on the chores and sweep 'til the floor's all clean
Polish and wax, do laundry, and mop and shine up
Sweep again, and by then it's like 7:15!

And so I'll read a book-
Or maybe two or three
I'll add a few new paintings to my gallery
I'll play guitar and knit
And cook and basic'ly
Just wonder when will my life begin?

-Instrumental-

Then after lunch it's puzzles and darts and baking
Paper mache, a bit of ballet and chess
Pottery and ventriloquy, candle making
Then I'll stretch, maybe sketch-
Take a climb, sew a dress!

And I'll reread the books
If I have time to spare
I'll paint the walls some more
I'm sure there's room somewhere
And then I'll brush, and brush
And brush and brush my hair
Stuck in the same place I've always been

And I'll keep won'drin' and won'drin'
And won'drin' and won'drin'
When will my life begin?

Tomorrow night, the lights will appear
Just like they do on my birthday each year
What is it like-
Out there where they glow?
Now that I'm older, Mother might just-
Let me go...


"And cook and basic'ly"
Melihat hidup sehari-hari Rapunzel berdasarkan bait lirik lagunya, kesan pertama yang didapat adalah menyenangkan. Bisa menguasai beragam hal seperti bermain gitar, menjahit, dan memasak yang merupakan kegiatan di pagi hari bersamaan dengan tugas rutin lain yaitu mengepel, menyapu, mencuci baju, dan bersih diri. Kemudian, di siang hari mengasah kemampuan dalam berpikir strategis (main catur, menyusun puzzle, serta nembak anak panah), membuat tembikar, ventriloquy, olahraga, menggambar, membuat lilin, dan menjahit gaun. Putri yang satu ini juga berpengetahuan luas karena suka baca buku. Bukankah itu semua bisa dibilang 'keren'? Ditambah pula petikan gitar akustik serta drum yang riang bagai menyambut hari esok dengan senyum semangat pagi, "When Will My Life Begin?" mencerahkan hari-hari Rapunzel selalu (and to some extent, us yang mendengar). 

Akan tetapi, selagi kalian menggulir bait liriknya ke bawah, menemukan ini: "Stuck in the same place I've always been" ("Terjebak di tempat yang sama dimana aku selalu didalamnya") sekaligus melihat ekspresi Rapunzel yang berubah tidak bertenaga, membuat lagu ini terdengar 'membosankan sekali hidup Putri berambut emas yang terus-menerus melakukan hal sama berulang kali'. Hei, dia tidak punya pilihan kalaupun punya pilihan selalu ditentang jadi kita patut sedikit mengasihani Putri satu ini. Rapunzel hanya dapat tidak henti-hentinya bertanya, "Kapan hidup sesungguhnya mulai untukku?". Lihat, Tuan Putri bahkan sadar hidup yang dikenalnya bukan kehidupan. Hidup terkurung, jauh dari banyak orang tidak cocok untuknya yang punya rasa penasaran tinggi. Apa enaknya hidup terkurung selama nyaris 18 tahun dan benar-benar tidak diizinkan melangkahkan satu jari kaki keluar menara? Jalan keluarnya adalah melakukan hal-hal sama tiap tahun dimana letak enaknya? Rapunzel kena rasa bosan akut semestinya. Untungnya dan syukurnya, dia memiliki "Ibu" dan Pascal yang bisa diajak interaksi sehingga membuat Tuan Putri merasa tidak benar-benar terkurung sendirian. Ingatlah, tanpa interaksi fisik atau batin, manusia tidak berfungsi dengan sempurna karena diciptakan sebagai makhluk sosial. Setidaknya, "Ibu" Rapunzel memahami landasan dasar itu untuk menjadi manusia.  


"Mother might just let me go..."
Sekarang Rapunzel sudah dewasa untuk mengambil keputusan serta bertanggung jawab atas semua keputusannya tersebut, akankah "Ibu" mengizinkan dia pergi menemui ribuan cahaya di malam hari saat ulang tahunnya...? Rapunzel menunggu keberanian menghinggapi hatinya untuk mengutarakan keinginannya itu. 

