Lini Masa Singkat Walt Disney

by: Nabila Rhapsodios



Preface

Sudah hampir dua bulan penulis tidak melakukan update artikel blog tercinta ini. Absennya penulis pasti dipertanyakan oleh pihak yang suka curi-curi waktu untuk mampir dan baca artikel yang tertuang di blog. Alasan sekarang agak susah memperbarui konten blog adalah tumpukan tugas dan kerjaan sehari-hari, baik di rumah dan di kantor. Kalau sudah bekerja, mencuri waktu untuk memanjakan dan mengembangkan diri menjadi sulit. Kalian yang belum bekerja, suatu saat pasti merasakan hal ini, maka pesan dari penulis adalah jangan menyiakan waktu luang, manfaatkanlah waktu luang seefektif mungkin dan isi dengan kegiatan memperkaya keterampilan pribadi selagi belum dihantam dengan tumpukan kerjaan. Pesan ini ditujukan untuk kalian yang masih duduk di bangku sekolah dan perguruan tinggi yang masih memiliki waktu panjang untuk mengasah keterampilan. Jangan seperti penulis ya. Di umur yang sudah dewasa, masih terus dibayangi penyesalan karena dulu tidak serius memanfaatkan waktu luang yang sebenarnya diisi dengan hobi yang dicintai.  

Kemudian, ditakutkan juga ketidakhadiran penulis yang terlalu lama bisa mengurangi frekuensi pengunjung yang sekadar iseng mampir ke blog ini untuk membaca artikel.  Jadilah penulis harus mencari bahan untuk blog.... 

Penulis lama memikirkan konsep artikel selanjutnya yang akan ditayangkan untuk menutup tahun 2019 dan Alhamdulillah, penulis mendapatkan ide untuk menulis artikel baru setelah datangnya sebuah tawaran untuk meramaikan pameran Walt Disney Studios kecil-kecilan di kantor yaitu menyumbangkan beberapa artikel. Pameran tersebut diadakan untuk merayakan hari lahir Walt Disney yang jatuh di bulan Desember. Pameran sudah usai dan Alhamdulillah lagi, mendapatkan sambutan positif sehingga menumbuhkan semangat penulis serta rekan kerja untuk membuat pameran kecil-kecilan dengan tema baru. 

Artikel Lini Masa Singkat Walt Disney adalah satu dari tiga artikel yang dipajang saat pameran tetapi, artikel yang ditaruh di dalam blog ini merupakan extended version.  Ada beberapa hal yang membedakan artikel ketika pameran dan artikel terpajang di blog karena ketika pameran terdapat setting batasan halaman yang harus menyesuaikan printing budgetMudah-mudahan artikel ini bisa berguna untuk pengetahuan kalian tentang studio animasi Walt Disney Studios.

Penulis juga merasa seharusnya tidak masalah memasukkan artikel pameran ke dalam blog karena penulis merupakan pemegang hak karya utama dan main author atas artikel yang dipakai pameran walaupun penulis memakai nama asli (harus nama asli karena bisa menimbulkan kebingungan di kantor kalau memakai nama pena 😅). 


Main Content


Artikel ini membahas biografi singkat Walt Disney yang dimulai dari kelahiran. Kemudian, lanjut ke kehidupan awal, kesuksesan, ketidakberhasilan, dan ditutup hari terakhir hidupnya. Artikel ini dibuatkan secara tahun ke tahun. Bahasa mudahnya adalah tahun penting di hidup Walt Disney. 

1901


Walter Elias Disney atau lebih dikenal Walt Disney lahir di Chicago pada 5 Desember 1901 sebagai putra keempat dari lima bersaudara pasangan Elias Disney dan Flora Call Disney

1906

Keluarga Disney ini memutuskan pindah ke daerah pedesaan Marcelline, Missouri dimana mereka juga menjadi pengelola sawah yang dibeli oleh Robert Disney (Paman Walt Disney). Di tempat dan tahun inilah, ketertarikan Walt Disney terhadap gambar lahir. 

1910

Elias Disney jatuh sakit sehingga memaksanya untuk menjual sawah yang menjadi pemasukan keluarganya.

1911

Keluarga Disney pindah ke Kansas City, Missouri. Di usianya yang masih sangat belia, Walt Disney serta tiga saudaranya bekerja menjadi pengirim surat kabar sehingga setiap hari harus bangun jam 03.00 A.M. atau terkadang 04.30 A.M.  Pada saat bekerja ini, Walt Disney menemukan vaudeville dan motion pictures yang membuat Walt Disney jatuh cinta pada perfilman dan animasi. 

1917

Elias Disney mengajak keluarganya untuk tinggal di Chicago. Di Chicago pada 1917, Walt Disney mencoba untuk menggambar di surat kabar milik McKinley High School dan mencoba menghadiri kelas sore di Chicago Academy of Fine Arts. Walt Disney berharap dengan langkah ini, dia dapat menjadi kartunis surat kabar.

