Review: Final Fantasy (Theme) from Final Fantasy Part I

by: Nabila Rhapsodios

Halo, semuanya penulis kembali dengan sebuah tulisan yang tidak kalah menarik untuk dibaca. Kali ini penulis akan mengulas Main Theme dari game Final Fantasy yang berjudul "FINAL FANTASY". Ayo, ayo, ada yang hafal melodinya gimana? :D. Lagu ini sering loh diputar di hampir seluruh game Square-Enix (SE) yang mengusung nama Final Fantasy... 

Ok, penulis akan mengajak kalian untuk me-refresh ingatan kalian akan melodi "FINAL FANTASY" dengan video satu ini:


"FINAL FANTASY" pertama dalam sejarah game FF yang dirilis untuk NES

Bagaimana, apakah kalian sudah ingat melodi di atas? Hehe. Penulis akan bercerita singkat mengenai sejarah "FINAL FANTASY". Dulunya, sebelum ditasbihkan menjadi "FINAL FANTASY" dan dijadikan Main Theme game FF, melodi tersebut hanya diperuntukkan untuk membuka permainan biasanya dimainkan saat FMV Opening Scene contohnya seperti di FF I dan FF IV dan oleh karena itu, melodi tersebut masih disebut official "Opening Theme"/"The Opening"/"Prologue". Semakin judul FF berkembang dan modern melodi tersebut dimainkan saat Ending Theme atau motif lagunya diselipkan ke dalam beberapa track OST dan akhirnya, di pikiran player kebanyakan menyangka melodi tersebut adalah Main Theme FF. Hal ini ditangkap oleh SE serta Nobuo Uematsu dan pada akhirnya, setuju menjadikan melodi tersebut sebagai Main Theme Final Fantasy dan dinamai "FINAL FANTASY" untuk FF V ke atas beserta spin-offs. "FINAL FANTASY" muncul di hampir seluruh seri FF minus Final Fantasy II, Final Fantasy X, Final Fantasy X-2, Final Fantasy XIII, dan Final Fantasy XIII-2

Sekian penjelasan singkat dari Penulis sekarang saatnya mengulas "FINAL FANTASY" dari FF I-FF XIV serta sekuel-sekuelnya! 

Final Fantasy I



"Opening Theme" versi remake dari NES untuk PSP, dimainkan dengan mini orkestra. Dibuka dengan tiupan alat musik flute dan petikan harpa kemudian disusul dengan tiupan alat musik piccolo dan petikan pizzicato dari biola dan pada 0:23 barulah simbal, gesekan biola, dentuman snare drum, dan alat musik tiup brass mewarnai keseluruhan lagu. "Opening Theme" dimainkan saat di Cornelia Bridge dan Ending Credits.


Final Fantasy III





Alunan melodi "Opening Theme" akan mengalun apabila player memasuki ruangan yang menyimpan Wind Crystal dan sepintas akan terdengar iramanya saat Ending dari game ini. Hal ini berlaku untuk FF III versi Famicom maupun remake untuk NDS.



Final Fantasy IV


Final Fantasy IV versi SNES "The Opening" mengalun saat Opening Scene, ramalan mengenai Cecil yang akan berubah menjadi Paladin, dan petarungan terakhir melawan Zeromus khususnya anggota party yang tidak direkrut untuk melawan Zeromus memberikan dukungan kepada Cecil Harvey dan kawan-kawan yang sedang melawan Zeromus.



Video di atas merupakan "FF IV DS Opening Movie" dari FF IV untuk NDS yang merupakan remake "Opening Theme" versi SNES. "FF IV DS Opening Movie" terdiri dari track "Theme of Love" (0:00-1:06), "Main Theme of FINAL FANTASY IV" (1:07-2:02), dan "The Opening" (2:03-3:02). Motif  "The Opening" juga mengalun di dalam track "Epilogue"/"Ending Theme".


