BONUS: Main Theme from Final Fantasy (Prequel, Sequel, & Spin-off) Part I

by: Nabila Rhapsodios

Artikel ini memuat Main Theme dari prekuel, sekuel, dan spin-off  FF yang telah di bahas sebelumnya dan Main Theme ini tidak kalah bagusnya dengan yang pernah diperkenalkan oleh penulis. Mari, penulis ajak untuk melihat, mendengar, dan mengenang kembali prekuel, sekuel, dan spin-off ... dari FF X-2, CC -FF VII-, FF XIII-2, dan FF Tactics di artikel ini ^_^!


Final Fantasy X-2

Final Fantasy X-2 HD Remaster -Title Screen-
Final Fantasy X-2 merupakan kelanjutan cerita dari Final Fantasy X dan plot ceritanya mengungkapkan kejadian 2 tahun sejak Sin dikalahkan oleh Yuna dan kawan-kawan. Berbeda dari FF X yang memainkan 6 karakter, di FF X-2 hanya memainkan 3 karakter saja yaitu Yuna, Rikku, dan Paine

"KUON: Memories of Waves and Light" adalah Main Theme dari FF X-2. Di dalam game-nya sendiri, "KUON: Memories of Waves and Light" mengalun saat Opening Cinematic (bila kalian diamkan berapa menit tanpa memencet apapun saat Title Screen, layar akan berubah menampilkan OC) dan Title Screen. "KUON: Memories of Waves and Light" ini menjadi trek nomor 1 dari Disc 1 dalam album musik Final Fantasy X-2 Original Soundtrack (FF X-2 OST) dan trek nomor 95 dalam album musik Final Fantasy X HD Remaster Original Soundtrack (FF X HD OST). Final Fantasy X-2 menjadi FF pertama dimana Nobuo Uematsu tidak berkontribusi sepeser pun dalam game ini meskipun Uematsu-san berkontribusi dalam musik FF X. Komposer utama game ini adalah Noriko Matsueda dan Takahito Eguchi. Cobalah dengarkan Main Theme dari FF X-2 di bawah ini:





Walau nama resmi Main Theme FF X-2 adalah "KUON: Memory of Waves and Light", nama lain yang terkenal antara lain "Eternity: Memories of Light and Waves" dan "Eternity: Memory of Lightwaves". Lagu ini memiliki satu aransemen saja di dalam game-nya, cobalah dengarkan video di bawah ini:



Versi aransemennya dinamai "KUON -The Troupe Performs-". Aransemen ini akan mengalun apabila pemain berhasil 100% melengkapi cerita di Macalania Woods dan para pemain musik Macalania Woods akan bermain lagu ini di Guadosalam saat Chapter 5. "KUON -The Troupe Performs-" berada di Disc 2 dengan nomor lagunya adalah 18 dari FF X-2 OST. 

"KUON: Memories of Waves and Light" muncul di game lain yaitu Theatrhythm Final Fantasy dan Theatrhythm Final Fantasy Curtain Call menjadi BGM saat Field Music Sequence. "KUON: Memories of Waves and Light" memiliki gubahan dalam bentuk vokal, piano, dan live instrument. Langsung saja kita cek satu-satu di bawah ini:

Vokal

Mayuko Aoki

"KUON: Memories of Waves and Light" versi vokal ini terdapat di dalam album musik Final Fantasy X-2: Vocal Collection -Yuna- dan menjadi trek lagu nomor 2 dari Disc 1 dengan di bawah judul: "Morning Glow". "Morning Glow" ini dinyanyikan ke dalam bahasa Jepang oleh pengisi suara Yuna yaitu Mayuko Aoki. "Morning Glow" di dalam album ini juga disertakan versi instrumental-nya alias versi tanpa vokal hanya alunan musik saja, bisa ditemukan di trek lagu nomor 4 dari Disc 1.

