9 Keuntungan Menjadi Seorang Cewek Gamer

by: Nabila Rhapsodios



Normalnya, dunia video game identik dengan hobi para cowok, tetapi, hei, ada beberapa keuntungan menjadi seorang cewek gamer. Rupanya, video game dibuat sebanyak mungkin untuk cewek, sama seperti untuk cowok. Cewek juga bisa jatuh cinta pada dunia video game. Mereka juga suka aspek petualangan, menaikkan level karakter, cerita yang perlahan tersingkap di depan mata, dunia yang mereka bantu selamatkan, karakter yang mereka tumbuhkan, dan musik yang membungkus kantong realitas digital baru.

Sebagai sesama cewek gamer, sekarang pahamilah ratusan perasaan cinta tersebut yang datang dari bermain video game. Kalian akan terkejut untuk menemukan banyak keuntungan menjadi seorang cewek gamer. Sembilan penjabarannya di ambil berdasar pada pengalaman pribadi, pengetahuan, dan berbagi kisah dengan sesama cewek gamer serta cowok gamer. Semoga artikel ini cukup seru dan menenangkan hati setelah di baca sampai habis!

1. Mengenal Cowok Lebih Baik


Apabila cewek tidak bisa paham penuh alasan para cowok bermain Halo, Call of Duty, World of Warcraft, Mobile Legends, PUBG atau game lain yang tidak disebutkan namanya sampai berjam-jam, mungkin nomor satu ini bisa saja keuntungan menjadi seorang cewek gamer! Cewek tidak bisa benar-benar paham alasan mereka senang bermain game pilihannya sampai coba sendiri. Tapi ingat para cewek, kalian tidak harus bermain permainan yang sama dengan mereka juga karena yang terpenting adalah sensasi masuk ke dunia video game untuk melihat maupun mencoba paham dari sudut pandang para cowok. Mereka tidak hanya menembak monster, zombie, maupun alien. Video game itu merupakan kultur berbeda sepenuhnya.


2. Rangkul Sisi Geek Di Dalam Diri


Yah, geek bukanlah istilah bagus untuk dilekatkan kepada cewek. Cewek sering diberitahu untuk menjauhinya dan cewek benar-benar tidak diharapkan melakukan atau menyukai apapun berbau geeky. Apakah kalian tahu? Ada sesuatu yang sangat melegakan tentang melakukan apa yang di mau dan menanggalkan stereotip. Oke-oke saja untuk para cewek menjadi seorang geek. Nilai plusnya adalah menjadi geeks biasanya jauh lebih ramah terhadap sesama geek dan non-geek.

Bahkan sekarang ini, gamer cewek sudah semakin banyak dilirik untuk diikutsertakan dan dimintai opininya ke dalam tim pengembangan game. Biasanya ditempatkan untuk menjadi seorang strategist, e-sports playertest player, e-sports player MC, programmer; apapun yang memiliki hubungan dengan dunia video game. Prospeknya sangat menjanjikan, ditambah bayaran yang didapatkan juga sangat menguntungkan yang tidak kalah prestis dengan industri lain. Ingatlah wahai cewek gamer bahwa siapapun bisa menjadi seorang geek dan bangga akan hal ini! Tidak perlu merasa malu dan takut dengan masa depan hanya karena bermain video game dijadikan hobi.  


3. Memperkuat Keterampilan Spasial


Bukan hal baru lagi apabila video game memperkuat keterampilan spasial. Video game mengajari gamer bagaimana berpikir strategis, cerdas, cepat, dan mencari tahu bagaimana untuk mengontrol dunia yang dimainkan. Semua hal ini sebenarnya menuntun pada keterampilan pencarian pertimbangan yang lebih baik di area-area lain, sebagai contoh, menghitung matematika dan membaca. Coba pikirkan teman atau saudara cewek yang dikenal dan diketahui merupakan seorang gamer, kebanyakan mereka cukup pintar loh di bidang non video game sebenarnya. Merasa tidak? Apa jangan-jangan baru ngeh ketika membaca artikel ini? Hehehe.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Gerak Refleks


Sebenarnya, video game tidak seutuhnya berjalan dalam laju yang sangat lambat. Karenanya, gamer didorong harus sungguh-sungguh konsentrasi apabila ingin memenangkan pertarungan dan menamatkan cerita.

Ada satu hal menarik, tipikalnya seorang cewek gamer menilai untuk menyusul naratif cerita yang diupayakan harus mengingat setiap detail yang penting dalam alur cerita sebagai bukan beban besar. Para cewek paham akan pentingnya konsentrasi dalam menyimak detail dalam pembahasan / instruksi yang besar atau kecil di dalam sebuah video game. Dalam berbagai cara, hal ini memudahkan para cewek yang kebetulan seorang gamer untuk tetap konsentrasi saat mengerjakan PR sekolah atau kerjaan kantor sepanjang hidup mereka. Mereka juga memiliki kemampuan mengingat lebih baik karenanya.

Satu lagi, video game mengajari cewek gamer untuk mempercepat gerak refleks. Di dalam video game, penentuan timing yang tepat untuk mengeksekusi setiap aksi karakter dalam arena pertarungan adalah hal penting. Karena, tidak mau kan karakter kalian K.O. di arena pertarungan? Atau menuntaskan cerita dengan keadaan kurang sempurna? :D. Sebagai manusia, kita memiliki keinginan kuat atas penutupan yang sangat memuaskan. Sebagai seorang cewek gamer, kita memiliki keinginan kuat atas kesempurnaan. Jadi, gerak refleks yang cepat ditambah timing yang tepat nanti akan menuntun pada kesempurnaan dan keutuhan dalam kehidupan nyata yang dilalui oleh kita. Kira-kira begitu deh hihihi.


