Have Fun-Diac with Zodiac PI (alternative name for Indonesian Reader: 12 Signs of Zodiac)

by: Nabila Rhapsodios




INTRODUCTION-STORYLINE


Zodiac PI atau nama terkenal di kalangan pembaca komik Indonesia adalah 12 Signs of Zodiac. Komik ini hits di Indonesia pada tahun 2003-2005, komik ini salah satu bagian dari kumpulan komik remaja Nakayoshi versi terjemahan bahasa Indonesia. Komik ini merupakan hasil karya komikus Natsumi Ando. 12 Signs of Zodiac mengikuti kisah remaja berusia 13 tahun bernama Lili Hoshizawa (pembaca Indonesia mengenalnya sebagai Riri Hoshizawa) dalam memberantas kasus kriminal dengan bantuan roh yang bernaung di bawah setiap zodiak lewat cincin peninggalan ibunya yakni Star Ring (bahasa Indonesia: Cincin Bintang). Setiap kali Lili terlibat dalam penanganan kasus-kasus kriminal, Lili memakai nama samaran Detective Spica (nama Indonesia: Detektif Spica) supaya tidak diketahui oleh sang ayah dikarenakan sang ayah sangat menentang Lili untuk membantunya memecahkan kasus kriminal dan takutnya Lili akan hilang dari sisinya seperti istrinya. Identitas Lili sebagai Spica lambat laun diketahui oleh teman masa kecil yang telah lama tidak dilihatnya yaitu Hiromi Oikawa. Akhirnya mereka bekerja sama dalam satu tim. Secara berskala, Spica-Hiromi berjumpa dengan sosok rival penyidik misterius bernama Sirius yang bermaksud menguji keahlian mereka berdua di bidang investigasi kriminal.

Hiromi memiliki alergi terhadap perempuan. Kakak perempuan Hiromi yaitu Megumi Oikawa membeberkan penyebab alergi milik Hiromi adalah Lili dimana 10 tahun yang lalu Hiromi menunggu Lili di tempat yang dijanjikan nyaris 1 jam lebih saat hujan sedang turun dengan derasnya. Hiromi mengira Lili tidak membaca sama sekali surat cinta yang ditujukan kepadanya atau Lili membacanya tetapi memutuskan untuk tidak menemui Hiromi. Karena merasa ditolak inilah maka Hiromi 'alergi' kepada perempuan. Lili berhadapan dengan kasus lebih berbahaya yang mengakibatkan sang ayah diculik oleh seorang hipnosis licik yaitu Zeus. Zeus menggunakan ayah Lili sebagai orang yang ditawarkan untuk diselamatkan sebagai penukar Star Ring. 

Menyadari bahwa Sirius adalah ibu yang telah lama hilang, Lili melepaskan kontrol hipnosis Zeus dari diri ibunya. Ternyata Sirius sengaja menghilang dari sisi keluarganya sebagai dalih melindungi Lili serta suaminya dari Zeus yang sangat dendam kepadanya dan bersungguh-sungguh ingin melenyapkan dirinya. Sirius ketakutan apabila tetap berada di tengah-tengah keluarganya maka Zeus juga ingin melenyapkan keluarganya. Motif Zeus dendam kepada Sirius adalah pada masa lalu, Sirius menculik dan menyakiti tunangannya tepat di depan matanya sehingga semenjak kejadian ini, bertahun-tahun lamanya tunangan perempuan Zeus jatuh koma. Lili-Hiromi menemukan kisah sebenarnya atas kejadian Zeus-Sirius tersebut, terungkap bahwa tunangan perempuan Zeus menyadari di dalam diri Zeus terbit sebuah obsesi kepada benda yang dinamakan Star Ring. Dipercaya oleh Zeus, Star Ring dapat memberi dia kekuatan tambahan untuk membantunya menjadi ahli hipnosis hebat sepanjang masa. Obsesi dalam diri Zeus menciptakan keretakan dalam hubungan yang sedang dijalaninya sehingga berujung membuat tunangan perempuannya ketakutan bahwa masa depan mereka berdua hancur oleh Star Ring. Sebagai usaha terakhir menyelamatkan hubungan mereka dan untuk menguji cinta Zeus, sang tunangan mengontak Sirius untuk berpura-pura melaksanakan aksi penculikan palsu. Sampailah mereka di dekat tebing jurang, disana Sirius bertanya kepada Zeus hal manakah yang lebih penting untuknya antara Star Ring atau tunangan perempuannya dan Sirius menuntut Zeus mengembalikan Star Ring kepadanya. Ketika Zeus ragu-ragu menyerahkan Star Ring kepada Sirius, tunangan perempuan Zeus sangat terpukul melihat tingkahnya dikarenakan Zeus lebih memilih 'kekuatan' dibandingkan 'cinta' maka sang tunangan melemparkan diri ke jurang di bawahnya. Sirius berteriak dan berusaha menggapai tubuh perempuan malang itu tetapi apa daya, Sirius tidak berhasil menggapai tubuhnya; bersama Zeus hanya dapat menyaksikan tubuh perempuan malang itu terjun bebas ke dasar jurang. Lili menyampaikan fakta tersebut kepada Zeus. Pada akhirnya, Zeus menyadari dendam kepada Sirus salah tempat. Zeus kehilangan minat terhadap Star Ring dan ingin fokus membenahi hubungan dengan sang tunangan jadi dia melepas Lili, Hiromi, Sirius, dan ayah Lili. 

Akhir cerita, Lili menerima pengakuan cinta Hiromi, Sirius kembali ke keluarganya dan melanjutkan bisnis juru ramal miliknya yang telah lama ditinggalkan olehnya (di dalam komik Lili sempat mengambil alih kerjaan ibunya yang satu ini), dan terakhir Lili tetap melanjutkan karir sebagai penyidik kasus kriminal dengan bantuan Hiromi. 


Zodiac Corner

Bagi pembaca komik satu ini, kalian tahu di komik ini selalu menyematkan tips atau pembahasan personalitas berdasarkan zodiak masing-masing individu? Ayo, ada yang masih ingat tidak? Artikel ini tidak seperti yang pernah saya tulis sebelumnya. Kali ini saya tidak akan mengulas musik dan karakter ataupun dunia komik ini secara mendalam dikarenakan saya lebih ingin membagi astrologi versi 12 Signs of Zodiac ke blog ini, tentunya dikemas menggunakan bahasa saya sendiri beserta informasi lain yang berhasil saya himpun dari macam-macam sumber hehehe. Tujuannya hanya untuk kesenangan dan nostalgia semata, tidak lebih. Sebagai permulaan bacalah dulu petunjuk-petunjuk di bawah ini:

1. Tanggal Zodiak (berdasarkan komik Zodiac PI)

Capricorn --> 21 Desember - 19 Januari
Aquarius --> 20 Januari - 18 Februari
Pisces --> 19 Februari - 20 Maret
Aries --> 21 Maret - 20 April
Taurus --> 21 April - 20 Mei
Gemini --> 21 Mei - 20 Juni 
Cancer --> 21 Juni - 20 Juli
Leo --> 21 Juli - 20 Agustus
Virgo --> 21 Agustus - 20 September
Libra --> 21 September - 20 Oktober
Scorpio --> 21 Oktober - 20 November
Sagittarius --> 21 November - 20 Desember

2. Roh Zodiak (berdasarkan komik Zodiac PI)

Roh Zodiak berdasarkan tokoh dari mitologi Yunani yang diyakini menaungi 12 zodiak yang kita kenal. Beginilah daftar nama-namanya beserta kisah "belakang layar" yang saya kumpulkan dari beragam sumber:

a. Capricorn --> Parn
Merujuk pada Dewa Pan dalam mitologi Yunani. Dipercaya merupakan Dewa Alam, Dewa Yang Liar, Dewa Penggembala, Dewa Kawanan Kambing, Dewa Alam Gunung Liar, dan sering diasosiasikan terhadap simbol seksualitas. Dewa Pan memiliki bentuk tubuh layaknya makhluk satir.