Penulis iri pada Rapunzel yang bisa melakukan kegiatan bersih-bersih perabotan, menyapu lantai, mengepel ubin, mencuci pakaian, ditutup oleh bersih diri HANYA butuh 15 menit untuk semua beres dalam satu action! I wish I could finish'em all done by 7:15! Rambut emas sepanjang itu, membuat penulis didekati pertanyaan, "Berapa botol shampo yang dipakai oleh Rapunzel? Dan kira-kira pakai merek apa karena emasnya terlihat menakjubkan? Butuh berapa lama untuk menyisir rambutnya?" Hebat sekali Rapunzel merawat rambut indahnya. Oh ya, "When Will My Life Begin?" berirama riang dan juga keren, pas untuk senandung sedang melakukan pekerjaan rumah tangga hahaha. Hitung-hitung mencerahkan suasana di pagi hari. 

Ada pesan yang bagus dibailk "When Will My Life Begin?". Isinya adalah anak perempuan harus rajin membersihkan rumah atau minimal kamar sendiri terlepas dari status sosial anak perempuan itu. Jangankan tugas bersih-bersih, anak perempuan juga harus lihai mencuci dan menjemur pakaian. Pesan general dari lagu ini adalah manfaatkan waktu untuk sesuatu yang berguna meski tidak seberapa karena yang penting tetap produktif di sela-sela waktu yang dipunyai. Siapa tahu hal yang dilakukan karena iseng dapat membuat kalian ahli di bidang tertentu seperti Rapunzel :). Terakhir pesan untuk semua adalah bangun pagi untuk memulai hari supaya tidak tertinggal kereta kehidupan! 


  • When Will My Life Begin? (Reprise 2)

Di "When Will My Life Begin?" dimainkan dengan petikan gitar akustik serta gitar elektrik dan drum yang menyerupai folk rock, di "When Will My Life Begin? (Reprsie 2)" dimainkan oleh susunan orkestra penuh. Adegan yang memakai lagu ini sebagai BGM adalah ketika Rapunzel bersiap keluar dari menara dengan ditemani Flynn. Bisa ditemukan di album musik Tangled dengan nomor urut ke-4. 

Silakan klik bila ingin tahu:



Ekstrak dari album musik:




Lampiran lirik "When Will My Life Begin? (Reprise 2)":

English Lyrics:

Look at the world, so close, and I'm halfway to it!
Look at it all, so big, do I even dare?
Look at me there at last!
I just have to do it

Should I?
No!
Here I go

-Instrumental-

Just smell the grass, the dirt!
Just like I dreamed they'd be!
Just feel that summer breeze...
The way it's calling me...
For like the first time ever! 
I'm completely free!

I could go running
And racing
And dancing
And chasing
And leaping
And bounding

Hair flying
Heart pounding
And splashing
And reeling
And then finally feeling

That's when my life... begins...! 

Rapunzel sudah membuat keputusan besar yakni pergi dari menara untuk melihat cahaya! So pasti dia merasa gembira sekali! Akhirnya! Dia takut melihat dunia luar? Tentu saja! Ini kesempatan pertama dan seumur hidup, karena ketika kembali ke menara, Rapunzel tidak akan lagi keluar jadi dia tidak boleh merusak kesempatan pertamanya ini. Sepertinya Tuan Putri berambut emas ini lebih dihinggapi rasa penasaran beserta euforia dibandingkan ngeri sepanjang lagu ini mengalun. Kalau yang sudah menonton filmnya, setelah adegan ini, barulah Rapunzel "perang ngeri dengan diri sendiri". 

"That's when my life... begins...!"
Mungkin aneh melihat ada seseorang memegang lalu mencium bau rumput begitu bahagianya dan terkaget-kaget ketika tahu kaki tercebur ke kolam kecil... Kemudian, mengejar riang serpihan bunga dandellion serta serangga. Tapi, ingat ini Rapunzel yang melewati seumur hidupnya di dalam menara jadi melihatnya beraksi seperti yang telah dijabarkan adalah hal wajar. Untuk pertama kalinya dia merasa bebas, tidak dikelilingi tembok. Kehidupan yang sebenarnya mulai dari sini! Selamat, Rapunzel. Di luar banyak orang menunggu untuk menyapa begitu juga ajaran hidup menunggu untuk dipelajari! Pesan singkat dari lagu ini adalah "Go see beyond your world"! 