Final Fantasy V



Melodi "Opening Theme" mengalun saat Ending dimana Krile Mayer Baldesion berada di Elder Tree. FF V versi Advance menyebut melodi "Opening Theme" sebagai "FINAL FANTASY" di file Music Player in-game dan track ini available di album Final Fantasy V Original Sound Version.


Final Fantasy VI




"Ending Theme" atau "Balance Is Restored" (lebih dikenal oleh player non-Jepang) memasukkan "FINAL FANTASY" ke dalam menit 18:09-21:29 bersama dengan leitmotif  karakter-karakter FF VI dalam album Final Fantasy VI Original Sound Version


Final Fantasy VII





Tanda-tanda kemunculan "FINAL FANTASY" terasa di menit 3:30-6:50.


Final Fantasy VII: Advent Children




"FINAL FANTASY" mengalun sesaat setelah "Main Theme of Final Fantasy VII" dan motif dari track "Aerith's  Theme" pada menit ke 3:41-5:36 yang diaransemen dalam bentuk orkestra. 


Final Fantasy VIII



"FINAL FANTASY" dari FF VIII merupakan pertama dalam sejarah FF yang diaransemen live orkestra. "FINAL FANTASY" mengalun setelah Theme Song FF VIII yaitu "Eyes on Me", pada menit ke 6:59-10:01. "FINAL FANTASY" FF VIII dibuat ala musik-musik militer dan hal ini sesuai dengan karakter-karakter utama FF VIII yang mendapatkan pelatihan militer (minus Rinoa Heartilly). 

Setiap konser-konser tur live Final Fantasy di Jepang atau Internasional contohnya seperti Tour de Japon atau Distant Worlds setiap memainkan lagu "FINAL FANTASY", maka "FINAL FANTASY" FF VIII-lah yang dimainkan (akan penulis bahas di Part selanjutnya :D). 


Final Fantasy IX




"FINAL FANTASY" mengalun sehabis "Melodies of Life" di menit 5:41-7:35. "Melodies of Life" versi bahasa Jepanglah yang masuk ke dalam album FF IX OST. Di dalam game ini pun sendiri, "FINAL FANTASY" mengalun saat FMV kapal Prima Vista kabur dari kota Alexandria dan mendarat mendadak di Evil Forest. Motif "FINAL FANTASY" diselipkan juga ke dalam track "Sky of Alexandria (Night of Alexandria)".


Final Fantasy XI

Di FF XI, "FINAL FANTASY" mengalun di FMV penutup skenario tambahan berjudul A Crystalline Prophecy dan juga setelah mengalahkan naga Shinryu serta player berbicara kepada Prishe di alur cerita Abyssea.


Final Fantasy XII





"FINAL FANTASY ~FF XII Version~" dikomposeri oleh Hitoshi Sakimoto selaku main composer dari Final Fantasy XII. "FINAL FANTASY ~FF XII Version~" mengalun saat Opening Cinematic dan Halim Ondore IV menarasikan beberapa memoir miliknya yang relevan dengan alur cerita FF XII.


Final Fantasy XII: Revenant Wings

Di dalam game ini meggunakan "FINAL FANTASY ~FF XII Version~" sebagai BGM Opening Cutscene. Tidak ada peubahan sama sekali dari segi komposisi lagunya hanya saja disesuaikan dengan format NDS.


Lightning Returns: Final Fantasy XIII



Walaupun semua prekuelnya yaitu Final Fantasy XIII dan Final Fantasy XIII-2 sama sekali tidak ada musik "FINAL FANTASY" di dalam masing-masing OST dan OST PLUS kedua game tersebut, NPC LR: FF XIII di kota Yusnaan memainkan lagu "FINAL FANTASY". Alunan "FINAL FANTASY" versi LR: FF XIII sangat lucu dan menyerupai marching band pengiring pawai festival keliling.


