Quiet Impact: Memunculkan Potensi Tersembunyi Pribadi Introver

by: Nabila Rhapsodios




INFO PRODUK

Edisi Terjemahan

Judul: Quiet Impact
Sub-judul: Memunculkan Potensi Tersembunyi Pribadi Introver
Pengarang: Sylvia Loehken
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Bahasa: Indonesia
Tahun Terbit: 2016
Jumlah Halaman: 305


PROLOG

Buku pembahasan introver lain yang akan di angkat ke dalam blog sekarang adalah karangan Sylvia Loehken yang berjudul Quiet Impact: Memunculkan Potensi Tersembunyi Pribadi Introver. Buku non-fiksi ini merupakan edisi terjemahan dari buku asli yang memakai bahasa Inggris yang berjudul Quiet Impact: How to be a Successful Introvert

Pada suatu waktu kurang lebih di sekitar 2013 / 2014, Quiet Impact mendapatkan sambutan meriah hingga berhasil menjadi fenomena di seluruh dunia untuk jenis buku pengembangan diri dan psikologi. Introver Indonesia sekarang sudah beruntung untuk menikmati buku ini karena Gramedia Pustaka Utama sudah menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. 

Bercerita sedikit tentang pertemuan di balik layar dengan buku ini... Hm, buku ini dipertemukan dengan penulis kira-kira tahun 2017 di sebuah mal yang tidak jauh dari rumah. Penulis kaget karena buku introver yang memakai bahasa Indonesia ada lagi. Memang buku introver dijajakan di tiap toko buku bisa di bilang jarang, apalagi diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Karenanya, penulis atau mungkin kalian yang membaca artikel ini, kalau mau tahu lebih jauh tentang introver yaitu dengan cari artikel ringkas / populer dan bisa juga, baca jurnal ilmiah yang bisa di akses menggunakan internet. Dengan banyaknya buku introver yang hadir ke Indonesia diharapkan meningkatkan mental sosok introver yang sering disalahpahami karena di rasa "kurang cocok" atau "keganjilan" dalam sosialisasi, percintaan, dan dunia kerja. Pemaparan di paragraf ini murni my humble opinion.

Oke, balik lagi ke cerita balik layar. Penulis tidak membeli buku Quiet Impact saat pandangan pertama. Ketika penulis berkeinginan beli, buku ini seolah-olah menghilang. Di cari di toko buku apapun, hasilnya nihil. Pada akhirnya, penulis bertemu kembali dengan buku ini pas Lebaran 2018. Lokasi pertemuannya adalah di toko buku lokal ternama 'G' yang berdiri sendiri yang tidak cukup jauh dari rumah. Ini adalah bonus karena tujuan mengunjungi itu lokasi hanyalah beli makan siang di kafe yang ada di lokasi dan beli isi kamera polaroid. Walaupun ingin segera baca buku ini, banyak hal yang terjadi sesudahnya menghalangi penulis untuk merealisasikannya. Membaca buku ini akhirnya tercapai di 13 Agustus (ikut di bawa untuk menjadi bacaan di waktu luang selagi menginap di hotel karena besoknya harus hadir dalam sebuah konferensi penting) dan menamatkannya kira-kira di 24 Agustus. 10 Hari saja yang dibutuhkan. End of the story.

Tanpa banyak basa-basi dan menghemat waktu kalian, sesi Isi bisa di baca di bawah.


ISI

Quiet Impact merupakan buku panduan yang berfokus pada bisnis, komunikasi, dan sukses untuk para introver yang merasa kurang nyaman dalam memulai networking, berbicara, dan menjadi pusat perhatian. Padahal menurut bukunya, jumlah introver di Bumi meningkat secara signifikan (catatan: Loehken mampu mengklaim seperti itu karena melanjutkan meneliti data penelitian yang di tulis oleh Marti Olsen Laney dalam karyanya yang berjudul The Introverts Advantage: Berkembang dan Berhasil di Dunia Ekstrover) dan perlahan tapi pasti, para introver akan semakin berani menyuarakan suara mereka. Buku Quiet Impact dapat membantu para introver yang masih tidak merasa percaya introversi yang dimiliki dapat membawa mereka pada kesuksesan dan membantu para introver yang masih belum "bersuara" di tengah masyarakat. 

Data penelitian dan panduan yang dipaparkan oleh Loehken, menggunakan data terbaru serta di tambah dengan pengalaman luas milik pengarangnya dalam memberikan pelatihan, pengajaran, dan seminar untuk para introver di tempat kerja.  

