Top 5 Music Tracks in Kingdom Hearts III

 by: Nabila Rhapsodios



INTRODUCTION





Album musik game Kingdom Hearts III (KH III) membuat pendengarnya merasakan seolah-olah ambil bagian dari petualangan epik terakhir dalam menumpas Xehanort untuk selamanya. Kingdom Hearts III merupakan judul ke-11 dan finale alur cerita utama, game ini menjadi sebuah penghargaan kepada penggemar yang telah lama menunggu kelanjutan main story petualangan Sora sehingga musik game-nya bergelimang banyak lagu-lagu ikonik yang mendapat sentuhan aransemen ulang dari judul KH sebelumnya agar nostalgia tetap terasa ketika dua hal yaitu memainkan game-nya dan mendengarkan album musiknya. Rasa nostalgia semakin meriah karena ditaburi oleh banyak suguhan lagu baru yang belum pernah terdengar di judul game KH sebelumnya. 

Album soundtrack yang sangat dinantikan ini per 11 November 2020, sudah bisa ditemukan di toko pernak-pernik Square-Enix dan audio streaming platforms superti, Amazon Music, Apple Music, Spotify, Deezer, iTunes, serta YouTube music. Untuk calon pembeli yang masih menimbang-nimbang beli album ini, mungkin video preview music samples di bawah berguna: 

  


Seperti yang telah disaksikan dalam video, Kingdom Hearts III original soundtrack memang utamanya berupa rangkaian musik game tersebut tapi, memuat musik dari judul KH lain yaitu Kingdom Hearts III Re:Mind (DLC), Kingdom Hearts II.8, Kingdom Hearts Unchained X, dan Kingdom Hearts Union X [Cross]. Tiap detail dalam album ini tanpa cacat sehingga membuat delapan CD yang total berisi 161 track bernilai untuk didengarkan berulang-ulang.

Soundtrack yang layak dijadikan koleksi album soundtrack sebuah video game mencakup karya partitur musik komposer lama Yoko Shimomura dan Takeharu Ishimoto serta komposer bertalenta lain yang baru muncul prominen, menyusul Yoko-san dan Ishimoto-san di seri KH yaitu Tsuyoshi Sekito. Vokalis sepanjang seri ini  yang telah membawakan dua theme songs KH yang paling laris dan sangat berkesan yaitu Hikaru Utada juga muncul di album soundtrack. Hikaru Utada membawakan dua theme songs berjudul "Face My Fears" yang digarap bersama DJ sekaligus komposer Skrillex dan "Don't Think Twice" untuk Kingdom Hearts III

Kingdom Hearts sampai kapanpun tidak akan pernah luput dihubungkan dengan Disney. Lagu tema dan ikonik dunia Disney memang lucu, enak di telinga, dan imut, sayangnya, penulis tidak akan memasukkanya ke dalam jajaran lagu top pilihan seri Kingdom Hearts manapun karena lagu versi dimasukkan ke dalam game ini berasal dari judul filmnya sendiri, bahkan lagu-lagu tersebut terbilang orisinil dan spesial untuk KH (bentuk variasi lain atau remix), well, tidak cukup membawanya ke atas meja yang sama dengan lagu asli dan khusus Kingdom Hearts yang diciptakan oleh Yoko-san dan Ishimoto-san. 

Album Kingdom Hearts ~III, II.8, Unchained X & Union X [Cross]~ Original Soundtrack telah lepas ke pasar untuk dibeli serta banyak tracks yang telah diunduh online untuk didengarkan. Dengan begitu, alasan tepat bagi penulis untuk memilah lima lagu top dari album soundtrack ini yang diharapkan kalian setuju bahwa lima lagu top ini fantastic


REVIEW



1. Disc 8, track number 17: Master of Masters


Kesan pertama mendengarkan "Master of Masters" adalah ""NOCTIS"! Bagian awalnya saja... Digelapkan dan tempo dipercepat." Sebenarnya, sedikit mengingatkan ke lagu itu sesuatu yang tidak sengaja karena diingat-ingat, penciptanya adalah Yoko-san yang bertanggung jawab penuh dengan musik FF XV dan aktor pengisi suara karakter Master of Masters bahasa Inggris sama dengan aktor yang menyuarakan Noctis

Master of Masters

"I could tell you that I dream of world peace when I'm actually planning for its destruction" ditambah dengan lagu "Master of Masters" yang sedikit eerie and so disturbing... Gabungan petunjuk awal yang tidak boleh diabaikan karena walau Master of Masters memilik kepribadian mirip dengan karakter Deadpool, dia bisa jadi sedang merencanakan sebuah hal jahat yang membuat sangat kesulitan semua karakter muncul di seri Kingdom Hearts ketika melawannya nanti dibandingkan pengalaman mereka ketika melawan Xehanort. 