  • Healing Incantation

Sebenarnya lagu satu ini milik "Ibu" Rapunzel tetapi di film tidak ditampilkan dirinya menyanyi utuh "Healing Incantation". "Anaknya" yang bernyanyi sampai habis lagu ini dan ditampilkan dalam film. Tuan Putri tahu persis keseluruhan liriknya karena diturunkan kepadanya. 

Seperti yang terlihat dari judulnya yaitu healing incantation, lagu ini adalah mantra mengatifkan kekuatan bunga emas untuk penyembuhan atau peremajaan. Tidak diketahui darimana "Ibu" Rapunzel dapat tahu lirik "Healing Incantation" dan harus bernyanyi di dekat bunga. Atau pertanyaan lain yang masih misteri adalah mungkinkah dia pencipta liriknya ratusan tahun silam? 

"Healing Incantation" muncul sebanyak tiga kali dalam Intro (The Beginning), selanjutnya Rapunzel menyembuhkan luka goresan di telapak tangan Flynn, dan terakhir ketika menjelang bagian akhir film dimana Rapunzel putus asa. Lihat video di bawah ini untuk lebih lanjut:

* Intro (The Beginning)

"Healing Incantation ada di menit 1:22-1:46, 2:47-3:05, dan terakhir menit ke 3:18-3:37. Bagian "Ibu" Rapunzel nyanyi diperankan oleh Donna Murphy



* Rapunzel Menyembuhkan Luka Goresan Tangan Flynn

"Healing Incantation" dalam adegan ini masuk daftar album musik Tangled dengan nomor urut 8. Disinilah versi panjangnya dipedengarkan kepada kita.



Versi terdapat di album musik:



Lirik penuh "Healing Incantation":

English Lyrics:

Flower gleam and glow
Let your power shine
Make the clock reverse
Bring back what once was mine

Heal what has been hurt
Change the Fates' design
Save what has been lost
Bring back what once was mine
What once was... mine...

* Rapunzel Putus Asa 

Patut dicatat, musik skor adegan ini memainkan alunan nada "Healing Incantation" juga. Judul musik skornya adalah  "The Tear Heals". Cobalah untuk pasang kuping tajam :).  




Kalian memperhatikan dari tiga video di atas dimana rambut Rapunzel berubah warna menjadi cokelat disebabkan bunga emas yang hidup di dalam dirinya tidak bisa aktif bahkan jika dicoba digunting atau dipisahkan dari tubuh Tuan Putri. Tidak hanya dari tubuh Rapunzel, aman berasumsi jika masih berwujud bunga, petik kelopaknya untuk disimpan, kekuatannya tidak muncul karena terputus dari tubuh inti.

Sebenarnya "Healing Incantation" merupakan kesimpulan isi cerita Tangled dalam bentuk lagu. Bait 1) Flower gleam and glow; Rapunzel lahir berkat bantuan bunga emas yang dapat memancarkan kilau keemasan apabila dinyanyikan lagu dan penting untuk peremajaan sekaligus penyembuhan. Untuk orang tuanya dan wanita renta, Rapunzel adalah "bunga" kebahagiaan mereka dengan sinar dan kilau dalam dirinya. Namun, Raja Frederic dan Ratu Arianna harus kehilangan "bunga" mereka di tangan wanita renta pemilik bunga emas pada satu malam. 

Bait 2) Let your power shine; Rapunzel sadar penuh memiliki rambut ajaib apabila bernyanyi akan berkilau keemasan pertanda kekuatannya aktif. Selama film, kekuatan bunga emas bertujuan untuk wanita renta tetap awet muda. Setelah menculik, wanita renta menurunkan "Healing Incantantion" kepadanya. Wanita renta ingin terus Rapunzel mengeluarkan kilau emas maka dia menjaga ketat dirinya karena kekuatan bunga emas ingin dimiliki sendiri tanpa berbagi.  

