Main Theme (Final Fantasy IV-VI)

by: Nabila Rhapsodios

Artikel kedua dari pembahasan Main Theme tiap judul Final Fantasy telah tiba! Main Theme dalam artikel ini mengambil Main Theme dari FF IV-VI. Penulis yakin beberapa alunan melodi dari Main Theme FF IV-VI ada yang tahu dan menjadikannya sebagai salah satu favorit. Ok, artikel ini akan saya mulai sekarang! Check this out intensely! Fufufu.


Final Fantasy IV

Cerita Cecil Harvey dan kawan-kawan dalam FF IV tidak akan lengkap dan seru tanpa adanya Main Theme yang dapat menyimpulkan keseluruhan cerita petualangannya. Temuilah "Main Theme of FINAL FANTASY IV"! "Main Theme of FINAL FANTAST IV" diciptakan oleh Nobuo Uematsu, di dalam game-nya sendiri motif lagu ini dipakai dalam track-track lagu lain. Beginilah alunan "Main Theme of FINAL FANTASY IV":




Video diatas diambil dari track asli FF IV tahun 1991 untuk format konsol Super Family Computer (Super Famicom) dan terdapat di track nomor 7 dalam album Final Fantasy IV Original Sound Version. Sebagai Main Theme, lagu tersebut akan mengalun apabila player menjelajah Worldmap di Overworld (Earth). Sewaktu FF IV di remake untuk Nintendo DS tahun 2008 lalu, seluruh track FF IV tahun 1991 mengalami remastered. Tidak terkecuali "Main Theme of FINAL FANTASY IV", di bawah ini adalah remastered-nya:



Dari kedua video tersebut tidak ada perubahan yang berarti tapi memang di video kedua, kualitas suara lebih clear. Junya Nakano berperan sebagai arranger dan me-remastered seluruh lagu FF IV untuk NDS dan dibantu dengan Kenichiro Fukui. "Main Theme of FINAL FANTASY IV" berperan sebagai BGM Opening FMV di FF IV NDS dan Ending Theme FF IV & FF IV NDS (bersama Theme Song Tsukino Akari -Final Fantasy IV Ai no Theme-). Berikut kedua video di bawah ini:

* FF IV DS Opening Movie




"FF IV DS Opening Movie" terdiri dari tiga lagu pertama adalah "Ai no Theme (Theme of Love)" pada menit 0:00-1:06, "Main Theme of FINAL FANTASY IV" pada menit 1:07-2:02, dan terakhir yang sudah tidak asing lagi yaitu "Final Fantasy (Theme)"/"The Opening" pada menit 2:03-3:02. Ketiga lagu ini diciptakan oleh Nobuo Uematsu tetapi seperti yang telah disebutkan di atas, seluruh track FF IV NDS di arrange ulang ke dalam bentuk remastered oleh Junya Nakano dan Kenichiro Fukui. "FF IV DS Opening Movie" merupakan track nomor 1 dalam album Final Fantasy IV Original Soundtrack.

* Ending Theme 1 (FF IV DS)




"Ending Theme 1 (FF IV DS)" akan mengalun tidak lama apabila player berhasil mengalahkan Final Boss. Komposisi track ini lebih di dominasi oleh "Main Theme of FINAL FANTASY IV" yang lebih tepatnya mengalun saat menit ke 1:42 sampai menit akhir track lagu ini.

Motif "Main Theme of FINAL FANTASY IV" digunakan ke dalam track lagu OST FF IV dan FF IV NDS yaitu "Sorrow & Loss" (FF IV Original Sound Version)/"Theme of Sorrow" (FF IV Original Soundtrack"); kedua lagu ini sama-sama sebagai BGM saat scene sedih contohnya seperti kematian Anna. Kemudian track lagu berikutnya adalah "Paladin" (FF IV Original Soundtrack) yang mengalun dimana Cecil Harvey berubah menjadi Paladin dan terakhir adalah "Land of Dwarves" yang dijadikan BGM Worldmap di dunia Underworld.

