10 Lagu Favorit Dari NieR: Automata

by: Nabila Rhapsodios



Nier: Automata merupakan sebuah game yang membahas robot, mesin, dan android yang ingin mendapatkan perlakuan sama rata dengan manusia asli. Game ciptaan PlatinumGames ini telah ada dari awal tahun lalu. Penulis membelinya ketika bulan Juni 2017 dan bahkan sampai penulis menyelesaikan artikel ini, game belum ditamatkan. Malahan yang antusias dengan game-nya adalah adik-adik penulis. Mereka bahkan lengkap mendapatkan ending A sampai Z dalam waktu 3 / 4 bulan semenjak game telah terbeli! Luar biasa...! Penulis hanya bisa ternganga.

Banyak aspek di dalam Nier: Automata yang bisa dijadikan favorit untuk tetap betah mengikuti alur ceritanya. Mulai dari mesin / robot / androidnya yang imut dan gothic, plot cerita yang pelik dan ganjil, potongan adegan ketika bertarung melawan suatu musuh, dan mengandung banyak tema filosofis yang menyentil akal dan hati nurani. Tetapi, di mata penulis, aspek soundtrack-lah yang paling dijadikan favorit.

Keiichi Okabe & MONACA
Berdasarkan informasi yang tertera di Staff Roll game-nya, soundtrack Nier: Automata di tangani oleh Keiichi Okabe dan studio band miliknya MONACA. Soundtrack Nier: Automata terdiri dari koleksi lagu klasik yang merentang dari irama dan melodinya yang lembut, tenang, lucu, sampai agresif. Irama dan melodi yang bermacam-macam seperti itu digunakan sepanjang game untuk membangkitkan emosi player di dalam situasi dan kondisi tertentu. 

Penulis mengetahui beragam hal Nier: Automata lewat menonton permainan milik adik dan milik orang lain di YouTube, misalnya. Jadi, bekal penulis untuk menulis artikel ini sudah ada meskipun tidak menamatkan game-nya first hand. Tapi tetap saja... Penulis deg-degan menulis artikel ini karena penggemar game-nya bisa di bilang cukup intens. Penulis akan berusaha sebaik mungkin, ganbatte!

Bertujuan menulis artikel ini yaitu untuk mencoba mengasah keterampilan dan kedalaman pengetahuan milik pribadi sekaligus kepada pembaca yang penasaran 10 lagu Nier: Automata favorit milik penulis. Penulis rasa artikel ini terpampang di blog adalah bahan bacaan yang menyenangkan dan menghibur juga ketika menyusunnya. 

Penulis memiliki album OST Nier: Automata. Dari 40+ trek lagu untuk di pilih hanya 10 adalah pilihan sangat sulit. Terlebih, penulis mengagumi hampir semua trek lagu di dalamnya. Jadi, apabila pembaca tidak setuju dengan 10 daftar lagu di dalam artikel ini, tidak apa-apa; keren malah tapi, marilah kita agree to disagree. Karena, artikel ini tidak menuntut jawaban Benar atau Salah. 

Hal yang paling mendasari pemilihan 10 lagu adalah "Saya suka lagu ini", "Lagu ini enak", dan "Bagus ya lagunya?" sehingga apabila para pembaca mencari ulasan lagu Nier: Automata yang lebih detil, mendalam, dan menggunakan teknik / teori musik, artikel milik penulis bukanlah pilihan tepat. 

Artikel ini mungkin mengandung spoilers untuk beberapa pembaca karena penulis akan ikut menyertakan informasi timing tiap lagu mengalun / muncul di dalam game. Oh ya, daftar 10 ini tidak di urut dari paling difavoritkan sampai kurang difavoritkan. Status untuk semua sepuluh lagu ini adalah sama rata favorit karena sudah terseleksi dengan ketat. Ok, tanpa basa-basi, mari kita mulai. Have a blast!


1. Birth of a Wish



Lyrics:

Esta vrivro stelbargo brauhinti nenho trauvintilhus
Esta raflin tili brautus profen brive somonkratsu
Esta vrivro stelbargo brauhinti nenho trauvintilhus
Esta raflin tili brautus profen brive somonkratsu

Go brauhinti nenho trauvintilhus
Brautus profen brive somonkratsu
Go brauhinti nenho trauvintilhus
Brautus profen brive somonkratsu

Ohla zeeli faure
Imfala lu sernimen hanifale
Ohla zeeli faure
Imfala lu sernimen ratiwolah ya!

Ta! Ho! De! Da! Ti! Po! Dah! 
Chiya! Buta! Senpa! Yide! 
Chinda! Ti! Senpo! Da! 
Chidatahafe yati opa hata opi ya!


Adam
Mengalunnya lagu "Birth of a Wish" merupakan salah satu pertanda bahwa NieR: Automata memiliki sense of oddities. Adam adalah satu dari banyak Boss yang harus dilawan dalam game-nya, tidak lain lagi bisa di sebut sebuah keganjilan yang menyeruakkan banyak pertanyaan di pikiran player tentang apa yang sesungguhnya sedang terjadi ("Kelahiran" Adam masih ingat? Ganjil, bukan?). Hal ini merupakan sebuah momen yang istimewa karena kejadiannya tidak jauh sebelum Ending A dan ini menonjolkan tema yang selaras dengan yang diperkenalkan di cerita pembukaan ketika player masih benar-benar fresh memainkan game ini. 


