Review: Prelude from Final Fantasy Part I

by: Nabila Rhapsodios





Long time no see! ^_^. Penulis kali ini kembali dengan ulasan lain yaitu "Prelude" atau nama lainnya adalah "Crystal Theme" merupakan musik dari Final Fantasy ciptaan Nobuo Uematsu. "Prelude" seringkali muncul di hampir semua game Final Fantasy dan banyak yang menganggap bahwa "Prelude" adalah sebuah musik yang penting dalam semua elemen di FF contohnya seperti sering dilantunkan saat Title Screen (FF I & II: Dawn of Souls, FF IV-FF VI for Advances), memasuki Crystal Chamber/Room (FF I & II for PSP, FF III-FF IV for Nintendo DS), saat "The End" screen, layar "Game Over", dan terkadang muncul selentingan sehabis musik "Victory Fanfare" mengalun. 

Alasan mengapa "Prelude" kadang disebut "Crystal Theme" adalah sering diasosiasikan dengan salah satu element penting FF yaitu Crystal. Crystal di dalam elemen cerita FF konon mempunyai kekuatan supernatural yang mumpuni dan harus dilindungi serta berperan andil dalam kelangsungan hidup manusia. "Prelude" mengalun apabila karakter bertemu dengan Crystal, hal ini kuat dirasakan di dalam plot cerita FF I-FF V dan FF Type-0. Seiring berjalanannya waktu "Prelude" tidak hanya menyangkut Crystal tapi sudah menjadi salah satu ciri khas musik dari Final Fantasy. Uniknya lagi, sang komposer Uematsu-san membuat "Prelude" di menit-menit terakhir sebagai tambahan untuk Final Fantasy (FF I) dan hanya di buat selama 10 menit! Nah, sekarang di artikel ini akan me-review "Prelude" dari FF I-FF XIV (termasuk prequel dan sequelso, let's find out! 


Final Fantasy I



"Prelude" FF I mengalun di Title Screen, Menu formasi, dan menampilkan layar World Map. "Prelude" video di atas diambil dari FF I versi remake di PSP berdasarkan vesi yang mengalun di konsol Famicom. "Prelude" inilah yang menjadi Pelopor "Prelude" supaya tetap mengalun di seri FF berikutnya!


Final Fantasy II




"Prelude" FF II mengalun saat karakter FF II mengunjungi rumah pemulihan dengan hiasan patung di dalam rumah tersebut yang bisa menyembuhkan HP/MP yang tersebar di beberapa area di dunia FF II dan saat Title Screen. "Prelude" video di ambil dari FF II yang di remake di PSP.  


Final Fantasy III





"Prelude" FF III video di atas diambil dari FF III Original Soundtrack (OST) versi remake di Nintendo DS. "Prelude" FF III akan mengalun di Title Screen. 


Final Fantasy IV



"Prelude" FF IV akan mengalun saat Title Screen dan "The End" screen serta karakter FF IV bertemu Crystal di Crystal Room. "Prelude" di atas diambil dari FF IV Original Soundtrack NDS dan di dalam game original FF IV, "Prelude" mengalun saat minigame dimana Rossa Joanna Farrel melakukan meditasi untuk meningkatkan keahlian sihir menyembuhkan bersama dengan Eidolon Whyt


Final Fantasy V



"Prelude" FF V diatas diambil dari FF V pertama kali yang dirilis untuk konsol Super Famicom tahun 1992. "Prelude" akan mengalun saat Title Screen hal ini hanya berlaku untuk konsol GBA & iOS dan karakter memasuki Crystal Room.


Final Fantasy VI




"Prelude" dalam video di atas diambil dari FF VI pertama kali yang dirilis untuk konsol Super Nintendo Entertainment System pada tahun 1994. "Prelude" di FF VI akan mengalun saat Title Screen, di dalam Beginner's House, dan saat "The End" screen.


Final Fantasy VII



"Prelude" FF VII menjadi BGM saat Opening Credits ,"Game Over" screen, dan Staff Credits. FF VII demo version juga menyertai "Prelude" tetapi dibuat ke dalam bentuk remix yang akan mengalun saat membuka Menu screen


Final Fantasy VIII




"The Loser" memakai motif dari "Prelude" dengan petikan alat musik harpa. "The Loser" akan mengalun apabila player mengalami kekalahan saat battle alias Game Over. Motif "Prelude" juga dipakai di dalam "Ending Theme" bersama dengan track lainnya seperti "Eyes on Me" dan "Final Fantasy (Theme)".


Final Fantasy IX






"Game Over" dari FF IX OST memasukkan "Prelude" dalam lagunya. "Prelude" akan kembali mengalun apabila player telah menamatkan game ini dan memasukkan kode rahasia saat "The End" screen untuk bermain Minigame tersembunyi di game ini yaitu Blackjack. Motif "Prelude" juga dipakai di dalam track "Crystal World".