b. Aquarius --> Ganymede
Figur pahlawan surgawi yang berasal dari kota Troy. Terkenal akan kisahnya yang diculik oleh Dewa Zeus sewaktu berubah wujud menjadi seekor elang, untuk dijadikan pemegang cangkir di Olympus. Zeus mengubahnya menjadi makhluk abadi dan tidak pernah tua. Untuk mengharumkan namanya, Zeus menempatkan Ganymede di atas langit konstelasi Aquarius yang memiliki keterkaitan dengan Elang (Aquila). Ganymede sering dicap sebagai makhluk fana terindah.

c. Pisces --> Aphrodite
Merujuk pada Dewi Aphrodite yang terkenal sebagai Dewi Cinta, Dewi Kecantikan, dan Dewi Seks. Rupa Aphrodite begitu cantik sampai-sampai para dewa dan dewi ketakutan akan terjadi perang dalam hal merebut hati Aphrodite. Tanggap dengan keadaan ini, Dewa Zeus menikahkan Aphrodite kepada Dewa Hephaestus yang karena rupa tidak begitu indah dan kecacatannya, tidak dilihat sebagai saingan oleh pengagum Aphrodite.

d. Aries --> Aries
Di komik, Aries adalah roh zodiak untuk zodiak Aries. Kemungkinan besar, Aries ini merujuk pada Dewa Perang dalam mitologi Yunani yaitu Dewa Ares. Dewa Ares mewakili simbol kekerasan fisik dan aspek liar dalam perang. Dewa Ares berlawanan dengan adiknya yaitu Dewi Athena yang dikenal sebagai Dewi Kecerdasan/Dewi Kebijaksanaan sekaligus mewakili simbol intelektualisme, strategi militer, dan keahlian militer. 

e. Taurus --> Io
Seorang fana yang bekerja sebagai pendeta wanita dan salah satu kekasih fana dari Dewa Zeus. Suatu hari, Zeus memperhatikan keberadaan Io dan menggebu-gebu ingin memiliki Io. Untuk menyembunyikan Io dari perhatian Dewi Hera yang notabene adalah istri sahnya, Zeus mengubahnya menjadi seekor lembu walau di lain versi tindakan pengubahan Io ini dilakukan oleh Hera. Kemudian, Zeus melepaskan Io yang masih berwujud seekor lembu. Io mengembara tanpa arah sembari mengalami kutukan cemburu dari Hera yang tiada henti mengiriminya lalat pembunuh ternak. 

f. Gemini --> Castor & Pollux
Castor & Pollux adalah anak dari Dewa Zeus yang berstatus setengah manusia dan setengah Dewa maka dari itu kembar ini masuk kategori makhluk setengah fana dan setengah abadi. Zeus menghamili Leda; ibu Castor & Pollux sewaktu Zeus berwujud angsa, kisah mereka tertulis dengan judul Leda and the Swan. Castor & Pollux adalah saudara kembar berjenis kelamin laki-laki dan mereka berdua dipanggil Dioskouri. Saat Castor terbunuh oleh kakak ipar yang iri, Pollux meminta kepada Zeus supaya sisi abadi penuh yang dimilikinya diberikan kepada Castor supaya mereka tidak terpisah dan Zeus menyetujui keinginan Pollux dengan mengubah mereka berdua menjadi bagian dari konstelasi Gemini. Mereka berdua diyakini sebagai pelindung para pelaut dan juga diasosiasikan terhadap keahlian unggul dalam hal berkuda. 

g. Cancer --> Praesepe
Praesepe bukanlah nama Dewa/Dewi ataupun figur dalam mitologi Yunani. Praesepe atau nama lain yang dikenal Beehive Cluster merupakan open cluster/galactic cluster. Open cluster itu sendiri adalah sebuah grup ribuan bintang yang terbentuk dari awan molekular raksasa yang sama dan semua bintangnya seumuran. Praesepe adalah kluster bintang paling dekat dari galaksi Bima Sakti serta ukuran bintang-bintangnya paling besar dibandingkan kluster bintang lain yang berjarak tidak jauh dari Bima Sakti. Praesepe mudah ditemui apabila posisi konstelasi Cancer sedang tinggi-tingginya di langit. Praesepe merupakan favorit penggiat astronomi amatir untuk dilihat karena preposisi derajatnya mudah ditemukan. 

h. Leo --> Regulus
Sama seperti Praesepe, Regulus juga bukan nama Dewa dan Dewi mitos Yunani. Regulus adalah nama bintang paling bersinar di dalam konstelasi Leo begitu juga salah satu bintang paling cerah di atas langit Bumi yang berjarak 75 juta tahun cahaya dari Bumi. Regulus merupakan nama bahasa Latin yang berarti "pangeran" atau "raja kecil". 

i. Virgo --> Demeter
Demeter terkenal sebagai Dewi Agrikultur yang memimpin pertumbuhan gandum dan kesuburan di Bumi. Meskipun Demeter terkenal berperan di bidang agrikultur, Dewi Demeter juga pemimpin bidang hukum suci serta penjaga keberlangsungan siklus kehidupan serta kematian.

j. Libra --> Astraea/Astrea
Astrea sering disebut sebagai perawan bintang-bintang maka dari itu mendapat titel Dewi Kemurnian. Dewi Astrea mewakili simbol keadilan maka dia juga dikenal sebagai Dewi Keadilan. Astrea adalah satu makhluk abadi yang tinggal bersama manusia sewaktu era Golden Age dalam kepercayaan Yunani. Melarikan diri dari kehidupan bersama manusia dikarenakan ditemukannya kejahatan-kejahatan baru, Demeter pergi ke Surga dan menjadi bagian dari konstelasi Virgo. Kembalinya Dewi Astrea ke Bumi sangat ditunggu-tunggu untuk pemercaya dirinya dan diyakini dapat mengembalikan utopia ke Bumi. 

Di komik Zodiac PI, Astrea dijadikan Roh Zodiak Libra dikarenakan titel dan simbol yang diwakilkan olehnya. Di pihak lain, sesungguhnya Dewi Dike menjadi perwakilan konstelasi Libra karena membawa timbangan dan terkadang sering diasosiasikan dengan Astrea, sang Dewi Kemurniaan dan Dewi Keadilan dari konstelasi tetangga yaitu Virgo. Astrea juga satu dari sekian banyak julukan yang diberi kepada Dike dengan merujuk kepada penampakan di langit yang sangat dekat ke konstelasi Virgo yang sering dikatakan diwakilkan juga oleh Astrea. Hal ini pun merupakan refleksi simbol asosiasi antara Astrea dan Dike yang sama-sama memiliki kesamaan ikonografi timbangan serta simbol keadilan.   

k. Scorpio --> Antares
Sama seperti Praesepe beserta Regulus, Antares juga nama bintang. Antares adalah bintang ke-15 yang paling terang di langit malam dan terdapat di dalam konstelasi Scorpio serta disebut sebagai 'bintang inti konstelasi Scorpio'. 

l. Sagittarius --> Chiron
Chiron merupakan figur makhluk setengah manusia dan setengah kuda (Centaur) dalam mitologi Yunani. Keahlian pribadi miliknya yaitu di bidang meracik obat-obatan, musik, memanah, dan meramal sanggup melampaui kemampuan milik ayah angkatnya yaitu Apollo serta Dewi Artemis dalam bidang-bidang yang telah disebutkan. Chiron juga selaku guru dari sederet pahlawan Yunani sebut saja seperti Achilles, Heracles, Perseus, dan Ajax serta masih banyak lagi.