Father Servo
"Birth of a Wish" tidak dipakai satu kali. Lagu ini bisa didengarkan berulang-ulang jika tiap kali menantang Father Servo untuk bertarung. Father Servo bukan Boss rahasia karena tidak bersembunyi di satu tempat rahasia. Durasi pertarungan semakin panjang, Father Servo akan bertambah kuat sehingga siapapun yang berani menantangnya harus benar-benar memiliki persiapan matang. 

Someway, I hear "Birth of a Wish" like a battle chant. A group of brave men singing this before great battle in the wasteland to wipe out their foe. Hence, this song has a lot of middle east / Ottoman feels. 

2. A Beautiful Song



Chorus: It-suo me rron risi pahl ste
Menn tom rrom fresty vome
Tse snoff

Emi Evans: Suyaf ta
Safian fe churi
Kiyat-la
To terus tsetnia
Ainen bi
Twu elun mafto
I fi yun ni rronta sity

Chorus: Frres vome risi
Risi mo tsom
Risi men som rrome
I kendio ston
Dhis tomen so
Musweede davi saza

J'Nique Nicole: Yazwi toreo
Fizi se hela
Yageto rze i magite
Metwi de elessa

Dei
O midi saqwale e
Span matle qireto e
Onn matle seqwale e
Ize

Chorus: Ira!


Simone & Jean-Paul
Boohoo kalau memutar lagu ini, bawaannya ngilu di hati. "A Beautiful Song" melukiskan kisah tragis dua mesin Simone Beauvoir (Opera Singer) dan Jean-Paul (Sartre). Hal yang paling diharapkan oleh Simone hanyalah dikaruniai kecantikan fisik dengan harapan Jean-Paul dapat meliriknya dan membalas cintanya. Seberapapun Simone mencoba beragam cara untuk menjadi cantik (Simone memang didesain buruk rupa oleh penciptanya), tidak akan pernah membuat Simone puas. Pada akhirnya, impian dan ambisi tersebut menuntunnya menjadi sinting sehingga harus dimusnahkan karena membahayakan siapa saja.

Penulis rasa, "A Beautiful Song" adalah salah satu lagu terkuat di dalam album OST NieR: Automata. Di dalam lagunya mengandung melodi yang sedih dan vokal yang lantang dan jernih. Mendengarkan "A Beautiful Song" dengan dibawakan secara simfoni seperti yang bisa didengarkan dalam video di atas, hal fenomenal yang dirasakan penulis selama mengikuti cerita game-nya dari awal sampai akhir. Pertarungan melawan Simone menjadi lebih intens dan epik. Versi instrumental "A Beautiful Song" mengalun ketika di dalam arena yang bernama The Tower


Jean-Paul Sartre & Simone Beauvoir -Asli-
Informasi tambahan yang menarik adalah Simone Beauvoir dan Jean-Paul dalam NieR: Automata, sebenarnya berbasis dari dua orang di dunia nyata dengan nama sama (minus kecanduan menjadi orang cantik secara fisik dan kehilangan akal sehat yang dimiliki Simone NieR). Keduanya merupakan penulis, filsuf, dan aktivis politik dari Perancis. Mereka setuju menjalani open relationship atau open 'marriage' yang bertahan selama 50 tahun. Sampai sekarang hubungan mereka dinilai kontroversi, membingungkan, dan katakanlah di sebut 'shameful love affair'.

(Aduh, saya salah! Selama satu tahun ini selalu menyangka bahwa suara dalam "nge-bas" solo adalah penyanyi laki-laki. Menemukan fakta yang mengejutkan ini ketika menyusun artikel ini. Rupanya, suara itu dimiliki oleh penyanyi perempuan yang juga menyanyikan Ending Theme bahasa Inggris NieR: Automata).  

3. Weight of the World

* English Version


English Lyrics:

I feel like I'm losing hope
In my body and my soul
And the sky, it looks so ominous

And as time comes to a halt
Silence starts to overflow
My cries are inconspicuous

Tell me, God, are you punishing me?
Is this the price I'm paying for my past mistakes?

This is my redemption song
I need You more than ever right now
Can You hear me now?

Cause we're gonna shout it loud
Even if our words seem meaningless
It's like I'm carrying the weight of the world

I wish that someway, somehow
That I can save everyone of us
But the truth is that I'm only one girl

Maybe if I keep believing
My dreams will come to life...
Come to life...

-Short Break-

After all the laughter fades
Signs of life all washed away
I can still, still feel a gentle breeze

No matter how hard I pray
Signs of warning still remain
And life has become my enemy

Tell me, God, are You punishing me?
Is this the price I'm paying for my past mistakes?

This is my redemption song
I need You more than ever right now
Can You hear me now?

Cause we're gonna shout it loud
Even if our words seem meaningless
It's like I'm carrying the weight of the world

I wish that someway, somehow
That I can save everyone of us
But the truth is that I'm only one girl

Maybe if I keep believing
My dreams will come to life...
Come to life...