Bait 3) Heal what has been hurt; sebelum Rapunzel sadar bahwa dirinya "Tuan Putri Yang Hilang" dan sosok yang dipanggil "Ibu" rupanya bukan ibu kandung, Rapunzel merasa terluka atas penolakan untuk melihat cahaya dan ujung-ujungnya kepergian "Ibu"-nya untuk mencari cat warna baru (menurut penulis, sebelum jalan cerita dimulai, "Ibu"-nya sering pergi disaat Rapunzel merasa butuh teman ngobrol, mengabaikan perasaannya yang satu itu). Dari sudut pandang wanita renta, "sembuhkan yang telah sakit/terluka" adalah sel-sel tubuh di dalam dirinya menjadi ber"karat" karena pertumbuhan usia, dia berharap kekuatan penyembuh dari bunga emas dapat memperbaikinya. Kemudian, Flynn meminjam kekuatan Rapunzel untuk menyembuhkan luka gores di telapak tangannya.

Bait 4) Change the Fates' design; ingat di lirik "When Will My Life Begin?" yang berbunyi, "And I'll keep won'drin'"? Mereka berhubungan. Rapunzel berharap memiliki lajur hidup lain. Selanjutnya, Tuan Putri telah mencicipi kehidupan luar dan mimpinya tercapai tetapi sekarang, dia kembali ke menara dan ingin semua itu terulang kembali. 

Bait 5) Save what has been lost; Flynn kembali ke menara untuk menyelamatkan Rapunzel yang telah hilang dari sisinya setelah tahu Tuan Putri dalam keadaan bahaya di tangan wanita renta. Mereka bertemu kembali tetapi, pertemuan singkat itu membuat dia mati. 

Bait 6) Bring back what once was mine; kulit awet muda pada diri wanita renta telah hilang ditelan usia makanya dia meminta pada bunga ajaib untuk mengembalikan kulit awet muda yang dulu pernah dimilikinya. Di menjelang akhir film, Rapunzel pergi dari menara dan mendapat kebebasannya di dunia luar karena "Ibu" telah tiada. Flynn juga hidup kembali. Bagian paling mengharukan adalah Rapunzel kembali pada orang tua kandungnya yang dulu pernah menjadi miliknya, dan cerita berakhir bahagia. 

Berhenti dulu sebentar.... 

Sosok satu ini tidak boleh dilepaskan dari kisah hidup Rapunzel. Dia adalah Eugene Fitzherbert. "Flynn Rider" hanyalah nama alias yang diambil dari pahlawan buku seri petualangan yang dibaca ketika kecil. Ciri-ciri kepribadiannya adalah pencuri yang pemaruk, egosentris, dan arogan saat bagian awal film. Sukarela meninggalkan teman kelompoknya sesama pencuri supaya menikmati hasil penjualan tiara serta dia memulai menolong Rapunzel untuk kepentingan pribadi tetapi, seiring kemajuan jalan cerita terungkap jauh di dalam dirinya bukan orang jahat murni dan pertumbuhan cinta kepada Rapunzel cukup membuat dia mengubah perspektif jalan hidup dan berhenti mencuri. Catatan khusus, Flynn suka menggunakan sisi karismatiknya untuk menyelinap bebas dari situasi yang berpotensi bahaya.

Flynn sebenarnya sosok humoris baik disengaja atau tidak disengaja. Dia sering menjalin hubungan aneh dengan orang-orang yang memiliki kepentingan sama. Tidak hanya kepada orang-orang, seekor kuda istana yaitu Maximus terjalin hubungan yang tidak biasa karena punya basis moral tidak sama. Meskipun memandang dirinya gagah dan mempesona, sering kali dipandang remeh oleh sesama penjahat, hal satu ini membuatnya merasa terhina dan jengkel.   

Sebenarnya, sifat arogan pada dirinya diaktifkan sebagai mekanisme defensif dan sebuah cara untuk rasa optimis yang dibuat-buat supaya orang-orang disekitarnya mau berteman dengannya. Flynn yang asli adalah pencuri yang sangat rentan dan mampu merasakan emosi dari orang disekitarnya.  


