Review: Destati

by: Nabila Rhapsodios

INTRODUCTION


Sekali lagi masih bertemu dalam pembahasan musik dari Kingdom Hearts. Kali ini yang beruntung untuk diulas adalah "Destati" ciptaan Yoko Shimomura selaku komposer utama game KH Universe. "Destati" adalah bahasa Italia dari "Awake"/"Wake up" sedangkan terjemahan bahasa Indonesia adalah "Bangkit/Bangun". Mengapa diberi nama "Destati"? Alasannya adalah karena, konflik sentral antara kekuatan cahaya yang bangkit melawan kekuatan kegelapan menjadi salah satu tema penting dalam seluruh cerita KH Universe.  

"Destati" merupakan salah satu lagu yang lumayan memiliki banyak versi di jajaran Original Soundtrack (OST) KH seperti di Kingdom Hearts Original Soundtrack, Kingdom Hearts II Original Soundtrack, dan Kingdom Hearts Original Soundtrack Complete. "Destati" juga muncul di game KH: BBS tapi tidak dimasukkan ke dalam Kingdom Hearts Birth by Sleep & 358/2 Days Original Soundtrack. Di gamenya sendiri "Destati" akan mengalun di sebuah tempat yaitu dimensi mimpi yang bernama Dive to the Heart saat Tutorial mengenai cara-cara awal bermain game KH & KH II. 

Nah, cukup Introduction dari "Destati". Sekarang mari, kita ulas lagu ini beserta variasi versi dari "Destati"!




Destati Appearances




"Destati" di atas adalah versi pertama dan orisinal yang pertama kali muncul di KH. "Destati" ini digunakan saat promosi iklan KH di tahun 2002 silam. Lagu ini dimasukkan ke dalam Kingdom Hearts Original Soundtrack Complete sebagai bonus track. Disini kita bisa mendengar choir yang sangat noticeable dan jelasnya terdengar instrumen dari orkestra. Dari versi ini juga lahirlah banyak variasi aransemen "Destati" untuk game-game KH.  

Berikut adalah lirik dari "Destati":

Italian Lyrics:

Destati!
Tendi la mano!
È giunto l'ora, l'ora

Destati!
Le porte verranno schiuse
(Destati, Destati, Destati, Tendi la mano!)

Su, rimembra tu trepida!
Su, sveglia! Ehi, ricorda!

Destati! Destati!
Forza, tendi la mano!
Destati! Destati!
È giunto l'ora!

E ancora una volta
Apriranno le porte!

Su, rimembra tu trepida!
Su, sveglia! Ehi, ricorda!

Eh? Come? Non lo vuoi?!
Tuttavia t'appartiene
Ciò che hai perduto
Diventerà uno solo!


English Translations:

Wake up!
Stretch out your hand!
The time has come, the time

Wake up!
The doors will open
(Wake up, Wake up, Wake up, Strecth out your hand!)

Come on, remember you who are anxious!
Come on, wake up! Hey, remember!

Wake up! Wake up!
Come on, stretch out your hand!
Wake up! Wake up!
The time has come!

And once again
The doors will open!

Come on, remember who you are anxious!
Come on, wake up! Hey, remember!

Eh? What? You don't want it?!
Still it belongs to you
What you have lost
Will become one!


Lirik di atas berlaku untuk semua variasi aransemen "Destati" di game-game KH (Tidak seperti "One-Winged Angel" dari FF VII yang mempunyai 2 lirik yang berbeda).

Destati Arrangements


1. Dive Into the Heart -Destati-

"Dive Into the Heart -Destati-"
digunakan dalam game KH & KH II sebagai BGM sewaktu memasuki dunia mimpi alias Dive to the Heart untuk mendapatkan Tutorial bermain kedua game tersebut sedangkan untuk KH: BBS di dunia mimpi bukanlah mendapatkan Tutorial melainkan memilih skenario dari ketiga protagonis Terra, Aqua, dan Ventus untuk diikuti terlebih dahulu sesuai keinginan masing-masing player


"Dive Into the Heart -Destati-" yang dipakai di KH dan KH II memiliki sedikit perbedaan. KH memiliki durasi lebih panjang, vokal lebih berwarna, dan sedikit sentuhan nge-beat walau alunan lagu ini terdengar sayup-sayup seperti suara tertelan oleh angin sedangkan di KH  II memiliki durasi pendek dan langsung masuk ke vokal tanpa adanya irama beat menjadi pengantar untuk masuk ke vokal walau masih mempertahankan sayup-sayup suara tertelan oleh angin. Di versi KH II ini ada tuts piano yang sedikit haunting.

* KH



* KH II





Update: "Dive Into the Heart -Destati-" yang diekstrak langsung dari album Kingdom Hearts HD 2.5 ReMix Remastered Original Soundtrack, Disc 1 nomor 7. Sepertinya versi yang ini adalah salah satu trek lagu yang mendapatkan jatah rombak habis-habisan:




2. Fragments of Sorrow

Dari segi komposisi tidak ada perbedaan yang signifikan hanya saja untuk versi KH II kualitas suara musiknya lebih clear dan bagus. "Fragments of Sorrow" KH mengalun sebagai battle music di tempat pertarungan terakhir yaitu End of the World. Fragments of Sorrow KH II mengalun sebagai battle music di Dive to the Heart.