-Instrumental-

Cause we're gonna shout it loud
Even if our words seem meaningless
Like I'm carrying the weight of the world

I wish that someway, somehow
That I can save everyone of us
But the truth is that I'm only one girl!

Still, we're gonna shout it loud
Even if our words seem meaningless
It's like I'm carrying the weight of the world

I hope that someway, somehow
That I can save everyone of us
But the truth is that I'm only one girl

Maybe if I keep believing
My dreams will come to life...
Come to life...

*Emi Evans Version



Lyrics:

Essanes yessom yané, esscalé la poush te l'ai
Shmeshona oula eshetelo
Nassecou yvshepelomé, guanaba hinaparlé
Si la, shmoi'ya pfitalo

Ouleshin dra ti bien bagélo?
Ensholai mjön shalem blemai bloniai?
Ma, mya, swetch bayahyi 
Li cashepêta ma hyetchomai hedr'ai
Kepati ma ça?

Flaheta vola stilai
Sharobela gruam ma tisihré 
Maya doma'tho ma la wa ma poulo
Ik nowa keti, lemya 
Ce goish ble à tchom mehelo
Ama bessla hola ou ma shin da
Alepiste pino nosna oula li mointchola
Mointchola...

-Short Break-

Olobraum brai istamé ishshacou titroihé
Lemyoda oushkala biencoumé
Shmowousi le soush biya gaté'ta le o ti sna
Shaowa fatapa gitea

Ouleshin dra ti bien bagélo?
Ensholai mjön shalem blemai bloniai?
Ma, mya, swetch bayahyi 
Li cashepêta ma hyetchomai hedr'ai
Kepati ma ça?

Flaheta vola stilai
Sharobela gruam ma tisihré 
Maya doma'tho ma la wa ma poulo
Ik nowa keti, lemya 
Ce goish ble à tchom mehelo
Ama bessla hola ou ma shin da
Alepiste pino nosna oula li mointchola
Mointchola...

-Instrumental-

Flaheta vola stilai
Sharobela gruam ma tisihré 
Maya doma'tho ma la wa ma poulo
Ik nowa keti, lemya
Ce goish ble à tchom mehelo
Ama bessla hola ou ma shin da

Flaheta vola stilai
Sharobela gruam ma tisihré 
Maya doma'tho ma la wa ma poulo
Ik nowa keti, lemya 
Ce goish ble à tchom mehelo
Ama bessla hola ou ma shin da
Alepiste pino nosna oula li mointchola
Mointchola...
* The End of YoRHa



Lyrics:

Cause we're gonna shout it loud
Even if our words seem meaningless
It's like I'm carrying the weight of the world

I wish that someway, somehow
That I can save everyone of us
But the truth is that I'm only one girl

Afureru midori
Koboreru inochi
Kaze wa ima mo tooku
Nasico whosh pier wan nei wananba ri na qua lei
Sila schmer ya pit pa lu

Tell me, God, are You punishing me?
Is this the price I'm paying for my past mistakes?
This is my redemption song
I need You more than ever right now
Can You hear me now?

Sou bokura wa ima
Aah, mu kachi demo sakebu
Kono yogoreta sekai no ai
Sou bokura wa ima
Aah, muimi demo negau
Tada kimi to no jikan wo

La feto bo ras di lei
Shel va pelo cra na dii sii hei
Naya chyo ma ter meh lava ma puoru
Ig nagya di lem myo
Sequoish pela chyo mei lu
Wana piesla hola uma schen dan

Still, we're gonna shout it loud
Even if our words seem meaningless
It's like I'm carrying the weight of the world
I hope that someway, somehow
That I can save everyone of us
But the truth is that I'm only one girl

* Japanese Version


Japanese Romaji Lyrics:

Kie yuku sukui 
Todaeru karada
Sora wa ima mo kuraku
Tomatta tokei
Naranai kikai
Koe todokanakute

Kore ga boku no noroi
Okashita tsumi no fukasa ga
Kimi no negai
Kegareta tamashii naku aganai, dakedo

Sou bokura wa ima
Aah, mu kachi demo sakebu
Ano kowareta sekai no uta
Sou bokura wa ima
Aah, muimi demo negau
Tada kimi to no mirai wo
Ano hi no egao wa itoshii mama kiete....

-Short Break-

Afureru midori
Koboreru inochi
Kaze wa ima mo tooku
Hagareru sabi to ugomeku yaiba
Shi ga hisomu mori ni

Korega boku no noroi
Yakusoku korosu itami ga
Kimi no negai
Saigo no yume wo suteta tsugunai, dakedo

Sou bokura wa ima
Aah, mu kachi demo sakebu
Kono yogoreta sekai no ai
Sou bokura wa ima
Aah, muimi demo negau
Tada kimi to no jikan wo
Oboreta ishiki wa yasashii mama kiete...

-Instrumental-

Sou bokura wa ima
Aah, mu kachi demo sakebu
Ano kowareta sekai no uta
Sou bokura wa ima
Aah, muimi demo negau
Tada kimi to no mirai wo

Sou bokura wa ima
Aah, mu kachi demo sakebu
Kono yogoreta sekai no ai
Sou bokura wa ima
Aah, muimi demo negau
Tada kimi to no jikan wo

Inori ga yurushi wo erare zutomo

......Boku wa.