Sekarang, tanpa membuang waktu lebih lama lagi, saya mengulas zodiak sampai benar-benar lepas dari kulitnya. Inilah main course artikel ini:

a. Capricorn


Pelindung zodiak Capricorn adalah Parn. Orang-orang berzodiak Capricorn digambarkan sebagai sosok rajin dan memiliki rasa tanggung jawab yang kuat. Baru pertama kali bertemu, sekilas mereka tampak kaku berhadapan dengan kalian. Orang-orang Capricorn memiliki hati yang baik tetapi sayangnya rata-rata mereka orang yang terlambat bersikap serta berpikir dewasa. 

Para lelaki yang terlahir di bawah naungan Parn ini merupakan tipe yang suka menutupi perasaan cintanya dari orang-orang di lubuk hatinya yang paling dalam. Wahai pujangga cinta Parn, ingatlah perempuan hanyalah manusia biasa yang mayoritas tidak bisa membaca pikiran! Jangan terus-menerus melakukan permainan kode-kodean! Tipe perempuan yang disukai oleh lelaki Capricorn adalah perempuan alami; menjadi dirinya sendiri dan menyukai perempuan yang berkata terus terang terkait pembahasan apapun. Akibat dari para lelaki berzodiak Capricorn suka sekali mengubur perasaan cinta di hati; cinta dirasa cocok dinikmati seorang diri, tanpa sengaja mereka pernah keceplosan mengatakan hal yang tidak mengenakkan kepada perempuan yang ditaksir di kesempatan yang ada...

Capricorn dipengaruhi karakteristik Saturnus sebagai simbol planetnya, membuat orang-orang berzodiak ini sangat maniak kerja alias workaholic. Mindset mereka seperti slogan pemerintahan negara kita saat ini: "Kerja! Kerja! Kerja!". Jika sudah terlibat urusan pekerjaan, wah sudah deh lupa waktu. Jadi jika kalian punya sanak famili, pacar, suami, atau istri terlahir dengan zodiak ini dan kebetulan workaholic, jangan segan mengingatkan mereka misalnya untuk makan, istirahat, dan mengerem mereka untuk melakukan tumpukan kerjaan. Namun, kalian harus sabar banget apabila himbauan kalian demi kemaslahatan kesehatan dan pikiran mereka yang dikirim lewat BB, Line, Whats App atau apalah media yang kalian gunakan plus telepon; tidak digubris atau hanya dibaca atau bilang '..ya. ya. Sudah ya, nanti aku telepon lagi' saat menelepon, mereka sedang tercelup dalam banget di kolam kerja dan sedang sibuk. Mereka sangat tidak senang diganggu ketika sedang kerja apalagi diteror dengan rentetan pertanyaan: 'Kapan pulang?'; 'Selesai jam berapa?', 'Sudah selesai belum kerjaannya?'; 'Lama banget ditungguin, belum pulang ke rumah?'; 'Halo!!! Baca isi BBM/Line/Whats App kali!!'; dan rentetan miscall yang ditujukan kepadanya (namanya juga workaholic, fokus mereka pada pekerjaan). 

Orang Capricorn selain workaholic, juga merupakan pribadi yang dapat menghargai waktu makanya moto satu lagi selain "Kerja! Kerja! Kerja!" adalah "Waktu adalah uang!", selaras bukan hubungan keduanya? Semua daftar pekerjaan terjadwal rapi dan mereka akan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Selain kedua hal ini, mereka adalah individu ulet; gigih melaksanakan tugas yang diberikan. Kejelekan zodiak ini adalah mudah gugup dikarenakan terlalu berharap hasil sempurna. 

Elemen Zodiak: Tanah.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Sabtu dan warna cokelat.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Pendidik dan Politikus.
Jalinan Asmara: Berpegang teguh pada hal-hal positif dalam bidang percintaan sayangnya karena terlalu fokus pada hal-hal positifnya saja, membuat sedikit menutup mata pada hal-hal negatif dalam percintaan sehingga dapat mengalami patah hati atau merasakan cinta satu sisi. 
Tips Lebih Akrab Dengan Capricorn: Orang-orang berzodiak Capricorn sangat suka menonton film ataupun mengawasi dunia musik. Kalau mau, ajaklah mereka menonton film yang sedang hits atau menonton film yang mereka sukai, menonton konser musik idola mereka/menonton konser selaras dengan genre favorit mereka, serta membelikan CD musik incaran dari idola/membeli CD sesuai genre yang mereka suka. 
Tanda Matahari/Simbol Planet: Saturnus. 

b. Aquarius



Aquarius dipengaruhi karakteristik planet Uranus serta roh Ganymede adalah zodiak yang menjunjung tinggi kecerdasan. Para orang terlahir dengan zodiak ini menyukai pandangan menuju masa depan istilah kerennya adalah seorang yang visioner. Selain seorang visioner, mereka suka sekali hal-hal yang berbau futuristik; entah itu dekorasi yang mencerminkan demikian, ranah di dalam otaknya, film/game/buku yang mengusung tema tersebut. Mereka senang melibatkan diri dalam topik 'Selamatkan Bumi! Selamatkan Dunia dari [masukkan sendiri judulnya]' dan organisasi kemasyarakatan dikarenakan mereka berusaha menempatkan diri sebagai 'Pahlawan'/'Penyelamat/Penolong'. Jiwa kepedulian memang melekat sekali dalam diri orang-orang Aquarius, mau contoh selain kalimat sebelumnya? Misalnya, harga bahan bakar minyak (BBM) kadang setiap tahun mengalami kenaikan tarif maka setiap orang cenderung memilih membeli mobil hemat bahan bakar dan ada juga orang yang melakukan pengetatan ikat pinggang alias berhemat untuk membeli BBM. Kamu tahu? Orang-orang Aquarius tidak termotivasi dengan keduanya, mereka malah akan melakukan aksi demo mengelu-elukan 'Selamatkan Dunia dari Pencemaran!'. Bisa kalian bayangkan?

Orang bernaung di bawah karakteristik planet Uranus ini, memiliki sikap keren yang mampu membuat orang-orang disekitarnya meleleh selanjutnya, mereka dapat memperlakukan semua orang sama. Mereka senang sekali berkecimpung di dunia teknologi misalnya komputer atau mekanik. 

Berbicara mengenai mode... Perempuan berzodiak Aquarius tidak terlampau suka mengikuti zaman karena merekalah justru yang menciptakan zaman mode berpakaian untuk dirinya sendiri dan hal ini dapat dijadikan inspirasi untuk orang-orang di sekitarnya sehingga jangan kaget jika mereka tiba-tiba muncul dengan selera mode yang menonjol dari yang lain dan pastinya trendi plus funky!

Elemen Zodiak: Angin.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Sabtu dan warna biru.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Penemu dan Pilot.
Jalinan Asmara: Zodiak ini lebih dulu memulai suatu hubungan melalui hubungan pertemanan. Alasannya adalah Aquarius tidak menaruh minat pada hubungan asmara yang penuh gairah. 
Tips Lebih Akrab Dengan Aquarius: Ajak atau undang orang-orang berzodiak Aquarius ke dalam sebuah kelompok maka dengan bergabungnya mereka ke dalam kelompok kalian, kalian sungguh beruntung! Ingat mereka seorang yang visioner dan cerdas, kelebihan yang mereka punya secara alami diharapkan mampu memajukan kelompok menuju masa depan cerah!
Tanda Matahari/Simbol Planet: Uranus.

c. Pisces



Wah jika berbicara zodiak yang satu ini, kalian tidak akan henti-hentinya menenangkan mereka dengan rangakaian kalimat penenang dan menyodorkan tisu/saputangan... Pisces merupakan raga Dewi Aphrodite serta anaknya yang bernama Eros. Orang yang berada di bawah naungan raga Aphrodite ini adalah sosok yang sangat romantis, mudah sekali bercucuran air mata, dan memiliki hati yang murni. 