Eugene Fitzherbert "Flynn Rider", The Dashing Thief
Aktor pengisi suara Flynn adalah Zachary Levi Pugh, secara profesional dikenal sebagai Zachary Levi. Dia terkenal memainkan karakter Chuck Bartowski di serial Chuck. Dia juga pernah muncul sebagai Toby Seville di film Alvin and the Chipmunks: The Squeakquel (2009) dan Fandral di Thor: The Dark World (2013)

Zachary Levi
Seperti Moore, Levi mendapat peran Flynn lewat proses audisi. Karakter yang dimainkan olehnya harus bernyanyi di satu lagu, Levi merasa gugup meski dia seorang penyanyi juga, lagu-lagu miliknya berbasis indie untuk pendengar terbatas dan albumnya tidak banyak, rasa gugupnya bertambah karena bersanding dengan Moore yang lebih piawai serta telah menghasilkan lagu hits di dunia tarik suara.  

Penulis berhenti sejenak dari Rapunzel untuk membahas Flynn, sudah tahu mengapa? Disebabkan lagu yang sebentar lagi dibahas melibatkan Flynn. Kalian sudah tahu akan bahas lagu apa jadi penulis tidak bicara banyak lagi, segera baca pembahasannya di bawah!


  • I See The Light

Lagu duet pop ballad campur folk dimana rata-rata yang telah menonton Tangled memfavoritkannya sekaligus adegan saat lagu ini diputar. Betul, tidak? Secara lirik, "I See the Light" mendeskripsikan permulaan asmara antara Rapunzel dan Flynn. Dapat ditemukan nomor ke-7 dalam album musik Tangled. 

Siapa yang ingin menyaksikan ulang adegan Rapunzel dan Flynn diselubungi oleh ribuan cahaya? Klik video di bawah ini:




Versi audio saja:



Lirik penuh bahasa Inggris "I See the Light":

English Lyrics:

Rapunzel: All those days, watching from the windows
All those years, outside looking in
All that time, never even knowing
Just how blind I've been

Now I'm here blinking in the starlight
Now I'm here, suddenly I see
Standing here, it's all so clear
I'm where I'm meant to be

And at last, I see the light!
And it's like the fog has lifted
And at last, I see the light!
And it's like the sky is new
And it's warm and real and bright
And the world has somehow shifted

All at once, everything looks different
Now that I see you...

-Instrumental-

Flynn: All those days, chasing down a daydream
All those years, living in a blur
All that time, never truly seeing
Things the way they were

Now she's here, shining in the starlight
Now she's here, suddenly I know
If she's here it's crystal clear
I'm where I'm meant to go

Rapunzel & Flynn: And at last, I see the light!

Flynn: And it's like the fog has lifted

Rapunzel & Flynn: And at last, I see the light!

Rapunzel: And it's like the sky is new

Rapunzel & Flynn: And it's warm and real and bright
And the world has somehow shifted...

All at once, everything is different
Now that I see you

Now that I... see... you...


Mereka berhasil sampai di Corona dan setelah melakukan tur keliling festival, mereka menaiki kapal kecil. Menunggu dan akhirnya langit malam dipenuhi ribuan cahaya dari lentera yang diterbangkan. Impian Rapunzel terealisasikan setelah 18 tahun hanya bisa memandang jauh dari jendela menara. 


Captivating Lantern Sequence
Sebenarnya, "I See the Light" menyimpan makna lebih sekadar dari Rapunzel bahagia bisa melihat cahaya langsung. Flynn menilai Rapunzel adalah "cahaya" bagi hidupnya yang selama ini kabur tak berarah. Dulunya, menilai hidup sebagai sesuatu yang memuaskan nafsu akan harta imbalan. Di dalam durasi film, ada titik dia menjatuhkan sosok "Flynn Rider" yang seperti itu, terjadi sejak Rapunzel ingin tahu kehidupannya karena murni mengejar hubungan pertemanan dimana jarang orang mau dekat-dekat dengan pencuri. Melalui diri Tuan Putri, dapat belajar menerima menjadi dirinya sendiri. Sungguh-sungguh membuka diri kepada siapa saja khususnya Rapunzel dan diri sendiri, Flynn digambarkan sosok yang penuh kasih, setia, dan protektif.   