Loehken berhasil mengidentifikasi sepuluh kekuatan spesifik yang umum dimiliki oleh introver seperti misalkan, menulis, ketabahan hati, kegigihan, dan cakap bertindak independen. Tidak hanya diidentifikasi, Loehken memberi panduan bagaimana membuat sepuluh kekuatan tersebut berjalan dengan lancar dan optimal. Selain sepuluh kekuatan umum tersebut, Loehken juga berhasil mengidentifikasi sepuluh rintangan spesifik yang umum dijumpai dalam diri introver untuk mengurusi bisnis, komunikasi, dan meraih kesuksesan. Contoh rintangannya seperti, stimulasi berlebihan (hyperstimulation), intelektualisme, takut konflik, terlalu analitis, dan kabur mengisolasi diri ketika dihadapkan desakan segera gerak cepat dalam sebuah urusan. Tetapi tenang saja, bagian beragam rintangan tersebut disertai panduan untuk menanggulanginya. 

Di dalam Quiet Impact akan dijumpai tip dan strategi untuk menciptakan kehidupan rumah yang indah, bagaimana menangani konflik dan negosiasi, bagaimana merawat beragam jenis hubungan (misalkan, pertemanan, cinta, bisnis), dan bagaimana berbicara dengan terus terang di dalam rapat kantor dan tempat publik untuk para introver. 



Final Note:

Hal berharga yang di petik dari Quiet Impact adalah Loehken telah berusaha baik dalam menerangkan kemampuan utama yang umum dimiliki oleh para introver dan rintangan yang selalu datang karena sebagai introver. Menerangkan masalah lingkungan tempat kerja yang harus di hadapi para introver, lalu kemudian, memberikan banyak nasihat untuk introver dalam hal networking, mengikuti pesta kantor, menjadi pembicara seminar, dan mengatasi rekan bisnis / kantor yang ekstrover; semua hal itu terlihat menarik di mata beberapa pembaca dan mungkin segala macam tip, trik, dan anekdot yang dirangkai oleh Loehken di dalam bukunya, sedikit bermanfaat. 

Hal lain yang saya suka dari buku Quiet Impact adalah struktur isi bukunya rapi. Di awali dengan perkenalan zona tenang orang introver, lalu di tengah buku di bawa ke proses 'keakraban diri' karena introver dan non-introver bisa memetik keunggulan dalam introversi dalam diri introver, dan di akhiri dengan mereka bisa menikmati ketenangan atau sifat diam yang dimiliki oleh para introver. 

Quiet Impact memiliki pesan jernih yaitu highlight beberapa kemampuan utama dan rintangan yang paling berat sebagai seorang introver atau fleksi-introver (catatan: Fleksi introver / flexi introvert untuk bahasa Inggrisnya, di dalam buku dijelaskan bahwa ini adalah introver yang terlihat sekelebat eksterior luarnya seperti orang ekstrover banget. Tidak jarang para fleksi introver dapat membuat kaget banyak orang karena ternyata mereka introver, bukan ekstrover. Eksterior luar pemilik personalitas fleksi introver mampu mengecoh introver dan ekstrover). Fungsi memberikan highlight tersebut untuk mendapatkan yang terbaik dari hal yang dilakukan dalam bekerja, memberi seminar, memberi pidato publik, dan bersosialisasi dengan banyak orang.  

Oh ya, bagi kalian yang telah berpetualang bersama Susan Cain dalam buku introver ciptaannya yaitu Quiet: The Power of Introverts in a World that Can't Stop Talking dan Quiet Power: Growing Up as an Introvert in a World that Can't Stop Talking dan mau tahu kelanjutan / ringkasan serba-serbi introversi dari dua buku tersebut, mungkin akan merasa bahwa Quiet Impact memaparkannya lebih praktis dan panduan untuk minat tertentu yang lebih mudah di cerna.

Saya merasa setelah menamatkan Quiet Impact, layak saya beri nilai 4.3 dari 5 bintang. Buku ini praktis, sedikit membantu, dan penuh dengan nasihat yang cukup mudah diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari. Panduan, tip, dan trik yang di tulis di dalamnya reliable, accountable, and trusty karena di alami langsung oleh pengarangnya sendiri yang introver dan sudah sangat berpengalaman membina banyak introver di tempat kerja. Tetapi, ada hal yang tidak saya suka dari isinya dan saya rasa tidak layak di beri bintang 4.3 ke atas yaitu beberapa bab dan contoh yang dipaparkan dapat di bilang sangat tidak menarik karena tidak sesuai dengan karakter saya sendiri. Kecuali bab penanganan konflik, memakai telepon / E-mail, dan janji temu; semua nyaris sesuai dengan karakter saya sendiri untuk sekarang. Walaupun demikian, Quiet Impact telah menyajikan kepada saya beberapa cara unik untuk menilai dan menjalankan kekuatan utama khusus introver supaya mendapatkan keuntungan tertentu di dunia yang di penuhi dengan para ekstrover. Good guidance for many fields of the life of an introvert who wants to make a difference and radiant in a genuine and sensible way! 




-Finish-








   





Comments