Memiliki hati yang murni karena Pisces tidak bisa berpaling dari orang yang dirasa membutuhkan sebuah bantuan dikarenakan Pisces selalu ingin membantu dalam hal sekecil apapun walaupun cara memberi bantuannya akan mengorbankan apapun dari hal-hal yang dimilikinya. Seorang yang sangat romantis karena Pisces, tipe orang yang lebih untuk cinta dibandingkan kedudukan atau kehormatan makanya Pisces sungguh-sungguh mendedikasikan diri kepada pasangannya. Suka sekali bercucuran air mata karena orang berzodiak ini hanya bergerak oleh perasaan, hatinya begitu lembut nan sensitif. Cara pemecahan konflik (apabila tidak memiliki opsi lain lagi) diselesaikan dengan cucuran air mata dan membeberkan duka lara yang dirasakan dalam hati dampak dari konflik sehingga mampu membuat lawan bicara merasa sangat berdosa telah membuat Pisces menangis! Tapi, di sela-sela tangisan, ujung-ujugnya Pisces menempatkan diri sebagai pihak penerima dan pengalah. Dia menangis sebagai peluru terakhir untuk meretakkan hati sekaligus melembutkan hati lawan bicaranya. Pices, kalian suka mengorbankan apapun untuk menolong sebaiknya kalian waspada menempatkan kepercayaan milik kalian kepada orang-orang yang kalian tolong supaya tidak tertipu! Tolong diingat, jangan pernah mencoba menyakiti hati orang Pisces! Kerugian yang didapat setelah membuat Pisces menangis ya hanya tisu di rumah/mobil/tas habis atau saputangan penuh air tangisan... Hehe. Satu lagi, zodiak ini tertarik pada glamor atau kemewahan.

Para lelaki yang terlahir dengan zodiak Pisces merupakan pribadi yang mudah jatuh cinta. Sedikit saja ada kebaikan atau perhatian lebih untuknya dari seorang perempuan, wow lelaki Pisces dapat langsung suka! Oke, wahai pujangga cinta Aphrodite, banyak-banyaklah mengenali tanda-tanda perempuan yang sungguh menaruh ketertarikan padamu dan tanda-tanda perempuan bersikap baik kepadamu semata karena profesionalisme atau ingin menjaga hubungan baik dikarenakan tidak semuanya kebaikan ditujukan kepada kalian adalah cinta, supaya kalian tidak termakan fantasi romantik kalian yang ujung-ujungnya membuat kalian menderita! Lelaki Pisces menyukai tipe perempuan yang memiliki senyum menawan. 

Urusan mode, perempuan berzodiak Pisces umumnya menyukai seni sehingga selera modenya harus terefleksikan pada segala sesuatu yang indah dan artistik. Perempuan Pisces menyukai aksesoris yang simpel serta praktis dikarenakan tidak terlalu tertarik dengan selera mode yang ramai dan heboh. Perempuan Pisces tidak cepat bosan memakai satu mode kemana-mana berulang kali. 


Elemen: Air.

Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Kamis dan biru laut.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Peramal dan Perawat.
Jalinan Asmara: Apabila Pisces telah jatuh cinta kepada seseorang, Pisces rela memberikan segala-galanya untuk menyenangkan hati seseorang yang telah membuatnya jatuh cinta. Jika mempunyai pasangan berzodiak Pisces, setiap harinya kalian dihujani hal-hal romantis. Beruntung sekali kalian...!
Tips Lebih Akrab Dengan Pisces: Orang yang terlahir berzodiak Pisces secara alami memiliki hati lembut nan sensitif dan mudah menitikkan air mata, lebih baik ajak mereka ke karaoke atau konser supaya mengalihkan perasaan mereka dari duka lara beban hidup yang mereka hadapi plus keuntungan untuk orang Pisces dapat bersenang-senang sejenak.
Tanda Matahari/Simbol Planet: Neptunus.

d. Aries



Zodiak Aries adalah zodiak urutan paling pertama dikalangan 12 zodiak yang kita kenal (bukan Capricorn, kawanku). Di dalam diri zodiak ini bergelora semangat perjuangan kemerdekaan 1945 karena pelindungnya adalah Dewa Perang, Ares. Di dalam diri Aries melekat sifat positif dan enerjik. Aries sangat suka mencoba hal-hal baru sebagai langkah menguji ketahanan yang dimilikinya, apapun tantangan yang ditemui mereka hadapi dengan penuh semangat. Berhadapan dengan orang terlahir dengan zodiak ini, harus mewaspadai sifat egois miliknya karena mampu membawa angin ribut ke dalam sebuah hubungan. 

Pelindungnya adalah Ares yang sering diasosiasikan terhadap planet Mars dimana keduanya sama-sama mewakili simbol peperangan, maka tidak heran zodiak ini merupakan perusuh. Zodiak Aries tidak bisa memepertahankan kepala dingin bila dihadapi keadaan yang rusuh, mereka akan ikut menambah sakit kepala orang lain yang terlibat dalam kerusuhan yang telah ada dengan ulah rusuhnya. Kemudian, orang yang dipengaruhi planet Mars ini juga merupakan individu pemberontak jadi jangan mencoba mengekang Aries! Orang Aries ingin sekali menjadi pusat perhatian tapi mayoritas semua bersifat "ramah"... "Ramah" karena saat mendapatkan nada sinis yang ditujukan kepadanya, mereka dapat membalas semua kesinisan-kesinisian dengan nada sinis dua kali lipat yang berefek merusak sehingga membuat nyali seseorang kecut. Kalau mau dekat dengan Aries, cobalah beri senyum menawan dan bersifat ramah maka Aries akan menjadi individu yang naif dalam sekejap mata.  

Perempuan terlahir dengan raga Ares di dalamnya, merupakan pencipta tren mode. Mereka mampu mengubah penampilan sesuai tren yang menjadi ciri khas dari mereka, mereka melakukan ini dikarenkan mereka orang yang cepat merasa bosan sehingga mereka harus melakukan eksperimen mode hampir tiap hari dalam satu tahun. Perempuan berzodiak Aries tidak takut bergaya aneh seperti pemilihan warna rambut tidak biasa atau memakai rambut palsu super ribet hanya untuk melakukan penyesuaian dengan baju yang mereka pakai.

Lelaki yang dilindungi oleh raga sang Dewa Perang ini mungkin dapat dikatakan mudah bingung dalam hal percintaan. Mengapa? Karena mereka dilabeli masuk kategori 'orang populer' di sebuah kelompok tanpa diminta, sejujurnya mereka mengharapkan di dalam hati mendapatkan pengakuan 'cowok paling populer' terucap dari mulut orang lain langsung ke hadapannya. Ya, namanya juga zodiak tukang minta perhatian... Lelaki memiliki zodiak Aries menyukai tipe perempuan yang polos dan berwajah segar setiap hari. 


Elemen Zodiak: Api.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Selasa dan warna merah.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Jurnalis dan Petualang.
Jalinan Asmara: Aries merupakan tipe yang tidak malu mengungkapkan perasaan cinta kepada seseorang, ketika mereka menemukan target, Aries tidak malu mengungkap pengakuan cinta dalam rentang waktu yang sangat cepat. Bisa dua hari dimabuk asmara, sehari kemudian akan menyatakan cintanya! Tapi tolong diingat, jangan terlalu memaksakan perasaan, mengerti Aries?
Tips Lebih Akrab Dengan Aries: Ajak Aries melakukan aktivitas olahraga bersama dikarenakan pembawaannya yang enerjik.
Tanda Matahari/Simbol Planet: Mars.

e. Taurus


Seorang perempuan sangat cantik sampai-sampai Zeus menaruh hati kepadanya yaitu Io adalah roh zodiak berlogo kerbau/lembu ini. Taurus merupakan zodiak berhati mulia, lembut, serta penyayang kepada sesama. Taurus tidak takut kehilangan gairah hidup, hal ini berkat kewaspadaan dan upaya dari dalam diri mereka. Taurus ingin sekali mewujudkan mimpinya yakni membangun kehidupan rumah tangga yang damai. 