English Translations:

My salvation is vanishing, and my body is coming to an end
Even now, the sky is dark
The clocks have stopped, mechanisms don't tick, and my voice never reaches...

This is my curse- the depth of my sins 
Your wish- I'm atoning without an impure soul, but...

Yes, we are now... 
Ah... worthless, but we cry out  the song of that broken world 
Yes, we are now... 
Ah... meaningless, but I wish simply for a future with you
Your smile, please disappear still as precious as it was on that day...

-Short Break-

The greenery overflows, and the lives spill forth 
The wind is still distant 
The peeling rust and the squirming blades are in the forest where death lurks

This is my curse- a pain that slays promises 
Your wish- I'm atoning by casting aside my final dream, but...

Yes, we are now... 
Ah... worthless, but we cry out of this tainted world's love 
Yes, we are now... 
Ah... meaningless, but I wish simply for more time with you
My drowned consciousness, please disappear still gentle as ever...

-Instrumental-

Yes, we are now... 
Ah... worthless, but we cry out the song of that broken world 
Yes, we are now... 
Ah... meaningless, but I wish simply for a future with you

Yes, we are now... 
Ah... worthless, but we cry out of this tainted world's love 
Yes, we are now... 
Ah... meaningless, but I wish simply for more time with you

Even if my prayer is never granted forgiveness...

I...


"Weight of the World" adalah Ending Theme sekaligus Theme Song milik NieR: Automata, informasi lengkapnya sebagai berikut:

a. "Weight of the World -English Version-" dinyanyikan oleh J'Nique Nicole. "Weight of the World (English Version)" menurut Okabe adalah versi pertama "Weight of the World" yang diciptakan. Versi yang lain tinggal mengikuti. 

J'Nique Nicole
b. Judul lengkap "Weight of the World" yang dilabeli Emi Evans Version adalah "Weight of the World Nouveau-FR Version".  Vokalis yang menyanyikan lagu ini adalah Emi Evans, seorang perempuan blasteran Inggris dan Jepang. Ayahnya asli orang Inggris sementara Ibunya asli orang Jepang. 

Emi Evans
c. Lirik "Weight of the World (The End of YoRHa)" menggabungkan potongan lirik "Weight of the World" versi bahasa Inggris, Jepang, maupun bahasa alien yang dinyanyikan Evans. Chorus yang berkumandang di dalam lagunya, berasal dari semua (atau sebagian?) staf pengembang NieR: Automata yang disengajakan oleh Okabe untuk menjadi "grup paduan suara semalam saja" hahaha. 

Marina Kawano (Kiri)
d. Untuk ranah Jepang, di beri judul "Weight of the World (Kowaretasekainouta)" yang diterjamahkan ke bahasa Inggris menjadi "Weight of the World (Song of a Broken World)" Vokalis lagu ini yaitu Marina Kawano.

Kesan pertama yang masih diingat sampai sekarang, ketika empat "Weight of the World" muncul di layar TV dan laptop bahwa semuanya layak masuk sebagai hal terburuk untuk game-nya sendiri. Penulis selalu melewati keempatnya apabila mengalun di platform apapun. Alasannya, penempatan lagunya salah tempat, seharusnya bukan untuk NieR: Automata, malah tempat yang cocok adalah deleted song dari sebuah film animasi besutan perusahaan film besar atau OST JRPG selain NieR: Automata. Lagu "Weight of the World" benar-benar tidak cocok dengan trek lagu lain di dalam album OST game-nya sendiri! 

Tetapi, penulis berubah pikiran sekarang. Alasan lagunya terasa salah tempat, justru adalah poinnya. Penulis merasakan bahwa salah satu tema yang coba disampaikan ke kita semua dari sekian banyak tema adalah upaya menemukan makna di dalam tidak bermakna dan berdaya di dalam ketidakberdayaan. Ujung-ujungnya menentukan sendiri, mana saja Ending yang "ideal dan bermakna" untuk kita semua. Menurut penulis, Ending E adalah satu-satunya yang menampilkan hasil akhir yang positif untuk semua karakter NieR: Automata dan karenanya, "Weight of the World" yang ada chorus-nya terdengar di telinga lebih optimis dibandingkan tiga lainnya. 

Yang jelas, "Weight of the World" memancarkan aura perasaan pupus harapan yang dirasakan oleh semua karakter di NieR: Automata (dan semua manusia di Bumi juga). Hampir tiap kata-kata liriknya dirasakan oleh tiap karakter (dan kita semua juga). Hal tersebut sesuai dengan tema besar game-nya sendiri yaitu Kehidupan atau lebih tepatnya, ide bahwa Kehidupan memiliki tujuan yang selalu diwariskan. Mesin dan android di dalam game memiliki tujuan yang diwariskan kepada mereka tapi, mereka tidak sepenuhnya suka atas hal itu dan ujung-ujugnya kebahagiaan malah diraih ketika mereka menanggalkan "tujuan" tersebut. Pendekatan yang sama bisa dicontoh dalam "tujuan" kita sendiri dalam Kehidupan.