Final Fantasy XIV

"Opening Theme" dari album Before Meteor: Final Fantasy XIV menyematkan "FINAL FANTASY" ke dalam track-nya. "FINAL FANTASY" mengalun saat player menaiki pesawat untuk pergi mengunjungi kota-kota lainnya di dalam main storyline bukan side story/sidequest. Ada satu lagi yang memakai tune "Final Fantasy" di FF XIV yaitu "A World Apart" dimana mengalun ketika pemain mencoba kali pertama pesawat terbang untuk berkeliling banyak negara ketika FF XIV A Realm Reborn. Lalu, muncul ketika mendapatkan Zodiac Weapon. Sekarang, ayo dengarkan "A World Apart":






Final Fantasy XV

Kingsglaive: Final Fantasy XV Original Soundtrack yang merupakan kumpulan musik dari film Kingsglaive: Final Fantasy XV mempunyai pengulangan "Final Fantasy" untuk adegan ketika delegasi The Niflheim Empire tiba di Insomnia, Lucis untuk menghadiri penandatanganan perjanjian. Di album diberi nama "Final Fantasy Main Theme (KINGSGLAIVE Version)" dan dapat ditemukan di dalam Disc 1 nomor 13. John Graham adalah komposer dari Kingsglaive sementara Yoko Shimomura menangani Main Theme alias "Somnus" versi film. 

Di dalam OST game-nya sendiri yaitu Final Fantasy XV, "Main Theme from FINAL FANTASY" yang ada di Final Fantasy XV Original Soundtrack mengalun ketika last post-credits stinger: pernikahan karakter utama pria dan karakter utama wanita walau di akhirat. Sangat besar kemungkinannya, lagu tema Final Fantasy disini dikreasi ulang oleh Shimomura (dentingan pianonya kedengaran khas miliknya). 

* "Final Fantasy Main Theme (KINGSGLAIVE Version)"




* "Main Theme from FINAL FANTASY"



Akhirnya Final Fantasy (Theme) ada yang menggambarkan suasana pernikahan! Biasanya menggambarkan suasana mars kemiliteran dan/atau petualangan. Lagu di video di atas dari FF XV, bisa menjadi yang patut dicontoh atau dicoba dimainkan saat pernikahan di dunia nyata! Aduh, pianonya itu tidak tahan, indah banget! Tampaknya tanpa ada iringan paduan suara, tetap saja keindahan dan kesyahduan di dalamnya tidak terkikis. Lagu yang patut diacungi dua jempol sebagai penutupan petualangan Noctis juga. 

* "My Humblest Desire"





Walaupun judulnya tidak memakai kata-kata Main Theme of Final Fantasy, "My Humblest Desire" memainkan nada-nada yang biasa didengar di lagu itu. Penulis terhitung cukup suka gubahan Main Theme of Final Fantasy yang dimana biola menjadi instrumen musik utama di dalamnya tapi sayangnya, adegan ketika lagu ini dimainkan (Alternate Ending di Episode Ignis), penulis tidak cukup yakin 'oke' atau 'baik' dengan seluruh adegan itu... Terlalu cheesy dan cringe setelah ingat semua pengorbanan dan kematian yang terjadi di dalam lini masa orisinil FF XV. Oh, "My Humblest Desire" diciptakan dan diaransemen oleh Yasunori Mitsuda dengan menggunakan nada-nada utama Main Theme of Final Fantasy yang diciptakan oleh Nobuo Uematsu. 


Final Note from Writer:

Penulis memfavoritkan "FINAL FANTASY" dari FF VIII diantara main series I-XIV soalnya itu meninggalkan kesan yang begitu memorable di ingatan penulis. Apa diantara kalian ada yang menyukai FF atau setidaknya tahu FF terutama untuk bagian musiknya? Adakah yang meninggalkan kesan mendalam seperti yang dirasakan oleh penulis? :). Kita sudah sampai di penghujung artikel, tetapi ini bukan akhir dari ulasan "FINAL FANTASY". Tunggulah ulasan penulis di artikel berikutnya! Good Evening all!




To be continued...


Comments