Zodiak Taurus dipengaruhi karakteristik planet Venus makanya orang-orang berzodiak ini memiliki sikap cantik tetapi dengan sedikit tambahan sifat keras kepala mirip dengan hewan kerbau/lembu yang susah diminta pindah berkali-kali masih saja diam sebagai bentuk penolakan. Orang-orang Taurus menjalankan aktivitasnya dengan metode yang sangat lambat tapi pasti, mirip lagi dengan hewan kerbau/lembu yang berjalan lambat. Zodiak yang dilindungi raga Io rata-rata memiliki jiwa seni atau bisnis. Mengapa begitu? Mereka menyukai segala hal terselesaikan dengan hasil yang sangat sempurna, stabil, terpacu untuk memajukan diri sendiri ke masa depan yang sukses, teliti serta jeli menilai segala hal, dan terakhir pintar melihat peluang pasar. Berhubungan dekat dengan orang yang memiliki zodiak Taurus, dijamin tidak akan bosan bahkan sanggup membuat kalian tertawa keras karena para Taurus memiliki selera humor cukup baik. 

Untuk urusan mode, perempuan Taurus yang dinaungi planet Venus, sangat identik dengan keindahan. Cenderung menyukai selera mode yang bergaya klasik, sederhana, dan elegan. Mereka tidak mudah terpengaruh dengan tren mode yang sedang meledak dimana-mana, jika mereka menemukan gaya sesuai. Gaya sesuai untuk diri mereka itu, akan dipertahankan tanpa takut ketinggalan zaman. 

Lelaki terlahir di hari serta bulan milik zodiak Taurus, sayangnya mungkin mereka tipe kurang setia kepada pasangannya. Wahai pujangga cinta zodiak Taurus, mengapa masih melirik rumput tetangga yang lebih jauh hijau padahal perempuan terpilih bagimu itu memperlakukanmu secara terhormat? Apalagi yang kau cari? Tipe perempuan yang disukai lelaki berzodiak Taurus adalah tipe perempuan imut.    

Elemen Zodiak: Tanah.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Jumat dan warna hijau tua.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Penyiar Radio/TV dan Koki.
Jalinan Asmara: Takut mendekati duluan target incaran malah terlalu hati-hati, hal bagus waspada mendekati seseorang tetapi kalau terus-menerus hati-hati, kesempatan mengenal lebih jauh target incaran akan hilang ditelan Bumi.
Tips Lebih Akrab Dengan Taurus: Ada keinginan menjalin pertemanan/persahabatan/hubungan dengan Taurus? Mereka tidak mudah membuka diri di dalam lingkungan penuh khalayak ramai... Cara jitunya adalah ajak mereka ke suatu tempat misalnya untuk makan bersama dengan jumlah orang tidak lebih dari 3, pasti mereka tidak sungkan menunjukkan siapa diri mereka sesungguhnya. Alasan ini berlandaskan kepada perihal bahwa Taurus menyukai suasana tenang bukan ramai. 
Tanda Matahari/Simbol Planet: Venus.

f. Gemini


Sama seperti Castor & Pollux, orang-orang yang terlahir berzodiak Gemini adalah pribadi yang ceria, suka bicara tanpa henti, dan romantis. Mereka cepat mengakrabkan diri dengan orang-orang yang dijumpainya. Jeleknya zodiak ini adalah cepat jenuh tetapi tidak akan bertahan lama. Satu hal yang tidak disukai dari Gemini yaitu pembicaraan basa-basi. Gemini juga individu yang tidak mudah ditebak, tidak suka hal-hal yang monoton, dan berpikiran terbuka. Hal yang menyedot minatnya adalah petualangan dan hal-hal baru jadi asyik untuk dijadikan sahabat/pasangan. Jiwa seorang Gemini berlipat; tidak ada matinya. Namun, bagian sangat tidak enaknya dari Gemini untuk kita adalah mereka bukan orang yang tepat waktu alias jam karet karena mereka mengatur aturan dan jadwal berdasar pikirannya sendiri serta tidak bisa memegang janji atas omongannya sendiri. Tunggu dulu, jangan langsung main sebal kepada mereka, kalau kamu sabar menghadapi baik dan buruk tingkah laku milik mereka, hari-hari kalian akan senantiasa segar!

Para lelaki berzodiak Gemini mencari tipe perempuan yang berbadan langsing/ramping dan menyukai tantangan. Mereka mungkin playboy yang suka sekali bermain dengan kata-kata dari satu perempuan kepada perempuan berikutnya. Kewaspadaan ekstra harus tetap menyala! 

Jika berbicara perihal mode... Perempuan-perempuan yang mempunyai Gemini sebagai astrologinya paling tidak pernah dapat mempertahankan satu gaya dalam rentang waktu yang sangat lama. Mereka sangat kreatif dan selalu tampil memukau dalam setiap kesempatan. Suasana hati ikut mempengaruhi bagaimana mereka berpakaian, jadi hari ini tampil gaya feminim, keesokan harinya tampil gaya jalanan (street style)

Elemen Zodiak: Angin.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Rabu dan warna kuning.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Diplomat dan Pramugara/Pramugari.
Jalinan Asmara: Gemini menikmati kisah cinta yang menyelimuti bagian hidup mereka. Mau kisah cinta suka, mau kisah cinta duka, mau kisah sakit hati, mau kisah pengkhianatan, bagi mereka semua itu dinikmati saja; hitung-hitung dapat petikan moral. Kejelakan zodiak ini jika sudah dapat pasangan, masih suka melirik yang lain sehingga menimbulkan pertanyaan: Apa setelah menikah pun, naluri selingkuhnya tampak ke permukaan? 
Tips Lebih Akrab Dengan Gemini: Para orang yang mempunyai zodiak Gemini, sangat suka belanja. Jangan lupa ajak mereka untuk ikut belanja bersama kalian!
Tanda Matahari/Simbol Planet: Merkurius.

g. Cancer


Kecocokan pasangan untuk Cancer, salah satunya adalah Capricorn karena Cancer adalah simbol keibuan sementara Capricorn merupakan simbol kebapakan sehingga keduanya sama-sama pembina rumah tangga yang handal. Sifat-sifat yang dimiliki Cancer adalah lembut, sensitif, cerdas berbagi hal apapun untuk teman atau lawan dan tentu saja kekasih. Cancer harus dibuat yakin sekaligus nyaman untuk masalah hati kalau kalian tidak mau mereka mengumpet kembali ke dalam cangkangnya. 

Elemen Zodiak: Air.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Senin dan warna putih.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Pemandu Wisata dan Pemilik Jasa Boga/Jasa Katering.
Jalinan Asmara: Cinta mereka hangat layaknya cinta milik seorang ibu. Tertarik mendapatkan cinta hangat dari seorang Cancer? Hendaknya kalian memulai duluan pendekatan bahkan sampai ke hal pengakuan cinta dikarenakan mereka suka menunggu, tidak aktif dalam masalah cinta. 
Tips Lebih Akrab Dengan Cancer: Berilah hadiah sebanyak dan sesering mungkin saat mereka sukses melaksanakan tugas, ulang tahun, hari jadi, tanggal pernikahan, dan lain-lain; Cancer sangat mencintai kado pemberian! Cara jitu mengajak Cancer untuk bergabung ke dalam acara jalan-jalan/beragam aktivitas, ajaklah secara positif nan halus jika tidak maka mereka akan kabur dan mengumpet ke dalam cangkang.    
Tanda Matahari/Simbol Planet: Bulan.

h. Leo



Auman singa... Raaawwrr...!! Takut... Leo berlambang singa merupakan pribadi sangat suka menempati urutan pertama di bidang apapun! Kompetitor sengit dan susah ditaklukkan seperti auman singa yang tidak mau kalah dan menunjukkan tidak takut berhadapan dengan tantangan. Leo ini ahli menarik kesimpulan masalah. Meskipun pembawaan Leo agak keras kepada teman-temannya karena berjiwa kompetitif, berapi-api, dan cerdas, Leo tidak kebal terhadap orang memohon dengan nada manja; mereka akan mengabulkan setiap permohonan dengan bersemangat! Leo juga memiliki sifat ceria serta menyenangkan walaupun ada sifat keras kepala dan egois di dalam diri mereka.