Sekadar info, koleksi album vokal FF X-2 ini menyajikan beberapa trek lagu-lagu FF X-2 untuk dinyanyikan ke dalam bentuk vokal oleh ketiga pengisi suara (Jepang tentu saja) karakter utama FF X-2: Yuna, Rikku, dan Paine. Ok, berikut di bawah ini "Morning Glow" yang dinyanyikan oleh Mayuko Aoki:




Japanese Lyrics in Romaji:

Ima mo oboete iru no
Anata tabidatsu hi ni mita yume wo
Namida tsutau anata no hoho
Te wo nobasu to yami no naka kieta

Futa me wo samasu
Madoromi sashikomu genjitsu
Akaku somaru hito no naka anata mitsuketa 

Ima wa wakatte'ru kara
Futari kawashita yakusoku no imi wo
Hikaru hakanai nagareboshi
Tooi sora de miagete hohoemu

Hitomi ga yureru tabi ni omoidasu no
Anata no me mitsumete mo haruka kanata mite

* Ima wa wakatte'ru kara
Ano hi kawashita yakusoku no imi wo
Hikaru hakanai  nagareboshi
Tooi sora de miagete hohoemu

Back to * 


English Translations:

Even now I remember
The dream I had on the day you left
When I reached for your tear-streaked cheek
It vanished into the darkness

I suddenly awaken
As reality inserts on my reverie
I found you within a crimson-stained man

'Cause now I understand
The meaning of the promise we exchanged
I look up at the fleeting shooting star
Shining in the distant sky and smile

Whenever my eyes waver I remember that
Though I looked into your eyes I was looking afar

* 'Cause now I understand
As reality inserts on my reverie
I found you within a crimson-stained man

Back to *

Piano

"KUON: Memories of Waves and Light" menjadi trek lagu terakhir (12) dalam album piano koleksi FF X-2 yaitu Final Fantasy X-2 Piano Collection. Satu album ini dimainkan oleh lima orang pianis dan yang memainkan "KUON: Memories of Waves and Light" adalah Hiroko Kokubu dan diaransemen oleh dia juga. Tingkat kesulitan permainan lagu ini adalah Intermediate sampai Advanced. Partitur piano album ini juga tersedia dan diterbitkan oleh Yamaha Music Media. Berikut di bawah ini video yang memuat "KUON: Memories of Waves and Light" versi piano:






Live Instrument

Untuk versi ini dimana "KUON: Memories of Waves and Light" dimainkan dengan alat musik live (biola, biola alto, cello, dan piano) ketimbang saat dimainkan pada waktu Title Screen yang hanya menggunakan sintesizer. Versi ini terdapat di album Eternity ~Memory of Lightwaves~ Music from Final Fantasy X-2 dan menjadi trek lagu nomor 1. Cobalah dengarkan lagu ini yang cocok untuk merileksasikan diri:




Crisis Core -Final Fantasy VII-

Crisis Core -Final Fantasy VII- adalah prekuel dari Final Fantasy VII yang mengambil plot cerita 7 tahun sebelum cerita FF VII dimulai. Main Theme dari CC: FF VII berjudul sederhana yaitu "CRISIS CORE Theme" atau nama terkenal lainnya adalah "Theme of CRISIS CORE". Main Theme dan keseluruhan musik game ini dipegang sepenuhnya oleh Takeharu Ishimoto. "CRISIS CORE Theme" adalah lagu tema yang menonjol dalam musik CC: FF VII dikarenakan mengalun saat Title Screen dan petarungan terakhir dan muncul di dalam game-nya sendiri, sebanyak 8 trek lagu yang memakai nama "CRISIS CORE Theme" di depan judul lagunya. Berikut nama-nama lagu yang memakai nama "CRISIS CORE Theme":


  • CRISIS CORE THEME -Succession-




Crisis Core Final Fantasy VII -Title Screen-
"CRISIS CORE THEME -Succession-" atau nama lain yang terkenal yaitu "CRISIS CORE THEME -Successor-" merupakan salah satu aransemen lagu tema CC: FF VII yang mengalun saat Title Screen. Lagu ini hanya dimainkan secara solo oleh sebuah dentingan piano. Lagu ini menjadi bagian Disc 1 dan bernomor urut 2 dari album musik Crisis Core -Final Fantasy VII- Original Soundtrack (CC FF VII OST)


  • CRISIS CORE THEME -Dreams and Pride-




"CRISIS CORE THEME -Dreams and Pride-" dimainkan dengan piano dan alat musik perkusi. "CRISIS CORE THEME -Dreams and Pride" mengalun saat cuplikan adegan dimana Angeal Hewley menceritakan apa itu "Dumbapples" dan Angeal terlahir dari keluarga tidak mampu kepada tokoh protagonis CC: FF VII yaitu Zack Fair sewaktu mereka berdua sedang menuju Fort Tamblin dan mengalun ketika Cloud Strife berkata kepada Zack bahwa Zack jarang menggunakan pedang kesayangannya pemberian dari mentornya yaitu Buster Sword di Nibelheim Inn. Trek lagu ini merupakan trek nomor 8 dari Disc 1 dari CC FF VII OST.