Lagu ini mengubah segala hal yang disematkan untuk Master of Masters. Penulis mengira Master of Masters adalah kartu truf kekuatan baik tapi sekarang, sepertinya dia adalah antagonis yang harus ditakuti! Master of all evil and wicked that there is in the KH universe or parallel universes. I can't look at him the same. Penulis wanti-wanti bahwa fakta seorang karakter bertabiat kalem dan pandai mengontrol emosi diri memiliki lagu tema yang janggal. Not per not lagu begitu serius untuk dimainkan nanti saat pertarungan terakhir dan penulis harap, "Master of Masters" bisa dikembangkan lebih jauh di judul seri KH berikutnya.

2. Disc 1, track number 3: Dearly Beloved -Kingdom Hearts III Version-


Main theme of Kingdom Hearts... "Dearly Beloved -Kingdom Hearts III Version" dijadikan lagu yang dikagumi untuk masuk ke dalam playlist karena memiliki perasaan nyata untuk penutupan yang megah atas bagian pertama cerita yang berjudul Dark Seeker Saga dan di saat bersamaan seperti menyapa teman lama setelah sekian tahun tidak bertemu (catatan: Jeda rilis Kingdom Hearts II dengan Kingdom Hearts III adalah 14 tahun. Dalam rentang penantian belasan tersebut untuk kembali ke main title, KH memiliki banyak sekali spin off non-karakter Sora yang dijadikan main character).  

Kingdom Hearts III -Title Screen-

Lagu ini memberikan nafas kegembiraan dan memainkan harapan pemain yang mengetahui bahwa pemain duduk manis di layar TV dan menatap layar load screen hanya menunggu untuk dibasuh dengan kekuatan penuh dari alunan nadanya. Mendengarkan lagu ini setelah menunggu bertahun-tahun main story merupakan kejadian yang berharga. Penulis tahu KH memiliki banyak judul tapi, KH III sangat istimewa karena kembalinya Sora, Donald, dan Goofy untuk dimainkan. 

3. Disc 5, track number 15: Stranded Beyond


"Stranded Beyond" adalah field theme The Final World yang sangat membuat rileks (dihiasi cuaca cerah dan air jernih) walaupun tempatnya sendiri terhitung sanggup membuat gelisah ketakutan (dunia orang mati soalnya). The Final World merupakan tempat dimana hati telah hancur dan roh mencari tempat perlindungan untuk menunggu giliran tes kuat atau tidak kuatnya tekad seorang individu untuk bisa dihidupkan kembali. "Stranded Beyond" mencerminkan ini dengan cukup baik.

The Final World

Jika terus melakukan kunjungan ke The Final World, lama-lama merasakan seperti ada sesuatu yang tidak sepenuhnya benar dan ada misteri yang mematikan sambil diiringi orkestra yang memberi kesan "kamu telah pulang, ini tempatmu yang sesungguhnya"  dan magis. 

4. Disc 6, track number 6: Forza Finale


Lagu ini tidak terdengar baik di game-nya. Apa penulis saja yang merasa VFX voice, foley sounds, atau kita sebut dengan bahasa sederhana sound effect bervolume terlalu kencang sehingga menyebabkan penulis hanya mendengarkan sama-samar...? Penulis merinding mendengarkan lagu ini malah lewat YouTube channel, bukan ketika bermain di bagian pertarungannya.

Sepengalaman penulis, bila melihat judul lagu berbahasa bukan Inggris di album soundtrack sebuah video game, movie, anime, mainstream song, terkadang impresi pertama adalah "Lagu ini pasti epik" dan berbuah manis (epik beneran :D). "Forza Finale" menjadi salah satu kategori penilaian kilat yang tepat berdasarkan intuisi seperti itu :D. 