Lambang Leo adalah singa maka laksana Raja Hutan, Leo haus akan pujian dan perhatian dari sekelilingnya. Leo menempatkan pujian, citra, dan ketenaran di urutan pertama sebagai pembuktian identitas diri. Bila memiliki teman/sahabat/keluarga/kekasih berzodiak Raja Hutan ini, kalian harus mengerahkan tenaga ekstra untuk mengemas kalimat-kalimat bernada memuji, jangan pernah lelah terus melakukan itu. Tetapi, hal yang menjengkelkan, Raja Hutan akan meminta terus pujian, tidak cukup sekali atau dua kali; intinya setumpuk pujian tidak pernah cukup bagi Raja Hutan. Meskipun pahit, ada rasa manis di balik semua ini, apabila kalian tidak pernah lelah memberikan pujian kepada para orang berzodiak Leo, mereka akan membalas tindakan kalian dengan setumpuk hadiah, menjadi pribadi lebih ramah kepada kalian, dan murah hati kepada kalian. 

Lelaki yang mempunyai Leo sebagai zodiaknya, mengincar perempuan yang kalem dan rendah hati. Lelaki Leo tidak bisa menyembunyikan rasa suka kepada perempuan incaran karena langsung terlihat pada sikapnya sehingga mudah terbaca oleh orang lain. Aw, ketahuan sedang suka sama perempuan X oleh teman-teman karena gerak-gerikmu! Ciieee, tidak perlu gengsi tapi tolong jangan mengaum, tidak enak menjadi santap malam! 

Elemen Zodiak: Api.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Minggu dan warna oranye.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Aktor/Aktris dan Pengacara.
Jalinan Asmara: Sudah lambang zodiaknya hewan singa dan elemen zodiaknya api, jelas jalinan asmara zodiak ini penuh kobaran dan membuat dirinya serta pasangannya terus menggebu-gebu; penuh gairah layaknya permainan drama yang tidak henti-hentinya menyuntikkan sensasi untuk yang menonton. 
Tips Lebih Akrab Dengan Leo: Kata kunci: Simpel. Leo dapat diandalkan untuk mengurus apapun. Tinggal minta buatkan/kerjakan X, mereka semangat melakukannya. Supaya mereka tetap semangat, minta buatkan rencana permainan atau ide permainan konyol.
Tanda Matahari/Simbol Planet: Matahari.

i. Virgo



Virgo, the Virgin; salah satu julukannya. Orang-orang memiliki zodiak ini pemilik hati yang bersih dan lembut. Virgo menyukai kerapian tapi terkadang, mereka rapi kepada benda-benda atau koleksi yang disukainya saja. Mereka tidak mau benda/koleksi tercinta terlantar di bagian tempat mana dan dipenuhi oleh debu. Virgo juga sangat takut kepada kekacauan sehingga ketika dihadapkan oleh ini, mereka tidak bisa terlalu berpikir jernih karena didera rasa takut kacau. 

Virgo mudah mengerti atau memaklumi orang lain layaknya seorang perawat di rumah sakit. Virgo jago sekali dalam hubungan tim, rata-rata mereka berperan sebagai key person/team player di dalam satu tim. Zodiak ini memiliki tingkat ketelitian dari detail sekecil apapun sampai detail paling besar yang mengagumkan makanya jangan pernah mencoba mengakali mereka! Virgo merupakan zodiak yang cerdas dan anggun. Anggun disini yaitu dalam sebuah kasus ketika mereka mendapat hinaan, Virgo akan terus melangkah dengan anggunnya soalnya Virgo berpikiran praktis, mampu memilah hal yang baik dan hal yang tidak baik. Hal lainnya adalah Virgo adalah sosok yang pintar, cekatan, dan gesit. Kalian harus berhati-hati dalam berbicara dan bertindak di hadapan orang yang terlahir dengan zodiak ini apalagi jangan mencoba menipu para Virgo!  

Lelaki berzodiak Virgo, mencari sosok perempuan untuk mengimbangi dirinya dengan sosok perempuan yang memiliki tingkat intelektual cukup baik. 

Elemen Zodiak: Tanah.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Rabu dan warna krem/hijau tua.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Sekretaris dan Penulis.
Jalinan Asmara: Virgo tidak suka jalinan asmara yang rumit dan memiliki kecendrungan tidak bersikap aktif kepada pasangan. 
Tips Lebih Akrab Dengan Virgo: Mempunyai hobi yang sama dengan orang berzodiak Virgo? Apa kalian cepat akrab? Mengapa mengajukan pertanyaan ini karena Virgo cepat mengakrabkan diri dengan orang yang memiliki selera hobi dan minat yang sama dengan mereka. 
Tanda Matahari/Simbol Planet: Merkurius.

j. Libra



Sebenarnya, Dewi Astrea merupakan perwujudan konstelasi Virgo dalam mitologi Yunani tetapi di komik digunakan sebagai perwujudan zodiak Libra. Tidak masalah, Astrea juga membawa timbangan sama seperti Dewi Dike. Orang Libra adalah orang yang penuh pertimbangan... Ada betulnya sebab Libra itu individu adil terhadap siapapun berlandaskan pertimbangan yang mereka pahami, mereka dapatkan, dan milik mereka sendiri. Selain adil, orang berzodiak ini tampaknya tidak memiliki kekurangan pada dirinya; sisi kecerdasan mereka baik, mempunyai sikap anggun untuk menghadapi orang lain dan masalah, memiliki senyum yang manis, dan mampu melaksanakan tugas dengan cerdas. Oh ya, Libra memiliki rasa estetika yang lumayan bagus.

Libra adalah zodiak yang sering sekali memikirkan apa kata orang mengenai mereka sebagai suatu individu. Makanya mereka pesolek, pesolek untuk melakukan penyesuaian diri terhadap banyak pihak. Libra agak sedikit ketakutan akan satu hal ini karena mereka tidak mau membuat beberapa pihak dikecewakan oleh mereka. Tipe perempuan yang disukai zodiak ini adalah tipe yang ceria dan penuh rasa ingin tahu. 

Libra merepresentasikan simbol pernikahan dan perkawinan dikarenakan Libra termotivasi oleh hubungan antar individu secara intim. Singkat kata, berdasarkan kalimat sebelumnya, Libra menyimpan sisi romantis di dalam dirinya. Terlahir dengan zodiak Libra, secara alami termotivasi untuk menjaga keseimbangan dan kesejahteraan hidup manusia. Libra adalah pihak yang tidak suka pendapatnya di debat tetapi mayoritas berzodiak ini enggan melakukan perlawanan balik serta terlibat dalam konflik, mengakibatkan Libra sering terjebak pada jalan pikir sendiri. Kejelekan zodiak ini yaitu seorang peragu dan plin-plan.

Elemen Zodiak: Angin
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Jumat dan warna merah jambu/biru muda.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Desainer dan Pakar Kecantikan.
Jalinan Asmara: Mendambakan jalan jalinan asmara yang penuh gaya dan tidak ada yang ditutup-tutupi.
Tips Lebih Akrab Dengan Libra: Mengajak dan mengundang pergi ke tempat-tempat yang sedang tren, tidak terlalu berhasil diterapkan kepada Libra dikarenakan minat mereka terkait hal ini tipis. Langkah seperti diskusi topik yang sedang digemarinya atau terlibat dalam dunianya, dirasa lebih efektif.
Tanda Matahari/Simbol Planet: Venus.

k. Scorpio



Penguasa kalajengking... Penyuka warna hitam sebagai warna pribadi... Planet dwarf Pluto yang sangat jauh dari Bumi, dingin, gelap, dan misterius adalah simbol planet yang mempengaruhi Scorpio... Kalajengking merupakan hewan kecil tetapi racun di dalam tubuhnya sanggup membunuh siapa saja... Pemilik zodiak ini layaknya danau yang tenang tetapi memiliki perangkap tersembunyi tanpa kalian sadari untuk melumatkan siapa saja yang mengusik ketenangannya... Scorpio dalam mitologi Yunani merupakan sosok licik, manipulator ulung, dan suka curang terhadap pasangan... Deskripsi-deskripsi tersebut cocok memerankan tokoh antagonis utama dalam kisah 12 zodiak! 

