Re: The Careers Handbook -The Graphic to Finding the Perfect Job For You-

by: Nabila Rhapsodios




Informasi Produk

Judul: The Careers Handbook
Sub Judul: The Graphic to Finding the Perfect Job For You
Penulis: Sarah Pawlewski, Christine Rowley, Imogen Gray, & Heather Towers
Penerbit: Dorling Kindersley (DK)
Bahasa: Inggris
Kertas Halaman: 320 Halaman
Tahun Terbit: 2015
ISBN -10: 1465429735
ISBN -13: 978-1465429735


Prologue

Once upon a time penulis mengunjungi sebuah toko buku terkemuka yang dekat dari tempat tinggal penulis. Sewaktu itu, penulis datang kesana untuk mencari buku baru sebagai koleksi tambahan. Setelah keliling dari satu rak ke rak yang lain, penulis tidak menemukan satu buku pun yang menarik untuk dibeli. Penulis pun menyusuri toko buku tanpa arah. Masih berharap ada satu buku yang memanggil untuk dibeli. Give up, penulis mengintil saja kemanapun kaki *ahem* kekasih penulis melangkah selama dia mencari-cari buku yang menarik untuknya. Dia dapat buku yang menarik dan membayarnya. Tanpa diduga mata dia tertubruk pada sebuah buku di satu rak dekat pintu masuk/pintu keluar (dalam keadaan sudah bersiap keluar dari toko buku). 

Tahukah buku apa yang menarik perhatian matanya? Ya buku yang menjadi ulasan artikel kali ini! Dia bilang buku ini menarik, komprehensif, dan informatif sekali untuk karir. Dia memperlihatkannya kepada penulis (ada satu buku yang sudah dalam keadaan terbuka saat kita mendekat) dan penulis akui, komentar dia ada benarnya. Tanpa pikir panjang sekaligus takut stok bukunya habis jika kembali lagi ke tempat ini lain waktu (stoknya tinggal 2), dia kembali ngacir ke kasir dan buku ini berhasil dibawa pulang olehnya.tentunya buku yang dibeli itu masih dalam keadaan terbungkus rapi.

Sepanjang jalan pulang, penulis memohon untuk diizinkan meminjam buku ini. Ya, dia mengizinkan penulis meminjam buku ini tapi kira-kira 3 atau 4 hari kemudian setelah dia selesai baca. Kisah semua ini terjadi pada bulan Mei 2015. Sekarang, penulis ungkap isi bukunya di bawah ini :).


Isi

Setelah kamu lulus SMA, kamu mau kemana? Oke, kuliah di sebuah universitas ternama dan sangat bahagia sudah menjadi remaja tingkat akhir yang bersiap tumbuh menjadi dewasa awal. Jurusan apa yang ingin kalian masuki? Oke, jurusan yang disukai tentunya dan dapat menghasilkan duit banyak ke depannya. Semester akhir sampai kalian wisuda, sudah fix ingin berkarir sesuai jurusan yang diambil? Sudah menetapkan hati seyakin-yakinnya? 

Selamat untuk sudah yang fix menemukan jalan benar selaras antara jurusan dengan karir yang ditempuh! Bagi yang masih bimbang mau berkarir dimana, merasa salah jurusan, ternyata tidak cocok berkarir di sebuah bidang, buku ini membantu menjernihkan beban pikiran kalian dalam sekejap! Oh ya, bukan berarti bagi pihak yang sudah berada di atas jalan yang tepat untuk meraih impian, buku ini menjadi tidak berharga untuk ditengok isi-isinya loh... Buku ini berguna untuk mengembangkan karir kalian dengan ketrampilan-ketrampilan yang dibutuhkan dan satu lagi, isinya dapat dibagikan kepada teman-teman atau rekan-rekan kalian yang 'masih belum menemukan jalannya'. 

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering kali terlintas di pikiran kalian semua, "Aku akan di bawa kemana oleh pekerjaan ini?", "Keterampilan yang aku kuasai, cocoknya diperuntukkan untuk pekerjaan apa?", "Karir ini, karir itu, cocok untukkukah?", "Apa cara yang tepat untuk menembus industri pekerjaan itu?", dan "Apa daftar kualifikasi-kualifikasi yang mungkin aku butuhkan?". Tidak perlu cemas The Careers Handbook -The Graphic to Finding the Perfect Job For You-" yang ditulis oleh ahli konsultasi karir di Inggris jawabannya!