Forza Finale

"Forza Finale" merupakan lagu pertarungan intens yang menemani pemain untuk menghabisi Ansem, Xemnas, dan Young Xehanort dimana pertarungan ini mendapatkan dubbed "The NORT COURT". Karena melawan tiga inkarnasi Xehanort sekaligus, maka "Forza Finale" terdiri dari beberapa lagu yang memiliki ikatan dengan mereka dijadikan satu lagu. Perfect BGM! Sampai kapanpun lagu ini tidak mudah lekang oleh waktu karena alunan nadanya dan ketegangannya. Mayoritas orang (termasuk penulis) menilai bahwa lagu ini seharusnya mengalun ketika pertarungan terakhir KH III di Scala ad Caelum yang mudah dipahami karena komposer dan para arrangers went all out with this piece.
 
5. Disc 7, track number 15: Nachtflügel 



"Nachtflügel" merupakan lagu latar ketika pemain melawan secret boss di KH III Re:Mind. Sebuah lagu yang jelas sekali mengingatkan kita pada berbagai potongan lagu FF XV -bukan melodi utamanya; bagian lainnya-. Penulis betah mendengarkan lagu yang incredibly frantic and fast-paced ini berjam-jam. It's primarily a purely piano-solo theme walau dibalut dengan permainan orkestra yang megah dan anggun dimana image lagunya berbanding 180 derajat sama karakter yang direpresentasi lewat "Nachtflügel" dimana berkepribadian edgy & tactical yang sanggup menguras habis health bar pemain dengan tebasan pedang laser dan crossbow miliknya. Proves to us one of Yoko Shimomura's finest compositions yet.

Secret Boss of Kingdom Hearts III Re:Mind

Ada beberapa individu yang menilai kalau "Nachtflügel" merupakan intipan sedikit arahan musik atau image representation Final Fantasy Versus XIII berbaregan dengan semua hal yang menyangkut Verum Rex. Bagaimana perasaan kalian terkait ini? Penulis serahkan ke kalian ya untuk menjawabnya karena penulis sudah legowo dari dulu bahwa judul itu berubah konsep cerita menjadi FF XV. Still though what we do get is very good I must admit. I'm also curious what you, my dear readers, your favorite tracks from the game. 



CLOSING


Sekarang penulis sudah mengkover lima lagu top milik pribadi. Pembaca yang ingin mengetahui track lain yang tidak terkover di artikel, silakan cek situs ini untuk listening tester KINGDOM HEARTS - III, II.8, Unchained χ & Union χ [Cross] - Original Soundtrack | SQUARE ENIX (square-enix.com) atau langsung menjelajahi YouTube serta audio streaming platforms

Di sesi terakhir ini, penulis ingin membahas singkat atas apa yang penulis rasakan terhadap album Kingdom Hearts ~III, II.8, Unchained X & Union X [Cross]~ Original Soundtrack. Jelas sekali di albumnya terdapat banyak lagu indah seperti yang terdapat di dalam artikel ini. Tapi, penulis rasa sebagian besar lagu untuk KH III bersifat ulangan. Maksudnya ulangan adalah track yang terdapat di album KH soundtrack lain, dimunculkan kembali. Kejadian yang paling jelas dimana lagu ulangan mengalun adalah melawan boss & True Organization XIII at Keyblade GraveyardUntuk lagu latar tiap dunia seperti, Olympus, Arendelle, San Fransokyo dan kawan-kawan dibuatkan lagu baru dan ini memang harus dimaklumi karena dunia Olympus mengalami perluasan area dan Arendelle adalah dunia baru. Penulis benar-benar melembut hatinya ketika Re:Mind rilis karena a lot of the new stuff I do really like. It's my favorite in the series like "Nachtflügel" & "The 13th Dilemma -Xigbar-" that came out nothing like the 13th dilemma on previous titles (it took me by surprise).

Kemudian, hampir semua track-nya terbilang good tapi, beberapa track terhitung mengecewakan. Track yang mengecewakan adalah seluruh track yang terdengar di The Caribbean, mungkin faktor hak cipta ikut campur sehingga dunia itu sangat membosankan karena tidak ada satupun lagu dari movie Jack Sparrow sebagai pelengkap kebahagiaan dimana The Caribbean muncul lagi di KHStill though what we do get is very good I must admit. I'm also curious to see what you, my dear readers, your favorite tracks from the game. So if you want, you could share yours down in the comments below. I'd be glad to peruse them. Thanks for visiting. Happy holidays from me ^^! 





END





* Disclaimer: The material published on this website is intended solely for general information and reference purposes and is not legal advice or other professional advice.  

Comments