Orang-orang berzodiak Scorpio sekilas tampak luarnya pribadi yang kalem, sayangnya kalemnya tersebut bukan karena mereka kalem asli melainkan kalem karena tidak menunjukkan gairahnya. Mereka sosok pemaaf tetapi membutuhkan jangka waktu yang sangat lama untuk benar-benar bisa memaafkan orang-orang yang telah menyakiti hatinya. Scorpio benci pengkhianatan, jadi untuk mereka kepercayaan adalah hal penting. Kalian berkhianat terhadap Scorpio? Tamat riwayatmu, kalian akan dimusuhi seumur hidupnya dan bisa jadi permintaan maaf ditolak olehnya. Lelaki terlahir dengan zodiak ini menaruh minat pada perempuan yang memiliki sifat keibuan. 

Rata-rata kehidupan orang berzodiak ini penuh politik dan intrik. Ekspresi wajah dan sorot mata pemilik zodiak Scorpio sangat dingin tetapi ajaibnya menyihirmu sekaligus membuat tiap syaraf di dalam tubuhmu tersengat rasa ngeri. Nasihat terbaik yang bisa diberikan adalah jangan kehilangan kontrol diri apabila berhadapan dengan Scorpio.

Elemen Zodiak: Air.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Selasa dan warna merah tua.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Dokter dan Jasa Pelayanan.
Jalinan Asmara: Mereka rela menunggu lama hanya demi menemukan seorang pasangan yang sangat cocok untuk diri mereka sendiri. 
Tips Lebih Akrab Dengan Scorpio: Ingat kepercayaan adalah hal penting untuk Scorpio! Kalau kalian bisa menjaga kepercayaan yang diberikan oleh mereka maka hubungan pertemanan semakin dalam dan bermakna. 
Tanda Matahari/Simbol Planet: Pluto. 

l. Sagittarius



Inilah zodiak yang paling lincah, riang, dan fleksibel! Perkenalkan Sagittarius... Adalah zodiak yang berijiwa bebas dan berjalan lurus menuju idealismenya yang tinggi. Kemudian, mereka merupakan favorit semua orang karena memiliki sifat ceria, optimis, suka sekali bermain, serta menyenangkan! Berhubungan dekat dengan pemilik zodiak Sagittarius, bagaikan sinar matahari tidak dapat padam! Hari-harimu sedang dilanda awan hitam? Konsultasi saja dengan mereka, keriangan mereka dapat menular kepada kalian! Mau bersenda gurau bareng mereka juga bisa! Percayalah selera humor milik Sagittarius lumayan bagus!

Sagittarius penuh gagasan-gagasan baru dikarenakan mereka orang yang kreatif dan haus akan pengetahuan. Selain itu juga, pemilik zodiak ini sangat ingin membantu dan menghibur orang lain. Kejelekan zodiak ini adalah mereka merupakan pengkritik yang tajam. Mereka tidak segan memberikan kritikan yang terlalu terus-terang, tanpa peduli hati pihak yang sedang mendapat kritikan kesal. Eittsss tunggu, kritikan dari mereka bersifat membangun bukan untuk mengecilkan hati! Sagittarius bukan seorang penipu...

Tipe perempuan yang disukai oleh lelaki pemilik zodiak Sagittarius adalah mencari yang tidak berbeda jauh dengan dirinya, tapi mereka lebih menyukai perempuan yang riang. Sayangnya, lelaki pemilik zodiak ini tampaknya lemah terhadap perempuan yang berpendirian kuat. 

Elemen Zodiak: Api.
Hari dan Warna Pembawa Keberuntungan: Kamis dan warna ungu.
Jenis Pekerjaan Yang Dirasa Cocok: Penerjemah dan Berkecimpung dalam industri penerbitan/periklanan.
Jalinan Asmara: Panas-dingin adalah kata yang cocok mendeksripsikan kisah asmara Sagittarius. Contoh, ketika jatuh cinta pada seseorang bisa langsung menyatakan perasaan dan ketika sudah tidak cinta lagi bisa langsung memutuskan hubungan tetapi kalau diajak balikan, prosesnya terjadi dengan cepat.
Tanda Matahari/Simbol Planet: Jupiter. 

Beranjak dari main course, cicipi dulu dessert tulisan di bawah ini sebagai informasi tambahan!

3. Karakteristik Zodiak Berdasarkan Elemen

Api


Zodiak yang masuk elemen Api adalah Aries, Leo, dan Sagittarius. Zodiak elemen api sangat berorientasi pada tindakan terkadang tidak disertai pemikiran yang matang sehingga mengakibatkan tindakan mereka membawa kekacauan kepadanya. Jangankan pemikiran yang matang, mereka juga tidak memikirkan mana pihak yang benar atau mana pihak yang salah, pokoknya terlintas di pikiran harus melakukan sesuatu dan mereka menilainya cukup baik, mereka akan bertindak saat itu juga! Ketiga zodiak ini agak menyeramkan jika sudah marah. Aries, Leo, dan Sagittarius tidak suka berlama-lama terhimpit dalam situasi yang sama dan masalah yang sama dikarenakan mereka bosan dan ingin mencari petualangan baru.

Kepribadian Positif: Ekstrovert, Hangat, Enerjik, Berhati teguh, Dramatis, Antusias, Aktif secara fisik, Inspirasional, Sederhana dan Lekas, Visioner, & Bersemangat tinggi.
Kepribadian Negatif: Terlalu aktif hingga merasa susah padam, Liar, Resah, Tidak Sabar, Boros, Sembrono, Egois, Impulsif, Tidak Peka, Tidak bisa diatur, Acuh tak acuh, Tergesa-gesa, dan Daya Perspektif kurang.
Pasangan Elemen Tidak Sesuai: Dengan elemen Air.

Air

Elemen air beranggotakan Pisces, Cancer, dan Scorpio. Ketiganya seperti hidup di perasaan mereka sendiri. Mereka zodiak yang penuh emosional, empatik, dan bergerak sesuai insting. Menilai semua hal berlandaskan perasaan mereka sendiri. Disarankan hati-hati bicara dengan mereka bertiga karena takut dibawa ke perasaan. Zodiak berelemen air merupakan pemimpi dan mistis, sepertinya mereka mistis karena mampu membaca jalan pikiran orang lain dan mengorek rahasia terdalam dari tiap individu. 

Mereka suka lari ke alam khayalan apabila gagal di alam realita. Makanya, jangan mudah percaya jika mereka berkata 'Semua baik-baik saja', mereka manipulatif terhadap kontrol perasaan mereka sendiri. Alangkah baiknya tembak mereka tepat ke perasaan contohnya menggunakan kalimat: "Tidak perlu berbohong. Aku tahu kamu lagi terlilit masalah. Percaya dan ceritakan kepadaku, aku sebisa mungkin membantu meringankan masalah yang melandamu bla bla bla". Sisi menarik dari ketiganya yaitu kreatif, romantis, lembut, dan penyayang.

Kepribadian Positif: Secara fisik sadar atas kepedulian, Sangat emosional, Intuitif, Simpatik, Imajinatif, Mengayomi, Penuh Kasih Sayang, Damai dan Tenang, & Sensitif.
Kepribadian Negatif: Murung dan Tertekan, Secara emosi labil dan jarang merasa aman, Memikul semua beban seorang diri, Pemalu, Pendendam, Kurang Percaya Diri, Pendiam, Terlalu sensitif, Menarik diri dari lingkungan sekitar, dan Mudah terpengaruh serta dimanipulasi. 
Pasangan Elemen Tidak Sesuai: Dengan elemen Api.