1918

Walt Disney melamar menjadi tentara Amerika Serikat pada Perang Dunia I, tetapi ditolak karena belum cukup umur untuk bergabung ke dalam militer. 
Dengan cara memalsukan akte lahirnya, Walt Disney diterima di American Ambulance Corps dan ditempatkan di Prancis walaupun Perang Dunia I berakhir. Pada akhirnya dikembalikan lagi ke Amerika Serikat setelah diketahui pemalsuan akte lahirnya.

1919

Walt Disney kembali ke Amerika Serikat dan memilih Kansas City untuk menjadi tempat tinggalnya. Dia mendapatkan pekerjaan sebagai seniman di Pesmen-Rubin Commercial Art Studio. Dari studio seni tersebut, Walt Disney menerima gaji $50 per bulan.

1920

Walt Disney bertemu dengan Ub Iwerks dan mendirikan Iwerks-Disney Commercial Artists. Perusahaan ini hanya bertahan satu bulan karena tidak ada pelanggan. Kemudian, mereka bekerja di Kansas City Slide Company yang nantinya berganti menjadi KC Film Ad Company. Pada saat yang bersamaan, Walt Disney juga membuat Newman Laugh-O-grams yang menerbitkan iklan dan cerita kartun untuk Newman Theater sebagai klien satu-satunya.

1922

Walt Disney mendapatkan $15,000 dari bankir untuk Newman Laugh-O-grams, Inc.

1923

Newman Laugh-O-grams, Inc. dinyatakan pailit sehingga Walt Disney pindah ke Hollywood untuk menjadi seorang Sutradara. Selain keinginannya menjadi Sutradara, alasan kepindahan Walt Disney yang lain adalah Roy Disney (Saudara Walt Disney) sembuh dari penyakit TBC. Di Hollywood Walt Disney membangun Disney Brothers Studio bersama Roy Disney. 

1924

Walt Disney mulai merekrut para animator bertalenta. Secara bersamaan, Walt Disney mempersuasi Ub Iwerks untuk berkolaborasi bersamanya lagi. Kemudian, Walt Disney memutuskan untuk berhenti menjadi animator agar fokus menjadi pengarah dan pengembang cerita.

1925

Walt Disney menikahi salah satu karyawannya yang bernama Lillian Bounds.

1926

Disney Brothers Studio berganti nama menjadi Walt Disney Studios dan pindah ke Hyperion Avenue sehingga dikenal juga sebagai Hyperion Studio.

1927

Walt Disney Studios mendapatkan proyek dari Charles Mintz untuk menggarap Oswald the Lucky Rabbit yang kemudian dihentikan produksinya karena perselisihan dalam pendanaan dan keinginan Charles Mintz untuk mengambil alih total Walt Disney Studios. 

1928

Mickey Mouse lahir dari film animasi Steamboat Willie. Mickey Mouse menggantikan Oswald the Lucky Rabbit sebagai maskot Walt Disney Studios. 

1929

Silly Symphony diluncurkan oleh Walt Disney yang diniatkan menjadi proyek kartun berseri untuk mencoba menggabungkan musik (score) dan animasi bergerak. 

1930

Walt Disney Studios mematenkan cendramata yang mengusung karakter Mickey Mouse. 

1931

Mickey Mouse Club yaitu perkumpulan untuk publik yang menyukai karya Walt Disney Studios dan Mickey Mouse, berhasil merekrut lebih dari satu juta orang, baik dari Amerika Serikat dan internasional. Angka tersebut di luar ekspektasi Walt Disney Studios.

1933

Three Little Pigs yang menjadi bagian ke-36 dari serial kartun Silly Symphony merilis lagu terkenal dan sangat memorable yaitu “Who’s Afraid of the Big Bad Wolf?”. Lagu yang dinilai sebagai “lagu kebangsaan” warga Amerika Serikat untuk berhasil melewati Great Depression. 
Di tahun ini, Walt Disney resmi menjadi seorang ayah setelah Lillian Bounds (sekarang lebih dikenal Lillian Disney) melahirkan Diane Marie Disney

1936

Walt Disney dan istri mengadopsi bayi berusia dua minggu bernama Sharon Mae

1937

Walt Disney Studios merilis film animasi Snow White and the Seven Dwarfs. Film animasi ini nantinya akan dirilis ulang di 1944 dan menuai sukses di bioskop Amerika Serikat. 

1938

Walt Disney meluncurkan film animasi Fantasia sebagai film yang mengkombinasikan animation art dan musik klasik. 
Di tahun yang sama, Flora Call Disney meninggal dunia.

1939

Walt Disney berhasil membawa pulang piala Academy Awards (The Oscars) setelah dinobatkan menjadi honorary contributor terhadap dunia perfilman dan animasi berkat Snow White and the Seven Dwarfs.