5. Bertemu Orang Baru



Kalau nomor ini mungkin cocok untuk cewek gamer yang gemar bermain game online. Game online mendorong gamer untuk berinteraksi dalam real time dengan banyak teman bahkan sampai orang asing. Cewek gamer tidak menemui kesulitan berarti untuk memulai duluan percakapan dengan orang baru di online. Hal ini adalah cara baik untuk bertemu orang baru dan berteman dengan mereka. Coba pikirkan dan samakan ini dengan bentuk interaksi di akun sosial media. Lewat game online, bisa bermain bersama, berbagi kesamaan yang disukai dalam game-nya, dan mencurahkan uneg-uneg yang tidak harus berhubungan dengan game-nya. Terdengar asyik, kan? Siapa tahu dapat bertemu jodoh lewat game online. Bagian terbaiknya adalah para cewek gamer lebih mendengarkan seksama daripada cowok gamer pada sebuah percakapan yang sedang berlangsung, baik saat bermain online maupun di kehidupan nyata.      

6. Mengurangi Stres dan Penat


Cewek gamer bawaan kesehariannya cenderung lebih tenang dibandingkan cewek yang bukan gamer. Kenapa coba? Karena dunia video game adalah medium untuk melepaskan semua agresi dari dunia nyata ke dalam dunia khayalan yang mengurangi tingkat stres. Cewek gamer bisa menenangkan diri sebentar disana dan melupakan dulu semua yang membuat mereka stres dan penat. Mereka bisa bermain dan bersenda gurau di dunia video game offline atau online bersama teman atau saudara. Cara yang cukup ampuh dan mensterilkan pikiran dari benang kusut terlebih dahulu, sebelum bersiap menghadapi lagi masalah besar di dunia nyata. 

7. Belajar Untuk Memecahkan Permasalahan


Video game selalu dihiasi dengan berbagai rintangan dalam bentuk jebakan, rangkaian puzel, dan pertanyaan teka-teki misteri untuk dipecahkan. Semakin banyak yang berhasil dilalui, semakin terasah kemampuan gamer atas pemecahan masalah. Tidak jarang, kemampuan pemecahan masalah di dunia video game, terbawa sampai ke dunia nyata. Cewek gamer bisa menjadi hebat ketika menghadapi masalah kompleks dan menyusun satu per satu rangkaian masalah sampai menemukan jalan keluar. Hal ini menjadi sifat bawaan kedua untuk mereka karena melihat masing-masing permasalahan seperti sebuah permainan video game. Intinya, mencari ada apa yang salah lalu memperbaikinya! 

8. Memperbaiki Koordinasi Gerakan Badan


Mata dan tangan adalah anggota tubuh yang sering dipakai ketika bermain. Berkat video game, koordinasi keduanya bisa meningkat lebih baik. Koordinasi mata dan tangan adalah persyaratan mutlak untuk menjadi hebat di permainan video game, terutama yang bergenre action. Ini adalah latihan sederhana dan cewek gamer akan mendapat kesenangan tersendiri di saat yang bersamaan. Hitung-hitung melatih diri ketika sedang mengerjakan tugas yang butuh multitasking dan kecepatan, ya nggak girls?

9. Menginspirasi Untuk Menjadi Sukses


Satu hal yang paling dicintai dari dunia video game adalah menginspirasi untuk meraih kesuksesan atau setidaknya, memperbaiki hidup untuk menjadi lebih baik. Cewek gamer biasanya dinilai lebih pantang menyerah ketika sedang bermain dibandingkan cowok gamer. Mereka akan tetap mencoba sampai berhasil, bahkan bila sudah dikatakan untuk menyerah dan permainannya tidak menemui keajaiban lagi, mereka tidak menghiraukannya karena di benak mereka kalau masalah tetap tidak boleh dibiarkan, harus selesai. Mentalitas seperti ini menjadi tertuang ke dalam aspek lain dalam hidup mereka. Mereka tahu bahwa kegigihan dan kerja keras akan membantu mereka untuk meraih apapun. 


Cewek gamer itu tidak harus menjadi seorang gamer hardcore yang menghabiskan satu hari atau berhari-hari hanya pegang controller atau benar-benar ketagihan terhadap satu permainan video game dengan genre apapun untuk menjadi seorang cewek gamer. Hanya perlu menyisihkan waktu sebentar saja untuk bersenang-senang di dunia khayalan / virtual dan menikmati semua 9 keuntungan ini. Percaya atau tidak, video game sebenarnya bagus untuk para cewek. Pertanyaan terakhir, apakah kalian menilai diri kalian atau kenalan cewek yang dikenal adalah seorang cewek gamer

Oh iya, apakah ada keuntungan lain yang belum disebutkan menjadi seorang cewek gamer? Jangan segan untuk menulis pandangan / pengalaman / opini kalian terhadap cewek dan dunia video game di kolom komentar artikel ini ya :D. 


Salam Hangat dan Sampai Ketemu Lagi di Artikel Berikutnya! ^^







~End~





* Disclaimer: Courtesy of  Google Images. The material published on this website is intended solely for general information and reference purposes and is not legal advice or other professional advice. 


Comments