Tanah


Zodiak yang masuk elemen tanah adalah Capricorn, Taurus, dan Virgo. Mereka bertiga cukup sering bergumam, "Untungnya buat aku apa? Ada?" dan orang lain akan membalas dengan kalimat: "Dasar mementingkan materi!". Ya! Mereka bertiga menilai materi adalah hal penting dalam hidup mereka. Zodiak berelemen tanah cenderung bermain aman di segala bidang, mereka tidak suka mengambil keputusan penuh resiko. Sisi hebat ketiganya, terdiri dari mereka bertiga tidak plin-plan, mereka individu tegas bertindak, mantap, dapat dipercaya, bijak tetapi mereka kuno/konvensional. 

Kepribadian Positif: Praktis, Berakal sehat baik, Efisien, Stabil, Terorganisir, Dapat diandalkan, Realistis, Gigih, Penyabar, Tidak mudah menyerah, Disiplin, Produktif, dan Pekerja Keras.
Kepribadian Negatif: Lamban, Teramat sangat konservatif, Kurang mempunyai bayangan masa depan, Suka menimbun masalah/barang, Kolot, Menolak menerima perubahan, Tidak imajinatif, Keras Kepala, Dangkal, Terlalu sering dikelilingi hal konvensional, & Berpikiran sempit.
Pasangan Elemen Tidak Sesuai: Dengan elemen Angin. 

Angin


Zodiak yang beranggotakan Aquarius, Gemini, dan Libra adalah sosok pahlawan untuk siapapun. Artinya, mereka cukup ideal menjadi pemikir dan pemecah masalah-masalah humanisme. Alasannya sudah jelas, mereka penuntut keadilan berkekuatan hukum. Mereka ingin semua kalangan mendapat perlakuan sama. 

Apa yang menonjol dari ketiganya? Kecerdasan dalam menciptakan segudang ide baru! Kreativitas yang dimiliki oleh mereka tidak terbatas. Meskipun mereka mempunyai ide dan kreativitas yang bagus, mereka agak kepayahan mewujudkannya soalnya mereka terlalu serius memandang ke masa depan, sebutan kerennya adalah 'Futuristik' dan visioner tetapi mereka lupa apa yang harus dilaksanakan saat ini. Aquarius, Gemini, dan Libra merupakan individu cenderung bebas, liberal, demokratis, serta tidak suka terikat oleh aturan atau tradisi.  

Kepribadian Positif: Pandai mengeluarkan gagasan dari dalam otak, Penghubung, Objektif, Koperatif, Secara batin relatif bersih, Mudah mencari teman dan mudah menyesuaikan diri, Berbeda dari yang lain, Penuh pengertian, & Mampu berpikir matang sebelum bersikap. 
Kepribadian Negatif: Hiperaktif, Tidak Berperasaan, Tergesa-gesa, Palsu, Kurang simpatik, Tenggelam dalam jalur pikir milik sendiri, Tidak Praktis, Terputus dari tubuh dan dunia nyata, & Adaptif yang berlebihan. 
Pasangan Elemen Tidak Sesuai: Dengan elemen Tanah. 



Akhir Kata:

Sampailah kita di penghujung artikel. Bagaimana apa kalian menikmati isi zodiak artikel ini berdasarkan informasi dari Zodiac PI? Kalian mau membaca berdasarkan Roh Zodiak, zodiak masing, atau elemen, tidak masalah! Inti tulisan ini kalian mau percaya atau tidak percaya, terserah kalian. Saya hanya membawa kalian balik ke zaman komik ini dan bermaksud membuat kalian senang atau tertawa sendiri, membaca sesi zodiak yang kalian punya. Semoga cukup menghibur. 

Oh ya, saya sangat menyukai kisah mitologi baik Yunani, Norse, Indonesia, Arab, Jepang; tidak hanya mitologi, saya cukup suka mempelajari astronomi meskipun statusnya masih amatir hehehe. Jika ada yang bertanya mengapa saya suka mitologi dan astronomi? Hm, suka mitologi karena itu hal yang boleh dipercaya dan tidak dipercaya serta saking banyaknya kisah kejadian di balik layarnya, bisa diambil petikan hikmahnya. Yang terutama adalah tumpukan mitologi yang banyak tersebut dapat dijadikan patokan untuk menulis cerita buatan sendiri dan juga bisa leluasa memodifikasi cerita mitologi yang ada dengan balutan karya orisinal atau mencampur satu kisah dengan kisah lain sehingga membentuk kombinasi karya buatan sendiri. Menyukai astronomi, karena suka memandang langit malam dan menyadari bahwa ada dunia selain Bumi serta benda-benda di angasa luar begitu banyak sehingga membuat kita; seorang manusia tidak ada apa-apanya terhadap kekuasaan Tuhan. Manusia sungguh beruntung dibekali akal dan pengetahuan sehingga bisa menemukan serta menunjukkan bukti adanya planet selain Bumi, galaksi selain Bima Sakti, bintang-bintang jutaan mil jauhnya, sebagai bukti semuanya pasti ada yang menciptakan dan mengatur pergerakan orbitnya supaya tidak menghantam Bumi, tidak mungkin semuanya berjalan alami dan mereka langsung ada; pasti ada kekuatan besar sebagai penggerak yaitu Tuhan. Langit malam jika tidak diselimuti polusi, banyak sorotan lampu, dan tidak mendung, pokoknya langit malam keadaan bersih itu..... Menakjubkan! Ratusan bintang, planet, bulan, dan siluet galaksi Bima Sakti (apabila beruntung) tertempel dengan megahnya di atas langit biru gelap. Rasanya tidak percaya, kesemuanya berjarak sangat jauh padahal ada di atas kepala kita dan tepat di depan lensa teleskop! Sekali lagi, Tuhan pun menciptakan sihir milik-Nya dengan keindahan pada langit malam supaya dinikmati oleh makhluk ciptaan-Nya dan pengingat Dia ada. 

Makanya saya suka kisah komik Zodiac PI karena mengintegrasikan dua hal favorit saya ke dalam ceritanya. Terus, Zodiac PI ini komik favorit sepanjang masa dari kumpulan komik yang dimuat di Nakayoshi. Sampai sekrang kisah Lili masih membekas di pikiran walau sudah nyaris 15 tahun, komik ini laris manis di pasaran. Hal yang disesalkan adalah mengapa komik ini tamatnya cepat? Mengapa tidak beredisi lebih dari 10? Pasti seru! Atau paling tidak, ada kisah lanjutan saja! Seperti komik UFO BABY! Tetapi mengulas kehidupan Lili setelah Sirus kembali kepada keluarga tercinta, entah saya punya perasaan musuh Sirius tidak hanya Zeus tapi ada yang lain lagi. Nah... Sudahlah, semua itu hanya mimpi lagian juga zodiak jumlahnya hanya 12 sehingga semua zodiak sudah muncul. Dan juga saya penggemar karya Natsumi Ando sudah dari 13 tahun yang lalu. Karya-karyanya kebanyakan nyentuh sanubari dan masih ada unsur kehidupan di dunia nyata serta isu asli terjadi di dunia kita sehingga tidak bercerita khayalan banget. Ngomong-ngomong ada lagi komik yang memasukkan mitologi, astronomi, dan astrologi ke dalam ceritanya selain Zodiac PI? Kasih tahu dong jika ada, LOL. Sudahi dulu pembicaraan kita disini! Ciao!




-THE END-









Referensi:

1. Zodiac PI/12 Signs of Zodiac Comic.
2. Astro Library.
3. Psychic Library.
4. Wikipedia.
5. Other source from Google Search.

* Disclaimer: I do not own to this comic, the Zodiac pictures, nor the element pictures. All right belongs to it's rightful owner/owner's. No copyright infringement intended. Courtesy of Kagaya (The Zodiac pictures). 




































Comments