"Main Theme of FINAL FANTASY IV" muncul di dalam game seperti Dissidia Final Fantasy, Dissidia Duodecim Final Fantasy, Theatrhythm Final Fantasy, dan Theatrhythm Final Fantasy Curtain Call. Di DFF, "Main Theme of FINAL FANTASY IV" dengan judul "Main Theme -arrange- from FINAL FANTASY IV" dijadikan BGM Cecil Harvey memasuki Stage Board Destiny Odyssey IV sementara di Duodecim, dijadikan BGM Worldmap cerita Cecil Harvey. Berikut videonya:




"Main Theme -arrange- from FINAL FANTASY IV" diaransemen ulang oleh Takeharu Ishimoto dan merupakan track nomor 18 di Disc 1 dalam album Dissidia Final Fantasy Original Soundtrack.

"Main Theme of FINAL FANTASY IV" mempunyai kemunculan di beberapa album sebut saja Final Fantasy IV: Celtic Moon, Piano Collections: Final Fantasy IV, Final Fantasy: Love Will Grow, Guitar Solo Final Fantasy Official Best Collection, dan Piano Opera Final Fantasy IV/V/VI. Berikut di bawah ini penjabarannya:

* Final Fantasy IV: Celtic Moon





"Main Theme of FINAL FANTASY IV" dalam album ini dimainkan secara style musik Celtic, seperti track lagu-lagu FF IV terseleksi lainnya di dalamnya. Keseluruhan track album ini diaransemen ulang oleh Máire Breatnach. "Main Theme of FINAL FANTASY IV" dimainkan dengan gesekan duet biola membuat lagu ini enak untuk dijadikan lagu dansa.

* Piano Collections: Final Fantasy IV



"Main Theme of FINAL FANTASY IV" terdapat di dalam album ini lebih tepatnya berada di track nomor 5 dengan judul "Main Theme". "Main Theme" ini dikomposeri oleh Nobuo Uematsu; diaransemen ulang oleh Shirou Satou; dan dimainkan solo oleh Toshiyuki Mori.

* Final Fantasy: Love Will Grow



"Main Theme of FINAL FANTASY IV" di dalam album ini digubah menjadi bentuk vokal dengan judul "Long Distance". "Long Distance" adalah track nomor 1 dari serangkaian lagu-lagu di dalam album ini. Diiringi oleh orkestra dan dinyanyikan oleh Risa Ohki ke dalam bahasa Jepang. Kompeser album ini masih tetap dipegang oleh Nobuo Uematsu. Berikut di bawah ini lirik dari "Long Distance":


Japanese Lyrics in Romaji:

Yami no kanata
Hikari no todokanu hate ni
Ima mo hitori
Kodoku na tabi o tsuzuketeiru

Koware yuku kono hoshi ni
Koutetsu no kokoro wa
Hitori wakare o tsugete
Hikari yori hayaku
Toki no nagare o sakanoboru

-Instrumental-

Hoshi ga umare
Yagate shinu koto o shitta
Soshite hitori
Eien ni te ga todoku koro

Zetsubou yori tsumetaku
Fukai yami no naka ni
Aoi hoshi ga umarete
Shizuka ni hikatta
Aa, kono toki o tsutaetai!
Aa, dareka ni tsutaetai!


English Translations:

At the far reaches of darkness
The limits where light does not reach
Now too alone
Continuing a solitary journey

On this disintegrating star
Hearts of steel
Informing us of this single parting
Faster than light
It climbs upstream in the flow of time

-Instrumental-

A star was born
And by and by knew death
And then alone
A hand reaches out forever

Colder than despair
In the midst of deep darkness
A blue planet was born
And shed its light silently
Ah, I wanna tell of this time!
Ah, I wanna tell someone!


* Guitar Solo Final Fantasy Official Best Collection



Sebuah aransemen gitar klasik dari lagu "Main Theme of FINAL FANTASY IV" hadir di album ini dan bisa di dengar dalam track nomor 9, tepatnya di menit 12:40-14:33 dengan judul "Final Fantasy IV Main Theme". Dimainkan solo oleh Yuji Sekiguchi. Oh ya, sekadar pemberitahuan apabila membeli album ini di gerai-gerai atau toko online musik di tempat kalian; kalian bisa langsung mendapatkan gratis buku partitur not (Final Fantasy Guitar Solo Official Best Collection Sheet Music Book) seluruh track lagu-lagu album ini. Jadi, kalian bisa memainkan lagu-lagu favorit kalian dengan gitar dalam album ini sesampainya di rumah!