Final Fantasy X



"Prelude" di FF X sangatlah unik dan berbeda dari jajaran "Prelude" Final Fantasy Original Soundtracks. Karena, "Prelude" yang satu ini lebih mirip ke upbeat mix dan bernuansa ala radio DJ. "Prelude" FF X dimaksudkan untuk menekankan suasana di Dream Zanarkand yang tidak pernah tidur baik siang ataupun malam dan melukiskan betapa kota tersebut sangat besar dan metropolis. Lagu tersebut mengalun saat permulaan game yang memperkenalkan Tidus yang akan bersiap-siap menghadapi pertandingan Blitzball di Dream Zanarkand.

Video di atas merupakan ekstraksi dari FF X OST versi tahun 2001, Square-Enix (SE) dalam rangka merayakan 10 tahunnya Final Fantasy X dan Final Fantasy X-2, membuat kedua HD Remaster dengan grafis lebih bagus dan hampir semua track  FF X diaransemen ulang, termasuk "Prelude". Berikut videonya:




Final Fantasy XI



"Prelude" FF XI mengalun setelah player menyaksikan Opening Movie FF XI. "Prelude" juga ada di dalam track "Vana'diel March" yang berperan sebagai Main Theme dari FF XI dan juga mengalun di berbagai misi yang harus dijalankan dalam game ini. 


Final Fantasy XII



List FF XII OST dalam bahasa Jepang dinamai "Loop Demo" tetapi untuk nama versi Internasionalnya, track video di atas dinamai "Demo Movie". "Demo Movie" memasukkan "Prelude" yang dinyanyikan dengan vokal live dan membuat "Prelude" di FF XII berbeda dari "Prelude" seri FF sebelumnya. FF XII dan FF XII Revenant Wings dikomposeri oleh Hitoshi Sakimoto.


Final Fantasy XII Revenant Wings



"Prelude" versi FF XII Revenant Wings tidak terlalu jauh berbeda dengan "Prelude" dari prequel-nya yaitu FF XII. Tune diambil dari "Demo Movie" FF XII dan disesuaikan dengan format sound Nintendo DS. "Prelude" FF XII Revenant Wings mengalun di Title Screen.


Final Fantasy XIII



Motif "Prelude" tidak terlalu mencolok dipakai dalam jajaran track album FF XIII OST akan tetapi, bila kalian dengarkan baik-baik dalam lagu "The Sunleth Waterscape" dan "The Sunleth Waterscape -Overseas Version-" (ada di dalam album FF XIII-2 OST Plus), piano yang bertempo cepatnya memainkan motif "Prelude" dengan durasi sepersekian detik saja. Masashi Hamauzu bertindak sebagai komposer dari FF XIII. Sebagai bonus untuk menyanyikan "The Sunleth Waterscape" video di atas dari FF XIII OST, penulis menyertai lirik lagu tersebut di sesi ini! Selamat bernyanyi!

English Lyrics:

 Step into the rainbow, find another view
Chase the tender light, borders let's cross over
Ready to define the mists inside your heart?
Take a breath, and start your life

Waves of a new day
Clear all the gloom away
Hope is what we simply need to proceed

Waves of a new day
Clear all the gloom away
Hope is what we simply need to proceed


Final Fantasy XIII-2



Di dalam "Eclipse" juga terdapat aransemen "Prelude" dalam bentuk piano dan terdengar jelas di awal permainan track lagu ini. "Eclipse" ditulis oleh Mitsuto Suzuki selaku salah satu komposer game ini selain Masashi Hamauzu dan Naoshi Mizuta. Mereka bertiga kembali menduduki jabatan komposer di dalam game Lightning Returns: Final Fantasy XIII, sekuel dari FF XIII & FF XIII-2.


Lightning Returns: Final Fantasy XIII



Kalian bisa mendengar motif "Prelude" yang dimainkan dengan petikan harpa di menit 10:24-10:47 dalam track "Credits ~Light Eternal~" dari Lightning Returns: FF XIII OST. Track di atas merupakan kompilasi dari track yang terseleksi dari FF XIII OST, FF XIII-2 OST, dan Lightning Returns: FF XIII OST seperti track "Final Fantasy XIII -Miracles-" (0:00-1:24), "Memories of Happier Days"/"Vanille's Theme" (1:25-2:17), "Snow's Theme ~Final Words~" (2:18-3:35), "The Ark" (3:36-4:58), "Caius's Theme" (4:59-6:14), "Lightning's Theme" (6:49-8:33), dan "Blinded by Light" (8:34-9:59). Semua track medley ini ditulis bersama oleh Hamauzu, Suzuki, dan Mizuta.