  • CRISIS CORE THEME -Under the Apple Tree-



"CRISIS CORE THEME -Under the Apple Tree-" pertama kali terdengar disaat Zack tiba di Banora Village dan mengunjungi pohon Banora Apple terbesar di Banora Village yang tumbuh tidak jauh dari rumah tuan tanah di desa tersebut dan kembali mengalun saat Genesis Rhapsodos berkata kepada Zack setelah petarungan terakhir bahwa mimpi masa kecilnya terpenuhi yaitu makan buah apel bersama kedua sahabatnya. "CRISIS CORE THEME -Under the Apple Tree-" menjadi trek nomor 14 dari Disc 1 dalam album CC FF VII OST.

  • CRISIS CORE THEME -Scars of Friendship-

 

"CRISIS CORE THEME" yang satu ini dimainkan oleh grup musik strings kuartet dan alunan nadanya melankolis nan sendu. "CRISIS CORE THEME -Scars of Friendship-" menjadi lagu latar saat Sephiroth menjelaskan apa itu Project G yang diyakini asumsinya adalah nama pendek dari Project Genesis. Lagu ini menjadi bagian dari Disc 1 nomor ke-21 dari CC FF VII OST. Oh, di bawah ini bonus adegan yang menampilkan lagu ini:



  • CRISIS CORE THEME -With Pride-



Dimainkan secara piano solo sama seperti "CRISIS CORE THEME -Succession-". "CRISIS CORE THEME -With Pride-" dijadikan lagu latar cuplikan FMV saat Genesis memperlihatkan sayap hitam miliknya kepada Zack di Banora Village dan saat Angeal serta Zack terlibat dalam sebuah pembicaraan serius di Sector 0 Highway, Midgar. "CRISIS CORE THEME -With Pride-" menjadi trek lagu nomor 24 dari Disc 1 dari album CC FF VII OST. 

  • CRISIS CORE THEME -Truth of the Project-



Lagu ini dimainkan secara kuartet dengan menggunakan alat musik biola, biola alto, cello, dan kontrabas dan bertempo lumayan cepat. Pertama kali mengalun saat adegan FMV Sephiroth vs Genesis vs Angeal dan saat cuplikan adegan Zack bersiap-siap dengan segan melawan mentor kesayangan tak lain lagi adalah Angeal di Modeoheim. "CRISIS CORE -Truth of the Project-" atau nama terkenal lainnya "CRISIS CORE -Truth Behind the Project-" atau "CRISIS CORE -Truth About the Project-" menjadi bagian trek nomor 29 dari Disc 1 dalam album CC FF VII OST. Bonus video di sesi pembahasan Main Theme bagian Crisis Core -FF VII- dengan iringan musik "CRISIS CORE THEME -Truth of the Project- dan musik yang tak kalah keren lainnya, selamat menikmati :):





  • CRISIS CORE THEME -To A New Post-



"CRISIS CORE THEME -To A New Post-" merupakan salah satu aransemen strings "CRISIS CORE THEME". "CRISIS CORE THEME -To A New Post-" mengalun di saat cuplikan adegan Zack menyiapkan diri di SOLDIER Floor, Shinra HQ untuk menjalani misi yang telah ditakdirkan yaitu misi ke Nibelheim untuk mengecek malfungsi dari Mako Reactor disana. "CRISIS CORE THEME -To A New Post-" sebagai trek lagu ke-4 di Disc 2 dari CC FF VII OST. Nama terkenal lain lagu ini adalah "CRISIS CORE THEME -New Assignment-"

  • CRISIS CORE THEME -Blazing Through the Battlefield-



Sekilas di FMV Sephiroth vs Genesis vs Angeal, lagu ini diputar setelah Genesis meminta Angeal mundur dan membiarkan dirinya bertarung sendirian melawan Sephiroth. Kemudian kembali dijadikan lagu latar melawan monster G Eraser di LOVELESS Avenue dan terakhir di sebuah permainan menyelamatkan Cloud dari personel Shinra Army di Nibelheim"CRISIS CORE THEME -Blazing Through the Battlefield-" berada di Disc 2 dengan nomor lagunya adalah 13 dalam album CC FF VII OST.