Secara keseluruhan, "Weight of the World" sudah melakukan tugasnya dengan baik sebagai pengatur suasana NieR: Automata. Penulis suka bahwa ada empat versi yang menunjukkan semua pihak yang terlibat untuk lagu ini, benar-benar penuh cinta untuk meluangkan waktu lebih dalam proses mengurus penyempurnaan game dan OST yang bisa dinilai sempurna. 

4. Pascal


Lyrics:

Basfai datz mi aisclai faum
Bamdis claudis
Bocil bots dam desi iet
Bamdis claudis
Sainav esca bihi nafca
Beudis ausdis
Bensute palgris naohai mihis paao

Claudis is mau eihavis dei
Olanvi lesa ca eila
Claudis is mau eihavis dei
Ie claidei gosiha ie
Claudis is mau eihavis dei
Olanvi lesa ca eila
Claudis is mau eihavis dei
Ie claidei gosiha ie


Pascal
Karakter android bernama Pascal selaku Kepala Desa akan menyelamati Selamat Datang di Pascal Village kepada 2B dan 9S. Pascal Village merupakan salah satu tempat di NieR: Automata yang terhitung tentram dan adem. 

(Sssttt... Pascal itu sebenarnya laki-laki. Dia bahkan menyebutnya demikian, dengan diperkuat data log  di dalam game. Dia sengaja memakai suara perempuan supaya "anak-anak angkatnya" tenang dan nyaman di tengah suasana perang yang melanda mereka). 

Penulis agak kebingungan menulis di sesi "Pascal" ini karena hal berkaitan dengan Pascal dan desanya adalah spoiler yang besar. Akan disayangkan bila penulis merusak momen surprise-nya duluan disini untuk kalian. Hm... Gini saja deh, untuk kalian yang sengaja menghindari spoiler, mungkin kebingungan dan terkesima melihat semua android, terutama android "anak-anak kecil" mengibarkan bendera putih yang bermakna perdamaian. It is so touching, right? Bahkan android bisa merasakan kekejaman dan kedahsyatan dari perang dan pembunuhan berkelanjutan yang berkecamuk di dunia itu.  

Lagu ini cukup mengejutkan penulis karena menampilkan penyanyi cilik perempuan sebagai vokal utama sehingga memberi aura keceriaan dan kepolosan. Hal yang cukup licin dan cerdas sebagai kover menutupi kejadian yang akan menimpa Pascal dan desanya di kemudian hari. Selanjutnya, alunan melodinya menjelaskan niat perdamaian semua penduduk yang bermukim di Pascal Village dengan sempurna.  

"Pascal" dinilai lagu paling imut dari semua trek di dalam game oleh penulis dan adik. Penulis pernah tersirat ide "gila" yaitu ingin menyebarluaskan lagu ini ke anak-anak kecil yang penulis kenal hahahahaha! Tujuannya adalah belajar pelafalan, menghitung tempo 1 2; 1 2 3 4 (dengan belajar dari tepuk tangan di dalam lagunya), dan promosi bahwa lagu OST dari video game bisa ramah anak kecil. Apakah ada yang mau kerjasama mewujudkan ide "gila" penulis satu ini? Hehehe...

5. Song of the Ancients / Atonement



Lyrics: 

Note: Liriknya duet dan dinyanyikan bersamaan

I. Devola:  Kuwata tsunowo vralai
Tzuriji pforaalekai
Kwondzuvai undovartu wronduwail
Tjortetei jeghi hiartro

Popola: Souta tsunowo vralai
Saaha pforaalekai
Kwondzuvai undovartu wronduwail
Skora jeghi hiartro

II. Devola: Jinnata ivelichpfulei
Deftyoma sorepiyamei
Schidiyako alefni fatalliliya
Nic'hpisha unhoreselye

Popola: Langri ivelichpfulei
Nyawa sorepiyamei
Schijiyako alefni fatalliliya
Kali unhoreselye

III. Devola & Popola: Utrashain aforenje kurasol
Towari hatasei mic'hatasei tsufrallai
Utrashain aforenje kurasol
Towari hatasei mic'hatasei tsufrallai ilja
Ullilya kojijichatjukaijai-wa nyame tetsumekri setsumekri linganmai
Ulreri manja huteharraku-mu hanich lahadachfei lahadachfei shindulhwo

Salah satu lagu yang dimunculkan lagi dan sampai dibuatkan aransemen khusus untuk NieR: Automata. "Song of the Ancients" adalah lagu terpenting di dalam alur cerita game NieR: Gestalt & Replicant (2010). Kisah yang tertuang di dalam "Song of the Ancients" adalah menceritakan sebuah peristiwa dimana buku hitam yang menyebarkan kekacauan di dunia dan buku putih yang melenyapkan benda itu dengan menggunakan Sealed Verses sehingga dunia kembali pulih dari kekacauan yang ditimbulkan buku hitam. Lagu tersebut erat kaitannya dengan karakter android kembar perempuan bernama Devola dan Popola karena mereka sering menyanyikannya.


Devola & Popola -NieR: Automata-
Pertama kali dengar lagu "Song of the Ancients" berasal dari radio mobil Regalia di Final Fantasy XV. Judulnya adalah "Song of the Ancients / Fate". Lagu itu langsung menjadi favorit dan sering di putar tiap kali menggunakan Regalia tanpa henti. Mungkin penulis terobsesi dengan lagu itu. 

