Review: Final Fantasy (Theme) from Final Fantasy Part II

by: Nabila Rhapsodios


Nah, di Part II ini penulis akan mengulas "FINAL FANTASY" di semua spin-offs dan aransemen yang muncul di album-album yang berhubungan dengan game Final Fantasy. Tanpa membuang waktu lagi, mari sama-sama kita lihat satu per satu ulasannya! :).

Final Fantasy Crystal Chronicles: The Crystal Bearers

"FINAL FANTASY" tidak muncul di dalam OST game ini, tetapi mengalun di salah satu trailer game ini dan karakter utamanya yaitu Layle menyenandungkan bait "FINAL FANTASY" saat dia menyerang Tribe Unity Ball

Dissidia Final Fantasy



"FINAL FANTASY" mengalun saat Warrior of Light kembali ke kota Cornelia setelah pertarungan terakhir dan list nama-nama staff dibalik pembuatan DFF bermunculan satu-satu untuk menutup cerita DFF. "FINAL FANTASY" DFF berjudul "FINAL FANTASY from DISSIDIA FINAL FANTASY".

Dissidia 012 (Duodecim) Final Fantasy



Sama seperti sekuelnya, "FINAL FANTASY" dari Dissidia Duodecim mengalun saat Warrior of Light kembali ke Cornelia kemudian disusul nama-nama staff dibalik pembuatan game ini. "FINAL FANTASY" Dissidia Duodecim diberi judul "FINAL FANTASY from Dissidia (012) Duodecim FINAL FANTASY" dan memiliki aransemen yang berbeda dari DFF. Komposer dari DFF dan Dissidia Duodecim adalah Takeharu Ishimoto. Orkestra yang terpilih untuk membawakan lagu-lagu orkestra game ini adalah FILMharmonic Orchestra Prague.

Dissidia Final Fantasy Arcade




"Prelude" di dalam game satu ini, diberi judul "Opening Theme -Arrange- from Final Fantasy" (maksudnya adalah dari FF I). Lagu ini membuat pemain untuk ingat bahwa "Opening Theme" yang mengalun saat adegan di Cornelia dan ending credits dari FF I adalah cikal bakal musik "Final Fantasy".  

Final Fantasy Type-0

Theme Song FF Type-0 memasukkan motif "FINAL FANTASY" di bagian akhir lagunya saat Ending Cutscene. Theme Song FF Type-0 yaitu "ZERO" memakai motif Final Fantasy (Theme) yang dimainkan oleh gitar elektrik. 


Theatrhythm Final Fantasy & Theatrhythm Final Fantasy Curtain Call


"Opening Theme"
FF I versi NES dimainkan sebagai Event Music Sequence track di original Theatrhythm FF sedangkan di Curtain Call, dimainkan sebagai Field Music Sequence



Final Fantasy Brave Exvius








"Final Fantasy" yang terdapat di Final Fantasy Brave Exvius biasa mengalun setelah proses maintenance mobile game satu ini selesai. Walaupun kadang maintenance membuat player gemes karena prosesnya bisa dikatakan cukup lama, satu hal yang dimaklumi dan yang terbaik dari maintenance adalah dipedengarkan "Final Fantasy" ciptaan Noriyasu Agematsu. Penulis akui kualitas semua lagu di Brave Exvius meskipun semata mobile game, sangat brilian. Tidak kalah dengan kualitas lagu yang biasa ada di konsol dan handheld.



Final Fantasy Related-albums


I.  Final Fantasy IV: Celtic Moon






Album ini merupakan aransemen lagu-lagu pilihan dari OST FF IV yang digubah ke dalam style Irish Celtic. "FINAL FANTASY" di dalam album ini diberi nama "Prologue" dan menjadi track kedua dari album ini.

II. Final Fantasy IV Piano Collections



Video di atas merupakan gubahan "Prologue" dari OST FF IV orisinal (bukan remake). Dimainkan dengan alat musik piano secara solo.

III. Final Fantasy: Pray




"Pray" dari album Final Fantasy: Pray adalah "FINAL FANTASY" dalam bentuk vokal. Penyanyi solo dari album ini adalah Risa Ohki. Risa Ohki menyanyikan "Pray" dengan bahasa Jepang. Di dalam lagu ini, Risa akan diiringi choir, strings, dentuman drum, permainan gitar klasik solo, dan gitar elektrik solo. 


Risa Ohki
Berikut di bawah ini lirik dari "Pray":


Japanese Lyrics:

遠く靜かな星空から
Tōku shizuka na hoshizora kara
あふれる命の唄が響く
Afureru inochi no uta ga hibiku
幾千光年 暗を超えて
Ikusen kounen yami o koete
ひとつの大地にたどり著いた
Hitotsu no daichi ni tadori tsuita

そっと瞳を閉じたままで
Sotto hitomi o tojita mama de
遠い祈りのように
Tōi inori no you ni

いつしか夢たちが
Itsushi ka yumetachi ga
叶うように
Kanau you ni

-Instrumental-

こんな小さな掌では
Konna chīsa na te no hira de wa
抱えきれぬほど時は長い
Kakaekirenu hodo toki wa nagai
幾千万里の旅の果てに
Ikunsenman ri no tabi no hate ni
やさしい笑顏にめぐり逢える
Yasashī egao ni meguriaeru

今は淚に濡れたままで
Ima wa namida ni nureta mama de
深い祈りのように
Fukai inori no you ni

いつしか哀しみも
Itsushi ka kanashimi mo
终わるように
Owaru you ni

遠く静かな星空から
Tōku shizuka na hoshizora kara
あふれる命の唄が聞こえる
Afureru inochi no uta ga kikoeru


English Translations:

From far and silent starry skies
Echoes a song full of life
Crossing a darkness of thousands of light years
It finally arrives at a single earth

With eyes closed just so
Like a faraway prayer

So that one day
Our dreams will come true

-Instrumental-

Time is so long that
These tiny palms can barely hold it
At the end of a million-mile voyage
We can still run across smiling faces

Now, wet with tears
As though deep in prayer

So that one day
Sadness, too, will end

From far and silent starry skies
A song full of life can be heard

III. Guitar Solo Final Fantasy Official Best Collection



Di album ini "FINAL FANTASY" diberi judul "Opening Theme". "Opening Theme" adalah track pertama dari keseluruhan album ini dan dimainkan akustik gitar secara solo oleh Yuji Sekiguchi. Mulai dari 0:00-2:05 untuk memastikan.