"Now that I see you"
Dia senang telah disadarkan berkat perjalanan yang melelahkan sampai puncak emosional dirinya adalah malam seremoni melihat lentera, sosok "cahaya" baru di depannya membuktikan bahwa uang dan kekayaan dari hasil mencuri adalah hina dibandingkan dengan membentuk hubungan bermakna dengan orang lain. Untuk Rapunzel, Flynn rela menyerah kehidupan mencurinya berharap bisa tetap berada disisinya dan memulai lembar hidup baru bagi dirinya dan Rapunzel. Dia berpikir, mereka layak dapat kesempatan kedua setelah bersama mengarungi pengalaman melelahkan dibandingkan tahun-tahun kenikmatan hidup selama ini yang dirasakan. Sementara Flynn bagi Rapunzel adalah sosok yang mengajari hidup ini luas daripada hidup yang diketahuinya, "cahaya" dalam balutan sosok seorang pria didepannya itu tidak akan pernah padam untuk terus bersamanya. Bersama, mereka jatuh cinta dan saling melihat satu sama lain. 

Lagu ini serta adegan lentera, membuat siapapun yang menonton teringat seperti apa memiliki mata dengan kilat cahaya penuh harapan dan hati dipenuhi oleh cinta. Dan itu terasa hangat, nyata, dan bersinar untuk siapapun yang melihatnya sehingga dalam sekejap semua terasa berbeda maka kalian akan lebih menjadi diri sendiri dan mencintai diri kalian lebih dari sebelumnya.  



A Note:

Tangled merupakan film animasi humor yang menghibur dan seru untuk ditonton bersama keluarga. Tidak hanya menghibur anak-anak, orang dewasa juga akan tertawa melihat filmnya. Film yang memiliki animasi menakjubkan, jalan cerita yang ditulis baik dan perpindahan segmen ceritanya tidak dipaksa dipercepat, serta segmen ceritanya tidak membuat bosan. Kekuatan film ini terletak pada kaya akan kedalaman sisi emosional semua karakter dan terberkati penuh adegan-adegan luar biasa indah. 


Rapunzel & Flynn -Concept Art-
Dua tokoh utama film ini, Rapunzel dan Flynn sungguh mempesona dan dicintai, membuat penonton mudah terkoneksi dengan mereka. Pertama kali melihat Rapunzel beraksi di awal film, saya langsung jatuh cinta kepadanya. Pesona Rapunzel adalah kepolosannya dan semangat masa mudanya. Dia menggunakan keduanya untuk menerangkan kegelapan dan menular bagi siapa saja bahkan penjahat, pencuri, dan pemabuk berubah berkat makhluk cantik satu ini. Lucu dan seru melihat perubahan mereka oleh sentuhan pesona Rapunzel. Rapunzel memiliki sisi penuh kepercayaan dan sangat peduli pada orang-orang, ini juga adalah kelebihannya memenangkan atas hati semua. 

Sementara karakter Flynn, karakter lawan Rapunzel, pencuri berpikiran dangkal, egois, cuek pada sesama tetapi, pesonanya tak terbantahkan mempesona sesegera film ini mulai. Perjalanan dia menuju empati terhadap sesama dapat diartikan sebagai tujuan akhir yang cukup jelas dan sekalipun begitu dieksekusi di filmnya tanpa cacat dimana menonton sifatnya berbalik membuat saya terpaku. Kekompetenan pada diri Rapunzel menahan Flynn untuk berbuat kejahatan selama mengantar ke tempat cahaya tetapi, dia masih banyak belajar perihal kehidupan. Saya mencintai dua karakter ini dari awal film dimulai dan ciri-ciri kepribadian mereka yang berlawanan secara langsung pantulan kekurangan pada diri mereka masing-masing hingga sampailah kita semua menonton mekarnya hubungan cinta luar biasa sukar untuk dipercaya diantara mereka, it really is sweet...