Mendengar "Song of the Ancients" ada di NieR: Automata (di bawah judul "Song of the Ancients / Atonement") menambah perasaan terkesima terhadap Devola dan Popola serta bahagia mereka muncul lagi di game itu walaupun adegannya tidak banyak. Selain perasaan yang telah disebutkan, menambah juga perasaan frustrasi ketika melihat rentetan kejadian yang ditayangkan. Takdir saudari kembar ini tidak adil. Mereka tidak pantas memikul rasa malu dan perasaan bersalah dari sebuah hal yang bukan kekeliruan mereka di NieR: Gestalt & Replicant. Mereka tidak semestinya berkorban untuk bertobat akan hal yang tidak mereka perbuat. 

6. Bipolar Nightmare



Lyrics:

Welhi lüsite olfsen jeh nyalfhen

Welsi lüsite olfsen jeh nyalfhen
Welhi lüsite olfsen jeh nyalfhen
Welsi lüsite olfsen jeh nyalfhen

Urrë zurïe hanfrelte

(Welhi lüsite olfsen jeh nyalfhen)
Huïr zeeheruë millin brura
(Welsi lüsite olfsen jeh nyalfhen)
Urie zurïe hunuie
(Welhi lüsite olfsen jeh nyalfhen)
Urie zerri haldiweh
(Welsi lüsite olfsen jeh nyalfhen)

Welhi lüsite olfsen jeh nyalfhen

Welsi lüsite olfsen jeh nyalfhen
Welhi lüsite olfsen jeh nyalfhen
Welsi lüsite olfsen jeh nyalfhen

Valha wala eeli

Valha wala lafri
Valha vlha parisine
Valha volsa olfse

Valha palsa eeli

Valha volfa faleri
Olsa lauha smaliri
Ol lasara leehicï


Ini adalah lagu yang mengawali cerita NieR: Automata dan membuat decakan kagum. Maksud penulis adalah dalam 30 menit, ditampilkan "Bipolar Nightmare" yang keren dan diperkenalkan bahwa komposer di balik lagu ini pasti lagu-lagu lainnya yang masih belum diperdengarkan, akan sama bagusnya dengan "Bipolar Nightmare" dan ya terbukti benar!

"Bipolar Nightmare" merupakan perwujudan murni dari rasa hype karena permainan perkusinya sangat cepat dan intens. Tidak hanya menyukai paduan suara (chorus) dan gerakan irama saja, fakta bahwa ini dimainkan ketika masih dalam tahap pengenalan NieR: Automata dan dimainkan saat menjelang akhir satu Ending benar-benar memberikan kesan penutupan yang dramatis dan utuh.

Penulis mencoba mengartikan makna di balik judul lagunya yaitu Bipolar Nightmare. Secara harfiah, mungkin karena 9S dan A2 yang keduanya memiliki kepribadian tidak cocok satu sama lain bila ditempatkan dalam satu scene ketika melawan Ko-Shi dan Ro-ShiLalu, keduanya memiliki dua keterampilan bertarung yang saling kontras yaitu hack dan yang satu lagi, slash dalam mode berserk. Terakhir, dua Boss tersebut juga tidak terlihat selaras. Secara kiasan, mungkin adalah acuan pada kodrat android / mesin yang terlihat mirip manusia karena memiliki emosi dan akal sendiri tapi, tubuhnya terbuat dari mesin secara bersamaan. Walaupun kiasan tersebut bisa saja satu dari puluhan hal yang bisa dimaknai berbeda-beda oleh orang lain. 

"Bipolar Nightmare" masuk sebagai salah satu lagu yang difavoritkan oleh penulis gara-gara memainkan event spesial kolaborasi Final Fantasy Brave Exvius dengan NieR: Automata beberapa bulan yang lalu. Semenjak event ini, "Bipolar Nightmare" seolah-olah menguasai memori dan tidak sadar menyenandungkannya tanpa henti. 

7. Grandma (Destruction)



Lyrics:

Cyaré vou pali tandu briavé
Flané imundra lonom
Sovfla monusi ohna kanéro
Issa séttu flanésho

Luri si nasiel viré
Luri ansettali'té
Luri jhi paras avlu
Luri andrala cetru

Cyaré vou pali tandu briavé
Flané imundra lonom
Sovfla monusi ohna kanéro
Issa séttu flanésho

Luri si nasiel viré
Luri ansettali'té
Luri jhi paras avlu
Luri andrala cetru


Lagu ini mengalun beberapa kali di NieR: Automata. Bila penulis ingat, pertama yaitu sehabis melawan Adam dan harus lari menyelamatkan diri dari goncangan dan batu yang berjatuhan di tempat melawan dia. Terus, serangan Goliath di City of Ruins. Dan waktu lain yang merupakan spoiler 9S yang cukup besar hehehe. Maaf, tidak akan penulis ungkap soalnya dampak emosionalnya dahsyat. 