* Piano Opera Final Fantasy IV/V/VI



Permainan piano "Main Theme of FINAL FANTASY IV" dalam album Piano Collections: Final Fantasy IV sama sekali berbeda, di dalam album ini menyuguhkan permainan piano yang jauh lebih kompleks. Sama seperti album Piano Opera Final Fantasy I/II/III, seluruh lagu dalam album Piano Opera Final Fantasy IV/V/VI diaransemen serta dimainkan solo oleh Hiroyuki Nakayama dan projek pengerjaan album ini diawasi oleh Nobuo Uematsu. "Main Theme of FINAL FANTASY IV" terdapat dalam track nomor 1 dari album ini. Album ini memiliki partitur not, partitur not ini dirilis oleh Yamaha Music Media dengan buku berjudul Piano Opera Final Fantasy IV/V/VI dengan tingkat kesulitan mulai dari Intermediate hingga Advanced. Yamaha Music Media juga meluncurkan buku partitur not Piano Opera Final Fantasy I/II/III dan memiliki tingkat kesulitan sama dengan Piano Opera Final Fantasy IV/V/VI.


Final Fantasy V

"Main Theme of Final Fantasy V" atau dikenal juga sebagai "Ahead on Our Way" merupakan Main Theme yang kemunculannya hanya sebatas saat Opening Movie dan karakter Bartz Klauser, Faris Scherwiz, serta Lenna Charlotte Tycoon berkelana menuju Galuf's World. Mari kita dengarkan bersama-sama lagunya:




"Main Theme of Final Fantasy V" di video di atas diambil dari album Final Fantasy V Original Sound Version yaitu album game FF V versi tahun 1992 untuk konsol Super Family Computer (Super Famicom). Veteran komposer FF Nobuo Uematsu kembali sebagai komposer untuk game ini. 

Sebagai Main Theme, maka banyak track lagu FF V memakai motif dan another variation di dalam beberapa lagu-lagu FF V. Sebut saja another variation  "Main Theme of Final Fantasy V" adalah "Four Hearts", "Deception", dan "The Day Will Come" sementara motif "Main Theme of Final Fantasy V" terdapat dalam track lagu "Opening Theme"/"A Presentiment" dan "Ending Theme"


1. Another Variation

* Four Hearts



Di dalam game "Four Hearts" dijadikan BGM pertama menjelajah Overworld/Worldmap di First World

* Deception



"Deception" akan mengalun apabila player bertemu dengan Boss Enemy Siren yang berusaha menghadang party dalam perjalanan keliling dunia dengan cara meniru seseorang yang paling dikasihi oleh party (e.g. Siren meniru ibu Bartz; Stella Klauser). 

* The Day Will Come



"The Day Will Come" mengalun di saat scene yang bisa membuat player terenyuh contohnya adalah saat karakter Galuf Halm Baldesion bertemu dengan cucu perempuannya yaitu Krile Mayer Baldesion.


2. Motif

* "Opening Theme"/"A Presentiment"



"Opening Theme"/"A Presentiment" bila didengar baik-baik sayup-sayup terdengar "Main Theme of Final Fantasy V".

* Ending Theme



Motif "Main Theme of Final Fantasy V" terdapat dalam menit 0:00-2:36 dengan tempo yang sangat cepat. 

Dissidia FF memasukkan "Four Hearts"; salah satu another variation dari "Main Theme of Final Fantasy V" ke dalam album Dissidia Final Fantasy Original Soundtrack dan sebagai track nomor 22 dari Disc 1. Takeharu Ishimoto mengaransemen ulang lagu ini untuk Dissidia FF dan Dissidia Duodecim. Berikut lagunya untuk didengarkan:


"Four Hearts -arrange- from Final Fantasy V" memiliki peran yang berbeda di kedua game. Dissidia menjadikannya BGM Stage Board Destiny Odyssey V dan Worldmap di Duodecim untuk Bartz Klauser.