Buku The Careers mengkover 400 jenis lapangan pekerjaan, lengkap dengan tingkat kepuasaan gaji yang diperoleh pada semua 400 pekerjaan (tapi tidak disebutkan berapa gaji yang akan diperoleh), waktu kerja (apakah sebuah pekerjaan butuh jalan-jalan setiap hari, butuh di kantor berapa lama, lembur setiap hari bahkan hari libur Nasional harus kerja), pelatihan diri terkait karir untuk dirimu yang cocok, memberi pemahaman tentang diri sendiri, aksi yang dibutuhkan untuk mewujudkannya, langkah dapat kerja mudah secara umum, dan terakhir adalah grafik perkembangan jalan karir di tiap 400 pekerjaan (dan ini bisa tumpang tindih dengan kemungkinan semua karir-karir lainnya yang bisa tiba-tiba terhubung). 

Oh, ya coba beri pertanyaan kepada penulis 400 jenis lapangan pekerjaan apa yang terkover dalam satu buku ini! Hm... Mau berkecimpung di bidang kesehatan dan obat-obatan? Check. Mau mendalami bidang seni? Check. Suka dengan dunia flora dan fauna? Check. Mau jadi Jurnalis/PR Officer? Check. Mau jadi desainer pakaian, perhiasan, dan lain-lain? Check. Mau berkarir Chef handal seperti Gordon Ramsay :D? Check. Bagaimana kalau jadi guru atau bekerja pada lembaga sosial masyarakat? Check. Pokoknya intinya check, check, check. Ada, ada, ada!  So, what are you waiting for? Grab this book if it feels right!


Akhir Kata

Penulis dan *ahem* kekasih menemukan buku ini dalam jajaran buku anak-anak (!). Ya, penulis mungkin tahu alasannya karena buku ini penuh warna, gambar, dan diagram-diagram mirip "cara main" yang biasanya ditemukan dalam buku anak-anak kecil supaya tetap tertarik baca dan mencoba permainannya (at first glance, bagi yang tidak melihat utuh isi-isinya). Awalnya penulis berpikiran sama dengan tag rak buku "Children's Book": "Ah, ini buku anak kecil. Mengapa dia sebegitu excited? Eh, tunggu- Karir?". Saat menilai buku ini bersama di toko buku, barulah penulis membatin, "Anak kecil mana paham buku 400 karir sekomplit ini! Palingan demen bukunya warna-warni doang." Sepertinya yang penulis pahami adalah target sesungguhnya buku ini diperuntukkan untuk siswa-siswi SMP & SMA sebagai langkah "promosi" kenalan karir dimana suatu hari nanti penting dalam hidup. Namun, pihak yang sudah duduk di bangku kuliah ataupun yang sudah kerja juga target yang cocok sebagai jalan mudah untuk paham hal-hal apa saja yang dibutuhkan supaya menggapai karir yang dimau. Penulis merasa sangat terbantu dengan buku ini untuk menentukan titik awal karir yang ingin ditempuh setelah lulus kuliah.  

Kemudian, baru kali ini penulis menemukan buku karir yang sungguh menyuguhkan update informasi pekerjaan sampai tahun 2015 ditulis sedemikan ramah dan sangat mudah dipahami untuk menilai hal-hal yang dibutuhkan supaya meraih karir yang dimau. Aspek-aspek ini merupakan salah satu aspek yang penulis sukai disamping lembar per lembarnya penuh warna yang tidak bosan membolak-balik halaman baru. IMHO, warna-warni memberi efek insentif merasa terobati karena kata 'karir' itu dapat membuat kapala pusing atau mati berpikir sejenak. Buku-buku karir yang umum terjual biasanya isinya formal sekali tanpa warna dan gambar, meski cara untuk mem-boosting morale adalah disisipkannya kalimat-kalimat inspiratif yang luar biasa menggunggah semangat. Maka menurut penulis, tambahannya warna dan gambar seperti buku The Careers ini hopefully membuat kalian tidak takut/pusing lagi berhadapan dengan kata 'karir'. I believe, warna dan gambar membuat rileks pembaca akan topik yang lumayan berat terkait penentuan jalan hidup bahkan dapat menghiburmu selagi berusaha keras untuk meraih mimpi karir yang ingin diwujudkan. Akan lebih bagus apabila (it's personal) warna, gambar, grafik, terutama disisipkannya kalimat inspiratif dalam satu buku bertajuk karir dan menggunakan (lebih baik) kertas putih (kertas cokelat untuk bahasan karir... Membuatnya semakin gloomy... Ya, tidak apa-apalah pakai kertas cokelat juga masih tolerable mengingat harga kertas melambung tinggi terus dan yah, re-cycle kertas bagus untuk menjaga lingkungan), kombinasi-kombinasi itu top!  