Karakter pendukung film ini seperti Pascal, Maximus, dan geng di bar, semuanya hebat meski tidak mempengaruhi fokus cerita. Saya pikir diantara mereka yang terampil mencuri sorot lampu di atas panggung adalah Maximus. Kuda istana ini berani, cerdas, kadang picik, bertekad baja, dan kocak sekali. Tiap kali dia muncul, tahu bagaimana harus beraksi emas. Lebih bagus ada spin-off Tangled yang menceritakan petualangan Maximus bersama Flynn saja karena mereka sering bertukar sindiran hampir di beberapa adegan Tangled, tentu dengan Pascal bertindak sebagai polisi pengawas, geli dan seru bila dibayangkan. 

Berbicara mengenai musik Tangled, lagu-lagu vokal dan musik skornya dinilai keren. "When Will My Life Begin?" cukup menyegarkan dan menenangkan suasana hati. Menurut saya, "When Will My Life Begin?" adalah lagu yang seolah-olah umum menempati tangga lagu pop dan suka diputar di radio. Saya suka "When Will My Life Begin (Reprise 2)" yang mengagumkan dengan permainan orkestra epik dan mewah, mengingatkan saya pada "Part of Your World (Reprise)" dari The Little Mermaid (1989) dan sedikit pada lagu "Out There" dari The Hunchback of Notre Dame (1997). "Healing Incantation" adalah lagu mistis yang anehnya menyimpan kecantikan dan kesedihan tersembunyi secara bersamaan. Terakhir tapi bukan akhir, "I See the Light" adalah lagu terindah dan teromantis dari daftar-daftar album musiknya. Animasi lentera terbang yang sudah membuat terpukau dan sulit memalingkan pandangan dari adegannya, ditambah "I See the Light" mengiringi di belakangnya, kombinasi yang sempurna dan terasa lebih manis untuk yang menonton. Animasi lentera terbang adalah animasi buatan Disney yang paling anggun dan menawan yang pernah dibuat selama dua dekade. Oh ya, siapa yang menduga Zachary Levi dapat bernyanyi? Karena saya tahunya dia aktor saja. Patut dipuji vokal miliknya, dia telah menyelesaikan tugas berat dengan baik.

Musik skor karangan Alan Menken yang menjadi favorit adalah "Kingdom Dance". Lagu tersebut membuat saya tersipu-sipu dengan gaya musik Irish & Celtic. Walaupun gayanya begitu, "Kingdom Dance" hampir mendekati mirip seperti tune folk Jerman karena melihat setting filmnya di negara tersebut. "Kingdom of Dance" is so much fun, I too like how light that is. Saya senang Disney menyewa jasa Menken (untuk kesekian kalinya) untuk menangani musik Tangled, dia menyelesaikan gubahan orkestra film ini dengan cakap. Semua melodi terdengar manis, layak didengar, dan sederhana. Orkestrasi ballad "I See the Light" yang harmonis dan sangat indah bisa dibilang karangan orksetrasi terbaiknya di tahun 2010-an. 

Putar lagu ini di MP3 Player di dalam mobil selagi mengemudikan mobil bersama anak-anak, mereka menyukainya dan besar kemungkinan mengajak bernyanyi bersama, lakukan ini juga jika pada diri kalian yang telah dewasa untuk memutar lagu dari Tangled untuk melindungi kewarasan dari lelah setelah seharian bekerja karena alunan-alunan musiknya ringan, riang, dan rileks. It's worth to try, don'tcha think? 

Oke, saya berhenti dulu disini. Tenang, review Tangled belum berakhir. Sampai Jumpa dulu semuanya!