"Main Theme of Final Fantasy V" memiliki 2 aransemen untuk piano, aransemen remastered dari versi Super Famicom, dan gubahan orkestra. Penjelasan singkatnya ada di bawah sini:


* Piano






Video pertama diambil dari album Piano Collections: Final Fantasy V dan terdapat dalam track nomor 4 dengan judul "Ahead on Our Way". "Ahead on Our Way" di dalam piano ini dimainkan secara solo oleh pemain yang sama dengan yang di belakang pembuatan Piano Collections: Final Fantasy IV yaitu Toshiyuki Mori dan diaransemen ulang pula oleh Shirou Sato. Sheet music album ini juga dijual komersil dengan judul Piano Collections: Final Fantasy V dan diterbitkan oleh NTT Publishing. Tingkat kesulitan permainan piano dalam album ini adalah Beginner hingga Intermediate

"Main Theme of Final Fantasy V" dalam album Piano Opera Final Fantasy IV/V/VI merupakan track lagu nomor 9 dan dikomposeri serta dimainkan solo oleh Hiroyuki Nakayama.

* Remastered 



"Ahead on Our Way" dalam album Final Fantasy V: Dear Friends, dirombak menggunakan live instrument yang dicampur dengan alat musik sintesis high quality. Di awal lagu tepatnya menit 0:00-0:37 vokal ala Saami mengalun sebelum memasuki nada utama dari "Ahead on Our Way."Album ini salah satu remastered OSV FF V tahun 1992.

* Orkestra




"Final Fantasy V Main Theme" adalah judul yang diberikan kepada Main Theme FF V untuk album Final Fantasy Orchestral Album. Dalam album ini "Final Fantasy V Main Theme" ditempatkan ke dalam track lagu nomor 6. Final Fantasy Orchestral Album merupakan album untuk menyemarakkan ulang tahun FF ke-25 dan album ini berisi beberapa lagu yang terkenal dari banyaknya serangkaian lagu-lagu FF yang digubah menjadi bentuk orkestra. Selain itu pula, "Main Theme of Final Fantasy V" ikut dimainkan dalam tur konser Tour de Japon: Music from Final Fantasy (2006).

Update (17 Juli 2017): "Final Fantasy V Main Theme" bisa ditemukan di dalam album Distant Worlds IV: more music from Final Fantasy dimana kali ini dimainkan oleh Distant Worlds Philharmonic Orchestra


Final Fantasy VI

Leitmotif  protagonis FF VI Terra Branford atau Tina Branford (nama untuk audiens Jepang) yaitu "Terra's Theme" atau "Tina's Theme" (lebih dikenal di kalangan audiens Jepang) dijadikan Main Theme FF VI. "Terra's Theme" diciptakan oleh Nobuo Uematsu. Beginilah alunan nada dari lagu ini:




"Terra's Theme" adalah BGM Overworld/Worldmap sewaktu dunia masih dalam tahap keseimbangan dan masih bernama World of Balance. Menjadi sebuah Main Theme, motif "Terra's Theme" terus-menerus di ulang/diselipkan dalam track-track lagu FF VI: "Omen", "Awakening", "Protect the Espers!", dan "Ending Theme"/"Balance Is Restored". Mari kita dengarkan bersama satu-satu ketiganya:

* Omen




"Omen" mengalun saat player memulai permainan dan melihat scene pembuka cerita FF VI. "Terra's Theme" ada di menit 2:22-4:16.

* Awakening



"Awakening" adalah salah satu bentuk aransemen "Terra's Theme". "Awakening" mengalun dimana Terra kembali siuman dan mendapatkan kembali kontrol dirinya akibat alat pengontrol yang terpasang di kepalanya hancur saat berada di kota Narshe, sempat menjadi BGM Overworld/Worldmap saat Terra dan kedua temannya yaitu Edgar Roni Figaro dan Locke Cole melarikan diri dari Figaro Castle, scene dimana Terra diundang untuk bergabung dengan grup pemberontak Gestahlian Empire yaitu Returners, Esper Ramuh membangunkan Terra dan membuat Terra mengingat jati diri Terra yang sesungguhnya di kota Zozo, dan terakhir saat mengunjungi kota Mobliz dimana Terra menyadari untuk apa dia bertarung serta bersedia kembali bergabung ke dalam party.

* Protect The Espers!



Apabila kalian dengarkan baik-baik, ada motif "Terra's Theme" di dalamnya walaupun hanya sebagai selingan. Khususnya pada menit 0:33-0:38, 1:25-1:30. "Protect The Espers!" dijadikan lagu saat event Battle for the Frozen Esper, party melarikan diri dari Magitek Research Facility, dan petarungan party vs Imperial Air Force

FYI, aransemen baru dari lagu ini dapat ditemukan di dalam album Dissidia Final Fantasy -Arcade- Vol. 2



* Ending Theme/Balance Is Restored



Leitmotif  Terra terdapat di menit 7:46-8:20 dan 16:30-17:22.