Kalian sudah mendengarkan 8 trek lagu yang memakai nama "CRISIS CORE THEME" di depan nama lagu-lagunya. Nah, sekarang di bawah ini adalah pembahasan mengenai aransemen lain (Another Variation) dan motif "CRISIS CORE THEME" diselipkan dimana saja. Yuk, sama-sama kita lihat satu per satu:


  • Burden of Truth



"Burden of Truth" atau dikenal juga berjudul "The Terrible Truth" merupakan aransemen variasi dari "CRISIS CORE THEME -Succession-". Ketika kalian membuka menu Playstation Portable (PSP) dan memilih gambar CC -FF VII- sebelum ditekan, lagu ini akan mengalun sebelum masuk ke game CC -FF VII-. Kemunculan keduanya itu saat Zack dan Lazard Deusericus bercengkrama di Gongaga. Lagu ini merupakan bagian dari Disc 1 lebih tepatnya bernomor 10 dari album CC FF VII OST. 

  • The Burdened



"The Burdened" menyuguhkan penampilan duet antara piano solo dengan biola solo. Pertama kali "The Burdened" mengalun indahnya saat Zack kembali dari misi di Banora Village. Lagu ini menjadi BGM untuk tempat bernama Aerith's Church, Sector 5 Slum. "The Burdened"menjadi bagian trek lagu nomor 16 dari Disc 1 di dalam album musik CC FF VII OST.

  • A Brief Rest



"A Brief Rest" merupakan aransemen singkat yang digubah seperti layaknya musik yang dipakai di dalam musik boks. Lagu ini adalah lagu pengantar tidur, lagu ini mengalun setelah adegan pembicaraan Zack dan Cloud di Nibelheim Inn selesai dengan kalimat Zack yaitu "crash for the night". "A Brief Rest" terdapat di Disc 2 tepatnya di nomor 8 dalam album CC FF VII OST.

  • The SOLDIER Battle



"The SOLDIER Battle" atau nama lainnya adalah "The SOLDIER Way" adalah aransemen rock "CRISIS CORE THEME" selain "CRISIS CORE THEME -Blazing Through the Battlefield-". "The SOLDIER Battle" merupakan lagu petarungan terakhir dari game ini. "The SOLDIER Battle" terdapat di Disc 2 album CC FF VII OST dengan nomor lagunya adalah 20. 

Sebelum beralih ke Main Theme yang lain, "CRISIS CORE THEME" diaransemen oleh Yoko Shimomura & Takeharu Ishimoto terdapat di game Kingdom Hearts: Birth By Sleep. Mengapa demikian? Dikarenakan Zack mewakili dunia FF di game tersebut. "A Date with Fate" itulah judulnya dan dengarkanlah di bawah ini:






Final Fantasy XIII-2

Final Fantasy XIII-2 -Title Screen-
FF XIII-2 adalah sekuel dari FF XIII yang menceritakan 3 tahun setelah peristiwa Catastrophe yaitu peristiwa Cocoon runtuh dan nyaris jatuh dari langit Pulse dan makhluk buas Ragnarok datang sebagai penyelamat dengan cara mengkristalkan Cocoon. Di FF XIII-2 ini bukanlah Lightning yang menjadi tokoh utama, adiknya yaitu Serah Farron yang mengambil tempat sebagai tokoh utama wanita. Serah ditemani oleh tokoh utama karakter pria yaitu Noel Kreiss menjelajahi ruang waktu untuk menyelamatkan masa depan. 

Taukah kalian bahwa lagu yang sering mengalun saat Title Screen merupakan Main Theme dari FF XIII-2? Apa diantara kalian ada yang tahu nama lagu tersebut? Coba cek video di bawah ini:



Judul lagu di video di atas adalah "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" atau nama terkenal lainnya adalah "Final Fantasy XIII-2 ~Wish~". Yang menciptakan Main Theme FF XIII-2 adalah Masashi Hamauzu dan komposer utama lainnya yaitu Naoshi Mizuta dan Mitsuto Suzuki dalam beberapa karya mereka di game FF XIII-2 memakai motif lagu ini. "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" menyajikan kombinasi piano, biola, dan suara musik sintesizer. Kemunculan lagu ini adalah pertama, saat Serah menyelamatkan Noel dari dunia mimpi miliknya di Void Beyond dan kedua, ketika di Oerba tahun 400 AF dimana Mog mendapatkan kesempatan untuk pulang ke tempat kampung halaman tetapi dia mengurungkan niatnya untuk kembali ke kampung halaman dikarenakan Mog berpendapat bahwa keluarga barunya telah ditemukan yaitu Serah dan teman-temannya. "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" menjadi trek lagu nomor 3 di Disc 1 dalam album musik Final Fantasy XIII-2 Original Soundtrack (FF XIII-2 OST).

"Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" menjadi Main Theme dari FF XIII-2 maka tidak heran lagi apabila banyak musik-musik dari FF XIII-2 OST mearansemen ulang lagu ini dan motif lagu ini diselipkan ke lagu-lagu di dalam album FF XIII-2 OST. Langsung saja loncat ke tulisan di bawah ini!



Several Arrangements of "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~"



  • Final Fantasy XIII-2 ~The Future~





Aransemen "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" yang paling terkenal dan identik dengan lagu tersebut adalah "Final Fantasy XIII-2 ~The Future~" atau biasa dikenal sebagai "Final Fantasy XIII-2 ~Future~". "Final Fantasy XIII-2 ~The Future~" banyak dimainkan di beberapa adegan FF XIII-2 seperti saat Serah dan Noel bersiap-siap menjelajah ruang waktu (Historia Crux) lewat portal di New Bodhum tahun 3 AF serta berpamitan kepada tim NORA. ketika Serah berhasil melarikan diri dari dunia mimpi miliknya di Void Beyond, dan terakhir dimana roh Serah berpamitan kepada Lightning serta meminta kakaknya jangan melupakan dirinya di Ending episode Requiem of the Goddess.  Lagu ini terdapat di Disc 1 dengan nomor trek lagunya adalah 18 di dalam album FF XIII-2 OST.

Di sekuel FF XIII dan FF XIII-2: Lightning Returns: Final Fantasy XIII, "Final Fantasy XIII-2 ~The Future~" mengalun saat adegan Lightning dan Lumina bercengkrama di Ark lebih tepatnya adegan Lightning menceritakan bagaimana dirinya memasuki Crystal Stasis untuk kedua kalinya.


  • Serah's Theme ~Memories~
Frances Maya
Serah memang memiliki lagu tema tersendiri di FF XIII dan berjudul sederhana yaitu "Serah's Theme". "Serah's Theme" dari FF XIII pernah saya bahas di artikel: Main Theme of Final Fantasy XIII-XV. Frances Maya kembali lagi di game FF XIII-2 untuk menyanyikan lagu tema Serah yang baru yang berjudul "Serah's Theme ~Memories~". "Serah's Theme ~Memories~" dipakai sebagai lagu latar saat adegan Serah berbicara sendiri lewat narasi yang ditampilkan ke dalam bentuk teks kepada pemain: Setelah melawan bos Proto Fal'cie Adam di Augusta Tower tahun 200 AF dan Serah bertekad tidak akan tinggal di dunia mimpi miliknya. Lagu tema Serah di FF XIII-2 dipakai sebagai penutup DLC (Downloadable Content) Episode: Perpetual Battlefield. "Serah's Theme" ~Memories~ atau "Final Fantasy XIII-2 ~The Future~" menjadi salah satu trek lagu medley lagu penutup FF XIII-2: "Closing Credits"/"Ending Credits". "Closing Credits" dapat ditemukan di Disc 4 bernomor 20. 

Boleh saya bocorkan, singkat kata "Serah's Theme ~Memories~" ini merupakan versi vokal dari "Final Fantasy XIII-2 ~The Future~" yang dinyanyikan dengan memakai bahasa Inggris seperti "Serah's Theme" dari FF XIII. Kemudian bocoran yang kedua, apabila ada yang mengecek artikel saya yang membahas Main Theme FF XIII-XV dan mendengarkan trek lagu berjudul "Final Fantasy XIII -Miracles-", di menit 2:01-2:47 lagu tema Serah "Memories" ini memiliki alunan nada yang sama dengan "Miracles". Nama lain lagu tema Serah adalah "Serah's Theme ~Memory~". "Serah's Theme ~Memories~" terdapat di album FF XIII-2 OST lebih tepatnya di Disc 4 dengan nomor 6. Silakan dengarkan lagu tema Serah untuk FF XIII-2 di bawah ini:



English Lyrics:

You rest inside my mind since the day you came
I knew you would be with me
All the time we spent, what we shared was surely
Warm enough to know you cared for me

-Instrumental-

Light floods through memories, helps me walk my path
I'll keep my head up high
Words and faith, and love, your strength gives me hope
Someday I'll find you with open arms 


Di Lightning Returns: Final Fantasy XIII-2, salah satu NPC di Yusnaan bernama Olga akan menyanyikan "Serah's Theme ~Memories~" tetapi digubah ke dalam bentuk permainan piano saja. Namun, bila pemain menginginkan Olga bernyanyi lagu ini, pemain harus menyelesaikan permintaan dia dalam quest: Songless Diva. Judul lagu yang digubah dalam bentuk piano ini berjudul "Serah's Theme -Piano Version-" dan terdapat di trek lagu nomor 12 dari album musik Lightning Returns: Final Fantasy XIII-2 Original Soundtrack PLUS. Seperti inilah alunan musiknya:





Motif dari "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" dipakai untuk mengkomplitkan susunan lagu-lagu FF XIII-2 lainnya, berikut di bawah ini beberapa contohnya:

  • The Last Hunter



"The Last Hunter" adalah lagu bertarung petarungan acak atau random di FF XIII-2. "The Last Hunter" video di atas adalah versi panjang dari "The Last Hunter" yang terdapat di album FF XIII-2 OST Disc 2 nomor 3. Walaupun susunan komposisi lagu ini sebagian besar menggunakan leitmotif Noel: "Noel's Theme", motif "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" dimainkan dengan petikan gitar elektrik dan gesekan biola. "The Last Hunter -original long edition-" di atas diambil dari album Final Fantasy XIII-2 Original Soundtrack PLUS (FF XIII-2 OST PLUS) dan bernomor trek lagu ke-3. "The Last Hunter" diciptakan oleh Mizuta-san. 

  • Missing Link





ORIGA
Disini motif "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" dinyanyikan oleh vokal yang mengumandangkan "aaaahh" sambil diringi oleh dentingan piano yang terdengar sayup-sayup. "Missing Link" akan muncul apabila Serah dan Noel berhasil mengalahkan bos bernama Atlas dan menjadi lagu latar baru untuk Bresha Ruins tahun 5 AF setelah melawan Atlas. "Missing Link" terdapat di Disc 2 dengan nomor lagunya adalah 6 di FF XIII-2 OST, "Missing Link" diciptakan oleh Suzuki-san. Satu hal yang nyaris terlewat, vokalis yang mengisi "Missing Link" adalah ORIGA. Nama yang tidak asing untuk pecinta Anime, bukan? ORIGA terkenal sebagai vokalis yang mengisi OST Anime Ghost In the Shell

  • Hope's Theme -Tomorrow's Dream-





Lagu tema Hope Estheim di FF XIII-2 mengkombinasikan lagu tema miliknya yang ada di FF XIII dengan motif "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~". Motif "Wishes" terdengar di permainan gitar dan gesekan biola dan cello. "Hope's Theme -Tomorrow's Dream-" dimainkan secara jazzy dan akustik. "Hope's Theme -Tomorrow's Dream-" terdapat di album FF XIII-2 OST Disc 2 dan bernomor 10. Lagu ini diciptakan oleh Hamauzu-san.

Beberapa lagu yang memakai motif "Final Fantasy XIII-2 ~Wishes~" telah dijabarkan di atas. Lagu-lagu yang menggunakan motif "Wishes" dengan tekstur yang tipis terdapat pada komposisi lagu-lagu seperti "Noel's Theme", "Memories for the Future", "Caius's Theme", "Yeul's Theme", "Lightning's Theme -Unprotected Future-", dan "Promise to the Future". Kalian bisa mengeceknya di album FF XIII-2 OST bila tidak mempercayai saya hehehe. Dengarkan dengan cermat, itu pesan saya hehehe.