Kainé
Alasan mengapa judulnya adalah Grandma yang berarti Nenek? Karena kilas balik ke NieR: Gestalt & Replicant. "Grandma (Destruction)" merupakan lagu remix "Grandma" dari game itu. Karakter Kainé dari game itu memiliki nenek bernama Kali yang menghujani dirinya dengan cinta ketika penduduk desa setempat, tidak menerima kehadirannya di dalam kehidupan mereka karena Kainé adalah setengah Replicant dan setengah Shade. Diperburuk dengan kondisinya yang terlahir (lebih tepatnya, dirancang oleh manusia sungguhan) hermaphrodite. 

Sedikit kata yang bisa diutarakan di sesi "Grandma (Destruction)" ini yaitu Okabe benar-benar jenius mengubah "Grandma" yang melankolis dan cantik menjadi sebuah lagu yang powerful dan sesuai dengan judul alternatifnya, destructive ketika dijadikan lagu latar scene 9S yang spoiler tersebut.

8. Amusement Park



Lyrics:

Twulu fata noi
Dwun hyo hantorrya
Moi trassi mahyall
Fsurei haul

Pla kasi ta mil
Suw raissil qun ranta
Shonm sho loifty manta

Dhif
Arl mushon has-twuat fala qwal til
Dhif
Ark twu yuri ish no grogha feoino toi wei
Towait
Misidhi-yu kashunon qwi no mal-dhuna
Foi geiluen doira cutreio

Pahl Twu
Qeis qa rony
Flatie
Qu wa fri la
Sholtia
Mo syam ga funn foi
Fatllu
Gwun hailou v
Watul
Qlu waity li
Fotlla
Dwu fatta foi
Au wat
Foa Ho i



"Amusement Park" adalah lagu latar taman bermain (Park Ruins) yang sekilas didesain mirip seperti Disneyland / Disney World di dunia kita tapi, sudah dalam keadaan terlantar total. Dengan tematik yang terdapat di lagu sebelum datangnya "Amusement Park", atmosfer yang terasa ketika diperdengarkan lagu ini dan bagaimana mengilustrasikan Park Ruins adalah hal yang sangat bertentangan.

Menjelajah Park Ruins ketika baru pertama kali main NieR: Automata, tempatnya tidak bermakna sama sekali. Tapi, menjadi bermakna ketika mengendalikan 9S untuk mendapatkan Ending C dan Ending D sehingga sebagian orang merekomendasikan bahwa momen ini merupakan masterpiece. Tidak ada yang bisa menyaingi atmosfer kanak-kanak, seram, dan magis yang dihembuskan dari Park Ruins yang diiringi lagu "Amusement Park". Untuk penulis sendiri, Park Ruins membuat penulis merasa sedih untuk semua mesin yang berkeliaran disini dan bahagia bahwa mereka berjuang untuk menyuarakan cinta serta perdamaian setelah mengalami perang selama ratusan tahun. 


9. Mourning



Lyrics:

Tseli sia neso
Raprini si eh fare
Senos ari sia
Eh mora cheta vei

Teli simu nesva
Da teri tera maresva sa
Senos ani chimo
Kuz sakri yafare na

Ilsvo svar ha no
Versei nei
Korsnor ver ste
Farra svonor ehsle

Teli sia neso
Raprini si eh fare
Senos sani chimo
Kuz sakri yafare na
Kah

-Instrumental-

Ilsvo svar ha no
Versei nei
Korsnor fer sve
Farra svonor ehsle

Tseli sia nesva
Raprini si eh fare
Senos sana kimo
Nasarchi yafare na

Penulis belum menamatkan NieR: Automata tapi, mengapa ketika mendengarkan "Mourning" bawaannya selalu ingin menangis? Lagu ini terlalu bagus untuk ukuran OST sebuah video game.... Ya Tuhan...  Sedikit kilas balik, ketika baru pertama kali mendengar lagu ini di laptop dulu, penulis panas dingin di tangan karena nyanyian Gregorian di dalamnya, sangat seram. Itu bukti bahwa pihak yang terlibat di dalam game sungguh tepat mengetahui apa perasaan yang ingin ditimbulkan ketika memutar "Mourning". 

Lagu ini muncul apabila player memainkan sidequest Amnesia, melawan Gold Stubby di Flooded City, dan rentetan adegan penutupan Ending C. Penulis benar atau salah akan hal ini? Soalnya sudah lama tidak mengecek walkthrough game-nya di YouTube. 

Hmmmm.... Penulis merasa adegan yang diiringi oleh "Mourning" membiarkan kita untuk menilai game NieR: Automata bertentangan dengan agama dan menuntun kita untuk mempertanyakan hitam dan putih pada norma serta nilai yang terdapat dalam hidup bermasyarakat. Ini manusiawi bisa terpikir seperti itu dan juga manusiawi bisa terbesit ada keinginan untuk berpegang teguh pada sesuatu yang benar-benar dipercayai ketika kita menyadari bahwa manusia adalah makhluk fana, bukan kekal. Android dan mesin di dalam game memiliki kesamaan dengan kita yang manusia sungguhan. 

Penulis merasa juga, lagu setipe dengan "Mourning" (misalkan, "Hymn of the Fayth"  dan "Ragnarok" dari Final Fantasy) tidak hanya menghubungkan pendengar ke dalam alur cerita game, terkadang sebuah hal lain bisa juga tiba-tiba muncul di dalam kepala, seperti depresi yang lagi/sudah lewat dialami, kehilangan, pertobatan, dan penyesalan.   