Terra Branford menjadi kandidat perwakilan Dissidia FF dan Dissidia 012 (Duodecim), maka dari itu "Terra's Theme" dimasukkan ke dalam soundtrack game ini. 




"Terra's Theme" karangan aransemen Takeharu Ishimoto ini diberi judul "Terra's Theme -arrange- from Final Fantasy VI". Sewaktu Terra akan menyelesaikan Stage Board Destiny Odyssey VI di DFF dan Terra menjelajahi Worldmap story di Duodecim; "Terra's Theme" digunakan sebagai musik pengiring. Sementara itu, di album Dissidia 012 Final Fantasy Original Soundtrack terutama track berjudul "Dissidia 012 (duodecim) -ending- from DISSIDIA 012 (duodecim) FINAL FANTASY" memasukkan "Terra's Theme" dari segmen "Balance Is Restored". 

Selain Dissidia FF dan Duodecim, "Terra's Theme" muncul juga di dalam game FF lainnya seperti Theatrhythm FF dan Theatrhythm FF Curtain Call, Final Fantasy XIV: A Realm Reborn, dan Lightning Returns: Final Fantasy XIII. Berikut "Terra's Theme" di FF XIV dan LR: FF XIII:

* Final Fantasy XIV: A Realm Reborn



Video di atas adalah trailer untuk kemunculan Magitek Armor dari FF VI untuk FF XIV: ARR. "Terra's Theme" karangan aransemen komposer utama FF XIV yaitu Masayoshi Soken; dipilih menjadi BGM trailer di atas. Naoki Yoshida selaku Sutradara dan Produser FF XIV: ARR mengaku apabila permintaan player cukup banyak untuk memasukkan "Terra's Theme" ke dalam dunia FF XIV, maka Yoshida-san akan senang hati mengabulkan permintaan player yang satu ini di kemudian hari.

Upadate: Di dalam album soundtrack FF XIV terbaru yaitu Before the Fall: Final Fantasy XIV Reborn Original Soundtrack, versi utuh musik pengiring trailer di atas masuk ke dalam list Before the Fall yang dinamai "Magiteknical Difficulties" (trek lagu nomor 52). Beginilah alunan lagu tersebut:






* Lightning Returns: Final Fantasy XIII



Apabila Lightning berhasil memecahkan quest Biggs and Wedge yaitu Death Game, saat malam hari setelah menyukseskan quest mereka maka mereka akan kongkow di Aromatic Market, Yusnaan sambil memainkan "Terra's Theme ~Biggs and Wedge Version~". "Terra's Theme ~Biggs and Wedge Version~" ini terdapat di album Lightning Returns: Final Fantasy XIII Original Soundtrack PLUS dengan nomor track 19.

"Terra's Theme" juga memiliki aransemen ke dalam bentuk piano, vokal, dan orkestra. Di bawah ini adalah penjelasan singkatnya:

* Piano



Di dalam album Piano Collections: Final Fantasy VI yang berisi permainan track-track lagu FF VI OSV dalam bentuk piano solo, "Terra's Theme" disebut "Tina's Theme"/"Tina". "Tina" menjadi track nomor 1 dalam album ini. Piano solo ini dimainkan oleh Reiko Nomura dan diaransemen ulang oleh Shirou Sato. Buku sheet music untuk permainan piano solo ini bernama Final Fantasy VI Piano Collections Sheet Music dan tingkat kesulitan permainan piano dalam album ini adalah Intermediate.

* Vokal



"Terra's Theme" versi vokal dalam album Final Fantasy: Pray ini berjudul "Wanderer of Time". "Wanderer of Time" merupakan track nomor 4. Dinyanyikan oleh Risa Ohki ke dalam bahasa Jepang serta dikomposeri oleh tak lain lagi adalah Nobuo Uematsu. Di bawah ini adalah lirik lagu ini:

Japanese Lyrics:

遥か遠く夜を越えて
Haruka tooku yoru o koete
砂漠の海を彷徨う
Sabaku no umi o samayou
神の声は蜃気楼
Kami no koe wa shinkirou
忘れられた人々
Wasurerareta hitobito

-Instrumental-

影は白く揺らめきたつ
Kage wa shirōku yurameki tatsu
今ひとたびの幻
Ima hitotabi no maboroshi
蒼く燃える勇者の夢
Aoki moeru yuusha no yume
永遠に眠る人々
Towa ni nemuru hitobito
遥か遠く夜を越えて
Haruka tooku yoru o koete...