  • Prismelody: Chocobo / Wishes




Mengapa lagu khas Chocobo bergabung dengan "Wishes"? Karena, ada Chocolina di World of Final Fantasy. Jangan bilang lupa siapa dia... Perempuan ini berjasa loh di FF XIII-2 dan LR: FF XIII karena menjajakan barang-barang yang dibutuhkan banget saat perjalanan di toko miliknya. Yep, seorang pedagang keliling yang berpakaian serba merah yang mirip chocobo yang itu! Sekaligus wujud manusia anak chocobo yang sering ngumpet di dalam afro Sazh

Chocolina menamai dirinya sendiri di World of FF sebagai Chocolatte dan nama tokonya adalah Chocolatte Mart. Sesekali dia tidak sengaja menyebut nama aslinya yaitu Chocolina ketika didekati oleh Si Kembar Reynn dan Lann. Oh ya, judul lagu ini juga diciptakan oleh Masashi Hamauzu, beliau juga berperan menangani musik World of Final Fantasy. 


Final Fantasy Tactics


Main Theme FFT adalah "Hero's Theme". "Hero's Theme" dan musik FFT yang tergabung dalam album Final Fantasy Tactics Original Soundtrack (FFT OST) dicinptakan oleh Hitoshi Sakimoto. Berikut di bawah ini alunan nada dari "Hero's Theme":





"Hero's Theme" mengalun di beberapa petarungan dan cuplikan adegan di FFT. Contoh adegan di FFT yang memakai "Hero's Theme" sebagai lagu latarnya adalah ketika Barbaneth Beoulve berbicara untuk terakhir kalinya kepada anak-anaknya, Rapha Galthena bercerita bahwa dia seorang yatim piatu, saat Ramza Beoulve dan kawan-kawan mencoba mencari tahu keberadaan adiknya, Zalbaag Beoulve mengaku dialah peracun dan pembunuh ayah Ramza, dan terakhir ketika membaca Scriptures of Germonique. "Hero's Theme" berada di Disc 1 nomor 14 di dalam album FFT OST. 


Note from Writer:

Artikel ini harus dibagi dua dikarenakan banyak sekali varian musik yang harus dibahas. Plus, supaya kalian juga yang membaca artikel pembahasan Main Theme dari prekuel, sekuel, dan spin-off tidak pusing dengan banyaknya tulisan yang saya buat. Hm, saya mencoba menilik-nilik favorit saya, ada yang bisa menebak? 

Favorit saya hampir semua tapi yang benar-benar disukai adalah "CRISIS CORE THEME -Truth of the Project-", "The Burdened", "Serah's Theme ~Memories~", dan "The Last Hunter". Saya menyukai "Truth of the Project" karena walaupun kejadian di dalam game-nya tersingkap kebenaran yang membuat marah dan terkejut, hebatnya bukan lagu yang membuat deg-degan dan musik metal atau horor yang melukiskan suasana begitu tetapi musik kuartet bertempo cepat. Alasan menyukai "The Burdened" karena dimainkan di gereja Aerith cocok untuk membutuhkan waktu sendiri di tempat yang suci seolah-olah malaikat sedang memainkan musik dari Surga. "Memories" karena menurut saya ini lebih mendiskripsikan Serah lebih baik ketimbang lagu tema miliknya di FF XIII. Terakhir, "Last Hunter"; saya suka sekali gitar elektrik yang dipadu dengan gesekan biola solo di lagu ini. 

Oh iya, sebelum menutup sesi ini, ada kabar duka. ORIGA telah meninggalkan kita semua di usia ke-44 pada 17 Januari 2015 lalu. ORIGA telah lama bertarung melawan penyakit kanker paru-paru tetapi Tuhan berkehendak lain dan tidak mampu lagi tubuhnya melawan penyakit ini hingga akhirnya meninggal bulan lalu. Saya, walaupun mengenal ORIGA dari FF XIII-2 sebagai vokalis yang mengisi trek-trek lagu FF XIII-2 yaitu "New Bodhum", "New Bodhum -aggressive mix-", "Historia Crux", "Parallel World", "Parallel World -aggressive mix-", dan "Space-Time Interval"; turut mengucapkan bela sungkawa dan berharap ORIGA bisa istirahat dengan tenang disana[1]

Artikel Part II adalah artikel terakhir dari pembahasan Main Theme dari prekuel, sekuel, dan spin-off FF, mau tahu apa saja? Tunggulah, jangan sampai terlewatkan! Sampai ketemu lagi!




TO BE CONTINUED


References:
  • [1] http://www.crunchyroll.com/anime-news/2015/01/18-1/ghost-in-the-shell-stand-alone-complex-theme-singer-origa-passes-away. 




Comments