IV. A New Story




English Lyrics:

Break into a new day
A new chapter of your story
Close your eyes and see with your heart
Your destination

Climb over mountains and sail across the ocean
Let the journey take you to stand on higher ground

Fate has brought you here on this land
So have faith in your destiny
And burn the fire inside your soul

Feel the earth, the sky and the ocean tremble
As you realize the power
That lies deep down within your heart

-Instrumental-

Guided by the stars, shining high up in the sky
Find a way that leads to the place, you have always dreamed of

Each and every trial is there for you to be stronger
There will be a day, when all things become much clearer

Fate has brought you here on this land
So have faith in your destiny
And burn the fire inside your soul

Feel the earth, the sky and the ocean tremble
As you realize the power
That lies deep down within your heart

Within your heart


Kanon
Album penyanyi Kanon yaitu A New Story memuat track yang terinspirasi dari musik Final Fantasy, maklum saja karena dia berkolaborasi dengan komposer veteran FF, tidak lain lagi adalah Nobuo Uematsu. Dirilis pada 27 April 2011. Final Fantasy (Theme) menjadi pilihan untuk dinyanyikan ulang dengan lirik baru. Cek, lagu seperti "Prelude" atau "Eyes on Me" dibawakan oleh Kanon, jangan lupa! Untuk "Prelude" Kanon ada di artikel blog penulis yang meninjau "Prelude" di hampir semua game FF, cek bila punya waktu, oke? :).


Orchestra Version

"FINAL FANTASY" versi orkestra dimainkan dalam beberapa live tur konser-konser musik Final Fantasy yang diselenggarakan di Jepang, sebut saja konser 20020220 music from Final Fantasy (20 Februari 2002), Tour de Japon: Music from Final Fantasy (12 Maret-16 April 2004), dan VOICES: Music from Final Fantasy (18 Februari 2006). Sedangkan di luar Jepang, sebut saja konser Dear Friends -Music from Final Fantasy- (US, 2004-2005), More Friends -Music from Final Fantasy- (Los Angeles, California; 16 Mei 2005), dan Distant Worlds (2004-on going). Sejauh ini "FINAL FANTASY" dari FF VIII-lah yang dijadikan wakil "FINAL FANTASY" yang diputar untuk konser musik Final Fantasy. Berikut contoh video live tour:

a. Tour de Japon




b. VOICES: Music from Final Fantasy



c. More Friends -Music from Final Fantasy-




d. Distant Worlds IV: more music from from Final Fantasy






Final Words from Writer:

Penulis berpendapat bahwa "FINAL FANTASY" adalah sebuah lagu yang menggambarkan karakter-karakter utama yang biasanya dijadikan pahlawan siap menempuh perjalanan panjang untuk menyelamatkan dunia. Di perjalanan panjang, karakter-karakter akan menemukan konflik, dilema, suka cita, dan duka serta bagaimana para karakter-karakter ini melaluinya. Karakter-karakter ini akan saling bahu-membahu menghadapi segala rintangan yang akan ditemui dalam perjalanan panjang tersebut. Makanya, "FINAL FANTASY" berirama mars. "FINAL FANTASY" untuk pemain adalah kesiapan untuk menamatkan FF dan menyemarakkan berhasilnya pemain setelah mati-matian berusaha menamatkan FF.

Penulis sengaja meninggalkan hal ini di sesi ini bahwa "FINAL FANTASY" telah dimainkan saat konser di Indonesia lho... Konser Beginning of Fantasy (Jakarta, 2006) mengusung beberapa musik-musik yang terkenal dari Final Fantasy sebut saja "Aerith's Theme", "Liberi Fatali", dan "One-Winged Angel". Nah, salah satu track yang terpilih untuk dibawakan adalah "FINAL FANTASY". Konser ini digawangi oleh Addie MS dan berlokasi di Istora Senayan, Jakarta. Konser ini bisa dibilang sukses dan sampai detik ini masih diminta untuk diadakan kembali. Berikut video Twilite Orchestra memainkan "FINAL FANTASY":



Penulis berharap konser-konser musik Final Fantasy atau dari game lain bisa dimainkan dalam skala besar seperti Beginning of Fantasy. Mendatangkan konser tur Final Fantasy seperti Distant Worlds ke Indonesia merupakan sebuah golden opportunity dan kehormatan untuk penggemar FF ataupun penggemar musik-musik dari games/Anime/film. Sayangnya, sampai detik ini Indonesia belum dilirik untuk dijadikan negara yang akan dikunjungi (:. Padahal bila dicermati animo masyarakat dan penggemar terhadap konser-konser seperti Beginning of Fantasy, Distant Worlds atau konser klasik lainnya sangat antusias, besar, dan diterima dengan hangat. Penulis berharap semoga, kedua konser di atas bisa dilaksanakan kembali atau memperbanyak konser orkestra besar lagi yang mengambil dari game/Anime/film selain nama Final Fantasy :).


Penulis mengucapkan terimakasih dan akan diakhiri dengan kata: Ciao!



-THE END-

Comments