1940

Walt Disney Studios merilis ulang Fantasia karena ingin mengimplementasikan Fantasound yaitu sebuah teknologi audio baru. Fantasound menjadi cikal bakal suara stereo. Walt Disney Studios juga merilis film animasi Pinocchio. Dua film animasi ini gagal secara komersial karena kemerosotan ekonomi Eropa dan Amerika akibat Perang Dunia II. Walt Disney Studios terlilit hutang dan hampir pailit.

1941

Film animasi Dumbo diluncurkan dan cukup sukses sehingga Walt Disney Studios perlahan pulih dari hutang. 
Di tahun ini, Walt Disney harus kehilangan Elias Disney selamanya. 

1942

Walt Disney Studios menerbitkan film animasi Bambi. Walaupun film animasi ini dipuji karena memiliki pesan moral yang sangat bagus, Bambi secara komersial tidak menguntungkan. Selain Bambi, Walt Disney Studios juga merilis Salutos Amigos yang dikhususkan untuk pasar animasi di Amerika Latin.  

1946

Film animasi Fun and Fancy Free menjadi akhir peran Walt Disney menjadi Mickey Mouse. Jimmy MacDonald ditunjuk untuk menggantikan Walt Disney. 
Film Song of the South dirilis dan sukses di bioskop Amerika Serikat.

1948

Walt Disney Studios meluncurkan film dokumenter pertama tentang petualangan alam yaitu Seal Island. Pada 1949 film ini mendapatkan piala Academy Awards.

1950

Walt Disney Studios merilis film animasi Cinderella dan film live-action pertama dengan judul Treasure Island. Sejak digarap dari 1923, Alice in Wonderland dirilis pada 1951.

1954

Walt Disney membangun Disneyland di Anaheim, California seluas 244 hektar.

1955

Film animasi Lady and the Tramp dirilis oleh Walt Disney Studios. 
Disneyland dibuka untuk umum. Pembukaan perdananya selama dua bulan dihadiri lebih dari satu juta pengunjung. 

1961

Walt Disney dan Roy Disney berencana meleburkan Los Angeles Conservatory of Music dan Chouinard Art Institute untuk menjadi California Institute of Arts. Rencana ini dibuat karena kedua institusi seni tersebut mengalami kesulitan secara keuangan.  

1964

Mary Poppins diluncurkan dengan aktor Dick van Dyke dan Julie Andrews. Film ini diadaptasi dari novel P.L. Travers dan masuk 13 nominasi di Academy Awards. 
Atas jasanya di dunia perfilman dan animasi, Walt Disney dianugerahi penghargaan Presidential Medal of Freedom oleh Presiden Lyndon Johnson. 
Walt Disney dan Robert Moses mengikuti pameran World’s Fair di New York City tahun 1964-1965. Desain “It’s a small world” diperkenalkan kepada publik.

1965

Walt Disney Studios membeli lahan di Orlando, Florida demi Experimental Prototype Community of Tomorrow (EPCOT). Lahan ini menjadi Walt Disney World.

1966

Walt Disney meninggal pada 15 Desember 1966 karena kanker paru.


Closing

Walt Disney merupakan seorang legenda di abad 20. Sejak kematiannya, Walt Disney selalu dikenang sebagai seseorang berkepribadian optimis, banyak mengkhayal, dan ulet yang berhasil mengantarkannya dalam membangun salah satu sebuah studio animasi terbesar di dunia. Studio animasi yang Walt Disney bangun sampai sekarang terus melakukan ekspansi dan sering mendapatkan keuntungan tiap tahun.
Sepanjang hidupnya, Walt Disney menyentuh hati dan pikiran banyak orang lewat karyanya yang menakjubkan. Karyanya dinilai pembawa keceriaan dan fasilitator komunikasi yang mampu menembus language and culture barriers pada diri semua masyarakat yang menempati negara berbeda satu sama lain. 
Untuk pencampaian yang belum disebutkan di dalam lini masa di atas, Walt Disney mendapatkan 22 piala Academy Awards dan beragam penghargaan lain. Nama Walt Disney diabadikan ke dalam Hollywood Walk of Fame atas kontribusinya untuk bidang perfilman dan pertelevisian. 
Saatnya menutup artikel ini dengan ucapan, "I'll be back for more contents! Have a nice journey 😉!"






~END~








BIBLIOGRAPHY

The Walt Disney Family Museum . (n.d.). Walt Disney Timeline. Retrieved from Walt Disney: https://www.waltdisney.org/sites/default/files/Walt%20Disney%20Timeline_0.pdf
D23. (n.d.). About Walt Disney. Retrieved from D23 for the Fan in All of Us: https://web.archive.org/web/20160421084237/https://d23.com/about-walt-disney/
History. (2019, October 15). Walt Disney Company is Founded. Retrieved from History: https://www.history.com/this-day-in-history/walt-disney-company-founded
Barrier, M. (2007). The Animated Man: A Life of Walt Disney.Los Angeles: University of California Press.





* Disclaimer: Courtesy of  Google Images.  The material published on this website is intended solely for general information and reference purposes and is not legal advice or other professional advice.  


Comments