-To Be Continued-


Trivia:

  • Jumlah lentera yang diterbangkan saat adegan "I See the Light" adalah 45.000. 
  • Seremoni malam dipenuhi cahaya lentera mengambil inspirasi dari upacara tradisional Indonesia yang membuat lentera memakai kertas minyak dilanjutkan menerbangkannya ke langit[7]. Sutradara Nathan Greno dan Byron Howard tidak mengelaborasikan detil di dalam sumber itu. Asumsi dari saya, sebagai orang Indonesia, festival lentera yang paling terkenal gaungnya di mancanegara adalah festival lentera yang diadakan di candi Borobudur untuk merayakan Waisak, barangkali yang dimaksud mereka adalah festival itu. 
  • Aktris Kristen Bell dan penyanyi Broadway Idina Menzel pernah ikut audisi memerankan Rapunzel tetapi, tidak lolos. Keduanya dapat peran sangat signifikan di ranah film animasi sebagai Putri Anna dan Ratu Elsa di Frozen. 
  • Eugene berusia 26 tahun di film. Dia dan Rapunzel memiliki selisih umur 8 tahun, perbedaan usia mereka terbesar dikalangan pasangan kekasih animasi Disney. Namun, Sutradara Nathan Greno merasa Flynn berusia kira-kira 24-25 tahun.
  • Rapunzel dan Eugene muncul sebagai kameo ketika Anna melewati gerbang istana terbuka untuk pertama kalinya karena koronasi Elsa di sesi "For the First Time in Forever". Bila tidak percaya lihat gambar ini:

  • Walaupun muncul sebagai kameo di Frozen, latar waktu Tangled adalah era 1780-an sementara latar waktu Frozen adalah era 1800-an. Kameo gambar di atas semata kameo biasa, tidak memiliki hubungan satu sama lain. Pernyataan ini dilontarkan oleh Greno.
  • Ketika film ini masih dalam tahap produksi, judul tentafinya adalah Rapunzel Unbraided dan Rapunzel. Pergantian judul ke Tangled dimaksudkan mendorong pasar kepada penonton wanita dan khususnya pria sementara Disney juga menekankan cerita Flynn Rider sama pentingnya dengan cerita Rapunzel. Ini logo Rapunzel yang pernah dirilis ke publik (Saya dulu pernah melihatnya di beberapa bioskop):


  • Rapunzel merupakan anggota Disney Princess ke-10 sebelum Merida. Yang pertama diantara teman sesama anggota memiliki warna mata hijau tetapi, bukan anggota Disney Heroine pertama yang bermata hijau karena disini Esmeralda dari The Hunchback of Notre Dame yang memilikinya terlebih dahulu. Diantara Disney Princess, Rapunzel memiliki mata paling besar. 
  • Basis inspirasi karakter Flynnn adalah The Prince dari dongeng Rapunzel dengan banyak modifikasi.  
  • Sama halnya dengan Rapunzel, Eugene adalah anggota Disney Prince ke-10. Diantara teman-teman sesama anggota, dia yang pertama memiliki facial hair
  • Desain dini Eugene digunakan untuk bantu mendesain karakter Kristoff dari Frozen. Silakan lihat, mirip bukan?








References:

1. http://disneynext.fr/futures%20series%20disney%20channel/futures_series_disney_channel.htm
2. http://variety.com/2015/tv/news/tangled-television-series-disney-channel-1201510854/
3. twitter.com/DisneyTVA/status/785300817213390850
4. http://www.stitchkingdom.com/disney-report-tangled-before-ever-after-february-85389/
5.  https://www.youtube.com/watch?v=p4KMyuIqLsQ
6. https://www.youtube.com/watch?v=C0MUNGQVXM0
7.http://www.broadwayworld.com/article/BWW-EXCLUSIVE-TANGLED-Directors-Nathan-Greno-Byron-Howard-20101118
* Disney Wikia, IMDb, Tumblr, Wikipedia, & Google Search.


Disclaimer: Courtesy of YouTube, Fanpop, Disney Wikia, Aceshowbiz (Mandy Moore Picture), USAtoday (Zachary Levi Picture), & Google Images. The material published on this website is intended solely for general information and reference purposes and is not legal advice or other professional advice. 












Comments

  1. Well, it was good going through this post. I remember watching old “Rapunzel”. It was a sweet movie. I like the shows and movies that are entertaining and educating. Just like I am showing series by Andy Yeatman to my kids. They are learning a lot of good things from the show.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your time to read this article. Much obliged :).

      Delete

Post a Comment