Sebelum benar-benar mengakhiri sesi ini, ada baiknya penulis recap kelebihan dan kekurangan isi buku ini:

Kelebihan: 

1. Gaya penulisannya ramah dan sangat mudah dipahami.
2. Isi bukunya menarik, komprehensif, dan informatif menurut *ahem* kekasih. Dengan tambahan dari penulis adalah isi bukunya juga imajinatif serta praktikal. Kesemuanya membuat siapapun yang membaca mempunyai beragam pilihan yang luas dalam berkarir.
3. Adanya gambar grafik/diagram membantu siswa-siswi SMP & SMA (bahkan yang masih kuliah/sudah bekerja) terdorong untuk menempuh karir yang diinginkan sebisa mungkin seakan-akan pembaca berdialog langsung dengan ahli konsultasi karir.
4. Informasi 400 lowongan pekerjaan update sampai tahun 2015.
5. Kertas halaman yang colorful, tidak membuat jenuh selagi membaca buku ini. Pemberian kode warna-warni untuk setiap panel bidang industri kerja memudahkan akses membalik halaman misal bidang industri kerja "Kesehatan & Obat-Obatan" diberi warna kuning, bidang industri kerja "Transportasi" diberi warna cokelat, dan seterusnya. 
6. Cocok untuk ditempatkan pada perpustakaan sekolah.

Kelemahan:

1. Penulis tidak mau membeli buku ini dan lebih baik meminjam dari *ahem* kekasih karena faktor ini: Harga. Tidak tanggung-tanggung buku ini berkisar di harga Rp 400 ribuan. Meski isi bukunya bagus sekali, setelah melihat harganya... melemahkan semangat. Paham mengapa dipatok harga sekian sebab bukunya berwarna-warni, kertas istimewa, dan import book
2. Masih berbahasa Inggris. Mungkin diantara kalian berharap ada terjemahan bahasa Indonesianya plus edisi terjemahan dapat dipatok harga tidak terlalu mahal dari versi bahasa Inggrisnya. 
3. Desain kovernya.... memberi impresi awal "This book is for children only". Juga desain isi bukunya bagi yang tidak mengamati dengan cermat/hanya melihat sekilas berpikir, "Ini buku untuk anak-anak". Terselamatkan dengan kata 'career' & 'job' di kover depan sehingga membuat second thought, "Anak-anak masih belum paham seluk beluk dunia kerja"
4. Maaf pembaca, tidak ada pemberian gambaran berapa gaji yang akan diperoleh untuk 400 jenis lapangan pekerjaan di buku ini meski buku ini lengkap membahas 400 jenis lapangan pekerjaan ter-update dan terlengkap. 

Kesimpulannya, buku ini merangkum semua jenis pekerjaan yang kalian cari. Ditambahkan rute terbaik yang harus diambil selagi berupaya mencapai ke dream job dan prospek jangka panjang karir yang diinginkan. The Careers adalah teman sempurna terhadap keputusan penting yang akan kalian buat sebagai penentu masa depan. Dari skala 1-5 Bintang, saya beri 4 Bintang untuk buku The Careers. My last question in here is, what do you want to be?



Sneak-a-peek:


Sample Page 1

 Sample Page 2

Sample Page 3

Courtesy of Amazon



-FIN-



P.S. Awal bulan Februari 2016, penulis kembali ke toko buku yang sama dan mendapati bukunya telah pindah ke rak Import Book.  

















  



   











Comments