10. Vague Hope (Cold Rain)



Lyrics:

Reia nu sheri
Vish pha le ghathi
Ye lett kai shinessa
Vap fasa fa ruli

D phra dret cgrahl
Sya lenet clafo
O me qfilaha yo b fa
Foa mi Do exi syunaha la

Syulow del falta rarni
Zen nio fo hasyua ka rurni mi syula
Ye lett
Kreigha dza
Ye lett fumi
Pha jirao fou det ma
Reiha cra
Mi syalenbi syeelu
D fatlu fi faka

Dihadapkan dengan dua lagu "Vague Hope" untuk pilih satu menjadi favorit yaitu "Vague Hope (Cold Rain)" yang dimainkan dengan piano dan perkusi dan "Vague Hope (Spring Rain)" yang dimainkan dengan strings dan perkusi, adalah pilihan berat. Karena dua-duanya disukai oleh penulis dan dua-duanya sama-sama indah di telinga. Pada akhirnya, dengan mantap memilih "Vague Hope (Cold Rain)". 

Ada alasan sederhana di balik pemantapan itu yaitu penulis lebih terbiasa di temani "Vague Hope (Cold Rain)" ketika main sendiri maupun melihat permainan adik dan orang lain. Karena adegan yang diiringi oleh lagu itu, prerequisite-nya mudah maka bisa didengar berulang-ulang di dalam NieR: Automata. Sementara itu, penulis malah menemukan "Vague Hope (Spring Rain)" ketika memutar album OST dan bertanya-tanya kapan dan peristiwa apa yang diiringi oleh lagunya karena seingat penulis, tidak muncul. Tapi pada akhirnya, penulis sudah tahu sekarang. "Vague Hope (Spring Rain)" mengalun di Gambler's Colosseum Rank S di Flooded City dan di satu DLC sehingga tidak banyak orang yang tahu keberadaannya. 

Mendengarkan "Vague Hope (Cold Rain)" membuat jiwa penulis diterpa ketenangan. Suka dengan lagunya dan juga liriknya walaupun liriknya tidak masuk kategori bahasa apapun. Sebenarnya itu nilai plus karena pikiran kitalah yang membuat sendiri lirik yang tepat ketika mendengar "Vague Hope (Cold Rain)", bagaimana masing-masing individulah yang memproyeksikan dan menggambarkan ketenangan tersimpan di benak. Apa itu 'ketenangan' untuk tiap orang berbeda-beda soalnya.    


Sebelum penulis mengakhiri artikel ini, ada baiknya pembaca yang budiman tahu satu hal. Lirik alien di bawah keterangan Lyrics adalah bahasa fabrikasi / konstruksi yang di sebut sebagai Chaos Language (catatan: Walaupun in-game oleh 9S dilabeli angelic language, Chaos Language adalah sebutan resminya). Diciptakan oleh Emi Evans. Dia menciptakannya berbasis dari beragam elemen pelafalan dan kosa kata bahasa Jepang, Italia, Gaelic, Perancis, Spanyol, Portugis, Jerman, dan Inggris. Chaos Language tidak memiliki makna sama sekali. Lalu, karena bahasa fabrikasi, maka tidak heran jika menemukan lirik yang berbeda dari yang dipilih untuk masuk ke artikel. Tiap individu memiliki Chaos Language yang berlandaskan pada pendengaran dan pengetahuan pribadi atas bahasa negara yang menginspirasi Emi Evans untuk menulis lirik lagu NieR: Automata.

Pada dasarnya, penciptaan Chaos Language adalah bisa menjadi jenis bahasa apa dan asalnya darimana yang mungkin terdengar seperti ribuan tahun di masa depan. Chaos Language muncul di Drakenguard 3 dan NieR: Gestalt & Replicant. Silakan cek link ini untuk informasi tambahan tentang Chaos Language: http://www.originalsoundversion.com/deep-into-nier-interview-with-vocalist-and-lyricist-emi-evans/

Tidak dipungkiri lagi, game Nier: Automata memiliki banyak lagu yang indah tapi, dari yang indah itulah, ada beberapa yang menonjol dari teman-temannya berkat bagaimana mereka diintegrasikan ke dalam adegan spesifik yang paling membekas di hati. 10 Lagu disini merupakan opini pribadi penulis yang mewakili petualangan 2B, 9S, dan A2. Bagaimana dengan pembaca sendiri? Apa saja lagu paling favorit dan masih meninggalkan kesan sampai sekarang ketika bermain sebagai 2B, 9S, A2? Let me know in the comments below.





~Finish~ 











* Disclaimer: Courtesy of  Google Images & YouTube.  The material published on this website is intended solely for general information and reference purposes and is not legal advice or other professional advice. 

Comments

  1. Paling favotit tuh "Peacefull Sleep" soundtrack di Resistance Camp, Lagunya bikin tenang gitu, jadi merasakan sedikit kedamaian di saat kekacauan di dunia itu, dan juga lagunya sedikit membuat semua yang mendengarnya merasa mengantuk, hoammzz :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa' sih....? Kamu saja mungkin yang merasakan sleepy, saya biasa saja :v.

      Delete

Post a Comment