Final Fantasy XIV



Nobuo Uematsu kembali menjadi komposer solo dalam game FF XIV 1.0 Version dan kembali menyuguhkan "Prelude" dengan judul "Prelude -Remembrance"-. FF XIV: A Realm Reborn juga menyuguhkan "Prelude" dengan judul "Prelude -Rebirth-" yang mengalun saat Title Screen dan "Prelude -Discoveries-" yang mengalun saat Character Select screen dan Character Creation.

FF XIV Heavensward menampilkan aransemen "Prelude" baru yang diletakkan di Title Screen, di bawah nama "A Cold Wind". Nobuo Uematsu menangani musik FF XIV 1.0 Version saja, Masayoshi Soken mengambil posisi beliau untuk episode-episode lanjutan FF XIV, mulai dari FF XIV A Realm Reborn. Beginilah lantunan "A Cold Wind":







Final Fantasy XV




Seperti banyak yang sudah sadar bahwa Theme Song FF XV yakni "Stand by Me" menggunakan sesi dari "Prelude" sebagai instrumen latar. Untuk melihat lirik dan informasi lebih lanjut mengenai lagu ini, silakan baca artikel berjudul Theme Songs in the World of Final Fantasy Part IV :). 

Update (31 Desember 2016): Selamat FF XV sudah terbit serentak pada 29 November 2016! Bagaimana apa kalian merasa puas atau tidak puas dengan hasil akhirnya? Mau menambahkan sesi "Prelude" di FF XV nih sekarang... Ada dua lagu yang mudah didengar bahwa 'ini adalah melodi klasik FF yaitu "Prelude"', ayo tebak apa judulnya? Final Fantasy XV Original Soundtrack sudah keluar 22 Desember 2016 yo. Tidak bisa tebak? Baiklah penulis beritahu disini.

Pertama adalah "Crystalline Chill" yang paling sering didengar oleh pemain. Bagaimana tidak, habisnya ditempatkan di sesi Main Menu dan pemain sering buka Ascension Grid untuk kustomisasi equipment, magic, dan sebagainya untuk empat jagoan FF XV. "Crystalline Chill" merupakan remix "Prelude" ciptaan asli Uematsu. Kedua adalah "In the Light of the Crystal" mengalun ketika Noctis bertemu kali pertama dengan Bahamut di dalam Kristal dan ketika Ignis akan sampai ke tempat Kristal dalam Extra Verse Episode Ignis. "In the Light of the Crystal" menurut penulis lebih mengindikasikan kesan mistis, gelap, dan gugup karena wahyu yang disampaikan Bahamut menciutkan nyali Noctis dan Ignis yang mengetahui bahwa Noctis adalah True King....

* "Crystalline Chill"




* "In the Light of the Crystal"





Update (7 Juni 2017): Aduh, penulis malu... Karena tidak komplit menyuguhkan "Prelude" FF XV. Ada yang ketinggalan. Trek lagu berjudul "Prelude (for World of Wonder)" yang sayangnya dapat terlewatkan dengan merujuk pada alasan seperti ini 1) Jarang ada yang klik Credits di Title Screen apabila persyaratan menamatkan FF XV telah terpenuhi 2) Harus menyimak Ending Credits / Staff Roll yang sangat panjang dulu di sesi Credits dimana hal ini dapat menidurkan pemain atau masa bodoh meperhatikan satu per satu nama-nama yang terpampang disana untuk dapat mendengar trek tersembunyi ini. 

"Prelude (for World of Wonder)" tidak hanya terdapat di album FF XV OST, ada juga di album Special Soundtrack Final Fantasy XV Ultimate Collector's Edition. Secara pribadi, "Prelude (for World of Wonder)" ciptaan Yoko Shimomura adalah "Prelude" yang terindah yang pernah diciptakannya untuk FF XV. Mengarahkan pemain untuk melihat dunia dengan beragam keajaiban dan khayalan yang mungkin saja dapat dicapai bila dengan tekad kuat. Dengarkan ini maka kalian, para pembaca, akan terbuai dengan keajaiban dan khayalan yang dimiliki: 





Trek lagu "Hellfire" yang mengalun ketika melawan Ifrit dan "Somnus Ultima" yang menjadi lagu latar salah satu rangkaian FMV penutup, bagian akhir dari kedua trek tersebut menyematkan motif "Prelude".



Final Note from Writer:



"Prelude" adalah lagu tercepat yang pernah dibuat oleh komposer legendaris FF yaitu Nobuo Uematsu. Uematsu-san hanya butuh 10 menit saja untuk merampungkan lagu ini. Uematsu-san mendapatkan inspirasi "Prelude" dari sepotong kecil karya musik milik J.S. Bach. Di FF awal-awal (i.e. FF I-FF VII), "Prelude" hanya dibuat melodi sederhana tetapi semakin ke sini, "Prelude" berkembang dengan melodi yang semakin kompleks. "Prelude" sering disebut-sebut oleh kritikus game sebagai lagu yang memorable




-To be Continued-


Comments