English Translations:

Crossing the distant night
Wandering the desert sea
The Gods' voices are mirages
The forgotten people

-Instrumental-

Shadows flicker palely, then stand
 For one moment, an illusion
A hero's dream, burning blue
The people sleeping forever
Crossing the distant night...

* Orkestra





Walaupun "Terra's Theme" versi gubahan orkestra dalam video diambil dari album Distant Worlds II: Music from Final Fantasy (track nomor 9; dibawakan oleh Royal Stockholm Philharmonic Orchestra, dan dikonduktori oleh Arnie Roth), versi orkestra "Terra's Theme" di atas awalnya mengalun pertama kali dalam konser/album 20020220 music from Final Fantasy (2002). Dari konser/album 20020220 music from Final Fantasy, konser-konser sesudahnya seperti More Friends -Music from Final Fantasy- (2005), Dear Friends -Music from Final Fantasy- (2004, 2005), dan Distant Worlds (2007-ongoing) menggunakan "Terra's Theme" versi orkestra seperti video di atas dan ini berlaku untuk konser-konser yang mengusung tema FF. "Terra's Theme" juga memiliki gubahan orkestra lagi dan aransemennya berbeda dari yang dipakai dalam konser/album yang telah disebutkan di atas, terdapat dalam album Final Fantasy VI: Grand Finale dalam track nomor 1 dengan judul "Opening Theme-Tina". Orkestra yang terpilih untuk memainkan lagu-lagu dalam album Final Fantasy VI: Grand Finale adalah Milan Symphony Orchestra

Update 22 Januari 2018: Penulis melupakan satu trek lagu, baru tanggal dan tahun sekarang, ingat. Oke, di dalam album Distant Worlds III: more music from Final Fantasy yaitu trek lagu "Character Theme Medley Final Fantasy VI", menyertakan "Terra's Theme" dan dijadikan lagu pembuka medley ini. Silakan dengar di bawah:   







 A Note from Writer:

Phew, artikel ini merupakan artikel yang lumayan panjang untuk ditulis, semoga kalian tidak pusing membacanya dan berharap kalian enjoy membaca tiap kalimat yang ada di dalam artikel ini! Hehehehe. Terakhir, tapi bukan terakhir dari ketiga Main Theme FF IV-VI hanya satu yang pernah dimainkan saat konser bertajuk FF yaitu Beginning of Fantasy (Jakarta, 2006) loh. Ada yang bisa jawab? Hehe, simak video satu ini:





Yep, dari judul lagunya saja sudah ketahuan tuh :D. "Terra's Theme" jawabannya! Twilite Orchestra asuhan Addie MS pernah membawakan konser memainkan track dari FF. Semoga saja konser seperti ini dan tidak hanya memainkan musik dari game FF saja tapi juga dari Anime/film lain akan dibawakan oleh Twilite Orchestra ataupun orkestra lainnya dari Indonesia dan dimainkan tentunya di Indonesia juga dengan skala sama besarnya seperti Beginning of Fantasy atau mendatangkan koser yang masih berjalan yaitu Distant Worlds dan berkolaborasi dengan orkestra dari Indonesia untuk memperkenalkan lebih jauh lagu-lagu dari FF (kali ini berharap dulu siapa tahu terjadi wkwkwk; tidak salah, kan?) 

Hm, kalau untuk memilih ketiga Main Theme diatas; penulis pilih "Terra's Theme" dikarenakan tune dari lagu ini lebih familiar serta lebih nancap di benak penulis hehehe. Ok, cukup bicara curhatnya; apa kalian ada yang merasa terjebak di ruang nostalgia setelah mendengarkan ketiga Main Theme di atas? Nostalgia kalian belum berakhir karena artikel yang memuat Main Theme dari Final Fantasy VII-IX sehabis ini akan ditulis. Bersabarlah... Akhir kata, penulis ucapkan Terimakasih untuk kalian semua para pembaca! Good Evening ev'ryone.


-TO BE CONTINUED-

Comments