* KH



* KH II





Update: "Fragments of Sorrow" yang diperuntukkan KH 2.5 HD ReMix juga masuk trek lagu diperbaharui kembali. Begini alunan lagunya seperti yang terdapat di video satu ini:





3. End of the World

Hampir sama dengan "Destati" dari game yang sama yaitu KH. Di versi ini ada suara xylophone terdengar melayang-layang di beberapa bagian dan juga ada petikan harpa.





4. Guardando Nel Buio

Judul lagu ini adalah bahasa Italia jika diterjemahkan ke bahasa Inggris adalah "Looking in the Dark" sedangkan bahasa Indonesia adalah "Mencari dalam Kegelapan". Lagu ini mengalun sewaktu melawan Final Boss World of Chaos di KH. Versi ini lebih fokus memainkan "Destati" secara instrumental daripada vokal.





5. L'eminenza Oscura I & L'eminenza Oscura II

Kedua judul di atas bila diterjemahkan dari bahasa Italia ke bahasa Inggris adalah "The Dark Eminence I" dan "The Dark Eminence II" sedangkan bahasa Indonesianya adalah "Keunggulan Kegelapan I" dan "Keunggulan Kegelapan II". Kedua lagu ini diambil dari OST KH: 3D dan merupakan remixes dari versi-versi "Destati" sebelumnya terutama track "Guardando Nel Buio" dari OST KH dan "Dismiss" dari OST KH: BBS.

* L'eminenza Oscura I



* L'eminenza Oscura II





6. The Eye of Darkness

Lagu ini lebih ke arah memainkan instrumental ketimbang vokal, alat musik chimes menjadi melodi utama yang memainkan nada "Destati" sedangkan pengirinya adalah snare drum. "The Eye of Darkness" adalah Boss Theme saat Riku melawan Armored Ventus di dalam Dive to the Heart milik Sora untuk membangunkan dirinya supaya kembali ke dunia nyata di akhir cerita KH: 3D.




7. My Heart's Descent

Lagu ini adalah remixes dari "Dive Into the Heart -Destati- dari KH dan KH II. Lagu ini digunakan sebagai BGM saat Riku memasuki dunia mimpi Sora (Dive to the Heart) di KH:3D sebelum melawan Armored Ventus. Lagu ini di dominasi oleh strings dan harpa serta choir.

8. Destati from drammatica -the Very Best of Yoko Shimomura-  Album







Versi Drammatica adalah live-instrument dari "Destati" KH. Lagu ini dibuat ulang ke dalam gubahan orkestra live disebabkan permintaan fans untuk dimasukkan ke dalam album drammatica -the Very Best of Yoko Shimomura- milik Yoko Shimomura (untuk lirik bisa dilihat di bagian paling atas artikel, terimakasih :)).  

9. Destati from Kingdom Hearts Concert -First Breath- Album


Destati dari album First Breath bisa dikatakan adalah Destasti versi instrumental meskipun tidak megah-megah banget dan semarak seperti album drammatica misalnya. Alasannya, konser ini merupakan konser alat musik woodwinds, brass, piano, dan perkusi saja. Tidak ada paduan suara dan alat musik strings (kecuali piano dan harpa karena muncul di albumnya). 


Motif "Destati" terdapat di dalam track seperti "Dismiss" yang merupakan gabungan track "Terra" serta "The Fate of the Unknown" dan terakhir terdapat di dalam track "Darkness of the Unknown" terdengar di menit 4:36-4:45. Kedua track tersebut ("Dismiss" dan "Darkness of the Unknown") adalah Final Boss Theme dari KH: BBS dan KH II.

Update: Dalam menyemarakkan 10 tahun berdirinya Kingdom Hearts, semua game Kingdom Hearts mulai dari Kingdom Hearts: Birth by Sleep (BBS), Kingdom Hearts (KH), Kingdom Hearts II (KH II), Kingdom Hearts: (Re) Chain of Memories, Kingdom Hearts 358/2 Days, Kingdom Hearts: (Re) Coded, dan Kingdom Hearts: Dream Drop Distance (DDD); dirilis ulang ke dalam bentuk High Definition (HD) untuk Playstation 3. Bentuk HD ini terdiri dari 2 bundel; bundel pertama adalah Kingdom Hearts HD 1.5 ReMix yang di dalamnya berupa Kingdom Hearts (Final Mix Version), Kingdom Hearts: (Re) Chain of Memories, dan Kingdom Hearts: 358/2 Days. Bundel kedua adalah Kingdom Hearts HD 2.5 ReMix yang di dalamnya berupa Kingdom Hearts II (Final Mix+ Version), Kingdom Hearts: Birth by Sleep (Final Mix Version), dan Kingdom Hearts: (Re) Coded. Pada tanggal 26 November 2014, dirilislah album Kingdom Hearts -HD 1.5 ReMix- & Kingdom Hearts -HD 2.5 ReMix- Original Soundtrack BOX. Album ini memuat seluruh track dari judul KH, KH II, dan sebagian dari KH: BBS serta KH: 358/2 Days yang di re-recorded dalam bentuk remastered dan re-orchestrated. "Destati" dan Several Arrangement dalam album ini menjadi lebih megah. Silakan dicek bila mempunyai kesempatan!


Update (9 Juni 2017): Update spesial! Aransemen "Destati" dari album Drammatica terpilih masuk ke dalam daftar lagu yang akan dibawakan saat tur konser keliling bernama Kingdom Hearts Orchestra -World Tour-. Aransemen sama, trek yang sama juga, tidak ada perubahan. Untuk menyejukkan hati penggemar yang tinggal di negara yang tidak terpilih untuk dikunjungi atau tidak bisa hadir langsung konsernya di sebuah negara, tur konser ini merilis album bernama sama supaya bisa merasakan kenikmatan yang sama dengan pihak-pihak yang menonton konsernya langsung. Orkestra yang terpilih untuk memainkan 12 trek di dalam albumnya adalah Czech National Symphony Orchestra. Dengarkan sendiri permainan mereka di bawah nanti, tidak kalah epik sama orkestra yang bermain di Drammatica!




Update spesial yang kedua adalah "Destati" tidak muncul sekali. Beberapa aransemen lain serta motifnya menghiasi trek lagu penutup berjudul "Let Darkness Assemble: Final Boss Battle Medley". Lagu pertempuran terakhir dari KH I (versus World of Chaos yang mulai dari 0:00-2:20), KH II (versus Xemnas yang mulai dari 2:21-3:54), KH: BBS ("Dismiss" ada di dalamnya untuk yang penasaran dimulai dari 3:55-5:52!), dan menit sisanya.... Um, penulis kurang ngeh diambil dari KH mana serta sedang melawan siapa, pokoknya pakai struktur lagu "Destati" lagi, apakah KH Dream Drop Distance? Oke, oke, kalau ada yang tahu boleh dong identifikasi sisanya darimana di kolom komentar? Hehehe.

Ayo, dengarkan "Let Darkness Assemble: Final Boss Battle Medley" di bawah bersama-sama:






A Note from Writer:

Tema yang terdapat di lagu ini adalah "kebangkitan". Momen Sora dan hampir seluruh karakter yang terpilih memgang Keyblade seperti Terra, Aqua, Ventus, dan Riku dibuka mata hatinya bahwa mereka mengemban tugas untuk menjaga dan merestorasi cahaya dari terkaman kegelapan. Mereka akan dibawa ke dalam alam bawah sadar untuk di tes kesanggupan mereka, tesnya beragam mulai dari kekuatan fisik, sihir, cara melindungi diri, dan yang paling penting adalah ketangguhan hati mereka serta ikatan terhadap orang-orang dekat mereka. Dikarenakan hati adalah kekuatan terbesar para pemegang Keyblade bila hati lemah maka mereka dapat terpengaruh dengan kekuatan jahat sedangkan ikatan-ikatan yang mereka jalin dengan banyak orang terutama sahabat mereka akan digunakan sebagai penuntun supaya mereka bangkit kembali dari rasa putus asa dan sebagai arah petunjuk mereka kembali dari kesesatan yang mereka rasakan.

Oh, ada satu hal yang patut dicatat. Tidak seperti Final Fantasy yang memberatkan penggunaan lirik bahasa Latin untuk sebuah hal yang jauh dari nalar manusia sekaligus langganan untuk karakter mencapai keadaan godhood, Kingdom Hearts memberatkan penggunaan lirik serta judul lagu bahasa Italia untuk hal transedental. Dimana, penulis senang sekali karena menggunakan bahasa asing yang menjadi salah satu favorit penulis. Hitung-hitung menambah kosa kata bahasa Italia gratis hanya dari melihat dan membaca lirik lagu ini. Satu lagi sebelum sesi ini ditutup, penulis sangat merekomen lagu ini ke depannya bisa menjadi lagu latar pertarungan terakhir KH III untuk melawan Master Xehanort. Semua karakter yang merepresentatif cahaya bangkit saling bahu-membahu melawan 13 Kegelapan di bawah komando Master Xehanort. Momen inilah "kebangkitan" sebenarnya dan menurut penulis, kita semua sudah diberi hint bahwa Dive Into the Heart yang telah dilalui sebelumnya hanyalah tes kecil untuk bersiap dengan greatest force yang tidak bisa dilihat tapi dapat dirasakan keberadaannya dan menarik benang-benag momen KH Universe yang bersembunyi dibalik tirai akhirnya diketahui bernama Master Xehanort.  

Yup! Sudah berada di penghujung artikel. Sudah menemukan mana yang enjoyable untuk digunakan? Semoga kalian menikmati "Destati" kapanpun, dimanapun, dan dalam mood apapun. Hehe. Bye, have a nice day!



-THE END-







Comments